cover
Contact Name
Puji Winar Cahyo
Contact Email
teknomatika.unjaya@gmail.com
Phone
+628562636509
Journal Mail Official
teknomatika.unjaya@gmail.com
Editorial Address
Jl. Siliwangi, Ring Road Barat, Banyuraden, Gamping, Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Teknomatika: Jurnal Informatika dan Komputer
ISSN : 19797656     EISSN : 30310865     DOI : 10.30989
Core Subject : Science,
Teknomatika: Jurnal Informatika dan Komputer ISSN: 3031-0865 (Online), 1979-7656 (Print) is a free and open-access journal published by Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, Indonesia. Teknomatika publishes scientific articles from scholars and experts worldwide related to the computer science, informatics, computer systems and information systems. This journal accommodates articles covering: Mathematics and Statistics Algorithms and Programming Intelligent System Artificial Intelligence Software Engineering Computer Architecture Distributed System Cyber Security Electronics and Embedded Systems Data and Information Management Information Systems Enterprise System All published articles will have a Digital Object Identifier (DOI). The Journal publication frequency is twice a year (sixth monthly: Maret and September).
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2016): TEKNOMATIKA" : 9 Documents clear
PENENTUAN KELOMPOK KELUARGA SEJAHTERA MENGGUNAKAN METODE VARIABLE CENTERED INTELLIGENT RULE SYSTEM Aris Dwi Darmawan; Karina Auliasari
Jurnal Teknomatika Vol 8 No 2 (2016): TEKNOMATIKA
Publisher : Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang tinggal di satu atap. Dalam keluarga terdapat kondisi saling ketergantungan dan membutuhkan satu sama lain. Dalam penelitian ini dikembangkan sistem penentuan kelompok keluarga sejahtera menggunakan metode Variable Centered Intelligent Rule System (VCIRS) dengan dasar data keluarga yang bersumber dari BKKBN Kota Mojokerto. Wujud aturan dari sistem adalah pernyataan kesimpulan bahwa suatu keluarga terklasifikasi pada kelompok keluarga sejahtera tertentu sesuai fakta yang dimilikinya. Aturan tersebut kemudian dianalisa nilai Variabel Usage Rate(VUR), Rule Usage Rate(RUR), dan Node Usage Rate(NUR) yang menunjukan nilai aturan yang akan semakin meningkat bergantung pada indikator yang di pilih. Dari hasil pengujian efektifitas penggunaan waktu pada proses penentuan menunjukkan bahwa sistem bekerja tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan proses yang dilakukan oleh BKKBN Kota Mojokerto.
APLIKASI PEMETAAN JALAN WISATA PANTAI PULAU BATAM DENGAN LAYANAN LOCATION BASED SERVICE BERBASIS ANDROID Sudra Irawan; Dhamas Noprian
Jurnal Teknomatika Vol 8 No 2 (2016): TEKNOMATIKA
Publisher : Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pulau Batam memiliki 18 pantai yang tersebar di beberapa kecamatan. Kurangnya informasi lokasi dan rute perjalanan menyebabkan masyarakat, terutama wisatawan, kesulitan berkunjung ke pantai. Perlu dibangun sebuah aplikasi berbasis mobile phone (android) yang mudah diakses oleh pengguna sebagai sarana informasi pemetaan untuk menampilkan lokasi pantai dengan lokasi pengguna saat itu, sehingga memudahkan pengguna ketika ingin berlibur ke pantai yang ingin di tuju. Aplikasi yang dibangun menjangkau pemetaan secara otomatis lalu menampilkannya dalam bentuk peta dan informasi seputar pantai yang ingin di tuju oleh pengguna. Metode yang digunakan yaitu menghubungkan lokasi pengguna dengan lokasi pantai dalam sebuah peta dengan layanan location based service. Aplikasi dapat berjalan dengan koneksi internet. Aplikasi pemetaan pantai yang telah dibangun mampu membantu pengguna mengetahui nama pantai, alamat lokasi pantai (peta), informasi pantai (fasilitas, harga tiket masuk, dan foto), jarak, dan waktu tempuh menuju pantai yang dipilih.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RESISTENSI TERHADAP LAYANAN MOBILE BANKING Made Dona Wahyu Aristana; Wing Wahyu Winarno; Eko Nugroho
Jurnal Teknomatika Vol 8 No 2 (2016): TEKNOMATIKA
Publisher : Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Layanan mobile banking merupakan bagian dari electronic banking atau e-banking. Penerimaan atau adopsi terhadap layanan mobile banking masih tergolong rendah. Rendahnya penerimaan terhadap layanan mobile banking karena adanya resistensi dari nasabah. Oleh sebab itu, resistensi perlu untuk dipahami dan dikendalikan. Pemahaman tentang resistensi diharapkan dapat membantu industri perbankan dalam mengembangkan strategi yang tepat untuk mengurangi terjadinya resistensi. Penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Ram dan Sheth (1989), yang sering disebut dengan lima hambatan terhadap penerimaan. Penelitian ini menambahkan beberapa variabel, seperti hambatan informasi, pengaruh sosial serta karakteristik demografi yaitu jenis kelamin, umur, dan pendidikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan penggunaan, hambatan nilai, hambatan resiko, dan pengaruh sosial mempunyai pengaruh positif terhadap resistensi. Sedangkan hambatan tradisi, hambatan gambaran, hambatan informasi dan karakteristik demografi yaitu jenis kelamin, umur, dan pendidikan tidak berpengaruh terhadap resistensi layanan mobile banking.
TINGKAT PENERIMAAN MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN SITUS JEJARING SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Almed Hamzah
Jurnal Teknomatika Vol 8 No 2 (2016): TEKNOMATIKA
Publisher : Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan media sosial saat ini telah menjangkau secara luas dalam konteks penyelenggaraan pendidikan di universitas. Media sosial sudah jamak digunakan sebagai alat bekomunikasi antar sivitas akademika. Salah satunya, media sosial digunakan sebagai media pembelajaran untuk mendukung aktivitas belajar mengajar. Disamping manfaat yang diberikan, tentu ada resiko yang tersimpan dibaliknya. Begitu juga dengan tingkat penerimaan di kalangan mahasiswa terkait penggunaan media sosial ini sebagai media pembelajaran. Dengan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan mahasiswa terhadap penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna situs jejaring sosial (n=42). Hasil penelitian menunjukkan ada dua kelompok pendapat dalam penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran ini, yaitu kelompok yang menerima dan kelompok yang menolak. Alasan dari masing-masing kelompok juga dijelaskan.
APLIKASI PENCARIAN RUTE DAN INFORMASI MALL BERBASIS ANDROID Herzza Rahmadhani Duha; Evaliata Br. Sembiring
Jurnal Teknomatika Vol 8 No 2 (2016): TEKNOMATIKA
Publisher : Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aplikasi Pencarian Rute dan Informasi Mall Berbasis Android merupakan aplikasi yang digunakan untuk mencari Rute dan Informasi Mall di Kota Batam dengan menggunakan media pendukung smartphone. Hal tersebut didasari karena kebutuhan pengunjung dalam penggunaan dan pengaksesan aplikasi ini, merupakan sesuatu yang dibutuhkan secara terus menerus terlebih untuk orang yang baru di kota Batam selalu tinggi. Mengingat teknologi seperti gadget yang tidak sulit lagi diperoleh, bahkan semua kalangan memungkinkan untuk memilikinya. Aplikasi dirancang dengan client pada smartphone yang menggunakan sistem operasi Android dan sebuah server web untuk mengelola data-data mall. Pencarian rute menuju mall dan mencari mall terdekat dari posisi pengguna memanfaatkan google map dengan jenis roadmap. Pengembangan aplikasi menggunakan pendekatan pengembangan perangkat lunak berorientasi obyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi dapat memberikan informasi tentang letak lokasi, mall terdekat, rute menuju semua mall dan informasi terkait mall tersebut. Letak lokasi dalam bentuk teks berupa nama tempat (mall) dan nama jalan untuk menuju mall. Rute ditampilkan dalam bentuk peta 2D dan Informasi mall yang disediakan adalah acara yang ada di setiap mall informasi serta mencakup tentang diskon atau promosi yang diadakan disetiap mall.
PEMBUATAN WIDGET STATUS KOLEKSI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KRISTEN PETRA SURABAYA Lily Puspa Dewi; Jaceline Wongsonegoro
Jurnal Teknomatika Vol 8 No 2 (2016): TEKNOMATIKA
Publisher : Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Informasi keberadaan koleksi di perpustakaan merupakan hal yang penting bagi pengguna. Untuk membantu pengguna mengetahui koleksi perpustakaan yang dipinjam atau dikembalikan diperlukan sebuah sistem yang menyajikan informasi terkini tentang status koleksi. Sementara itu, perpustakaan telah memiliki sebuah sistem informasi katalog, dimana pengguna dapat mencari koleksi perpustakaan. Oleh karena itu, untuk menambahkan informasi status koleksi dilakukan dengan membuat modul widget sehingga sistem informasi katalog tetap dapat digunakan. Aplikasi widget dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dan AJAX (Asynchronous JavaScript dan XML) dengan memanfaatkan CSS. Selain itu, digunakan juga file jquery.vticker.1.4.js merupakan file yang berisi plugin Jquery yang digunakan untuk membuat tampilan animasi pada interface widget. Hasil aplikasi telah diimplementasikan pada modul katalog perpustakaan dan diuji kevalidan datanya. Pengguna yang dipilih sebagai responden kuisioner untuk pengujian program menyatakan widget ini berguna dan inovasi layanan.
PENGEMBANGAN SISTEM E-LEARNING BERBASIS MOODLE SEBAGAI SARANA PENUNJANG PEMBELAJARAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS NASIONAL TIMOR LOROSA’E DILI Antonia Ximenes Guterres; Eko Nugroho; Warsun Najib
Jurnal Teknomatika Vol 8 No 2 (2016): TEKNOMATIKA
Publisher : Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Universitas Nasional Timor Lorosa’e (UNTL) Dili terdapat tujuh fakultas dan tiga puluh tiga jurusan. Banyaknya fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Nasional Timor Leste (UNTL) sangat memerlukan pengelolaan pendidikan yang baik agar permasalahan dalam proses belajar mengajar dapat dihindari. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan efek positif pada dunia pendidikan. E-Learning merupakan suatu metode pembelajaran yang diterapkan dalam dunia pendidikan dan sampai sekarang UNTL Dili belum memiliki sistem e-Learning yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran. Maka pada penelitian ini peneliti mengembangkan aplikasi e-Learning berbasis Moodle. Menghasilkan prototype media pembelajaran e-Learning yang sesuai kebutuhan Universitas Nasional Timor Lorosa’e Dili. Penelitian ini diawali dengan survei langsung pada Universitas Nasional Timor Leste (UNTL) Dili. Untuk pengembangan sistem e-learning menggunakan aplikasi LMS Moodle, metode yang digunakan untuk pengembangan aplikasi adalah menggunakan metode Waterfall dan pengolahan data menggunakan SPSS. Populasi adalah mahasiswa dan dosen UNTL Dili. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Fitur-fitur yang dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi ini adalah: 1). Fasilitas unggah dan unduh materi perkuliahan, 2). Kuis online 3). Fasilitas download dan upload tugas, 4). Forum diskusi (chatting), 5). Informasi tugas mata kuliah, 6). Informasi kuis, 7). Informasi nilai mahasiswa. Untuk menguji apakah prototype e-Learning yang dikembangkan telah sesuai dengan ekspektasi pengguna maka dilakukan user acceptance test (UAT) terhadap end user. Dan yang diuji dari aplikasi e-leaning meliputi: performance of e-Learning, ease of use e-Learning, dan format of e-Learning. Dari analisis indikator penggujian menunjukan hasil kepuasan pengguna secara berurutan 6% sangat setuju, 56% setuju, 38% cukup, 0% tidak setuju dan 0% sangat tidak setuju.
PENGEMBANGAN MODEL INTEROPERABILITAS APLIKASI E-GOVERNMENT UNTUK PROSES PERENCAAN, PENGANGGARAN, MONITORING DAN EVALUASI PEMBANGUNAN DAERAH DI INDONESIA Muhammad Rifqi Ma’arif
Jurnal Teknomatika Vol 8 No 2 (2016): TEKNOMATIKA
Publisher : Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan e-government merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan tata kerja pemerintahan yang lebih terstruktur, efektif dan efisien. Salah satu bidang pemerintahan yang banyak mengimplementasikan sistem e-government adalah pembangunan daerah. Permasalahan muncul ketika pembangunan daerah yang terdiri dari beberapa tahapan memiliki sistem e-government terpisah-pisah sesuai dengan tahapannya masing-masing tanpa adanya blueprint yang komprehensive untuk menjelaskan bagaimana aplikasi-aplikasi saling terintegrasi. Dalam makalah ini akan dirumuskan skema interoperabilitas yang bisa dibangun antar sistem e-government dalam pembangunan daerah. Dengan adanya skema interoperabilitas yang tepat fungsi-fungsi perencanaan, penganggaran, monitoring dan evaluasi dapat dioptimalkan baik dari sisi waktu maupun akurasi program terhadap kebutuhan masyarakat.
SISTEM PAKAR KERUSAKAN SMARTPHONE MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING Tri Astuti Prihatin; A. Sidiq Purnomo
Jurnal Teknomatika Vol 8 No 2 (2016): TEKNOMATIKA
Publisher : Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan sistem pakar untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah terus berkembang dan semakin mempermudah pengguna. Salah satunya adalah penggunaan sistem pakar untuk mendiagnosis kerusakan smartphone . Sistem pakar kerusakan smartphone adalah suatu perangkat lunak yang mampu mendiagosis kerusakan pada smartphone berdasarkan gejala yang dialami untuk membantu menentukan langkah selanjutnya dalam memperbaiki smartphone agar efisian waktu dan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat perangkat lunak yang berfungsi mendiagnosis kerusakan smartphone dengan metode forward chaining. Banyaknya data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 54 gejala dan 16 kerusakan. Proses penalaran unjuk kerja dengan metode forward chaining. Dari 16 kerusakan data uji untuk masing-masing gejala, hasil pengujian sesuai denagan inferensi rule antara gejala dan kerusakan smartphone. Ada 4 tahapan dalam penelitian sistem pakar agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan diagnosis para pakar. Yang pertama akuisisi pengetahuan untuk mencari dan mengumpulkan data, kedua representasi pengetahuan yaitu menyimpan dan mengatur pengetahuan dalam komputer, ketiga inferensi pengetahuan dan keempat pemindahan pengetahuan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9