cover
Contact Name
Raymond Walintukan
Contact Email
raymond@polimdo.ac.id
Phone
+628114313167
Journal Mail Official
mabp.polimdo@gmail.com
Editorial Address
Politeknik Negeri Manado Alamat . Kampus Politeknik, Jl. Raya Politeknik Ds. Buha Kampus Manado PO BOX 1265 Telp. (0431) 815288 , 815212
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN JURNAL PENELITIAN BISNIS
ISSN : 27209504     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Manajemen, Administrasi Bisnis, dan Pemasaran (MABP) merupakan jurnal yang difokuskan pada tiga cakupan utama yaitu: Manajemen, Administrasi Bisnis dan Pemasaran. Bidang Manajemen mencakup: Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Management), Manajemen Keuangan (Finance Management), Manajemen Produksi Dan Operasi (Production and Operation Management). Bidang Administrasi Bisnis mencakup: Administrasi Perkantoran (Office Administration), Administrasi Publik (Public Administration), Protokoler (Protocoler), Kesekretariatan (Secretarial). Untuk bidang Pemasaran mencakup: Penjualan (Selling), Multi Media Pemasaran (Multi Media Marketing), Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication).
Articles 59 Documents
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN KENDARAAN TOYOTA TIPE AVANZA PADA PT HASJRAT ABADI CABANG TENDEAN Christian Wungkar; Nancy Nancy
MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN Vol 4 No 3 DESEMBER (2022): MANAJEMEN, ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN
Publisher : Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.302 KB)

Abstract

Service is important in achieving company goals, companies that are able to provide thebest service will foster customer satisfaction with the performance of the servicesprovided and can increase sales. This study aims to determine customer satisfaction ofToyota Avanza type vehicles at PT Hasirat Abadi Tendean branch and to determinecustomer satisfaction implementation of Toyota Avanza type vehicles that should be usedat PT Hasirat Abadi Tendean branch. This type of research is quantitative research withdescriptive method. The sample used is a purposive sampling. Analysis of the data usedis the percentage. Based on the results of this study, it can be concluded that there areindicators that need to be improved and indicators that need to be improved, indicatorsthat need to be improved include keeping promises with customers and punctuality in anagreement with customers. The company must improve employee performance, especiallyin indicators of employees keeping promises in an agreement. and employees providepunctuality at the time of the agreement with the way the company needs to conductsocialization, guidance or job training on how to serve customers well
EFEKTIVITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KANTOR KECAMATAN MAPANGET KOTA MANADO Christien A Karambut; Deis Tabuni
MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN Vol 4 No 2 AGUSTUS (2022): MANAJEMEN, ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN
Publisher : Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.939 KB)

Abstract

Pemerintah sebagai penyedia layanan publik bertanggung jawab dan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Berdasarkan hasil pengamatan selama melakukan praktek kerja lapangan, ditemui (1) ketidaktepatan waktu pelayananan yang diberikan oelh petugas, (2) jumlah sumber daya manusia yang belum memadai, (3) ketidaksesuaian mekanisme pelayanan dalam pelayanan perijinan, (4) kurangnya ketersediaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana, (5) kurangnya sosialisasi dan pemberian informasi oleh Pemerintah Kecamatan Mapanget, (6) belum maksimalnya peran serta masyarakat dalam memberikan evaluasi kepada petugas Kantor Kecamatan Mapanget Kota Manado. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan administrasi Kantor Kecamatan Mapanget Kota Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian bersifat deskriptif dengan melakukan obeservasi selama melakukan praktek kerja lapangan. Hasil penelitian menjelaskan masih kurangnya efektifitas pelayanan yang diberikan sehingga perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan berkaitan dengan PATEN untuk petugas kecamatan Mapanget.
IMPLEMENTASI PROSEDUR KEARSIPAN PADA PT MANADO MEDIA GRAFIKA (TRIBUN MANADO) Gratia N Kaparang; Inka M.S Tumengkol; Fresi B. Lendo
MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN Vol 5 No 1 APRIL (2023): MANAJEMEN, ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN
Publisher : Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.164 KB)

Abstract

Prosedur kearsipan sangat penting di setiap perusahaan dalam rangka melakukan penemuan kembali arsip berupa dokumen atau warkat yang diperlukan. Oleh sebab itu, perlu adanya penataan kearsipan sesuai prosedur agar tidak membingungkan di kemudian hari saat pencarian arsip. PT Manado Media Grafika (Tribun Manado) khususnya di bagian keuangan memiliki banyak arsip dokumen keuangan yang kurang tertata dengan rapi sehingga memerlukan banyak waktu saat akan mencari arsip yang diperlukan, juga tidak adanya arsiparis sebagai penanggung jawab arsip keuangan yang berakibat karyawan yang mengambil arsip, tidak tertib dalam pengembalian arsip. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu bagian keuangan PT Manado Media Grafika (Tribun Manado). Kesimpulannya, PT Manado Media Grafika perlu melakukan pengaturan kembali mengenai arsip keuangan yang sudah ada sehingga lebih spesifik lagi dan memudahkan karyawan dalam menemukan kembali arsip yang diperlukan, dan perlu adanya arsiparis sebagai penanggung jawab arsip-arsip keuangan, mengingat arsip keuangan sangat penting di perusahaan dan harus di jaga dengan baik agar tidak disalahgunakanima strategi alternatif yang bisa diambil oleh pemilik usaha kuliner yakni, penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk, diversifikasi dan juga penciutan.
KAJIAN EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN BIDANG ADMINISTRASI PADA PT. MANADO MEDIA GRAFIKA Iyam L. Dua; Jeaneta J. J. Rumerung
MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN Vol 4 No 1 APRIL (2022): MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN
Publisher : Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.599 KB)

Abstract

Menjaga efisiensi dan efektivitas adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan dalam bekerja. Efisiensi dan efektivitas kerja karyawan dilihat dari kualitas kerja, kuantitas kerja, ketepatan waktu dan biaya yang dimiliki oleh karyawan. Metode ini bersifat deskriptif atau deskripsi komparatif yaitu suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan suatu masalah kemudian mencari solusi untuk pemecahan masalah yang ada. Jenis data yang dikumpulkan yaitu data sekunder dengan melakukan pengamatan kepustakaan dan sumber- sumber data sekunder lainnya serta melakukan pengamatan langsung ke lapangan untuk mendapatkan data primer. Tujuan penulisan ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan perkantoran secara efisien dan efektif pada divisi redaksi bagian online dan untuk mendeskripsikan peningkatan efisiensi dan efektivitas kerja untuk kelancaran aktivitas kerja karyawan pada divisi redaksi bagian online. Setelah dilakukan observasi dan kajian teoritis, maka hasil penulisan menunjukkan karyawan belum menerapkan konsep efisien dan efektif secara optimal. Dari hasil observasi yang dilakukan, perusahaan perlu meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja karyawan karena dengan adanya peningkatan ini maka tujuan perusahaan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan sasaran yang di tetapkan perusahaan. Kesimpulan yaitu upaya peningkatan efisiensi dan efektivitas kerja karyawan dalam melaksanakan kegiatan perkantoran dapat dilakukan PT. Manado Media Grafika melalui beberapa tindakan yaitu: pembinaan, pengawasan dan pemberian reward.
KORELASI METODE PENGAJARAN REMEDIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA Meidy Wollah; Lietje Lumatauw; Jemmry Winokan
MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN Vol 2 No 2 AGUSTUS (2020): MANAJEMEN, ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN
Publisher : Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7682.427 KB)

Abstract

Metode pengajaran remedial merupakan pengajaran yang dilakukan oleh pengajara untuk membantu mahasiswa dalam mengatasi kesulitan mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan pengajaran remedial terhadap kemampuan dan hasil belajar mahasiswa. dengan adanya metode pengajaran remedial merupakan pengajaran yang membantu, menyembuhkan, mengajarkan kembli/ perbaiki bagi mahasiswa yang mendapatkan nilai kurang, agar tidak berlarut larut dalam mendapatkan nilai kurang . dan pengajaran tersebut bertujuan untuk mendapatkan gambaran antara pengajaran remedial dan kemampuan serta memperoleh hasil belajar mahasiswa yang baik. Dalam Proses pembelajaran, Kreatifitas seorang pengajar sangat di harapkan selama proses pembelajaran berlangsung. Dalam berhadapan dengan generasi atau mahasiswa di era milenial, menjadi model di kelas, dalam hal ini seorang pengajar semata mata hanya sebagai Guru melakukan transfer of Knowledge, tetapi juga sebagai pendidik yang melakukan transfer of values dan sekaligus sbagia pembimbing yang memberikan pengarahan dan dalam menentukan mahasiswa dalam belajar. Dalam penelitian ini, Proses pembelajaran para mahasiswa di harapkan dapat mencapai hasil yang sebaik baiknya, sehingga bila dinyatakan ada mahasiswa yang belum berhasil sesuai dengan harapan, maka di perlukan suatu proses pengajaran yang membantu agar tercapai hasil yang di harapkan. Penelitian ini , Peneliti akan melakukan selama 1 Tahun, dan menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas, yakni pengajaran remedial dan suatu variabel terikat, yakni hasil belajar mahasiswa yang ditunjukan oleh nilai test akhir (post Test) dengan metode penelitian deskriptif dan korelasional.
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK SULUTGO Aditya Gunawan Subakir; Efendy Rasjid; Iyam L Dua
MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN Vol 4 No 1 APRIL (2022): MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN
Publisher : Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.345 KB)

Abstract

In the era of the industrial revolution 4.0 it becomes a challenge for every company to compete with each other to show quality companies. The purpose of this study is to find out the Effect of Work Motivation and Work Ability on Employee Performance on PT. Bank SulutGo. This type of research is quantitative research and research methods using descriptive research methods. The study took samples from one population using questionnaires as a data collection tool. The population taken is an Employee of PT. Bank SulutGo. The employees in question amounted to 427 employees but the sample involved amounted to 33 respondents using non probability sampling methods. The analysis used is Descriptive Statistical Analysis, Total Score, Multiple Linear Regression Analysis and Correlation. The results of the study's analysis The value of the simultaneous correlation coefficient r = 0.836 showed that work motivation and work ability had a very strong and significant relationship to improved employee performance at PT. Bank SulutGo. The coefficient of determination indicates that the improvement in employee performance, 83.6% is influenced by work motivation and ability to work together, while the remaining 16.4% is influenced by other factors. The results of the analysis showed that Work Motivation and Work Ability have a significant influence on improving Employee Performance in PT. Bank SulutGo. For this reason, work motivation and work ability need to be considered by the leadership and the company by paying more attention to internal and organizational factors regarding work motivation and work ability so as to improve employee performance.
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA AIR TERJUN TUNAN KECAMATAN TALAWAAN, KABUPATEN MINAHASA UTARA Inka M.S Tumengkol; Gratia N Kaparang; Rolyke Tulangow
MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN Vol 4 No 3 DESEMBER (2022): MANAJEMEN, ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN
Publisher : Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.176 KB)

Abstract

Air Terjun Tunan merupakan salah satu potensi alam Sulawesi Utara yang mempunyai pemandangan menakjubkan, berlokasi di Desa Talawaan, Minahasa Utara. Air Terjun Tunan adalah obyek wisata yang potensial, namun kurang mendapatperhatian dari pemerintah daerah, sehingga ada beberapa masalah yang menjadi kendaladalam pengembangan obyek wisata Air Terjun Tunan. Dengan adanya permasalahantersebut, maka peneliti ingin menganalisis lebih jauh tentang strategi pengembangan obyek wisata Air Terjun Tunan, agar dapat memperbaiki keadaan di lokasi obyek wisata tersebut. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis SWOT. Teknik pengumpulan data dalam penelitian inidilakukan melalui beberapa cara, yaitu: wawancara (depth-interview), observasi,dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini ditentukan secara purposive, yaituinforman kunci yang dianggap paling mengetahui situasi di lokasi wisata. LuaranPenelitian terdiri dari Tiga bagian yaitu laporan akhir penelitian, Jurnal Publikasi memiliki ISSN dan HKI. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara maka diperoleh informasi tentang kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh obyek wisata Air Terjun Tunan. Dalam penelitian ini, informan memaparkan beberapastrategi dalam pengembangan obyek wisata Air Terjun Tunan sesuai analisis SWOTyakni dengan melihat matriks informasi geografi pariwisata dengan menghasilkan empat alternatif strategi yaitu analisis strategi SO (Strength and Opportunities), analisisstrategi WO (Weaknesses and Opportunities), analisis strategi ST (Strength and Treats)dan analisis Strategi WT (Weaknesses and Treats).Air Terjun Tunan merupakan salah satu potensi alam Sulawesi Utara yang mempunyai pemandangan menakjubkan, berlokasi di Desa Talawaan, Minahasa Utara. Air Terjun Tunan adalah obyek wisata yang potensial, namun kurang mendapatperhatian dari pemerintah daerah, sehingga ada beberapa masalah yang menjadi kendaladalam pengembangan obyek wisata Air Terjun Tunan. Dengan adanya permasalahantersebut, maka peneliti ingin menganalisis lebih jauh tentang strategi pengembangan obyek wisata Air Terjun Tunan, agar dapat memperbaiki keadaan di lokasi obyek wisata tersebut. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis SWOT. Teknik pengumpulan data dalam penelitian inidilakukan melalui beberapa cara, yaitu: wawancara (depth-interview), observasi,dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini ditentukan secara purposive, yaituinforman kunci yang dianggap paling mengetahui situasi di lokasi wisata. LuaranPenelitian terdiri dari Tiga bagian yaitu laporan akhir penelitian, Jurnal Publikasi memiliki ISSN dan HKI. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara maka diperoleh informasi tentang kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh obyek wisata Air Terjun Tunan. Dalam penelitian ini, informan memaparkan beberapastrategi dalam pengembangan obyek wisata Air Terjun Tunan sesuai analisis SWOTyakni dengan melihat matriks informasi geografi pariwisata dengan menghasilkan empat alternatif strategi yaitu analisis strategi SO (Strength and Opportunities), analisisstrategi WO (Weaknesses and Opportunities), analisis strategi ST (Strength and Treats)dan analisis Strategi WT (Weaknesses and Treats).
PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN UNTUK KEPUASAN PUBLIK PADA PENGADILAN TATA USAHA NEGARA MANADO Christine Mokoginta; Iyam L. Dua; Jeaneta Rumerung
MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN Vol 5 No 1 APRIL (2023): MANAJEMEN, ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN
Publisher : Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.911 KB)

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan bentuk penilaian para pencari keadilan terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat pelayanan yang diharapkan, jika para pencari keadilan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan sesuai dengan apa yang mereka harapkan maka pelayanan yang diberikan oleh Lembaga pengadilan sudah pasti memiliki kualitas yang sangat baik. Oleh karena itu kualitas dalam pelayanan sangatlah penting. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini untuk mengetahui kualitas pelayanan, pentingnya pelaksanaan pelayanan yang berkualitas, dampak dari pelaksanaan pelayanan yang berkualitas dan upaya-upaya untuk mencapai kualitas pelayanan pada Pengadilan Tata Usaha Negara Manado. Kuliatas pelayanan pada kantor Pengadilan Tata Usaha Negara Manado diimplementasikan dengan menerapkan dimensi kualitas pelayanan, yaitu keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), perhatian (attention), dan bukti langsung (tangible). Upaya peningkatan kualitas pelayanan untuk kepuasan publik dilaksanakan dengan menerapkan pelayanan berkualitas sesuai standar pelayanan dan menerapkan etika kantor oleh pegawai yang memberikan pelayanan publik kepada masyarakat
PENERAPAN SISTEM KEARSIPAN DALAM MENUNJANG AKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA BALAI KARANTINA IKAN PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN MANADO Leidy Jenifer Maringka; Silvy Sambuaga
MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN Vol 4 No 2 AGUSTUS (2022): MANAJEMEN, ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN
Publisher : Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.323 KB)

Abstract

Arsip merupakan kumpulan warkat yang disimpan secara sistematis karena mempunyai kegunaan agar setiap kali diperlukan dapat secara cepat ditemukan kembali. Sistem penerapan arsip memegang peranan penting bagi jalannya suatu organisasi, apabila arsip yang dimiliki kurang baik penerapannya dapat mengakibatkan sulitnya menemukan informasi yang telah disimpan dan akhirnya dapat menghambat tahapan proses pekerjaan selanjutnya. Oleh karena itu sebaiknya arsip dikelola menggunakan sistem penerapan arsip yang baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem kronologis Dengan Baik dan benar Dalam Menunjang Aktifitas Kerja Pegawai pada Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Manado khususnya di bagian Tata Usaha. Metode yang penulis gunakan yaitu metode penelitian deskriptif yaitu menggambarkan permasalah yang ada pada Kantor Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan Manado. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlu adanya penerapan sistem kronologis yang baik dan benar agar ketika mencari suatu berkas dapat dengan tepat dan cepat ditemukan
ANALISIS PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PEMBERDAYAAN DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI POLITEKNIK NEGERI MANADO Efendy Rasjid; Mariska Walean; Reyners Tenges; Jemmry Winokan
MANAJEMEN ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN Vol 3 No 2 AGUSTUS (2021): MANAJEMEN, ADMINISTRASI BISNIS DAN PEMASARAN
Publisher : Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7174.599 KB)

Abstract

The Industrial Revolution 4.0 is marked by changes in the progress of science and technology that are so fast that it provides challenges for the world of educations to be able to manage Human Resources (HR)