cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
journallucerna@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran
Published by Actual Insight
ISSN : 27765067     EISSN : 27755932     DOI : https://doi.org/10.56393/lucerna.v2i1.1535
Core Subject : Education,
Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran didirikan untuk memberi cahaya penerang bagi kemajuan ilmu, terutama di bidang pendidikan dan pengajaran. Naskah-naskah yang layak diterima dan bisa diproses secara blind review lebih pada penelitian lapangan dan bisa juga dalam library research. Jurnal ini secara khusus mengajak para peneliti seperti: dosen, guru, mahasiswa, para praktisi pendidikan, dan para pengambil kebijakan pendidikan untuk berpartisipasi dalam menerbitkan naskah ilmiah. Jurnal ini menerima kajian-kajian dengan menggunakan isu aktual, pendekatan studi kasus, review artikel terstruktur (systematic literature review), kajian kritis pada kebijakan pendidikan, penelitian tindakan kelas, dan sejenisnya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): Mei" : 5 Documents clear
Keterlibatan Orang Tua Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Muslimat Al Rovina Depe; Mochammad Ramli Akbar; Ayu Asmah
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lucerna.v1i1.118

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang keterlibatan orang pada proses pembelajaran di TK Muslimat Al Mubarrok. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi deskriptif, subjek penelitian terdiri dari yakni 1 kepala sekolah, 2 guru dan 4 orangtua. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada saat pelaksanaan berlangsung peneliti dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa bentuk keterlibatan yang ditemukan dalam kegiatan sekolah yaitu parenting, komunikasi, kolaborasi dengan kelompok masyarakat dan paguyuban. Faktor pendukung keterlibatan orangtua peserta didik yaitu kesadaran dan kepedulian orangtua terhadap pendidikan dan perkembangan anak dan keberhasilan sekolah dalam menciptakan lingkungan yang nyaman. Sedangkan faktor penghambat yaitu kesibukan orangtua. Upaya yang dilakukan sekolah untuk melibatkan orangtua yaitu melakukan komunikasi proaktif melalui berbagai macam media komunikasi, mencarikan waktu yang tepat, dan menciptakan lingkungan yang ramah dan nyaman.
Pengaruh Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Nasionalisme Peserta Didik Meilinda Sri Sucianti; Damanhuri Damanhuri; Ronni Juwandi
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lucerna.v1i1.119

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan nilai-nilai Pancasila terhadap pembentukan karakter nasionalisme peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Nurul Huda Baros tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan adalah purposive random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila berada pada kategori cukup baik sebesar 44% dengan jumlah peserta didik sebanyak 15 peserta didik, sedangkan untuk karakter nasionalisme menghasilkan kategori sedang dengan presentasi sebesar 80% dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 peserta didik. Dengan tingkat pengaruh berdasarkan nilai Fhitung = 11,642 dengan tingkat disignifikansi sebesar 0,02<0,05, Berdasarkan nila t : diketahui nilai thitung sebesar 3,412 > ttabel 2,042, sehingga dapat disimpulkan bahwa variable (X) penerapan Nilai-Nilai Pancasila berpengaruh terhadap variable Pembentukan Karakter Nasionalisme (Y). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penerapan nilai-nilai Pancasila terhadap pembentukan karakter nasionalisme peserta didik.
Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD Mutiara Persada Yerrina Swaratifani; Budiharti Budiharti
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lucerna.v1i1.120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika materi operasi hitung pecahan di Kelas V SD Mutiara Persada. Metode penelitian ini merupakan penelitan kualitatif dengan jenis studi kasus dengan subyek penelitian adalah siswa dan guru Kelas V SD. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung dan wawancara. Hasil penelitian yaitu faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan siswa saat belajar materi operasi hitung pecahan yang diantaranya terbagi atas aspek kondisi fisik siswa dan aspek materi operasi hitung pecahan tersebut. Kesulitan belajar dari segi aspek kondisi siswa dipengaruhi oleh tingkat fokus siswa saat belajar matematika yang disebabkan siswa tidak menyukai pelajaran matematika, mudah merasa jenuh, dan tempat belajar siswa yang kurang kondusif. Kesulitan belajar dari aspek materi operasi hitung pecahan kesulitan siswa disebabkan oleh siswa yang belum mampu merubah bentuk pecahan, menyamakan penyebut, dan belum mengetahui konsep perkalian dan pembagian pecahan. Selain itu, penyelesaian permasalahan operasi hitung pecahan siswa juga belum mampu memodelkan permasalahan tersebut kedalam pemodelan matematika.
Pengaruh Kegiatan Bermain Bambu Pletokan Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Dian Ning Lasiana; Rina Wijayanti; Siti Muntomimah
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lucerna.v1i1.121

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain bambu pletokan terhadap kemampuan sosial emosional anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Duwet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Berdasarkan pengamatan, tidak semua anak di kelompok B mampu mengembangkan kemampuan emosional sosial. Model penelitian adalah pre-eksperimental desain dengan jenis one-group pretest dan posttest. Hasil observasi yang sudah dilakukan sebelumnya perlakuan kemampuan sosial emosional anak masih rendah 19%, 41 % anak belum belum berkembang, 32% perkembangan anak mulai nampak, 4,6% anak perkembangannya sudah baik, anak berkembang sesuai harapan 3,4%. Setelah diberikan perlakuan perkembangan anak mengenai sosial emosional mengalami peningkatan 7% untuk anak yang masih kurang berkembang. Anak mulai berkembang 28%, anak berkembang sangat baik 36 %, dan ada anak tumbuh sesuai harapan 29%. Simpulan yang diperoleh bahwa ada pengaruh kegiatan bermain bambu pletokan terhadap kemampuan sosial emosional anak. Peningkatan tersebut menjadi solusi untuk mengembangkan ketrampilan sosial emosional peserta didik.
Pengembangan Media Pembelajaran Box Berhitung Perkalian Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Dwi Setyaningrum
Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2021): Mei
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/lucerna.v1i1.122

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media box berhitung perkalian dalam pembelajaran matematika pada materi perkalian bagi siswa kelas II di SD Negeri Kubangkangkung 05, Kawunganten, Cilacap. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data :tes, angket, lembar validasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pengembangan yaitu (1) kelayakan media pembelajaran box berhitung perkalian ditinjau dari aspek desain berdasarkan penilaian dari ahli media menunjukan nilai 43 termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil kualitas produk media box berhitung perkalian ditinjau dari aspek isi dan aspek bahasa dari ahli materi menunjukan skor 47 dengan kriteria sangat baik; (2) media box berhitung perkalian dapat meningkatkan prestasi belajar siswa hal ini ditunjukan oleh hasil pretest dan postest, dengan KKM 75 hasil rata-rata nilai pretest 59,00 dan postest 82,00; (3) respon guru terhadap media sangat baik dengan hasil angket respon guru dengan skor 9 (90%) dengan kategori sangat baik, dan respon siswa terhadap media box berhitung perkalian sangat baik dengan angket respon siswa, skor 89 (89%) dengan kategori sangat baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5