cover
Contact Name
Didi
Contact Email
jepkm.inlic@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jepkm.inlic@gmail.com
Editorial Address
Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia Email: jepkm.inlic@gmail.com.
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 29861217     DOI : -
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (JEPKM) merupakan jurnal ilmiah yang mencakup pendidikan/ edukasi, pelatihan, kegiatan layanan atau pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan menyebarkan pemikiran konseptual dan ide-ide yang telah dicapai di bidang layanan dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini berisi berbagai kegiatan/ aktivitas dalam menangani dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat. Pelaksanaan kegiatan layanan juga melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra kerjasama lainnya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023): Desember 2023" : 6 Documents clear
Pelatihan Fotografi Digital: Upaya Peningkatan Kualitas Pemasaran Produk UMKM Di Ngringo Jaten Karanganyar Aisyiah, Helti Nur; Irfani, Muhamad
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jepkm.v2i2.63

Abstract

Sejak pandemi Covid-19, para pelaku UMKM dituntut untuk kreatif dalam memasarkan produk secara online. Namun, tidak semua pelaku UMKM dapat memenuhi tuntutan tersebut. Kondisi ini terjadi pada para pelaku UMKM di Ngringo, Jaten, Karanganyar. Berdasarkan situasi tersebut, tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari pemerintah desa Ngringo, Organisasi Wanita Katolik Republik Indonesia Ranting Jaten, dan UIN Raden Mas Said Surakarta menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bagi pelaku UMKM. Pelatihan tersebut bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM agar lebih mudah, cepat, serta kreatif dalam pemasaran produk secara online. Pengabdian masyakarat ini dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu perencanaan dengan metode focus group discussion, pelaksanaan dengan metode pelatihan fotografi digital, dan evaluasi dengan metode praktik. Hasilnya, terjadi peningkatan kemampuan dalam fotograsi digital para peserta pengabdian kepada masyarakat, sehingga dapat mempraktikkannya secara mandiri saat memasarkan produk mereka.
Pendampingan dan Pelatihan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Happy Bali Wedding Prawitasari, Putu Putri; Rama Dana, I Kadek Agus; Sariani, Ni Luh Putu
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jepkm.v2i2.65

Abstract

Wedding Organizer adalah suatu jasa yang memberikan pelayanan khusus secara pribadi yang bertujuan untuk membantu calon pengantin dan keluarga calon pengantin dari mulai perencanaan (planning) sampai tahap pelaksanaan. Di era yang serba praktis, tentu banyak orang ingin mempunyai plan untuk pernikahan yang indah. Maka dari itu wedding organizer hadir untuk mewujudkan wedding dream untuk para customer. Di lihat dari banyaknya venue yang berada dibali membuat maraknya yang membuka usaha wedding organizer sehingga banyaknya pesaing yang berada di bali. Untuk dapat bersaing dari competitor, Happy Bali Wedding Hendaknya dapat mengoptimalkan media social yang dimiliki. Dalam pendampingan kali ini dilakukan melalui 3 metode yakni persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan terhadap sales dan target market Happy Bali Wedding.
Media Sosial untuk Budaya: Mendorong Generasi Milenial (Siswa Siswi MAN Gowa) untuk Menghargai Nilai-Nilai Tradisional Masyarakat Makassar Rasyid, Surayah; Aksa, Aksa; Qur'ani, Besse
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jepkm.v2i2.74

Abstract

Dalam era digital dan globalisasi saat ini, generasi milenial sering kali terpapar pada budaya populer global yang dapat mengaburkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai budaya dan tradisional lokal. Untuk mengatasi tantangan ini, pelaksanaan PKM ini bertujuan untuk memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk mendidik dan menginspirasi generasi milenial, agar lebih memahami dan menghargai nilai-nilai budaya masyarakat Makassar, khususnya siswa dan siswi di MAN Gowa. Kegiatan PKM di laksanakan pada tanggal 21-22 Agustus 2023 di MAN Gowa yang dengan rangkaian kegiatannya pemaparan materi (tentang penggunaan platform media sosial berbasis konten edukatif), dan tanya jawab (untuk mendorong interaksi dua arah antara generasi milenial dan para pemateri. PKM ini merupakan upaya nyata untuk menjembatani kesenjangan antara kemajuan teknologi dan kepentingan dalam pelestarian budaya dan tradisi. Dengan menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi dan pendidikan, kami berharap bahwa generasi milenial akan menjadi agen perubahan yang lebih terhubung dengan identitas budaya mereka dan memegang peran aktif dalam pelestarian nilai-nilai tradisional yang berharga. Harapannya kegiatan ini mampu menciptakan kesadaran dan pemahaman yang lebih baik tentang warisan budaya Makassar di kalangan siswa MAN Gowa.
Wisata Alam Positif: Perancangan Media Komunikasi Edukasi Wisatawan Ekowisata Mangrove Tarumajaya Bekasi Imaddudin, Imaddudin; Apriliana, Tri Alida; Athalarik, Fadli M.
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jepkm.v2i2.77

Abstract

Kerusakan lingkungan pariwisata terus bertambah dengan prilaku wisatawan yang meninggalkan jejak perjalanan yang kurang baik, terlebih hutan mangrove sebagai penyanggah abrasi air laut, srrta bisa juga memberikan kontribusi besar bagi masyarakat luas. Tujuan kegiatan penyuluhan perancangan media komunikasi edukasi wisatawan ekowisata mangrove Tarumajaya Bekasi ini diharapkan mampu menjadi pijakan awal untuk bangkit dan membangun kembali, serta dijadikan sarana informasi dan persuasi melalui media komunikasi yang digunakan oleh Pokdarwis Pal Jaya. Metode pelaksanaan secara diskusi terkait brainstorming menyesesuaikan dengan kebutuhan, survey awal, dan penyuluhan perancangan media komunikasi itu sendiri. Hasilnya pun menunjukkan ada capaian secara tiga aspek dilihat dari segi kognitif dan afektif mulai terarah dan memahami akan pentingnya keberlansungan ekowisata hutan mangrove sebagai keberlanjutan dan manfaat bagi khayalak luas. Adapun secara perilaku masih perlu upaya yang lebih besar lagi, karena bangkitnya pariwisata juga turut didukung oleh SDM (sumber daya manusia) yang terjun dan mau untuk membenahi pariwisata secara bersama-sama.
Workshop Desain Menu Restoran Menggunakan Aplikasi Canva pada Mahasiswa Konsentrasi Tata Boga Jurusan PKK FT UNM Ridwan, Wardimansyah; Qur’ani , Besse; Hamsar, Israwati; Nurhijrah, Nurhijrah; Suryana, Syarifah
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jepkm.v2i2.79

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini memberikan pengalaman desain menu restoran menggunakan aplikasi Canva pada mahasiswa konsentrasi tata boga Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan desain grafis dan pemahaman tentang penggunaan teknologi dalam industri kuliner khususnya desain menu restoran menggunakan aplikasi canva. Metode yang digunakan meliputi presentasi, demonstrasi, diskusi serta latihan praktis dengan berbagai fitur aplikasi Canva. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan mahasiswa dalam merancang menu restoran yang menarik secara visual. Hasil dari kuesioner menunjukan bahwa materi workshop mudah dipahami dan mampu meningkatkan kemampuan peserta dalam mendesain menu restoran.
Membangun Cita-Cita Siswa Sekolah Dasar Melalui Kelas Inspirasi Anggarawan, Anthony; Herawati, Baiq Candra; Wardhana, Helna; Suhendra, Erwin; Soraya, Siti; Dasriani, Ni Gusti Ayu
Jurnal Edukasi dan Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Yayasan Insan Literasi Cendekia (INLIC) Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jepkm.v2i2.80

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis yang dilakukan oleh orang-orang yang diserahi tanggung jawab untuk mempengaruhi peserta didik agar mempunyai sifat dan tabiat sesuai dengan cita-cita Pendidikan. Salah satu misi utama dari usaha peningkatan kualitas pendidikan bangsa yaitu Kelas Inspirasi. Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, para profesional pengajar dari berbagai latar belakang diharuskan untuk cuti satu hari secara serentak untuk mengunjungi dan mengajar SD, yaitu pada Hari Inspirasi. Metode yang ditawarakan Kelas Inspirasi berbentuk teknik ceramah, diskusi dan pelatihan. Hasil dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat memberikan informasi bahwa pendidikan melalui bentuk Kelas Inspirasi dengan teknik ceramah dan Latihan pada siswa-siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Sambik Elen Lombok Utara mampu menciptakan dampak yang postif seperti, sifat keingintahuan siswa-siswa dalam membentuk opini mereka berdasarkan apa yang mereka lihat dan sifatnya lebih netral. Motivasi yang diberikan oleh tim pengabdi mampu merubah cara pandang siswa-siswa sekaligus motivasi mereka yang berdampak terhadap gaya belajarnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6