cover
Contact Name
Joko Minardi
Contact Email
joxmin@unisnu.ac.id
Phone
+6285725136085
Journal Mail Official
joxmin@unisnu.ac.id
Editorial Address
Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Jl. Taman Siswa No 9, Pekeng, Tahunan, Jepara 59427
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal Of Information system and Computer science
ISSN : -     EISSN : 28095995     DOI : https://doi.org/10.34001/jister.v3i1
Core Subject : Science,
Jurnal Jister menyediakan sebuah forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli , artikel review dari kontributor , dan berita teknologi baru yang berkaitan dengan sistem informasi. Jurnal ini menampung artikel asli penelitian, artikel review yang meliputi, serta tidak terbatas pada : 1. Bidang Teori Komputasi dan system cerdas Teori Kompilasi Kecerdasan Buatan Jaringan Saraf Tiruan Algoritma Genetik Metode Formal Intelligent Agent Simulated Annealing Grafika Komputer Sistem Pakar 2. Bidang Teknologi jaringan dan Sistem Terdistribusi Wireless and Mobile Technology Remote Sensing Image and Signal Processing Multimedia Teknologi Web Data Center Cluster Computing Teknologi Jaringan Komputer dan Aplikasinya Distributed System Middleware Rekayasa Protokol Arsitektur Komputer Sistem Operasi 3. Bidang Sistem Informmasi dan Rekayasa Perangkat Lunak Rekayasa Perangkat Lunak Sistem Informasi Sistem Informasi Geografi Audit Sistem Informasi Analisis dan Metode Numerik Optimasi dan Teknologi Basis Data Basis Data Multimedia Interaksi Manusia dan Komputer Data Mining 4. Bidang Keamanan Sistem Informasi Kriptografi Keamanan Teknologi Informasi 5. Bidang E-Application e-goverment e-learning e-commerce e-health e-language e- education dan sejenisnya
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): Desember 2021" : 7 Documents clear
SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI AISYIYAH II SURAKARTA BERBASIS WEB Robby Rachmatullah; Putri Ramita
Journal of Information System and Computer Vol. 1 No. 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jister.v1i1.37

Abstract

Panti Asuhan Panti Asuhan Aisyiyah II merupakan panti asuhan yang terletak di kota Surakarta. Banyaknya anak asuh di panti asuhan dan minimnya dana terutama untuk memenuhi standar sarana pendidikan, kesehatan, sarana dan prasarana. Untuk menggalang dana dari bantuan masyarakat, pengurus lembaga harus menyebarluaskan informasi seperti dari mulut ke mulut, memasang spanduk pada malam hari besar keagamaan dan memasang iklan di papan pengumuman di tempat-tempat ibadah terdekat. Pengelolaan pengelolaan keuangan donasi diproses menggunakan Microsoft Excell namun data donasi dibuat beberapa file yang berbeda. Untuk membantu proses administrasi di Panti Asuhan Putri Aiyiyah II, maka perlu dibuat Sistem Informasi Panti Asuhan Panti Asuhan Putri Aisyiyah II Surakarta berbasis Web, yang dapat memberikan informasi tentang panti asuhan dan dapat melakukan pengolahan donasi baik secara online maupun offline. Hasil perancangan sistem informasi administrasi ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall. Untuk analisis kelemahan sistem menggunakan analisis PIECES (Perfomance, Information, Economy, Cotrol, Efficiency, dan Service). sedangkan untuk menggambarkan aliran data menggunakan Data Flow Diagram yang terdiri dari diagram konteks, Data Flow Diagram level 0 dan Data Flow Diagram Level. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan Java, sedangkan untuk pengolahan database menggunakan MySQL. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan pengujian blackbox, sistem yang dibangun dapat membantu permasalahan yang dihadapi oleh pengelola panti asuhan putri Aisyiyah II Surakarta.
GAME EDUKASI PEMBELAJARAN IQRO DI TPQ MIFTAHUL HUDA DENGAN ANDROID STUDIO Rina Cahya Utami; Andi Setiyadi; Achmad Bahtiar Efendi
Journal of Information System and Computer Vol. 1 No. 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jister.v1i1.40

Abstract

Sistem informasi pembayaran syahriah yang berjalan di Pondok Pesantren Daarul Qur'an Ibnu Ammr masih menggunakan sistem Mempelajari Al-Qur’an merupakan hal yang penting untuk dipelajari. Dengan perkembangan teknologi yang ada, pembelajaran Alquran dapat ditingkatkan dengan aplikasi berbasis android. Dengan adanya aplikasi pembelajaran berbasis android ini dapat memudahkan anak-anak dewasa dalam mempelajari Al-Qur’an. Penerapan pembelajaran Al-Qur’an dengan harapan dapat memberikan minat bagi setiap orang untuk mempelajarinya. Selain fungsi tersebut aplikasi android juga diharapkan dapat mengenalkan kemajuan teknologi sekarang. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis android. Aplikasi yang dibuat ini berisi kumpulan materi yang meliputi (pembelajaran dasar, huruf hijaiyah, tajwid, gharib, waqaf), kuis (materi tajwid), games (tebakan dasar hijaiyah dan tebakan tajwid selanjutnya)
SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SYAHRIAH PONDOK PESANTREN DAARUL QUR’AN AMMR TLOGOSARI KULON SEMARANG BERBASIS WEB DAN NOTIFIKASI EMAIL Agus Purwanto; Septia Lutfi; Ahmad Imam Shofwan
Journal of Information System and Computer Vol. 1 No. 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jister.v1i1.41

Abstract

Sistem informasi pembayaran syahriah yang berjalan di Pondok Pesantren Daarul Qur'an Ibnu Ammr masih menggunakan sistem manual atau masih menggunakan sistem konvensional yang berfokus pada pendataan pembayaran syahriah. Banyak data akan menumpuk terus menerus yang sulit untuk disimpan. Saat di penyimpanan juga rawan terjadi kerusakan dan kehilangan data. Oleh karena itu, diperlukan proses transfer dan pengolahan data pembayaran syahriah secara manual menjadi pengelolaan data berbasis komputer. Pada sistem ini dapat membantu orang tua dalam melakukan transaksi pembayaran syariah. Dengan kemajuan teknologi saat ini membutuhkan sistem terbaru dalam dunia transaksi pembayaran syahriah yang sangat cepat yaitu sistem komputerisasi atau sistem yang dirancang untuk dapat mengelola proses pembayaran syahriah untuk meningkatkan informasi terkait uraian tersebut. dan Notifikasi Email yang dapat meningkatkan kinerja secara lebih efektif dan efisien.
APLIKASI RESERVASI PENGINAPAN BERBASIS ANDROID Robby Rachmatullah; Deas Eka Saputra
Journal of Information System and Computer Vol. 1 No. 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jister.v1i1.43

Abstract

Tawangmangu adalah salah satu destinsasi wisata yang popular di daerah Kabupaten Karanganyar. Banyak wisatawan yang pergi ke Tawangangu untuk bewisata menikmati alam maupun berwisata kuliner khas disana. Semakin banyak wisatawan membuat banyak pengelola penginapan bersaing untuk menarik minat pelanggan. Namun sedikitnya media promosi dan informasi yang bisa diakses oleh pelanggan, banyak pelanggan yang bingung dalam memilih penginapan yang sesuai dengan keinginan mereka. Untuk permasalahan tersebut maka menjadi penting pada penelitian ini dibuat aplikasi pemesanan yang bertujuan untuk dapat mempermudah proses reservasi penginapan di Pondok Wisata Saraswati dan mempermudah proses dokumentasi setiap transaksi yang terjadi. Sistem yang dibangun berbasis mobile sehingga memungkinkan pengelola melakukan transaksi secara daring tanpa harus bertatap muka. Pemesanan dan pembayaran dilakukan dengan menggunakan payment gateway. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat membantu menyelesaikan masalah bagi perusahaan Pondok Wisata Saraswati.
SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA HAMA PADA TANAMAN KOPI MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR Al Yanul Khula; Joko Minardi
Journal of Information System and Computer Vol. 1 No. 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jister.v1i1.44

Abstract

Indonesia sebagai negara agraris dengan mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai petani. Ada banyak jenis tanaman yang dibudidayakan oleh petani, tidak terkecuali tanaman kopi. Kopi merupakan kebutuhan bagi masyarakat Indonesia karena kopi banyak dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sehingga banyak petani di Indonesia membudidayakan tanaman kopi. Salah satu kendala yang sering dihadapi petani kopi adalah adanya hama yang menyerang tanaman kopi mereka, yang menyebabkan produktivitas dan kualitas kopi menurun dan tidak baik. Padahal pada umumnya konsumen kopi menuntut tiga hal, yaitu rasa (kualitas) dan konsistensi, kebersihan dan kemurnian, serta kesehatan dan keamanan bagi konsumen. Oleh karena itu dengan memanfaatkan aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa hama tanaman kopi menggunakan metode Certainty Factor, penulis berharap dapat membantu petani kopi untuk mengetahui hama apa saja yang menyerang tanaman kopinya, dan petani juga dapat mengatasi serangan tersebut karena aplikasi ini dilengkapi dengan kontrol solusi
SISTEM INFORMASI LABORATORIUM DI RS PKU MUHAMMADIYAH MAYONG MENGGUNAKAN SISTEM DASHBOARD BERBASIS WEB Afif Shollahuddin; Heru Saputro
Journal of Information System and Computer Vol. 1 No. 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jister.v1i1.45

Abstract

Salah satu permasalahan yang terjadi di RS PKU Muhammadiyah Mayong adalah sistem komputerisasi yang masih menggunakan sistem pinjaman dimana sistem tersebut berupa aplikasi berupa program atau bukan source code yang dapat dikembangkan. Sehingga menjadi kendala bagi staf IT yang menginginkan sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan rumah sakit. Dengan membuat program baru berbasis WEB yang sesuai dengan kebutuhan rumah sakit sehingga proses laboratorium rumah sakit dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode RAD, karena perancangan aplikasi dengan metode ini tidak terlalu rumit, hal ini sesuai dengan tujuan dari RAD yaitu mempersingkat waktu untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi. Sedangkan dalam pembuatan aplikasinya menggunakan sistem DASHBOARD karena lebih mudah untuk membaca laporan, menganalisa data dan memprediksi data yang akan datang. Sistem DASHBOARD juga menarik dari segi tampilan ketika sudah diterapkan dalam suatu sistem. Dari hasil penelitian dihasilkan sistem laboratorium berbasis web yang memiliki fitur pemeriksaan laboratorium dengan jenis pemeriksaan yang dinamis sesuai dengan jumlah data pemeriksaan dan juga memiliki fitur pendaftaran mandiri oleh pasien secara online. Kemudian telah dilakukan pengujian oleh 50 responden, sedangkan hasil pengujian menunjukkan bahwa sebagian besar responden setuju dengan sistem yang telah dibuat. Jika diubah ke dalam persentase dapat dinyatakan bahwa responden yang sangat tidak setuju sebesar 0%, yang tidak setuju sebesar 2,12%, yang setuju sebesar 69,06% dan yang sangat setuju sebesar 28,82%. Berdasarkan hasil pengujian sistem di atas, maka Program Maturity Level adalah 3,48 atau dalam kategori Defined Level yang dapat disimpulkan bahwa sistem Pemeriksaan Laboratorium ini layak untuk digunakan, namun masih perlu banyak pengembangan lebih lanjut.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN JEPARA Agus Murod Alfarisi; Danang Mahendra
Journal of Information System and Computer Vol. 1 No. 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34001/jister.v1i1.46

Abstract

Pesatnya persaingan bisnis usaha mikro kecil menengah (umkm), menuntut pemilik usaha untuk menerapkan suatu strategi yang tepat, demi mendukung proses bisnisnya, salah satunya ialah metode pemasaran melalui media online dengan tujuan untuk menjangkau banyak pembeli. Realitanya media yang digunakan oleh UMKM selama ini untuk menjajakan barang masih memiliki kelemahan di mana pelanggan masih disulitkan pada saat melakukan transaksi. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada pelanggan. Beberapa UMKM akan dijadikan objek dalam penelitian ini. Objek tersebut akan dianalisis menggunakan metode analisis SWOT untuk mengetahui dan mengevaluasi strategi yang tepat berkaitan dengan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) pada UMKM beserta dilengkapi dengan konsep CRM untuk membantu dalam menetukan fitur-fitur CRM yang diterapakan. Sehingga hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah sebuah website e-marketplace dengan kelebihan dapat memberikan kemudahan dan keleluasaan UMKM dalam memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen dan proses transaksi bisa dilakukan dengan lebih mudah Serta penerapan fitur CRM yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7