cover
Contact Name
Zul Anwar
Contact Email
mandalikaindo@gmail.com
Phone
+62817259116
Journal Mail Official
mandalikaindo@gmail.com
Editorial Address
Alamat: Jalan Candi Pawon No. 7, Getap Barata, Kel. Cakranegara Selatan Baru, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, NTB. 83238 Indonesia
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Mandalika Literature
ISSN : -     EISSN : 7455963     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Sebagai sarana penyebarluasan ilmu pengetahuan dan media komunikasi di kalangan masyarakat ilmiah, profesional, atau akademik.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2023)" : 5 Documents clear
Strategi Penyampaian Pembelajaran Salat di SDN 2 Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan Jainuddin Jainuddin
Journal of Mandalika Literature Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.772 KB) | DOI: 10.36312/jml.v4i2.1655

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi penyampaian pembelajaran Salat di SDN 2 Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif, yakni penelitian yang dimaksudkan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Guru dalam mengajarkan materi pelajaran shalat hanya menggunakan media papan tulis, media yang digunakan tidak sesuai dengan materi pelajaran karena materi shalat paling cocok menggunakan media audio visual, media pembelajaran yang digunakan juga tidak sesuai dengan minat, kebutuhan, dan kondisi siswa, karena media yang digunakan tidak sesuai dengan sikologis anak SD yang lebih menyukai gambar, animasi dan sebagainya serta media yang digunakan juga sangat tidak evektif. Interaksi guru dan siswa yang terjadi di SDN 2 Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan adalah interaksi satu arah karena metode pembelajaran yang digunakan hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan, keadaan siswa dalam proses pembelajaran juga kurang aktif dan antusias, penyampaian materi dilkukan kadang-kadang sesuai RPP dan tidak sesuai RPP akan tetapi tetap memiliki tujuan dan pada akhir pembelajaran juga tetap di lakukan penilaian untuk mengetahui hasil interaksi. Bentuk pembelajaran yang dilakukan di SDN 2 Kelurahan Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan yaitu bentuk pembelajaran dalam kelompok kecil, pembelajaran yang di lakukan berorientasi pada tujuan pembelajaran, pembelajaran yang dilakukan tidak menggunakan media, keadaan kelas cukup tertib, keadaan sarana-prasaran kurang mendukung tidak ada mushala dan tidak ada media pembelajaran praktek dan gerakan shalat yang di ajarkan mulai dari takbiratul ikhram sampai dengan salam.
Hubungan Peran Keluarga Dengan Personal Hygiene Pada Lansia Di Desa Kebonsari Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen Fitri Rahayu; Pramesti Dewi Pramesti Dewi; Maya Safitri
Journal of Mandalika Literature Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.609 KB) | DOI: 10.36312/jml.v4i2.1657

Abstract

Personal hygiene yaitu kebersihan diri yang seperti kebersihan kulit, mandi, mulut, mata, hidung, telinga, rambut, kaki,kuku dan genitalia. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui hubungan peran keluarga dengan personal hygiene pada lansia di Desa Kebonsari Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dan pendekaan cross sectional. Populasi penelitian seluruh lansia di Desa Kebonsari sebanyak 126 lansia. Teknik pengambilan sampling menggunakan purposive sampling banyak 96 lansia. Hasil menyatakan yaitu responden peran keluarga baik sebanyak 56 (58,3%) dan personal hygiene sebanyak 79 (82,3%) responden. Hasil uji spearman-rank didapatkan nilai p-value 0,000 (0,05) dan nilai coefficient corelation (CC) sebanyak 0,663. Kesimpulan ada hubungan peran keluarga dengan personal hygiene pada lansia di Desa Kebonsari Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen.
Metode Pembelajaran Kitab Tafsir Al-Ibriz Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Berbahasa Jawa Santri Di Pptq Al -Asy’ariyyah Arif Puji Haryadi; Muchotob Hamzah; Vava Imam Agus Faisal
Journal of Mandalika Literature Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.571 KB) | DOI: 10.36312/jml.v4i2.1672

Abstract

Pendidikan pesantren merupakan pendidikan klasik dan dikenal dengan pendidikan tradisional yang ada di Indonesia sejak zaman dahulu. Pesantren sendiri berdiri sebagai lembaga pendidikan non formal untuk menjadi pelengkap dari pendidikan formal. Pondok pesantren Al-Asy’ariyyah yang masih eksis sampai saat ini merupakan salah satu pondok pesantren yang menerapkan kitab kuning sebagai programnya. Dari beberapa kitab kuning, yang paling mencolok yaitu pembelajaran kitab tafsir Al-Ibriz sebagai program ngaji wajib dengan menggunakan bahasa Jawa dalam praktiknya. Walaupun pembelajaran ini sudah menggunakan berbagai metode seperti bandongan, sorongan, ceramah, demonstrasi tetapi tujuannya untuk memberikan pemahaman dan kemampuan berbahasa Jawa santri masih kurang sehingga perlu sekali metode yang tepat untuk mencapainya. Tujuannya agar selain santri memahami isi dan kandungan ayat, santri juga memahami bahasa yang dimaksud dan mampu mempraktikkannya dalam kegiatan sehari-hari. Metode yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data kemudian diolah dan mencari solusinya sehingga setelah dianalisis penulis maka metode yang tepat yaitu metode bandongan secara demonstrasi karena metode lebih maksimal dalam memberikan pemahaman dan praktik berkomunikasi santri dalam berbahasa Jawa.
KOMPUTER LITERASI BAGI ANAK USIA DINI Nurul Iman; Bq. Sarlita Kartiani
Journal of Mandalika Literature Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.295 KB) | DOI: 10.36312/jml.v4i2.1756

Abstract

Komputer bagi anak usia dini merupakan suatu kebutuhan untuk diajarkan dan digunakan oleh anak agar tidak gagap teknologi (gaptek) dalam menghadapi dunia yang terus maju dan berkembang akan kemajuan teknologi itu sendiri. Komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak. Namun juga dapat memberikan dampak yang negatif, yaitu bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan tanpa adanya pengawasan, pengaruhnya pun bisa jadi anak menjadi kecanduan main game pada komputer. Mengenalkan komputer pada anak, amat tergantung pada kesiapan orangtua dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain komputer. Karenanya, kepada semua orangtua, perlu diingatkan peran penting mereka dalam pemanfaatan komputer bagi anak. Berikan kesempatan pada anak untuk belajar dan berinteraksi dengan komputer sejak dini. Apalagi mengingat penggunaan komputer adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari pada saat ini dan masa yang akan datang. Pilihlah perangkat lunak tertentu yang memang ditujukan untuk anak-anak. Sekalipun yang dipilih merupakan program komputer seperti edutainment ataupun games, sesuaikan selalu dengan usia dan kemampuan anak.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DITINJAU DARI SISI EVALUASI MODEL STAKE COUNTANANCE St. Jumaeda; Agus Jayadi
Journal of Mandalika Literature Vol. 4 No. 2 (2023)
Publisher : Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika (IP2MI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.066 KB) | DOI: 10.36312/jml.v4i2.1757

Abstract

Evaluasi model stake countanance bertujuan untuk mengungkapkan pakta tentang capaian dalam suatu program tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan evaluasi model stake countanance pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Evaluasi model stake countanance memiliki tiga komponen yaitu antecedent, countanance, dan outcomes. Penelitian ini fokus pada komponen transaction meliputi (perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran). Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan pembelajaran PAI telah dilaksanakan sesuai dengan juklak dan juknis. Namun pada aspek pelaksanaan pembelajaran pada indikator metode pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran perlu ditingkatkan karena dipandang kurang inovatif. Pihak sekolah perlu menyediakan sarana dan perasarana yang memadai sesai dengan kebutuhan bersama untuk guru dan peserta didik dan perkembangan ilmu pengetahuan seuai era 5. 0. Bagi guru yang belum memahami perkemabangan teknologi agar diberikan pelatiahn khusus atau disiapkan pendampingan agar hasil pembelajaran menjadi lebih baik dan dapat memanfaatan media secara efektif dan efisien.

Page 1 of 1 | Total Record : 5