cover
Contact Name
Rikie Katadie
Contact Email
rikie@utdi.ac.id
Phone
+6281215923289
Journal Mail Official
ojs@akakom.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198 Telp. (0274)486664
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
MANISE (Manajemen, Bisnis dan Ekonomi)
ISSN : -     EISSN : 29645417     DOI : 10.26798/manise
Core Subject : Economy,
MANISE “Management, Business and Economics” Journal is a scientific journal published by the Faculty of Retail Business Management, Universitas Teknologi Digital Indonesia in collaboration with the Institute for Research and Community Service (LPPM) at the Universitas Teknologi Digital Indonesia (dh STMIK AKAKOM) Yogyakarta, Indonesia. MANISE covers papers original, unpublished, and peer-reviewed research. Submissions must be original and have not been previously published. Submission for publication in this journal assumes that the work is considered unpublished elsewhere and has not been reviewed by another publication. All items undergo a thorough evaluation process by all ethical guidelines to maintain the highest publication standards.
Articles 10 Documents
PENERAPAN METODE THIRD WAVE FRAMEWORK DALAM PENENTUAN PLATFORM MEDIA SOSIAL PROMOSI PARIWISATA KABUPATEN MAROS Rina Febriyanti
Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Vol 1, No 2 (2023): Maret 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/manise.v1i2.855

Abstract

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang memiliki keindahan budaya dan alamnya yang membentang karena itulah Indonesia menjadi tujuan wisata baik lokal maupun internasional. Salah satunya adalah Kabupaten Maros yang merupakan daerah tujuan wisata yang mempunyai kawasan strategis pariwisata. Dinas Pariwisata Kabupaten Maros saat ini masih kurang memanfaatkan media sosial sebagai media promosi dalam mendukung agenda pariwisata tahunan dan belum memiliki strategi promosi pariwisatanya untuk pencapaian target wisatawan Kabupaten Maros hingga tahun 2023. Oleh karena itu, diperlukan suatu strategi media sosial dalam mendukung kepariwisataan dalam menyebarkan informasi secara meluas. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Third Wave Framework. Hasil penelitian yaitu dalam mencapai goals Dinas Pariwisata Kabupaten Maros, target promosi media sosial adalah wisatawan umur 17-25 Tahun dengan mempromosikan wisata dengan dengan hasil 48% setuju dan 48% sangat setuju apabila content menampilkan informasi Pemandangan, Biaya, Spot foto, Jarak dan Fasilitas dan dalam bentuk video. Platform yang banyak digunakan oleh wisatawan adalah Instagram dengan 42% setuju dan 52 % sangat setuju, kemudian platform media sosial Tik-tok dengan persentase 51% setuju dan 41% sangat setuju dan yang ketiga adalah platform media sosial facebook dengan persentase 42% setuju dan 39% sangat setuju.Kata Kunci: Pariwisata, Media Sosial, Third Wave Framework, Strategi, Dinas Pariwisata Kabupaten Maros
ANALISIS KEPERCAYAAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SITUS ONLINE ZALORA INDONESIA Yuyun Wahyuni; Monika Yunensi
Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Vol 1, No 1 (2022): Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/manise.v1i1.591

Abstract

ABSTRAKPenggunaan internet pada saat ini sudah sangat meluas, dan sebagian masyarakat Indonesia menggunakan fasilitas internet untuk melakukan transaksi jual beli online. Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mengetahui signifikansi pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian di situs online Zalora Indonesia ;(ii) mengetahui signifikansi pengaruh kualitas informasi terhadap keputusan pembelian di situs online Zalora Indonesia; (iii) mengetahui signifikansi pengaruh simultan kepercayaan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian di situs online Zalora IndonesiaSampel yang diambil sejumlah 100 responden dengan metode purposive sampling. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Alat analisis data menggunakan uji regresi berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan Uji F. Selain itu, untuk mengetahui besarnya sumbangan variable yang dimasukkan dilakukan uji R2.Hasil persamaan regresi linear berganda menunjukkan bahwa nilai konstanta sebesar 18,449 dan koefisien regresi dari variable kepercayaan sebesar 0,211 dan kualitas informasi sebesar 0,411. Hasil uji hipotesis t dan F menunjukkan bahwa variable kepercayaan dan kualitas informasi secara signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di situs online Zalora Indonesia, baik secara parsial maupun simultan. Kata Kunci: Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Kualitas Informasi, Transaksi Online
Mitos Brand Amerika Dalam Pemilihan Handphone Mahasiswa Universitas Teknologi Digital Indonesia (Studi Kasus: Iphone Vs Samsung) Nafisatul Lutfi; Sur Yanti; Mochamad Rofik
Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Vol 1, No 2 (2023): Maret 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/manise.v1i2.962

Abstract

Merek (Brand) sering diidentikkan dengan kualitas. Semakin kuat mereknya, semakin tinggi kualitasnya, sehingga semakin tinggi pula penjualannya. Merek juga sering dikaitkan dengan negara asal produk brand tersebut. Dalam studi Amerika, ada istilah yang menyebutkan mitos merek Amerika yang lebih canggih dan lebih baik di mata pelanggan.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara asosiasi budaya negara asal, khususnya mitos produk Amerika dalam pemilihan ponsel di kalangan mahasiswa Universitas Teknologi Digital Indonesia(UTDI). Pemilihan produk handphone berdasarkan latar belakang mahasiswa yang familiar dengan Internet Technology (IT) dan gadget. Produk Iphone dan Samsung dijadikan sebagai parameter untuk melihat brand association versus kualitas produk mengingat kedua brand tersebut sudah terkenal dan bersaing di pasar smartphone saat ini.Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa UTDI yang mengambil mata kuliah Bahasa Inggris 1 dan 2. Jumlah sampel yang terkumpul adalah 43 sampel. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh budaya (mitos produk Amerika) tidak terbukti dalam kasus pembelian smartphone pada mahasiswa UTDI. Responden puas dengan produk yang mereka gunakan, meskipun mayoritas tidak menggunakan produk Iphone atau Samsung. Samsung dan Iphone adalah produk populer dan merek Apple adalah merek yang kuat. Loyalitas responden terhadap produk yang digunakannya tinggi. Samsung lebih populer di kalangan mahasiswa UTDI dibandingkan dengan Iphone.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. MADUBARU D.I. YOGYAKARTA Mochamad Rofik
Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Vol 1, No 1 (2022): Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/manise.v1i1.574

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Madubaru kabupaten Bantul DIY. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Populative Random Sampling dengan sampel yaitu sebanyak 40 sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linear Berganda yang diolah dengan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa  Lingkungan Kerja menunjukan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT.MADU BARU dengan nilai regresi sebesar 0,247 yang artinya 0,247 lbih dari 0 dan kurang dari 1 ini berarti bahwa setiap adanya peningkatan kualitas lingkungan kerja akan mengakibatkan peningkatan kinerja karyawan, Motivasi kerja menunjukan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT.MADU BARU dengan nilai regresi sebesar 0,544 yang artinya 0,544 lebih dari 0 dan kurang dari 1 ini berarti bahwa setiap adanya peningkatan motivasi kerja akan mengakibatkan peningkatan kinerja karyawan.
Pengaruh gaya kepemimpinan perempuan, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Rumah Tahanan Negara Perempuan Kelas IIA Surabaya Amiek Diyah Ambarwati
Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Vol 1, No 2 (2023): Maret 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/manise.v1i2.827

Abstract

Dalam rangka terwujudnya peningkatan kinerja pada sebuah lembaga atau organisasi pemerintah, maka sangat perlu diperhatikan adanya gaya kepimpinan perempuan, motivasi dan disiplin kerja, hal ini diperlukan dalam rangka dapat memperbaiki kualitas dan dapat meningkatkan prestasi pegawai. Penelitian ini termasuk dalam ruang lingkup manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini menguji dua variable yaitu variable independen dan variable dependen. Variable independen dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan perempuan, motivasi kerja dan disiplin kerja, sedangkan variable dependen adalah kinerja pegawai. Dari penelitian ini didapatkan hasil yaitu ada pengaruh secara signifikan antara Gaya Kepemimpinan Perempuan terhadap Kinerja Pegawai sebesar 10,071, ada pengaruh secara signifikan antara Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai sebesar 5,580, ada berpengaruh secara signifikan antara Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai yaitu 8,981 kemudian Gaya Kepemimpinan Perempuan (X1), Motivasi Kerja (X2) dan Disiplin Kerja (X3), secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai di Rutan Perempuan Kelas IIA Surabaya.Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Perempuan, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN PRODUK PT. UNILEVER INDONESIA DI YOGYAKARTA Mursyid Mursyid
Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Vol 1, No 1 (2022): Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/manise.v1i1.575

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, jalur distribusi dan promosi, baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan masyarakat menggunakan Produk PT. Unilever Indonesia di Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif. Mengingat jumlah populasi yang sulit diukur, maka sampel penelitian yang digunakan sebanyak 272 responden. Sampel diambil secara acak di beberapa lokasi. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa 1) Produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Masyarakat menggunakan produk PT. Unilever Indonesia; 2) Harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Masyarakat menggunakan produk PT. Unilever Indonesia; 3) Jalur distribusi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Masyarakat menggunakan produk PT. Unilever Indonesia; 4) Promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Masyarakat menggunakan produk PT. Unilever Indonesia; dan 5) Produk, harga, jalur distribusi dan promosi secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Masyarakat menggunakan produk PT. Unilever Indonesia.Kata kunci: bauran pemasaran, produk, harga, jalur distribusi, promosi, keputusan masyarakat
ANALISA EFEKTIFITAS PERSEDIAAN UMKM BOLEN MALANG MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) Ridah Anjar Sari; Alycia Rahma Oktaviani; Shinta Aulya Cahya Mukti; Mohamad Bastomi
Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Vol 1, No 2 (2023): Maret 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/manise.v1i2.821

Abstract

Bolen adalah makanan khas Bandung, memiliki citarasa yang beraneka ragam berbentuk roti panggang yang berisi selai atau isian lainnya, hingga saat ini bolen masih sangat mampu bersaing dengan makanan modern yang viral, untuk menanggapinya pengusaha UMKM asal Kota Malang menginginkan Wisatawan, Pelajar, Pendatang, maupun warga Lokal Kota Malang bisa merasakan Bolen dengan varian cita rasa dan tekstur versi Kota Malang sendiri, sehingga mampu memberikan memori dan rasa yang melekat dengan kota Malang. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa apakah sistem persediaan yang digunakan oleh perusahaan sudah mencapai angka yang maksimal dan efektif, yang selanjutnya mampu dijadikan pertimbangan UMKM Bolen Malang untuk diterapkan menjadi dasar dalam pengadaan persediaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang akan dikumpulkan oleh peneliti berdasarkan informasi yang didapatkan saat bertemu langsung dengan informan. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara terhadap subjek penelitian. Penelitian ini pun memiliki hasil bahwa memakai metode Economic Order Quantity (EOQ) dapat menghasilkan referensi pengakomodiran persediaan dengan hanya mengeluarkan 35% dari total pengeluaran biasanya, yang juga membantu dalam perhitungan persediaan yang disimpan untuk kemudian disebut Safety Stock.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PASAR SENI DAN WISATA GABUSAN, SEWON, BANTUL, D.I.Y Yuliantoharinugroho Yuliantoharinugroho; Wilis Fahlefi
Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Vol 1, No 1 (2022): Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/manise.v1i1.577

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis kepuasan pengunjung Pasar Seni dan Wisata Gabusan, Timbulharjo, Sewon, Bantul, DIY. Penelitian ini menggunakan variabel Kualitas Pelayanan yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible sebagai variabel bebas untuk menganalisis pengaruhnya terhadap kepuasan pengunjung sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Pasar Seni dan Wisata Gabusan, Timbulharjo, Sewon, Bantul, DIY. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Populative Random Sampling dengan sampel yaitu sebanyak 103 sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linear Berganda yang diolah dengan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh reliability (kehandalan) terhadap kepuasan pengunjung yang ditunjukkan thitung sebesar -0,220. Tidak ada pengaruh responsiveness (daya tanggap)terhadap kepuasan pengunjung yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 0,986. Tidak ada pengaruh assurance (jaminan) terhadap kepuasan pengunjung yang ditunjukkan dengan nilai nilai thitung sebesar 1,906. Ada pengaruh emphaty (empati) terhadap kepuasan pengunjung yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 2,388. Tidak ada pengaruh variabel tangibles (berwujud) terhadap kepuasan pengunjung yang ditunjukkan dengan nilai nilai thitung sebesar 0,654. Hasil Uji F (ANOVA) membuktikan bahwa kualitas pelayanan yang tangibles (berwujud), reliability (kehandalan), responsiveness (respon/ ketanggapan), assurance (jaminan), dan emphaty (empati) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengunjung yang ditunjukkan nilai Fhitung = 7,704 dan tingkat signifikansi 0,000 tersebut lebih kecil dari 0,05.
Analisis Cost Volume Profit dalam Mengoptimalisasi Laba pada UMKM Cilox Tata Surya Ulfa Khoirun Nisa; Mursalina Mursalina; Mohamad Bastomi
Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Vol 1, No 2 (2023): Maret 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/manise.v1i2.822

Abstract

Keuangan menjadi faktor penting bagi suatu usaha bisa bertahan, pengelolaan keuangan pada suatu usaha harus dikaji dan diperbaiki guna meningkatkan kualitas manajemen usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen keuangan yang berkaitan dengan cost volume profit pada UMKM Cilok Tata Surya, untuk mengetahui titik Break Event Point (BEP), dan jumlah penjualan yang harus dipertahankan oleh umkm ini agar tidak mengalami kerugian. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, sumber data didapat dari hasil observasi dan wawancara. Hasil perhitungan dari analisis cost volume profit yaitu untuk hasil dari margin kontribusi sebesar Rp 118.800.000 dengan rasio margin kontribusi sebesar 36%. Jumlah unit produk yang harus dijual supaya break event point sebesar 9.750 unit atau sebesar Rp 48.750.000. Jumlah maksimum penurunan target penjualan yang tidak menyebabkan UMKM Cilox Tata Surya mengalami kerugian sebesar Rp 281.250.000. Setiap perubahan penjualan sebesar 10% akan mengubah pendapatan sebesar 11,7%. Jika penjualan berada dibawah titik penutupan usaha Rp 48.750.000 atau 9.750 unit, maka UMKM tersebut tidak dapat menutup biaya tunai. UMKM Cilox Tata Surya menargetkan laba sebesar 20% atau Rp 121.500.000 per tahun dengan target perolehan penjualan sebesar Rp 170.250.000
Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Saptosari Gunungkidul D.I. Yogyakarta Khoiri Najib
Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Vol 1, No 1 (2022): Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/manise.v1i1.666

Abstract

Abstrak: Kualitas pelayanan merupakan indikator terpenting untuk mengetahui kepuasan pasien. Makin sempurna kepuasan tersebut, makin baik pula kualitas pelayanan kesehatan. RSUD Saptosari merupakan salah satu institusi penyedia jasa pelayanan kesehatan di Kabupaten Gunungkidul DIY. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Saptosari Gunungkidul DIY. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, studi pustaka, dan dokumentasi. Jumlah Sampel adalah 77 responden. Hasil uji t bahwa t hitung > t tabel  6,085 > 1,992 dan nilai signifikansi yang dihasilkan adalah 0,000 < 0,05 yang berarti kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi, diperoleh hasil bahwa nilai koefisien determinasi (R Square) adalah 0,331, yang artinya kualitas pelayanan memiliki kontribusi terhadap kepuasan pasien sebesar 33,1% dan sisanya 66,9 % dipengaruhi oleh faktor  lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 10