cover
Contact Name
Nurasiah
Contact Email
riwayat@usk.ac.id
Phone
+6285360082823
Journal Mail Official
riwayat@usk.ac.id
Editorial Address
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee, Kopelma Darussalam, Kec. Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 24415
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
ISSN : 26143917     EISSN : 27755037     DOI : https://doi.org/10.24815/
The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) Education.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019): Februari, 2019, Educatio, History and Sociology" : 7 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture dalam Pembelajaran IPS Siswa SMP Negeri 1 Trienggadeng Mariany mariany; Siti Rahmi Zuhra; Mawaddah Warahmah
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities Vol 2, No 1 (2019): Februari, 2019, Educatio, History and Sociology
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran IPS pada kelas VIII-B SMP Negeri 1 Trieng Gadeng serta untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kelas VIII-B SMP Negeri 1 Trieng Gadeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan selama 3 siklus yang kemudian dihitung persentase ketuntasannya Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I 60 persen, siklus II 70 persen dan pada siklus II 90 persen. Demikian pula dengan kegitan guru, Pada siklus I nilai observasi yang didapat adalah 3,2 dengan kriteria aktivitas yang baik, kemudian meningkat menjadi 4,0 pada siklus II dengan kriteria kegiatan guru yang baik dan pada siklus III nilai dari kegiatan guru menjadi 4,7 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis, penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe picture and picture mempunyai pengaruh positif, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pembelajaran IPS pada kelas VIII-B SMP Negeri 1 Tring Gadeng tahun pelajaran2012/2013   dan    juga    dapat    meningkatkankegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. 
Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri 11 Banda Aceh Riza Novia; Raissa Zuhra
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities Vol 2, No 1 (2019): Februari, 2019, Educatio, History and Sociology
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model pembelajaran quantum teaching, hasil belajar Penelitian ini berjudul "pengaruh pelaksanaan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP negeri 11 Banda Aceh". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sejarah dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching di bandingkan dengan metode konvesional pada mata pelajaran IPS. Pendekatam yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP 11 Banda Aceh, yang berjumlah 100 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-2 sebagai eksperimen yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalaui pemberian tes (post-tes) sedangkan teknik pengolahan dan anlisis data menggunakam rumus kolerasi product moment dan data tersebut diolah dengan menggunakan rumus uji t. hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Perhitungan korelasi (r) untuk mencari pengaruh variabel X dan Y diperoleh hasil sebesar r = 0,96, yang menunjukkan nilai kolerasi yang sangat tinggi, dan juga diperoleh hasil dari uji hipotesis ( uji t ) yaitu thitung 73,78 dan tabel 1,68. Karena thitung lebih besar dari tabei (73,7821,68), sehingga hasil penelitian tersebut tinggi karena dapat mempengaruhi hasil belajar siswa maka korelasinya signifiknya yang berarti Ha diterima dan Ho di tolak. Dari hasil tersebut model pembelajaran quantum teaching memberi pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 11 Banda Aceh
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Ouside Circle Pada Mata Pelajaran IPS Nurul Hadiah
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities Vol 2, No 1 (2019): Februari, 2019, Educatio, History and Sociology
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran tipe Inside-Ouside-Circle merupakan tipe yang mencari pasangan atau jawaban dari sebuah soal yang diberi. Melalui cara seperti ini diharapkan siswa mampu berfikir dengan cepat dan tanggap sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Meningkatkan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Ouside-Circle. 2) untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe Inside-Ouside-Circle. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Matang Aron Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur, pengumpulan data dilakukan melalui teknik dengan tes dan dokumen. Data yang diperoleh di lapangan diolah dengan menggunakan kualitatif. Dari hasil pengelolaan data dapat disimpulkan bahwa: Hasil pembelajaran siswa pada pelajaran IPS SD negeri 2 Matang Aron Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur melalui model pembelajaran tipe Inside-Ouside-Circle sudah mencapai ketuntasan secara klasikal, aktivitas guru dan siswa telah mencerminkan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Ouside-Circle. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya ketuntasan belajar siswa. Yaitu dari siklus I, siklus II, dan siklus III, yaitu pada siklus I ada 13 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 61,42%, pada pada siklus II ada 15 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 62,82% dan pada siklus III ada 23 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 82%. Aktivitas kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Ouside-Circle dalam setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu dari kategori rendah menjadi kategori tinggi. 
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa SMAN di Banda Aceh Ryski Ananda
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities Vol 2, No 1 (2019): Februari, 2019, Educatio, History and Sociology
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Srudem Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X SMAN 3 Banda Aceh”.. Dengan mengangkat masalah bagaimana pengaruh hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional dan dengan model pembelajaran kooperatif Student Facilitator And Kxplaining (SFAE) yang diterapkan kepada siswa di SMAN 8 Banda Aceh dan seberapa besarkah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Studem Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran sejarah di SMAN 8 Banda Aceh.Adapun tujuan dari penelitian ini untuk untuk memperoleh data tentang perbandingan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) yang diterapkan kepada siswa di SMAN 8 Banda Aceh dan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran sejarah di SMAN 8 Banda Aceh.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode eksperimen (percobaan) dengan cara mengajarkan materi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE).
Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP Negeri 4 Banda Aceh Safrizal Safrizal; Fitri Arisna
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities Vol 2, No 1 (2019): Februari, 2019, Educatio, History and Sociology
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo dancing terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Banda Aceh. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran  kelas VIII-1 (eksperimen) siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 83,33 persen dan kelas VIII-2 (kelas kontrol) siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 40 persen.  Perhitungan korelasi (r) untuk mencari pengaruh antara variabel X dan Y diperoleh hasil sebesar 0,96 hal tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan yang erat antara  variabel X (nilai hasil siswa belajar kooperatif tipe Bamboo dancing) dan variabel Y (nilai prestasi belajar konvensional). 
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa SMAN di Banda Aceh Ryski Ananda
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities Vol 2, No 1 (2019): Februari, 2019, Educatio, History and Sociology
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini berjudul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Srudem Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X SMAN 3 Banda Aceh”.. Dengan mengangkat masalah bagaimana pengaruh hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional dan dengan model pembelajaran kooperatif Student Facilitator And Kxplaining (SFAE) yang diterapkan kepada siswa di SMAN 8 Banda Aceh dan seberapa besarkah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Studem Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran sejarah di SMAN 8 Banda Aceh.Adapun tujuan dari penelitian ini untuk untuk memperoleh data tentang perbandingan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) yang diterapkan kepada siswa di SMAN 8 Banda Aceh dan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran sejarah di SMAN 8 Banda Aceh.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode eksperimen (percobaan) dengan cara mengajarkan materi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE).
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Ouside Circle Pada Mata Pelajaran IPS Nurul Hadiah
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities Vol 2, No 1 (2019): Februari, 2019, Educatio, History and Sociology
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran tipe Inside-Ouside-Circle merupakan tipe yang mencari pasangan atau jawaban dari sebuah soal yang diberi. Melalui cara seperti ini diharapkan siswa mampu berfikir dengan cepat dan tanggap sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Meningkatkan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Ouside-Circle. 2) untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe Inside-Ouside-Circle. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Matang Aron Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur, pengumpulan data dilakukan melalui teknik dengan tes dan dokumen. Data yang diperoleh di lapangan diolah dengan menggunakan kualitatif. Dari hasil pengelolaan data dapat disimpulkan bahwa: Hasil pembelajaran siswa pada pelajaran IPS SD negeri 2 Matang Aron Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur melalui model pembelajaran tipe Inside-Ouside-Circle sudah mencapai ketuntasan secara klasikal, aktivitas guru dan siswa telah mencerminkan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Ouside-Circle. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya ketuntasan belajar siswa. Yaitu dari siklus I, siklus II, dan siklus III, yaitu pada siklus I ada 13 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 61,42%, pada pada siklus II ada 15 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 62,82% dan pada siklus III ada 23 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal sebesar 82%. Aktivitas kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Ouside-Circle dalam setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu dari kategori rendah menjadi kategori tinggi. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7