cover
Contact Name
Verani Indiarma
Contact Email
vindiarma@unib.ac.id
Phone
+6281271482518
Journal Mail Official
jkaganga@unib.ac.id
Editorial Address
Jurusan Ilmu komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Bengkulu Jl. W.R. Supratman, Kandang Limun, Bengkulu, 38371
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Kaganga : Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25498142     EISSN : 27146898     DOI : https://doi.org/10.33369/jkaganga
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Kaganga adalah Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora yang dikelola oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu. Proses telaah dalam jurnal ini menggunakan double-blind peer-reviewed dengan dewan editor yang terdiri dari para ahli di bidang ilmu social, komunikasi dan humaniora. Jurnal kaganga ini baru memulai system ojs pada tahun 2019, dan dimulai dengan volume 3 no.1. Diterbitkan dua kali dalam setahun oleh UNIB Press, Universitas Bengkulu, Indonesia dengan ISSN (online): 2714-6898; dan ISSN (cetak): 2549-8142, jurnal ini bertujuan untuk menyebar luaskan penelitian kepada para pendidik di seluruh dunia. Penulis didorong untuk mengirimkan artikel yang lengkap, belum pernah dipublikasikan, orisinil, dan belum pernah ditinjau di jurnal lain.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2022)" : 10 Documents clear
PELUANG DAN TANTANGAN DALAM MEMETAKAN OPINI PUBLIK DI MEDIA SOSIAL Mas Agus Firmansyah; Dedi Supriyadi
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jkaganga.6.1.46-53

Abstract

Tujuan dari tulisan ini adalah upaya untuk mengidentifkasi dan mengkaji berbagai peluang dan tantangan yang dihadapi dalam memetakan opini publik di media sosial. Berdasarkan tujuannya itulah, maka pendekatan yang digunakan untuk mendekati permasalahan dalam tulisan ini bersifat eksploratif, dengan menggunakan deskripsi analitis dalam pembahasan datanya. Melalui penelusuran dan pengalian berbagai data yang dielaborasi dari berbagai sumber,maka terdapat beberapa hal yang dapat diidentifikasi sebagai peluang maupun tantangan yang akan dihadapi ketika menjadikan media sosial sebagai basis untuk memetakan opini publik. Permasalahan lain yang sekaligus menjadi tantangan, adalah terkait dengan ketersediaan metode yang benar-benar tepat dan sesuai untuk dapat memetakan / menjaring opini publik di media sosial. Kata Kunci: Opini Publik, Media Sosial, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
REPRESENTASI IDENTITAS GAY DALAM KOMIK DIGITAL: (Analisis Semiotik Webtoon Berjudul "Daily Life Of A Gay Couple") Sultan Kharis Ukima; Dhanurseto Hadiprashada
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jkaganga.6.1.54-61

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis wacana model Charles Sanders Peirce, yang menganalisis dari struktur Tanda, Objek dan Representatif sehingga dengan menggunakan analisis tersebut peneliti dapat mencapai tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana gay digambarkan dalam Line Webtoon si Daily Life Of A Gay Couple Berdasarkan hasil analisis, kesimpulan dari Representasi identitas gay di dalamnya meliputi: (1) Representasi identitas yang dikembangkan dalam Line Webtoon Daily Life Of A Gay Couple selalu menggambarkan tanda serta konteks realitas sosial yang biasanya terjadi di kalangan masyarakat gay (2) Penggambaran gay sebagai sosok yang tertarik terhadap laki-laki yang kekar (3) Penggambaran gay sebagai orang yang pemalu (4) Penggambaran gay sebagai seseorang yang keras kepala (5) Pengakuan terhadap diri sendiri (6) Komik ini juga menggambarkan bahwa isu gay dalam masyarakat sebenarnya sangatlah luas terjadi.Kata Kunci : Representasi, Identitas Gay, Analisis Pesan, Semiotik Charles Sander Pierce
MAKNA UNGKAPAN “IKAN SEJEREK, BERE SECUPAK, MADAR…” DALAM AKTUALISASI KEHIDUPAN MASYARAKAT BERKAS KOTA BENGKULU Nanda Loveana; Lamhir S. Sinaga; Dwi Aji Budiman
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jkaganga.6.1.62-70

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana masyarakat asli Bengkulu khususnya masyarakat Berkas mengaktualisasikan ungkapan “Ikan Sejerek, Bere Secupak, Madar…” dalam hidup sehari-hari, serta mengetahui bagaimana masyarakat memaknai ungkapan itu, dan bagaimana pergeseran nilai-nilai yang terjadi bila ditinjau dari kaum tua dan kaum mudanya. Metode yang penelitian gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan dengan melakukan wawancara mendalam dan observasi bahwa ungkapan itu sekarang mengalami pola-pola pergeseran terhadap nilai-nilai yang ada di masyarakat dalam memaknai ungkapan itu. Kata Kunci ; Ikan Sejerek, Bere Secupak, Madar, Aktualisasi Kehidupan, Masyarakat Berkas, Kota Bengkulu
UPAYA ADAPTASI DAN KESETARAAN ETNIK BANYUMAS DENGAN ETNIK REJANG DI KECAMATAN ARGA MAKMUR Erlisa Widyastuti; Rasianna Br. Saragih; Heri Supriyanto
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jkaganga.6.1.71-80

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hambatan yang terjadi pada Etnik Banyumas selama beradaptasi, serta upaya yang dilakukannya dalam memperjuangkan kesetaraan dengan Etnik Rejang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara mendalam, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Hasil analisis data diuji keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya adaptasi yang dilakukan oleh Etnik Banyumas berlangsung dengan 5 cara yaitu Integration, Separation, Assimilation, mode gabungan relasi, dan marginalization. Secara umum dalam pendekatan teori Co-Cultural upaya yang digunakan ialah dengan cara Accomodation yaitu berusaha agar para anggota kelompok dominan dapat menerima para anggota minoritas. Dalam upaya adaptasi dan kesetaraan Etnik Banyumas dengan Etnik Rejang dibutuhkan sikap tolerasi antaretnik dan komunikasi antarbudaya.Kata kunci : Komunikasi Antarbudaya, Adaptasi, dan Teori Co-Cultural
MANAGEMENT PUBLIC RELATIONS MELALUI PROSES KOORIENTASI BAGI KEPENTINGAN PENGELOLAAN ARSIP BISNIS JASA PERHOTELAN: (Studi Kasus Upaya Promosi dan Peningkatan Citra Positif Marina Hotel Bengkulu) Lisa Adhrianti
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jkaganga.6.1.81-89

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses manajemen Public Relations pada hotel Grand Marina Pantai Panjang Bengkulu melalui proses koorientasi komunikasi. Teori Koorientasi yang dipilih akan menunjukkan derajat orientasi manager PR dengan petugas administrasi keuangan dan front office hotel terkait dengan efektifitas pengelolaan arsip bagi kepentingan promosi hotel untuk membentuk dan meningkatkan citra positif perusahaan.Metode penelitian studi kasus intrisnsik dengan pendekatan kualitatif akan mendeskripsikan kesimpulan dan rekomendasi bagi pengembangan keilmuan sosial di bidang komunikasi, kearsipan dan kehumasan.Kata kunci : Management, Public Relations, Teori Koorientasi, Pengelolaan Arsip, Perhotelan
Pengaruh Iklan Aqua Versi Pertemuan Internasional Terhadap Minat Beli Mahasiswa FISIP UNIB Akbar Aditya Darmawan; Wahyu Widiastuti; Andy Makhrian
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jkaganga.6.1.1-9

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu angkatan 2016, 2017, 2018, 2019 yang Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan kriteria responden yang melihat tayangan iklan Aqua versi Pertemuan Internasional terhadap minat beli mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, maka didapat jumlah sampel sebanyak 44 responden. Pada penelitian ini yang menjadi indikator pada variabel Independen (Bebas) pengaruh iklan Aqua versi Pertemuan Internasional adalah bagaimana isi pesan, struktur pesan, format pesan, sumber pesan. Sedangkan indikator pada variabel Dependen (Terikat) Minat beli mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik adalah bagaimana perhatian, ketertarikan, keinginan, keyakinan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil persamaan regresi linier sederhana didapati koefisien regresi (b) pengaruh iklan Aqua versi pertemuan Internasional 518 dengan angka yang positif. Dan nilai t hitung 2,304≥ t tabel1,68195 (H0 ditolak dan Ha diterima). Perilaku penonton tayangan iklan Aqua dipengaruhi secara signifikan oleh persepsi manfaat dan minat.Kata Kunci:Pengaruh Iklan, Aqua, Pertemuan Internasioal, Minat Beli
Strategi Promosi Studio Foto Ady_Photography Dalam Menarik Minat Konsumen Apriliyadi Anugeraha Prabowo; Wahyu Widiastuti; Yuliati
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jkaganga.6.1.10-19

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi promosi studio foto Ady Photography dalam menarik minat konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teori Bauran Promosi (Promotion Mix), yaitu Periklanan (Advertising), dan Promosi penjualan (Sales Promotion). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan data, penarikan kesimpulan serta menguji keabsahan data penelitian maka peneliti menggunakan Teknik triangulasi. Informan penelitian ditentukan dengan Teknik Purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi Bauran Promosi (Promotion Mix) yang telah di terapkan oleh studio foto Ady Photography bahwa berhasil dalam menarik minat konsumen pada jasa yang ditawarkan. Hal ini ditunjukkan oleh tanggapan para informan tentang strategi promosi yang dilakukan oleh studio foto Ady PhotographyKata Kunci : Fotografi, Pemasaran, Instagram
Analisis Interaksi Simbolik Body Shaming Sesama Perempuan (Studi Pada Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu) Arum Sekar Kinarsih; Rasianna Br. Saragih; Verani Indiarma
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jkaganga.6.1.20-29

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tindakan body shaming yang terjadi terhadap sesama perempuan dalam kajian Pikiran (Mind), Diri (Self), Masyarakat (Society) dalam ruang lingkup mahasiswi Ilmu Komunikasi. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan, dokumen pribadi, dokumen resmi, gambar foto dan sebagainya. Peneliti juga menggunakan teknik triangulasi data sebagai metode uji keabsahan data, dengan cara memeriksa data yang telah didapat dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang mengalami body shaming membentuk pikiran (Mind) berdasarkan pengalaman lalu sebagian memandang diri (Self) dengan menerima apa adanya (I) namun terkadang konsep diri mereka juga terbentuk karena dipengaruhi oleh penilaian orang lain (Me). Dan masyarakat (Society) merupakan faktor besar dalam perempuan yang pernah mengalami body shaming ini dalam membentuk pola pikir serta menemukan jati diri.Kata Kunci : Interaksi Simbolik, Body Shaming, Perempuan
Pelestarian Aksara Kaganga Melalui Sarana Komunikasi Sebagai Perwujudan Identitas Suku Rejang di Kabupaten Lebong Rama Dona; Dhanurseto Hadiprashada; Dwi Aji Budiman
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jkaganga.6.1.30-36

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pelestarian aksara KaGaNga sebagai bentuk sarana komunikasi dalam perwujudan identitas suku rejang di Kabupaten Lebong dan untuk mengetahui bentuk sarana komunikasi dalam pelestarian aksara KaGaNga di Kabupaten Lebong. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif yang bersifat dekriptif. Dalam penelitan ini peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokmuentasi serta menggunakan hasil penemuan data yang peneliti dapatkan di lapangan selama proses penelitian berlangsung, sehingga di dapatkan data yang dibutuhkan. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan pokok.Hasil penelitian ini menunjukkan Upaya pelestarian aksara KaGaNga sebagai bentuk sarana komunikasi dalam perwujudan identitas suku rejang di Kabupaten Lebong sudah dilakukan dengan baik oleh masyarakat dan pemerintah Kabupaten Lebong. Kata Kunci : Pelestarian, Aksara Ka Ga Nga, Sarana Komunikasi
Persepsi Kaum Milenial mengenai figure Calon Gubernur Dari Hasil Polling Koran Rakyat Bengkulu (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu) Uzie Amaliah; Mas Agus Firmansyah; Rasianna Br. Saragih
Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jkaganga.6.1.37-45

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi kaum milenial terhadap figur calon gubernur dari hasil polling koran rakyat Bengkulu mahasiswa Universitas Profesor Hazairin Bengkulu. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer melalui angket dan data sekunder dari dokumentasi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction, data display dan conclusion. Hasil penelitian ini ditemukan menurut persepsi kaum milenial dari hasil poling pasangan calon Gubernur pada koran Rakyat Bengkulu memberikan sensasi atau pengalaman yang dirasakan terhadap paslon, melalui attention atau perhatian kaum milenial terhadap kepribadian masing-masing calon. Kaum milenial memandang pasangan calon berdasarkan memori atau ingatan akan hal apa saja yang telah dilakukan oleh pasangan calon untuk membangun Bengkulu, kemudian mereka menaruh ekspektasi kepada pasangan calon berdasarkan visi misi nya untuk membangun Bengkulu menjadi lebih sejahtera.

Page 1 of 1 | Total Record : 10