cover
Contact Name
Safitri Juanita
Contact Email
Safitri.juanita@budiluhur.ac.id
Phone
+62215869225
Journal Mail Official
telematika.mkom@budiluhur.ac.id
Editorial Address
Sekretariat TELEMATIKA MKOM Jl. Ciledug Raya No.99, RT.1/RW.2, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. Unit 7, Lantai 2. Fakultas Teknologi Informasi - Universitas Budi Luhur Telp. (021) 5869225, 5853753 ext 227, 228
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Telematika MKOM
ISSN : 2085725X     EISSN : 25279033     DOI : 10.36080
Core Subject : Science,
Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dengan topik-topik penelitian yang berasal dalam cakupan rumpun ilmu Komputer khususnya studi penelitian dasar dan terapan dalam Rekayasa Komputasi Terapan dan Teknologi Sistem Informasi, seperti: 1. Network Computer and Security 2. Data Mining 3. Sistem pakar (Expert System) 4. Jaringan syaraf tiruan (Artificial Neural Network) 5. Natural Language Processing (NLP) 6. Game Development 7. Visi Komputer 8. Temu balik Informasi 9. Artificial Intelligent 10 Internet of Things 11. E-Learning 12. IT Governance serta topik lainnya yang masuk ke dalam rumpun ilmu tersebut
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2018): Jurnal Telematika MKOM Vol. 10 No. 1 Maret 2018" : 3 Documents clear
E-CRM DENGAN METODOLOGI FAST (FRAMEWORK FOR THE APPLICATION OF SYSTEM TECHNIQUE) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN: STUDI KASUS UKM U-ME ONLINE Gilang Dwi Putra Utama; Wendi Usino
Telematika MKOM Vol 10, No 1 (2018): Jurnal Telematika MKOM Vol. 10 No. 1 Maret 2018
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6154.969 KB)

Abstract

Mempertahankan dan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan begitu penting bagi suatu bisnis sekarang, jika kepentingan pelanggan terpenuhi, maka mereka akan terpuaskan dan menjadi pelanggan yang loyal. CRM adalah suatu strategi pedekatan dengan pelanggan yang di gunakan untuk meningkatkan tingkat kepuasan, mempertahankan loyalitas para pelanggan dan juga untuk meningkatkan profit bagi perusahaan. Perusahaan saat ini harus mulai fokus dalam memberikan nilai (value) dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Loyalitas konsumen berarti kembali lagi dan lagi untuk melakukan transaksi bisnis (pembelian). Konsep Customer Relationship Management (CRM) merupakan bagian penting dari strategi pemasaran untuk mengetahui karakteristik, cara memuaskan, dan menjaga loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakuan pada U-Me yaitu UKM yang menjual pakaian dan aksesoris rajut anak berumur 0 sampai 5 tahun secara online melalui media sosial Instagram. Permasalahan yang dihadapai oleh UKM ini adalah memahami pelanggan, penanganan keluhan pelanggan sehingga sulit untuk mempertahankan pelanggan, dan terbatasnya media promosi. Maka oleh karena itu diperlukan sebuah Aplikasi E-CRM agar dapat memahami karakteristik pelanggan sehingga dapat memuaskan pelanggan, serta ruang lingkup media promosi produk yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan metodologi FAST untuk pengembangan sistem . Analisis proses bisnis dilakukan dengan metode functional analysis dan selanjutnya dirancang dengan model CRM. Pengujian Perangkat lunak menggunakan User Acceptence Testing yaitu denga alpha dan beta testnig. Hasil dari penelitian ini adalah prototype aplikasi E-CRM yang dapat membatu U-Me dalam memahami pelanggan, menangani keluhan pelanggan, serta media promosi yang lebih luas.
PENGAMANAN DATA BERBASIS MOBILE ANDROID DENGAN PENGGABUNGAN LINEAR FEEDBACK SHIFT REGISTER (LFSR) DAN MODIFIKASI MATRIKS KUNCI ALGORITMA KRIPTOGRAFI PLAYFAIR CIPHER Denni Kurniawan; Bayu Priyatna
Telematika MKOM Vol 10, No 1 (2018): Jurnal Telematika MKOM Vol. 10 No. 1 Maret 2018
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.688 KB)

Abstract

Playfair cipher merupakan metode enkripsi klasik yang sulit untuk dikriptanalisis secara manual namun selain dari kelebihan yang terdapat pada plyafair cipher terdapat juga banyak kekurangan diantaranya, dapat dipecahkan dengan menggunakan informasi frekuensi kemunculan bigram, tidak dapat memasukkan huruf kecil, angka dan karakter khusus pada saat melakukan enkripsi.. Penelitian ini melakukan modifikasi pada matriks kunci algoritma kriptografi playfair dan menggabungkan dengan algoritma Linear Feedback Shift Register (LFSR), dengan merubah ukuran matriks kunci 13x13 maka playfair cipher mampu menyisipkan karakter sebanyak 196 karakter terdiri dari huruf kapital, huruf kecil. Hasil perhitungan dengan metode avalanche effect didapatkan nilai rata-rata 43,59% pada playfair cipher yang dilakukan modifikasi kunci matriks 13x13 dan digabung dengan generator LFSR, 2,15% pada playfair cipher kunci matriks 10x10 tanpa digabung dengan LFSR dan 34,41% pada playfair klasik 5x5. Bahwa playfair cipher yang telah dimodifikasi dan digabung dengan generator LFSR ini lebih kuat dari playfair cipher sebelumnya. Hasil pengujian kompleksitas waktu memiliki enkripsi dan dekripsi yang cepat.
DIAGNOSA PENYAKIT KUCING BERBASIS ANDROID Andiani Andiani
Telematika MKOM Vol 10, No 1 (2018): Jurnal Telematika MKOM Vol. 10 No. 1 Maret 2018
Publisher : Universitas Budi Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6063.838 KB)

Abstract

Kucing adalah hewan yang rentan terserang penyakit. Semakin banyaknya pemelihara kucing, semakin menambah kekhawatiran karena sedikitnya pengetahuan tentang apa saja penyakit yang dapat menyerang kucing, pengobatannya pun tidak mudah. Oleh karena itu, untuk menghemat waktu maupun materi, peneliti membuat Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Berbasis Android. Sistem ini membantu para pecinta kucing untuk mendiagnosa penyakit stadium awal dan memberikan penanganan awal, tentu saja sistem pakar diagnosa penyakit kucing dapat digunakan oleh orang awam karena informasi- informasi di dalamnya berdasarkan seorang pakar atau dokter hewan. Metode yang digunakan adalah Forward Chaining dan sistem berbasis Android. Uji coba dilakukan dengan 30 rekam medis kucing, setelah membandingkan hasil diagnosa sistem dan pakar, maka didapat keakurasian 63%.

Page 1 of 1 | Total Record : 3


Filter by Year

2018 2018