cover
Contact Name
Humiras Betty Marlina Sihombing
Contact Email
lppmdarmaagung@gmail.com
Phone
+6282217442010
Journal Mail Official
lembagappmuda@gmail.com
Editorial Address
Jl. DR. TD Pardede No.21, Petisah Hulu, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20153
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN
ISSN : 20888325     EISSN : 27156001     DOI : 10.46930
Core Subject : Economy, Humanities,
ISSN Print : 2088-8325 Online ISSN 2715-6001 Journal of Management Study Program, Faculty of Economics, Darma Agung University.Contains scientific studies in the field of Human Resource Management, Marketing Management, Financial Management, General Management, International Economics, Management In formation Systems, Organizational Behavior and Business Ethics
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2021): DESEMBER" : 20 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. LOTTE GROSIR MEDAN
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 10 No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v10i2.1871

Abstract

Kualitas pelayanan adalah sistem manajemen startegi dan integratif yang melibatkan semua manajer dan karyawan, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kepuasan pelanggan diartikan sebagai perasaan senang atau kecewa yang dirasakan pelanggan setelah membandingkan antara kesannya terhadap kinerja suatu produk dengan harapannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu mengaenai Kualitas Pelayanan Berpengaruh Secara Signifikan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. LOTTE Grosir Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 820 pelanggan pada tahun 2019 pada PT. Lotte Grosir Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 89 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penelitian perpustakaan dan penelitian lapangan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, maka dapat disimpulkan persamaan regresi sederhana sebagai berikut Y= 0,685 + 1,117X. Hasil pengujian statistik t dengan membandingkan antara t hitung dengan t tabel yaitu t hitung 18,163 lebih besar dari t tabel 0,2084, yaitu artinya kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Artinya semakin tinggi kualitas pelayanan maka akan semakin tinggi kepuasan pelanggan. Pengujian determinasi R menjelaskan nilai koefisien korelasi (R) 0,791. Angka ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel kualitas pelayanan dalam menjelaskan atau memberikan sebagian besar informasi yang dibutuhkan untuk memprediksi variabel kepuasan pelanggan yang dapat dijelaskan oleh persamaan regresi sebesar 79,1%, sedangkan sisanya yaitu 20,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar persamaan model. Saran dalam penelitian ini adalah pimpinan perusahaan sebaiknya lebih meningkatkan kualitas pelayanannya dengan menerapkan standar prosedur operasional pada karyawan dan memberikan pelatihan mengenai kualitas pelayanan terhadap karyawan.
PENGARUH PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT BINJAI TIMUR KABUPATEN LANGKAT Kaleb Kaliaga Sebayang; Mei Yosi Silaen
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 10 No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v10i2.1812

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengembangan karir terhadap kinerja pegawai pada kantor camat Binjai Timur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 responden. Dari pengolahan terhadap data, diperoleh persamaan linear sederhana yaitu Y = 7,524 + 0,52 X, yang artinya jika nilai variabel independen = 0, maka nilai variabel Y (Kinerja pegawai) adalah 7,524. Koefisien regresi variabel X bernilai 0,52, menunjukkan bahwa variabel pengembangan karir berpengaruh positif terhadap variabel kinerja pegawai. Artinya jika variabel pengembangan karir bertambah satu satuan, maka nilai variabel kinerja pegawai akan mengalami kenaikan sebesar 0,52. Hal ini dikarenakan nilai koefisien tersebut bernilai positif. Uji secara parsial (uji-t) menunjukkan bahwa pengembangan karir (X) memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, artinya variabel pengembangan karir berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja pegawai (Y). Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Square (R2) adalah sebesar 0,848. Hal ini menunjukkan nilai koefisien determinasi adalah sebesar 84,8%, sedangkan 15,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada kantor camat Binjai Timur. Hasil penelitian terdahulu Eka Rulianti juga sama sama signifikan dan simultan
PENGARUH KOMPENSASI DAN BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA INSPEKTORAT DAERAH KABUPATEN KARO Wenina Purba; Adilman Wau
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 10 No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v10i2.1849

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan budaya perusahaan terhadap kepuasan kerja pegawai. Penelitian ini dilaksanakan pada Kantor Inspektorat Daerah Kabupaten Karo, dengan responden berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Skala pengukuran yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Skala Likert. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Persamaan regresi yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Y = 1,778 + 2,059 X₁ - 0,186 X₂. Hasil penelitian menujukkan bahwa Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai pada Kantor Inspektorat Daerah Kabupaten Karo, dibuktikan dnegan nilai t hitung (6,828) > t tabel (2,037) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Budaya perusahaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai pada Kantor Inspektorat Daerah Kabupaten Karo, dibuktikan dengan nilai t hitung (-0,962) < t tabel (2,037) dan signifikansi 0,344 > 0,05. Kompensasi dan budaya perusahaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai pada Kantor Inspektorat Daerah Kabupaten Karo, dibuktikan dengan nilai F hitung (78,723) > F tabel (3,29) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Variasi variabel kompensasi dan budaya perusahaan mampu menjelaskan 82,5% variabel kepuasan kerja, sedangkan sisanya sebesar 17,5% (100% - 82,5%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti disiplin kerja, pelatihan dan lain sebagainya.
PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN MOBIL BEKAS PADA PT. JBA CABANG MEDAN Raydo Pranata Lingga; Aniada Ndruru
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 10 No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v10i2.1841

Abstract

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Biaya Promosi berpengaruh pada volume penjualan mobil bekas pada PT. JBA Cabang Medan”. Tujuan penenlitian ini adalah untuk mengetahui apakah Biaya Promosi berpengaruh pada Volume Penjualan Mobil Bekas pada PT. JBA Cabang Medan. Sementara hipotesis dalam penelitian ini adalah Terdapat pengaruh yang positif antara Biaya Promosi terhadap Volume Penjualan pada PT. JBA Cabang Medan. Penelitian ini diambil dari periode tahun 2011-2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, maka dapat disimpulkan persamaan regresi sederhana sebagai berikut Y = 289.931 + 0.026X. Hasil pengujian statistik t dengan membandingkan antara t hitung dengan t tabel yaitu t hitung (5,046 ) lebih besar dari t tabel (3,182 ), yaitu artinya biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Artinya semakin tinggi biaya promosi maka akan semakin tinggi pula volume penjualan. Pengujian determinasi R menjelaskan nilai koefisien korelasi (R) adalah 0,981. Angka ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel biaya promosi dalam menjelaskan atau memberikan sebagian besar informasi yang dibutuhkan untuk memprediksi volume penjualan yang dapat dijelaskan oleh persamaan regresi sebesar 98,1%, sedangkan sisanya yaitu 1,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar persamaan model. Saran dalam penelitian ini PT. JBA Cabang Medan di harapkan lebih diat lagi dalam meningkatkan volume penjualannya guna mencapai laba yang sebesar-besarnya.
PENGARUH PENJUALAN KREDIT TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PT. DAKOTA MURNI MEDAN Kristina Ndruru; Miranda Hutabarat
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 10 No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v10i2.1820

Abstract

Dakota Murni Medan merupakan perusahaan dagang yang salah satu kegiatan usahanya adalah bergerak dalam bidang property . prnjualan kredit merupakan kebijakan yang ditempuh perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan volume penjualan yang diharapkan dapat diikuti dengan peningkatan laba perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengethui berapa besar persentase pengaruh penjualan kredit terhadap profitabilitas, maka digunakan koefisien determinan uji- t. untuk mengetahui berapa besar pengaruh antara variabel penjualan kredit dan profitabilitas, maka digunakan analisis regresi linier sederhana. Dalam mengelola data menggunakan program SPSS. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana sebesar Y= 26931624000.000 + 1.068 X, berarti ini menunjukkan bahwa jika setiap perubahan penjualan kredit naik sebesar 0,0000000001068. Sedangkan dalam pengujian koefisien determinasi adalah sebesar R Square = 90 % itu berarti pengaruh antara variabel penjualan kredit dengan variabel profitabilitas yaitu sebesar 90 %, sedangkan sisanya 10 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji statistik t menunjukkan bahwa penjualan kredit berpengaruh terhadap profitabilitas (0,012 < 0,05).
PENGARUH PELATIHAN DAN GAJI TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA PADA KANTOR CAMAT KABANJAHE KABUPATEN KARO Agus Kristina Arapenta; Sarman Sinaga; Jenni Tarigan
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 10 No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v10i2.2134

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hubungan antara pelatihan (Xₗ), gaji (X₂) terhadap produktifitas kerja karyawan, serta mengetahui apakah kedua pengaruh tersebut secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap produktifitas. Penelitian dilakaukan pada kantor Camat Kabanjahe Kabupaten Karo pada bulan Februari tahun 2020 sampai bulan Oktober tahun 2020, penelitian merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian adalah seluruh dari pegawai kantor Camat Kabanjahe Kabupaten Karo sebanyak 43 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang dilanjutkan dengan uji t, uji f dan uji R² dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi linear berganda yaitu Y =-0,531 + 1,696Xₗ + 0,414X₂ yang artinya pelatihan dan gaji berpengaruh positif terhadap produktifitas kerja. Berdasarkan pengolahan data dengan uji t menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara pelatihan (Xₗ), dan gaji (X₂ ) terhadap produktifitas kerja (Y) dengan nilai t hitung 2,246 dan nilai t tabel sebesar 2,063. Dari hasil uji f diketahui nilai f hitung sebesar 124,477 dan nilai f tabel 3,24 artinya secara statistik dapat ditunjukkan bahwa pelatihan (Xₗ) dan gaji (X₂ ) berpengaruh terhadap produktifitas kerja. R² diperoleh sevesar 0,908 artinya bahwa sebesar 90,8% produktifitas kerja dipengaruhi oleh pelatihan dan gaji sedangkan 9,2% dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya diluar penelitian ini.Kata Kunci : Pelatihan, Gaji dan Produktifitas Kerja
ANALISIS ANGGARAN KINERJA SEKTOR PUBLIK PADA DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI SUMATERA UTARA Krismanto Muliadi Manurung; Firda Mauliddina
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 10 No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v10i2.1813

Abstract

Anggaran merupakan pernyataan mengenai estimasi kinerja yang ingin dicapai selama periode waktu tertentu yang dinyatakan dalam ukuran finansial.Dengan demikian, anggaran merupakan hal yang sangat penting bagi pemerintah untuk mengestimasi kinerja yang ingin dicapai nantinya. Anggaran berbasis kinerja adalah sistem penganggaran yang berorientasi pada output organisasi yang berkaitan sangat erat dengan visi dan misi serta perencanaan strategis organisasi. Metode analisa data yang digunakan penulis yaitu metode deskriptif dan metode deduktif. Adapun hasil dari penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Anggaran keuangan pada Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara secara keseluruhan sudah baik,tidak ada kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan mengenai anggaran dan Anggaran yang disusun ada yang sesuai dengan yang direncanakan dan ada juga yang kelebihan dalam penyusunan anggaran yang disebabkan oleh berbagai faktor, tetapi itu tidak membuat anggaran keuangan pada Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara memburuk, karena sisa anggaran yang berlebih akan masuk ke kas daerah.
ANALISIS ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA PT. ISS INDONESIA CABANG MEDAN Yurniman Halawa; Iwandi Aritonang
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 10 No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v10i2.1851

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis anggaran biaya operasional dan realisasinya pada PT. ISS Indonesia Cabang Medan. Anggaran dapat menjadi alat pengendalian manajemen yang meliputi kegiatan untuk membandingkan hasil aktual (realisasi) dengan rencana yang dianggarkan serta mengambil tindakan koreksi atau umpan balik, sehingga apabila terjadi perbedaan antara realisasi dengan dengan dana yang dianggarkannya, dapat diketahui perbedaan tersebut masih dalam batas-batas pengendalian manajemen atau tidak. Populasi dalam penelitian ini adalah data realisasi anggaran operasional pada PT. ISS Indonesia Cabang Medan. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah laporan realisasi keuangan pada periode tahun 2017-2019. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan komparatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dua cara yaitu penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Teknik analisis yang digunakan dalam metode ini adalah analisis varians untuk mengetahui besar selisih antara anggaran dan realisasi. Berdasarkan hasil penelitian ini pencapaian anggaran operasional tahun 2017 mencapai standart dengan presentasi 97.02. Pada tahun 2018 mencapai standart dengan presentasi 97.55. Dan pada tahun 2019 mencapai standart dengan presentasi 97.61 maka diperoleh kesimpulan bahwa analisis varians dari anggaran operasional dengan realisasinya yaitu menghasilkan keuntungan (favorable) atau telah mencapai standart yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa manajemen perusahaan telah melakukan langkah efektif dalam hal setiap biaya operasional perusahaan. Disarankan pada PT. ISS Indonesia Cabang Medan agar lebih memperhatikan anggaran biaya operasional yang dianggarkan dalam kegiatan operasi perusahan sehingga lebih efektif dan efesien untuk mencapai tujuan perusahaan.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KONDISI FISIK LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN KUTABULUH KABUPATEN KARO Herpinawati Br Purba; Cut Keumala Sari
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 10 No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v10i2.1808

Abstract

Penelitian dilakukan pada Kantor Camat Kutabuluh Kabupaten Karo dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap prestasi kerja melalui penyebaran kuesioner kepada pegawai sebanyak 26 orang. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa gaya kepemimpinan memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi kerja yang dibuktikan dengan t hitung 3,596 dan t tabel 0,684. Untuk pengaruh lingkungan kerja terhadap prestasi kerja memberikan pengaruh yang positif dimana t hitung 2,832 lebih besar daripada t tabel 0,684 dan secara besama-sama memberikan pengaruh yang positif. Dengan koefisien determinan 81% sedangkan pengaruh lainnya sebesar 19%.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BAGIAN UMUM DAN PERLENGKAPAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KARO Rupina Br. Barus; Benny Fernando Sihotang
JURNAL GLOBAL MANAJEMEN Vol 10 No 2 (2021): DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitass Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46930/global.v10i2.1842

Abstract

Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuipengaruhgayakepemimpinandandisiplin kerja Pegawai terhadap kinerja Pegawai dengan sampel 22 orang adalahpengawai Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Karo.Hasilmenunjukkanbahwagayakepemimpinanberpengaruhterhadapkinerjasedangkan disiplin kerja mempunyai pengaruh negatif terhadap kinerja . Sejalandengan hasil penelitian bahwa secara bersama-sama bahwa gaya kepemimpinandandisiplinkerjaberpengaruhterhadapkinerjapegawai.Metode Penelitian dilakukan kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Sofwere SPSS (Statistica Product and Survice Solution) V22. Nilai Konstanta, 1,888 artinya kinerja mengalami kenaikan sebesar 18,88% jika gaya kepemimpinan dan disipilin kerja dimasukkan dalam persamaan. Nilai koefisien regresi gaya kepemimpinan (X1) sebesar 0,485 artinya kinerja akan naik akibat gaya kepemimpinan sebesar 48,5%. Nilai koefisien regresi disiplin kerja (X2) sebesar 0,287 artinya kinerja akan meningkat akibat kenaikan disiplin kerja sebesar 28,7%. Berdasarkan Uji-t jika t hitung > t tabel yang artinya Gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja. Hasil SPSS menunjukkan nilai X1 (gaya kepemimpinan) diperoleh nilai t hitung 3,941 dengan nilai t tabel sebesar 2,085 maka keputusan menerima Ha dan menolak Ho karena t hitung lebih besar dari tabel. Jika t hitung < t tabel maka disiplin kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja. Hasil pengujian menunjukkan nilai variable X2 (disiplin kerja) diperoleh nilai t hitung sebesar 1,563 dengan nilai t tabel = 2,085 maka menerima Ho dan menolak Ha karena nilai t hitung lebih kecil dari t tabel. Disarankan bahwa perlunya meningkatkan disiplin kerja dapat meningkatkan kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Page 1 of 2 | Total Record : 20