cover
Contact Name
Sherena Wahyutari
Contact Email
p3m.stiesurakarta@gmail.com
Phone
+628997083281
Journal Mail Official
p3m.stiesurakarta@gmail.com
Editorial Address
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta (STIE Surakarta), Jl.Slamet Riyadi no.435-437, Surakarta Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta (DIMASETA)
ISSN : -     EISSN : 28306112     DOI : 10.56456
Jurnal Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta (DIMASETA) merupakan jurnal pengabdian yang diterbitkan oleh STIE Surakarta. DIMASETA bertujuan mengakomodir pengabdian para dosen dan pengabdi untuk diterbitkan, Terbitan pertama pada bulan Juni 2022 di volume 1 nomer 1 engan Nomor e-ISSN 2830-6112. DIMASETA diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember, sehingga terbitan selanjutnya bulan Desember pada volume 1 nomer 2 tahun 2022 dan selanjutnya. DIMASETA melakukan kerjasama dengan stakeholder untuk terus meningkatkan kualitas jurnal pengabdian dengan pada reviewer, editor dan lain-lain yang memiliki kompetensi dan pengalaman yang sudah mendapatkan hibah untuk pengabdian di sektor manajemen, akuntansi, ekonomi, bisnis, entrepreneur dan lain-lain.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2022): Juni 2022" : 5 Documents clear
Meningkatkan Nilai Ekonomi Produk Turunan Ikan Lele Pada UMKM Bapak Supriyadi dan PKK Dukuh Tegalsale: Meningkatkan Nilai Ekonomi Produk Turunan Ikan Lele Pada UMKM Bapak Supriyadi dan PKK Dukuh Tegalsale Arif Nugroho Rachman; Amy Wulandari
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta Vol 1 No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56456/dimaseta.v1i1.2

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pelaku UMKM bapak Supriyadi sekaligus memberdayakan ibu-ibu PKK untuk meningkatkan pendapatan dan pengelolaan hasil panen lele melalui produk turunannya berupa olahan keripik lele dengan memanfaatkan hasil ternak ikan lele yang melimpah di dukuh Tegalsale desa Jembrak, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Pengabdian dilakukan dengan pendekatan penyuluhan, pelatihan produksi, dan pendampingan guna pengembangan dan mengelola usaha UMKM. Hasil dari pengabdian ini adalah diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi produk hasil olahan ikan lele berupa kripik lele agar diterima di masyarakat, dapat mengurangi angka pengangguran di dukuh Tegalsale melalui pemberdayaan ibu-ibu PKK, meningkatkan pendapatan bagi pelaku UMKM, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat di dukuh Tegalsale, desa Jembrak, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Keywords: Produk turunan, marketing, keripik lele, pengemasan, UMKM
Pelatihan Perhitungan Persediaan dan Pembukuan Sederhana Untuk UMKM di Pokdarwis Manua Tirta Ponggok Polanharjo Klaten Arif Farida; Tri Ratna Pamikatsih; Atik Lusia
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta Vol 1 No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56456/dimaseta.v1i1.3

Abstract

Pokdarwis Manua Tirta Ponggok Polanharjo Klaten merupakan salah satu desa wisata yang memiliki cukup banyak UMKM. Sistem pembukuan akuntansi merupakan hal yang sangat penting bagi UMKM, namun faktanya UMKM yang ada di Pokdarwis Manua Tirta Ponggok Polanharjo Klaten masih banyak yang belum menerapkan sistem pembukuan. Oleh karena itu penting adanya penyuluhan dan pendampingan terkait pembukuan akuntansi secara sederhana bagi UMKM. Metode yang dilakukan adalah dengan cara memberikan materi yang terkait terlebih dahulu dan melakukan pendampingan selama 2 bulan. Adapun hasil dari pengabdian ini pelaku UMKM lebih mengerti dan paham mengenai penyusunan pembukuan akuntansi. Dengan pembukuan akuntansi yang lebih jelas, maka bisnis UMKM tersebut dapat berkembang lebih baik.
Leterasi Akuntansi UMKM Di Kelompok Sadar Wisata Manua Tirta Ponggok Polanharjo Klaten Pardi Pardi
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta Vol 1 No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56456/dimaseta.v1i1.4

Abstract

Leterasi Akuntansi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kelompok Sadar Wisata Manua Tirta Ponggok Polanharjo Klaten bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman akuntansi sehingga mampu mengaplikasikan dalam pengelolaan usaha yang berdampak pada pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, sementara itu pengembangan usaha pada skala mikro untuk memberikan peningkatan pendapatan masyarakat berpendapatan rendah di perdesaan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara offline yang diikuti oleh 22 peserta yang terdiri dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang masuk kelompok sadar wisata Manua Tirta di desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan lancar sesuai perencanaan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah dengan melakukan pelatihan dan diskusi yang berkaitan dengan materi akuntansi usaha kecil bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Hasil dari kegiatan ini adalah para peserta mengetahui dan memahami tentang akuntansi Usaha Mikro Kecil dan Menengah pengembangan usaha supaya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.
Apa Penting Pembukuan di UKM? Study Kasus Pada Unit Usaha / UKM PPS Adh - Dhuhaa Gentan, Baki , Sukoharjo Ismunawan Ismunawan
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta Vol 1 No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56456/dimaseta.v1i1.5

Abstract

Unit Usaha atau UKM masih banyak kendala yang dihadapi untuk bisa berkembang, baik dari aspek produksi maupun manajemen usahanya. Pada aspek produksi antara lain teknologi/peralatan, kontinyuitas produksi, keseragaman kualitas, packing, labeling, dll, sedangkan pada aspek manajemen usahanya adalah belum banyak dilakukan dukungan promosi, strategi pengembangan pemasaran, serta distribusi yang terbatas dan pembukuan atas hasil usahanya. Begitu pula yang dialami oleh Unit usaha atau UKM PPS Adh-Dhuha yang berada di wilayah Gentang, Baki, Sukoharjo . Dimana Unit Usaha atau UKM PPS Adh-Dhuha masih merupakan usaha berskala kecil yang juga memiliki kendala dalam hal manajemen, khususnya dalam hal pencatatan hasil usahanya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilaksanakan kegiatan Pengabdian Bagi Masyarakat yang memberikan memberikan penjelasan mengenai pentingnya pembukuan dan pelatihan mengenai pembuatan pembukuan secara sederhana dengan menggunakan laporan keungan atas semua kegiatan operasional Unit Usaha atau UKM serta mengevaluasi perhitungan harga pokok penjualannya. kegiatan Pengabdian ini diharapkan, pelaku Unit Usaha atau UKM mampu melakukan pembukuan atas usahanya secara rutin dengan menyajikan laporan keungan dan menghitung harga pokok penjualan dengan benar serta melakukan pengendalian maupun perencanaan atas usahanya.
Dorong UMKM Sukoharjo Naik Kelas Budi Istiyanto
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta Vol 1 No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56456/dimaseta.v1i1.6

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diberikan kepada pelaku usaha UMKM di Sukoharjo bersama dengan komuitas UMBSM (Usaha Mikro Kecil Menengah Maju Bersama Sukoharjo Makmur) yang dilakukan pada acara Festival Kuliner dan Produk UMKM “Bangkit Bersama UMBSM” di Gedung Graha Wijaya tanggal 15 - 17 Oktober 2021 . Pandemi pasa satu sisi meningkatkan minat untuk berwirausaha, tetapi pada sisi yang lain terdapat banyak UMKM yang berguguran. Hal tersebut disebabkan karena motivasi pengelolaan yang masih rendah dan kurangnya penerapan marketing strategi yang efektif. Upaya yang dilakukan pemerintah dengan menggandeng Komunitas dan akademisi untuk membangkitkan motivasi pelaku UMKM dan meningkatkan kemampuan SDM dalam pengelolaan bisnis pada sisi Marketing. Motivasi dan ceramah terkait dengan Marketing Strategi, Marketing Taktik, dan Marketing value dan cara menentukan value proposition untuk produk dan layanan menjadi hal yang fundamental dalam pengelolaan UMKM.

Page 1 of 1 | Total Record : 5