cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
interscript@stikom.interstudi.edu
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Inter Script: Journal of Creative Communication
ISSN : 27157261     EISSN : 27157253     DOI : 10.33376
Core Subject : Social,
The objective of this journal is to encourage research related but not limited to: 1. Public relations. Communication that engages strategic message to build image and reputation. 2. Advertising. Communication that attaches promoting value, product, service and creative idea in public 3. Broadcasting. Distribution of audio or video message via any electronic mass communication medium. 4. Business communication. The exchange of information and message in the context of business and to achieve company goal.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 45 Documents
STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE PT.BRODO GANESHA INDONESIA 2019 (Studi Deskriptif : Kolaborasi Brodo X Chicco Jerikho) ratu balqis wiraditi; AG Sudibyo
Inter Script : Journal of Creative Communication Vol 2, No 1 (2020): Inter Script: Journal of Creative Communication
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.684 KB) | DOI: 10.33376/is.v2i1.555

Abstract

ABSTRAKMarketing Public Relations merupakan salah satu strategi gabungan antara pemasaran dan fungssi PR sehingga mempunyai kekuatan yang tinggi untuk meningkatkan Brand image yang berujung pada peningkatan profit perusahaan. PT. Brodo Ganesha indonesia merupakan perusahaan lokal yang berdiri pada tahun 2010 dan bergerak di bidang retail. Brodo memiliki keunggulan yaitu terbuat dari kulit asli dan masih pembuatan tangan. Melihat begitu pesatnya perkembangan industri di retail di indonesia saat ini membuat Brodo ingin tetap menjadi brand yang selalu di konsumsi oleh konsumennya. Salah satu kompetitor Brodo adalah adalah Gutten ink yang mampu memberikan sepatu yang lebih murah dan model yang hampir mirip dengan Brodo. . Brodo menggunakan Strategi kolaborasi Brodo X Chicco Jerikho untuk meningkatkan Brand Image. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi Marketing Public Relations dengan kolaborasi Brodo X Chicco Jerikho  dalam upaya meningkatkan Brand Image Brodo. Pendekatan penelitian dilakukan secara kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah secara deskriptif. Informasi diperoleh dari informan sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Data penelitian diolah secara kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik koding, axial koding, dan selective koding. Hasil analisis dari penelitian ini bahwa Strategi yang digunakan Brodo dalam meningkatkan brand Image adalah strategi Pull, Push, Pass dari Thomas L Harris.  Kata Kunci : Brodo, Marketing Public Relations, Brand Image, Kolaborasi ABSTRACTTo increase brand image is one of the company’s goals and the way to develop competitor’s strength. Marketing Public Relation is a strategic between Marketing and PR functions, then they have a great power to develop Brand Image that can give the positive side to increase the sales. PT. Brodo Ganesha Indonesia is a local company that was established in 2010 and is engaged in retail. PT Brodo Ganesha is a local company which engages in retail industry. Brodo has its strength the products are made by handmade and from the leather with good quality only. Brodo has seen the great opportunity in Indonesian’s retail industry and that’s make Brodo wants to be the first brand that they are looking for One of Brodo competitors is Gutten ink which is able to provide cheaper shoes and a model that is almost similiar to Brodo. Brodo foot wear is using collaboration strategy with Chicco Jerikho to build Brodo’s brand image. There are few points of this purpose the first is to find out and to analyze the strategy. The result of this research is the strategi that Brodo used to build their brand image are pull,push and pass by Thomas L. Harris. The research approach has been done by qualitative test. Data analysis yechniques used are coding techniques, axial coding, and selective coding.The type of this research is a descriptive test. The information was taken by 3 people. The research has been processed by qualitative.  Key Words :Brodo, Marketing Public Relations, Brand Image, Collaboration
Analisis Keterampilan Komunikasi Dalam Penerimaan Karyawan Pada Lulusan Baru STIKOM Interstudi Nurul Mumtahanah; Kurnia Kurnia
Inter Script : Journal of Creative Communication Vol 4, No 1 (2022): Inter Script : Journal of Creative Communication
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.853 KB) | DOI: 10.33376/is.v4i1.1376

Abstract

Kemampuan kerja dari para lulusan menjadi perhatian banyak negara, termasuk Indonesia, dengan tingkat pengangguran yang tinggi di antara lulusannya, tingginya tingkat pengangguran diantara para lulusan sering dikaitkan dengan kurangnya keterampilan komunikasi sehingga terdapat permasalahan dimana kemampuan komunikasi para lulusan baru cenderung belum optimal. Pentingnya keterampilan komunikasi yang efektif bagi para lulusan tidak dibarengi dengan pelatihan keterampilan komunikasi yang memadai. Keterampilan komunikasi yang buruk tersebut mungkin disebabkan oleh tuntutan perguruan tinggi yang menginginkan para mahasiswa untuk cepat lulus tanpa diberikan keterampilan yang cukup dalam menghadapi dunia kerja Tujuan dilakukannya Penelitian ini untuk mengetahui gambaran keterampilan komunikasi dalam proses penerimaan karyawan pada lulusan baru STIKOM Interstudi. Penelitian ini menggunakan modul dari teori komunikasi Truman yang telah diuji melalui penelitian Krishnan, 2019 untuk komunikasi yang efektif ditunjukkan dengan 4C, 4C tersebut terdiri dari clarity, conciseness, completeness, dan correctness. Aspek komunikasi ini penting karena selama wawancara, narasumber perlu memberikan jawaban dan penjelasan yang jelas tentang ide atau topik terkait. Metode yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini Lulusan STIKOM Interstudi yang menjadi subjek dalam penelitian ini ditemukan masih menunjukkan keterampilan komunikasi yang kurang optimal terkait komunikasi efektif 4C. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diketahui bahwa penting bagi universitas untuk menerapkan program yang dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan komunikasinya secara baik.Kata Kunci; Keterampilan Komunikasi, Komunikasi, STIKOM InterStudi, Teori Komunikasi Truman 4Cs
PENGARUH TERPAAN MEDIA TERHADAP REPUTASI LEMBAGA PEMERINTAH Tias Mustika; Rosita Anggraini
Inter Script : Journal of Creative Communication Vol 1, No 1 (2019): Inter Script : Journal of Creative Communication
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.412 KB) | DOI: 10.33376/is.v1i1.350

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of media exposure on reporting cases of alleged corruption in the sale and purchase of positions on Television on the reputation of the Ministry of Religion in Cipadu residents, Tangerang. The theory used in this research is exposure to the media and reputation. This research uses a quantitative approach by distributing questionnaires to respondents with explanatory analysis. The results of the study explained that Ha who stated that there was an influence between the variables of media exposure regarding the reporting of alleged cases of corruption in buying and selling positions on Television on the reputation of the Ministry of Religion on Cipadu Tangerang residents was received. Ho also pointed out that there was no influence of the media exposure variable on reporting cases of alleged corruption in the sale and purchase of positions on the reputation of the Ministry of Religion in Cipadu residents, Tangerang rejected. The magnitude of the level of the effect coefficient interval lies in the low region, so it can be concluded that the media exposure to the reputation of the Ministry of Religion has a low influence.
Motif Penggunaan Video Broadcasting pada Sistem Pembelajaran Online Yohanes Lumban Sirait; Kurnia Kurnia
Inter Script : Journal of Creative Communication Vol 3, No 2 (2021): Inter Script : Journal of Creative Communication
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.084 KB) | DOI: 10.33376/is.v3i2.1126

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memahami persepsi mahasiswa dalam menggunakan Video Broadcasting pada sistem pembelajaran online. Persespsi mahasiswa dipahami sebagai motif penggunaan yang didasarkan pada kegunaan (Perceived usefulness) dan kemudahan (Perceived Ease of Use) penggunaan Video Broadcasting pada sistem pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif penggunaan video broadcasting pada sistem pembelajaran online dipengaruhi oleh kegunaan video broadcasting sebagai sarana pembelajaran dan kemudahan akses video broadcasting tersebut. Khususnya pada kemudahan penggunaan media video broadcasting (Perceived Ease of Use) yang terbukti menjadi faktor yang dominan memotivasi mahasiswa dalam menggunakan video broadcasting. Semakin mudah penggunaan dan akses media video broadcasting maka semakin besar motivasi mahasiswa dalam menggunakan video broadcasting tersebut sebagai sarana pembelajaran online. Persepsi kegunaan (Perceived usefulness) video broadcasting juga menentukan motivasi penggunaan video broadcasting, sehingga artinya semakin besar nilai manfaat atau kegunaan video broadcasting dalam  membantu pemahaman pembelajaran mahasiswa maka semakin tinggi motivasti mahasiswa mengakses video broadcasting. Pada penelitian ini terdapat kekurangan temuan yang cuma terjadi pada objek kajian yaitu STIKOM InterStudi. Maka untuk mendapatkan temuan yang lebih beragam dalam konteks penyiaran, penelitian selanjutnya juga dapat meneliti objek analisis yang berbeda pada kajian studi kasus sejenis.
ANALISIS FRAMING SEPUTAR INEWS SIANG RCTI SEGMEN “PILIHAN INDONESIA 2019” Tubagus Muhammad Rayhan
Inter Script : Journal of Creative Communication Vol 2, No 2 (2020): Inter Script: Journal of Creative Communication
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.916 KB) | DOI: 10.33376/is.v2i2.537

Abstract

                                               AbstractThis research is motivated by the existence of a democratic party in 2019, during those times the Seputar iNews Afternoon program made a special segment of political-specific news related to presidential candidates, vice presidential candidates and other political figures who were also part of important figures from the party period democracy. This study aims to find out how the framing of news or framing conducted by the Seputar iNews Siang program in the "Indonesia 2019 Choices" segment is then linked to Robert N. Entman's framing analysis and how the program constructs it. Literature review in this study includes mass media, news, media ideology, reality construction by mass media, framing analysis. The method used in this research is descriptive analysis method. In the descriptive method, researchers will explore or photograph social situations that will be studied thoroughly, broadly and deeply. Based on this research, the "Indonesia Choices 2019" segment has two aspects, namely selection of issues and highlighting certain aspects of an issue. The selection of issues displayed by the "Indonesia 2019 Choices" segment in the Around the iNews Afternoon program according to the RCTI editorial team is based on activities related to the 2019 general election theme. a program that is a language that expresses ideas with sentences, narratives, headlines that clarify the emphasis. Then the framing of the editorial team on an event and broadcast to a wide audience and agenda setting that makes the direction where the news editor during the specified time.                                                                                                    Keywords: Mass Media, Reality Construction, Framing, Indonesia's Selected Segments 2019
PENGARUH PROGRAM GALERI SPORT DI TRANS 7 TERHADAP PERSEPSI PENONTON TENTANG PERSEPAKBOLAAN DI INDONESIA Muhammad Yunus Siregar; Endang Setiowati
Inter Script : Journal of Creative Communication Vol 3, No 1 (2021): Inter Script : Journal of Creative Communication
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (643.31 KB) | DOI: 10.33376/is.v3i1.545

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Program Olahraga Galeri Sport di Trans 7 utamanya Segmen Galeri Sepak Bola Indonesia terhadap Persepsi Penonton tentang Persepakbolaan di Indonesia. Untuk menganalisis diguanakan Teori Uses & Effect, dengan 3 (tiga) konsep yang berfungsi sebagai variabel yaitu   Konsep Isi Media yang menjadi Variabel X1 Segmen Galeri Sepak Bola Indoenesia, Konsep Penggunaan Media yang menjadi variabel X2, dan konsep Persepsi yang menjadi variabel Y Persepsi Penonton. Paradigma yang digunakan adalah Post Positivisme, dengan pendekatan kuantitatif dan metode survey bersifat eksplanatif. Populasi penelitian adalah adalah penonton Galeri Sport berdasarkan AGB Nielsen berjumlah 49,660,006 orang, dan 100 orang sampel yang diambil berdasarkan rumus Taro Yamane dengan sampling error 10%. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik Simple Random sampling, pada follower Instagram @galerisport_t7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari Segmen Galeri Sepakbola Indonesia terhadap Persepsi Penonton, demikian juga ada pengaruh yang signifikan dari Penggunaan Media terhadap Persepsi Penonton. Sementara dalam penghitungan regresi berganda pengaruhnya meningkat menjadi sangat signifikan, hal ini membuktikan bahwa penerapan penerapan teori Uses and Effect dalam penelitian ini sudah tepat. Implikasi penelitian ini secara teoritis adalah dapat digunakan untuk penelitian lebih lanjut utamanya untuk penerapan teori pada dimensi yang berbeda dari program magazine di televisi. Sementara implikasi praktisnya adalah penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian untuk meningkatkan kualitas program agar penonton makin loyal pada program ini.
Pengaruh Kampanye Public Relations No Straw Movement Terhadap Loyalitas Pengunjung Kona Koffie Rizqi Amalia
Inter Script : Journal of Creative Communication Vol 2, No 1 (2020): Inter Script: Journal of Creative Communication
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.637 KB) | DOI: 10.33376/is.v2i1.547

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini bagaimana Pengaruh kampanye publicrelations no straw movement terhadap loyalitas pengunjung Kona Koffie? Hal ditandai dengan berkurangnya loyalitas pengunjung karena Kona Koffie ikut berperan serta dalam gerakan no straw movement, sehingga disediakannya sedotan dari karton agar pengunjung tetap nyaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kampanye public relations no straw movement Kona Koffie, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh loyalitas pengunjung pada Konna Koffie, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kampanye public relations no straw movement terhadap loyalitas pengunjung Kona Koffie dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kampanye public relations no straw movement terhadap loyalitas pengunjung Kona Koffie.
Pengaruh Promosi Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Pada Keanggotaan Baru Big Bro Muaythai Traning Camp Rini - Setiana; Soebiagdo Soebiagdo
Inter Script : Journal of Creative Communication Vol 4, No 2 (2022): Inter Script : Journal of Creative Communication
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (669.895 KB) | DOI: 10.33376/is.v4i2.1217

Abstract

Riset ini ditulis untuk mencari tahu apakah ada impact dari advertensi keanggotaan olahraga muaythai melalui Instagram terhadap minat beli pada Big Bro Muaythai Training Camp. Sebagai mana yang terdapat dalam UndangUndang RI No. 3 Thn 2005 mengenai metode olahraga nasional Bab II pasal 4, yakni: keolahragaan nasional memiliki tujuan menjaga dan mengembangkan tubuh yang sehat serta bugar, performa, keunggulan individu, menempatkan value dari moral dan akhlak yang mulia, kejujuran, keteraturan, memperkuat dan menciptakan persatuan serta kesatuan bangsa, yang memperkuat ketahanan nasional, dan juga menjunjung tinggi harkat, martabat, serta kehormatan bangsa. Sejalan dengan kencangnya perkembangan transformasi ekonomi serta aktivitas bisnis, perusahaan maupun para entrepreneur di masa pandemi ini pastinya sangat memerlukan iklan atau promosi membership lewat media sosial Instagram terhadap ketertarikan daya beli untuk mendapatkan serta mempertahankan konsumen ataupun perusahaan. Penelitian saat ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan paradigma positivisme dengan responden yang ditentukan dari followers Instagram Big Bro Muaythai Training Camp dengan membagikan kuesioner dengan tingkat pengukuran skala likert 5 poin melalui Google Forms. Pengujian hasil penelitian ini menggunakan Uji Konfirmasi Data dengan output Uji Validitas dan Reliabilitas serta Teknik Analisis Linier Sederhana dengan output Uji F, Uji t dan Uji Koefisien Detreminasi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa Terdapat impact yang signifikan antara pengaruh promosi intagram terhadap ketertarikan pembelian pada keanggotaan baru Big Bro Muaythai Training Camp Kata kunci: Big Bro Muaythai Training Camp, Minat beli, Kenggotaan baru, Promosi Instagram
HUBUNGAN ANTARA KAMPANYE DENGAN SIKAP REMAJA Michael Hartono; Rizky Fauzi
Inter Script : Journal of Creative Communication Vol 1, No 1 (2019): Inter Script : Journal of Creative Communication
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.835 KB) | DOI: 10.33376/is.v1i1.348

Abstract

Tik Tok’s launched a campaign that called #AnakGenius. The paradigm of this research was positivistic. The approach of this research was Quantitative. The method of this research was eksplanatif. Based on the background, the purpose of this research was to find the relationship between the campaign anak genius among South Tangerang Junior High School 17 Students Bekasi. The concept that used of this research were campaign and behavior. The subjects of this research were 92 respondent. The results showed that there was a validity of KMO’s score of Campaign (0.812) and behavior (0.751). There was a reliable of Cronbach’s Alpha score of campaign 0.824 and behavior 0.769. P score of this research was 0.619. This indicates that there are strong relationships between the campaign AnakGenius among South Tangerang Junior High School 17 Students.
Motif Subscriber Menonton Vlog Odgj di Rian Tv youtube Channel Terhadap Kepuasan Menonton Suci Ageng Ariani; Agatha H. Nurmariati
Inter Script : Journal of Creative Communication Vol 4, No 1 (2022): Inter Script : Journal of Creative Communication
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Inter Studi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.75 KB) | DOI: 10.33376/is.v4i1.1365

Abstract

Era modern saat ini media internet sangat diminati karena mampu memenuhi kebutuhan khalayak. Salah satunya media di platform YouTube yang paling banyak peminatnya. Dalam platform YouTube, vlog di Indonesia menarik banyak perhatian khalayak. Penelitian ini akan membahas vlog Rian TV yang ada di YouTube. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui motif subscriber saat menyaksikan kisah para odgj dalam vlog Rian Tv YouTube channel terhadap kepuasan yang di dapat setelah menonton. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratification. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dengan pendekatan Kuantitatif dan menggunakan paradigma positivisme. Data primer diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala Likert. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dan penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan hasilnya 99,95 dibulatkan menjadi 100 orang atau responden di Bekasi Timur Kelurahan Mangun Jaya, Kecamatan Tambun Selatan.Uji Reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha dan teknik pengolahan data menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan Uji Korelasi data yang didapat diketahui korelasi (hubungan) antara Motif Subscriber menonton Vlog ODGJ di Rian TV YouTube channel terhadap Kepuasan Menonton yang dapat dilihat pada kolom Pearson Correlation yaitu sebesar 8,18 termasuk kategori hubungan SANGAT KUAT yang artinya Vlog ODGJ di Rian TV YouTube channel mempengaruhi kepuasan menonton.Kata kunci: Motif, Kepuasan, YouTube, Uses and Gratification.