cover
Contact Name
Supono
Contact Email
supono@ulbi.ac.id
Phone
+628112272742
Journal Mail Official
competitive@ulbi.ac.id
Editorial Address
Jl. Terusan Sariasih No. 54 Bandung 40151 Jawa Barat
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Competitive
ISSN : 02162539     EISSN : 26564157     DOI : https://doi.org/10.36618/competitive
Competitive is an open access media in publishing scientific articles that contain the results of research. The scope of the Competitive journal topics covers multi disciplines namely Logistics, Information Engineering, Information Systems, Business Management and Accounting. The journal managed by Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI), published twice a year, in June and December. The process of accepting scientific article manuscripts is opened throughout the year. Paper that enters this journal will be checked for plagiarism and peer-review first to maintain its quality.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 17 No. 2 (2022): Jurnal Competitive" : 5 Documents clear
Penerapan Etika Bisnis Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM di Era Digital: etika bisnis umkm Mukhamad Faizal Syahroni Muhamad
Competitive Vol. 17 No. 2 (2022): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36618/competitive.v17i2.2239

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah ialah salah satu metode dalam menanggulangi kasus dalam perekonomian warga teutama di wilayah Indonesia. Dalam melaksanakan bisnis, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah mampu mendorong agar berkembang dalam berbisnis yaitu melakukan digitalisasi untuk memasarkan produknya. Dengan perihal ini munculah sistem etika dalam berbisnis yang bisa meluruskan kasus dalam berbisnis. Dalam pelaksanaan etika bisnis, sebagian perihal dalam ketentuan etika bisnis manajemen. Tata cara riset yang digunakan dalam penyusunan tulisan ini merupakan tata cara riset kualitatif, dan pendekatan yang terapkan ialah pendekatan riset literatur review, dengan metode mempelajari sebagian dokumen serta korelasi jurnal yang sesuai serta relevan dengan ulasan tentang pelaksanaan etika bisnis yang benar mampu meningkatkan pengetahuan dan cara pandang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah dalam penerapan etika bisnis. Peneliatian ini menegaskan bahwa pelaksanaan etika bisnis perlu di usahakan sebagai langkah merubah pemahaman baru dalam kegiatan bisnis UMKM. Pelaksanaan etika bisnis menampilkan pengaruh yang baik, serta mempengaruhi posistif dalam tingkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah.
Pengaruh Pelatihan, Etos Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan RS EMC Alam Sutera Tangerang Selatan Anas Nuruzzaman
Competitive Vol. 17 No. 2 (2022): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36618/competitive.v17i2.2361

Abstract

Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan, etos kerja dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada RS EMC Alam Sutera. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana sampel yang digunakan yaitu 60 orang karyawan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Model analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, 2) Etos kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, 3) Motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, 4) Pelatihan, etos kerja dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pemanfaatan Aplikasi Olsera Pos Sebagai Penunjang Dalam Management Keuangan Pada Cafe The Upperside Cimahi Suci Rosulliya; Anis Fitriyah; Asti Hermawati; Cici Rahma Damayanti; Isti Septiani; Pratiwi Herlina Octaviani; Salma Win Yuniar Ramdani; Ricky Firmansyah
Competitive Vol. 17 No. 2 (2022): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36618/competitive.v17i2.2515

Abstract

Cafe merupakan salah satu tempat untuk menyantap sajian makanan ataupun minuman yang bertemakan non formal (santai). Cafe biasanya menyajikan kopi, camilan ringan serta makanan cepat saji. Cafe merupakan tempat yang cocok untuk bersantai dengan teman, dan mengobrol dengan bebas. Tentu saja dalam ruang lingkup café ini, terjadi transaksi penjualan produk dan pengelolaan manajemen dari café itu sendiri. Bagaimana produk yang berasal dari bahan baku hingga menjadi barang jadi dan sampai ke tangan konsumen. Pengeloaan manajemen yang baik, tentu sangat menentukan keberhasilan dari usaha yang sedang dijalani Seorang pelaku usaha dalm bidang usaha café ini tentunya membutuhkan pembukuan, manajemen keuangan, serta hal- hal yang terkait dengan transaksi yang terjadi di dalam café nya. Maka dari itu, penggunaan Olsera Pos pada pengoperasian manajemen café sangat berperan penting. Olsera Pos merupakan sebuah aplikasi (perangkat lunak) yang sebenarnya bisa dilakukan di berbagai jenis usaha sebagai penjualan café yaitu kasir. Olsera Pos bisa dioperasikan melalui computer, laptop, bahkan lewat handphone sehingga memudahkan pemilik café untuk mengontrol transaksi di dalam cafenya. Aplikasi Olsera Pos ini sanngat kaya akan fitur untuk memudahkan pemilik café mengontrol café nya, bahkan aplikasi ini cocok untuk pemula atau orang yang baru merintis usaha dalam menjalankan usahanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui manfaat dari penggunan aplikasi Olsera Pos pada usaha café dengan cara yang baik dan benar. Metode pengumpulan data adalah teknik atau metode yang dapat digunakan peneliti untuk mengumpulkan data. Metode pengumpulan data, sebagai metode yang terlepas dari metode analisis data, bahkan telah menjadi alat utama metode dan teknologi analisis data. Hasil dari pnelitian ini adalah aplikasi Olsera Pos sangat memudahkan untuk mengatur sistem informasi manajemen keuangan karen fitur yang dimiliki sangat lengkap. Dengan menggunakan aplikasi ini juga kita dapat memantau sistem informasi mengenai keuangan lebih baik dan mengontrol biaya pengeluaran dengan sistem informasi data yang tersimpan dalam aplikasi dengan akurat dengan menggunakan fitur-fitur yang telah tersedia di dalam jurnal keuangan dalam aplikasi ini. Dengan banyaknya kelebihan dari aplikasi Olsera POS ini kita dapat mengatur sistem informasi keuangan dalam usaha kita dengan lebih efektif dan efisien.
Minimasi Biaya Pengiriman Perusahaan Jasa J&T Menggunakan Metode Transportasi Halimah Al Zaqi Sembiring; Desi Putriyanti Perangin Angin Perangin Angin; Ahmad Albar Tanjung
Competitive Vol. 17 No. 2 (2022): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36618/competitive.v17i2.2580

Abstract

Penelitian ini mengenai metode transportasi yang digunakan untuk mengatur dan mendistribusikan barang sehingga dapat mengefisiensikan biaya transportasi. Pada kasus ini untuk memecahkan masalah transportasi peneliti menggunakan metode NWC (North West Corner) dan Metode VAM (Vogel’s Approximation) sebagai pembandingnya untuk mendapatkan pengoptimalan yang terbaik. Penelitian ini mendapatkan hasil biaya yang dikeluarkan dalam pengalokasian barang/paket berdasarkan kedua metode adalah senilai Rp. 5.859.200,- dengan Dummy : 23700 Kg. Setelah hasil tersebut diperoleh penelitian ini mencoba untuk menerapkan metode penugasan (assignment) dengan menggunakan data dari upah supir yang harus dikeluarkan dalam satu pengantaran yang dilakukan. Hasil yang diperoleh dari metode penugasan adalah  adalah Rp.713.499,-. Namun hasil biaya supir jika dihitung berdasarkan alur distribusi yang didapat dari metode NWC maupun metode VAM adalah senilai Rp. 1.185.333,-. Terdapat perbandingan yang cukup besar. Dari penelitian ini maka metode NWC (North West Corner) dan Metode VAM (Vogel’s Approximation) dan metode penugasan (assignment) dapat diterapkan demi mencapai hasil yang optimal.
Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar Berbasis Web (Studi Kasus : KPP Pratama Bandung Tegallega) Virdiandry Putratama
Competitive Vol. 17 No. 2 (2022): Jurnal Competitive
Publisher : PPM Universitas Logistik dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Surat masuk adalah surat yang masuk ke dalam instansi/perusahaan dari pihak eksternal maupun pihak internal dari bagian instansi/perusahaan tersebut, sedangkan surat keluar adalah surat yang dikirim oleh suatu instansi/perusahaan ke instansi/perusahaan lain. Pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada KPP Pratama Bandung Tegallega melibatkan banyak jurnal atau kertas yang harus diisi untuk mencatat dan mengelompokkan surat masuk maupun surat keluar. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar dapat membuat petugas memasukkan data surat ke dalam sistem sehingga tidak perlu mengisi terlalu banyak berkas dan informasi surat dapat disimpan dalam basis data, sehingga resiko terhadap berkas yang 2 hilang maupun rusak dapat di diperkecil. Petugas juga dapat terbantu dalam pembuatan laporan karena surat masuk maupun surat keluar disimpan sesuai kategori surat yang ada.

Page 1 of 1 | Total Record : 5