cover
Contact Name
Tarmiji Siregar
Contact Email
tarmijisir@gmail.com
Phone
+6285275356446
Journal Mail Official
jurnalimamah@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pengabdian No 395 Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Imamah : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Published by CV. Edu Tech jaya
ISSN : -     EISSN : 3026572X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies in the field of Islamic education management. Articles published in journals are the result of research or thoughts in the field of education carried out by researchers, teachers, lecturers and education students. Detailed information for article loading and article instructions are provided in each issue.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2023)" : 15 Documents clear
KONTROL DAN KONSEP SISTEM DALAM PENDIDIKAN AGAMA Sri Wahyuni Mrp
Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kontrol adalah sebuah sistem untuk mencegah, mendeteksi atau memperbaiki situasi yang tidak teratur. Seperti pada saat ini berkembang sekolah yang lepas kontrol dari pengawasan pendidik dan tenaga kependidikan, Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data berupa observasi dan wawancara dimana peneliti melakukan observasi di Mts Al-Ikhlas Guppi Kampung Padang.Terdapat tiga aspek penting yang berkaitan dengan definisi kontrol di atas, yaitu: a. Kontrol adalah sebuah sistem, dengan kata lain kontrol terdiri atas sekumpulan komponen-komponen yang saling berhubungan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. B. Fokus dari kontrol adalah situasi yang tidak teratur, dimana keadaan ini bisa terjadi jika ada masukan yang tidak semestinya masuk ke dalam sistem. C. Kontrol digunakan untuk mencegah, mendeteksi dan memperbaiki situasi yang tidak teratur. Sebagai contoh: a. Preventive control: instruksi yang diletakkan pada dokumen untuk mencegah kesalahan pemasukan data b. Detective control: Kontrol yang diletakkan pada program yang berfungsi mendeteksi kesalahan pemasukan data c. Corrective control: program yang dibuat khusus untuk memperbaiki kesalahan pada data yang mungkin timbul akibat gangguan pada jaringan, komputer ataupun kesalahan user. Secara umum, fungsi dari kontrol adalah untuk menekan kerugian yang mungkin timbul akibat kejadian yang tidak diharapkan yang mungkin terjadi pada sebuah sistem. 
PERKEMBANGAN TEORI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM Ratna Suita
Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepemimpinan atau leadership merupakan seni dan keterampilan orang dalam memanfaatkan kekuasaannya untuk memengaruhi orang lain agar melaksanakan aktivitas tertentu yang diarahkan pada tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan karena masih adanya kepemimpinan di SD Muhammadyah 31 Medan tidak dapat memanfaatkan kekuasaannya dalam mempengaruhi orang lain. Memimpin adalah mengerjakan niat demi tujuan tertentu, tetapi yang dilaksanakan oleh orang lain. Orang yang dipimpin adalah orang yang diperintah, dipengaruhi, dan diatur oleh ketentuan yang berlaku secara formal ataupun no-formal. Kepemimpinan merupakan sifat dari pemimpin dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya serta tanggung jawabnya secara moral dan legal formal atas seluruh pelaksanaan wewenangnya yang telah didelegasikan kepada orang-orang yang dipimpinnya. Dengan demikian, kepemimpinan lebih bersifat fungsional yang akan dibedakan dengan tipe-tipe tertentu. Kepemimpinan juga merupakan suatu pelaksanaan dari sebuah keterampilan yang dapat mengelola orang lain sebagai bawahannya dalam sebuah lingkup, dengan tujuan agar dapat memanfaatkan juga untuk mengelola sumber daya manusia dan sumber daya organisasi secara umum.
HUBUNGAN FILSAFAT DENGAN ILMU PENGETAHUAN DAN RELEVANSINYA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI Ana Mutahara
Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Filsafat dan ilmu pengetahuan merupakan upaya manusia dalam memahami suatu konsep dan metode dari sebuah disiplin ilmu. Perubahan zaman dan perkembangan telah mengantar filsafat ke suatu konfigurasi dengan menunjukkan bagaimana “pohon ilmu pengetahuan” bertumbuh mekar dan bercabang secara subur dari masing-masing disiplin ilmu. Tujuan penelitian ini menelaah filsafat dan ilmu pengetahuan serta relevansinya di era Revolusi Industri. Penelitian ini menggunakan metode hermeneutik dalam menjelaskan realitas yang terjadi dengan unsur-unsur interpretasi dan deskripsi. Filsafat dan ilmu pengetahuan sangat diperlukan kehadirannya di tengah perkembangan IPTEK yang ditandai dengan menajamnya spesialisasi ilmu pengetahuan, karena dengan mempelajari filsafat para ilmuwan diharapkan akan dapat menyadari atas keterbatasan dirinya agar tidak terperangkap ke dalam sikap arogansi intelektual.
PENGELOLAAN SARANA PRASARANA DAN KEBERHASILAN BELAJAR SISWA DI MIN 1 BELITUNG Ariya Pratama
Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan komponen penting dalam pendidikan dan menjadi satu dari delapan standar nasional pendidikan. Begitu pentingnya sarana dan prasarana pendidikan sehingga setiap institusi berupaya untuk memenuhi standar sarana dan prasarana demi meningkatkan kualitas sekolah. Kelengkapan sarana dan prasarana merupakan salah satu daya tarik bagi calon peserta didik. Jenis-jenis sarana dan prasarana yang distandarkan tersebut meliputi satuan pendidikan, lahan, bangunan gedung, serta kelengkapan sarana dan prasarana. Proses belajar mengajar (PBM) atau kegiatan belajar-mengajar (KBM) akan semakin sukses bila ditunjang dengan sarana dan prasarana sekolah yang memadai, sehingga pemerintah pun selalu berupaya untuk terus menerus melengkapi sarana dan prasarana sekolah bagi seluruh jenjang tingkatan pendidikan, sehingga kekayaan fisik negara yang berupa sarana dan prasarana sekolah sangat besar.
KONSEP RUANG KELAS PENDIDIKAN AGAMA, INTERPRETATIVE, TEORI STRUKTURAL DAN FUNGSIONAL Anwar Saleh Harahap
Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan tidak bisa terlepas dari sebuah sistem karena memiliki struktur dan fungsi masingmasing. Sistem pendidikan yang teratur menghasilkan kinerja elemen yang baik. Karakter bangsa yang mengalami pergeseran sering dianggap sebagai bentuk dari ketidakberhasilan sistem pendidikan di Indonesia. Sudut pandang struktural fungsional melihat pendidikan cenderung mengabaikan pertentangan yang terjadi di masyarakat. Perkembangan sosiologi pendidikan dimulai dari: 1) Asal-usul teori struktural fungsional, 2) Perkembangan sosiologi pendidikan berdasarkan perspektif para ahli, 3) Terdapat persamaan perkembangan sosiologi pendidikan berdasarkan para ahli karena membahas teori besar struktural fungsional, 4) Terdapat perbedaan para ahli dalam menganalisis pendidikan pada konteks struktural menggunakan pandangan teoritis fungsionalisme, 5) Terdapat perbedaan konsep sosiologi seperti konsep sosialisasi, stratifikasi, interaksi, nilai dan norma, serta dinamika kelompok sosial dalam memahami pendidikan. Interaksi sosial pada umumnya merupakan kebutuhan setiap manusia. Setiap manusia merupakan mahluk sosial, maka dari itu setiap mereka membutuhkan interaksi dengan sesamanya. Sehingga manusia dapat bertahan hidup. Dan seiring dengan berjalannya waktu tingkat kebutuhan akan adanya interaksi sosial pun semakin meningkat. Media untuk berinteraksi pun semakin banyak. Masing-masing orang memiliki motivasinya sendiri dalam melakukan interaksi sosial. Menurut seorang ahli sosiologi Herbert Blumer ada tiga prinsip utama dari sebuah interaksi, yaitu tentang pemaknaan (meaning), bahasa (language), dan pikiran (thought).
MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK SISWA/I MELALUI PEMBELAJRAN BERBASIS IT KEPEMIMPINAN DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Suryani
Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat ini, proses pembelajaran di kelas secara tatap muka telah kehilangan daya tariknya di revolusi 4.0 ini. sebab pada era revolusi 4.0 kemajuan tekhnologi tak dapat dipungkiri. Melalui kemajuan ini terjadi perubahan pandangan di peradaban manusia sekarang ini. Banyak individu beranggapan semua yang diinginkan dapat instan, praktis mudah didapatkan. Namun dibalik kemajuan tekhnologi era revolusi 4.0 ini pembelajaran konvensional masih banyak digunakan oleh guru-guru. Selain praktis yakni guru hanya sebagai pusat sentral transfer ilmu pengetahuan. Pembelajaran konvensional tidak banyak mengeluarkan biaya dan persiapan yang matang dalam pembelajaran. Namun pembelajaran jenis ini telah hilang daya tariknya di era sekarang ini. generasi yang tumbuh sekarang ialah generasi milineal. Dimana siswa sekarang sangat mudah dimanapun dan kapanpun berselancar di dunia maya. Akibat kemajuan ini akan mempengaruhi pola pikir siswa. Hal itu terjadi karena sebagian siswa berpikir dengan perkembangan teknologi yang semakin luas, proses pembelajaran di era 21 dapat dilakukan secara online dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Siswa tak lagi menanti guru untuk menjelaskan materi.
STUDI TENTANG PENGUNAAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI SD NEGERI 17 PANAI HULU Saripah Esnun
Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi Pendidikan diartikan sebagai suatu teori dan praktek tentang proses dan sumber untuk belajar. Teknologi pendidikan menunjukkan bahwa suatu bidang garapan dan profesi yang berlandaskan teori atau praktik dalam suatu usaha untuk memfasilitasi belajar. Maka itulah yang dirasakan sekarang di dalam mutu pendidikan Indonesia. Baik pendidikan formal maupun informal. Hasil itu diperoleh setelah di bandingkan dengan negara lain Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara lam Sehingga dalam kemajuan teknologi pendidikan pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama dengan intensif dalam membangun sistem pendidikan yang cocok dengan keadaan warga Indonesia. Maka dari itu kemajuan teknologi pendidikan yang semakin canggih harus diimbangi oleh SDM yang berkualitas dalam mencetak SDM yang berkualitas pemerintah harus membuat suatu sistem yang cocok dengan perkembangan teknologi pendidikan yang selalu berubah Untuk itulah sistem pendidikan begitu penting dalam mengaplikasikan teknologi pendidikan di dalam dunia pendidikaan baik itu pendidik maupun tenaga kependidikan. Teknologi Pendidikan diartikan sebagai suatu teori dan praktek tentang proses dan sumber untuk belajar. Teknologi pendidikan menunjukkan bahwa suatu bidang garapan dan profesi yang berlandaskan teori atau praktik dalam suatu usaha untuk memfasilitasi belajar.
HAKIKAT PESERTA DIDIK PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF ILMU FILSAFAT Mutmainah
Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan suatu usaha sadar untuk mengembangkan potensi manusia baik fisik maupun non fisik serta sebuah proses memanusiakan manusia. Sedangkan Pendidikan Islam menurut Abuddin Nata adalah upaya membimbing, mengarahkan, dan membina peserta didik yang dilakukan secara sadar dan terencana agar terbina suatu kepribadian yang utama sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam yaitu Al Qur’an dan Hadits. Menurut UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional pasal 1, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhalak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Dalam dunia pendidikan, ada beberapa pandangan yang berkembang berkaitan dengan peserta didik. Ada yang mendefinisikan peserta didik sebagai manusia belum dewasan, dan karenanya, ia membutuhkan pengajaran, pelatihan, dan bimbingan dari orang dewasa atau pendidik untuk mengantarkannya menuju kepada pada kedewasaan. Ada pula yang berpendapat bahwa peserta didik adalah manusia memiliki fitrah atau potensi untuk mengembangkan diri. Fitrah atau potensi tersebut mencakup akal, hati, dan jiwa yang manakala diberdayakan secara baik akan menghantarkan seseorang bertahuid kepada Allah Swt.
SOLUSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MIN 9 ACEH JAYA Fitri Yanti R
Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meluasnya wabah pandemi Covid-19 telah memaksa pemerintah untuk menutup sekolah-sekolah dan mendorong diadakannya pembelajaran jarak jauh dari rumah. Berbagai cara dilakukan untuk memastikan bahwa kegiatan belajar tetap berlangsung meskipun tidak adanya sesi tatap muka langsung. Perubahan mendadak dari metode tatap muka di ruang kelas menjadi pembelajaran jarak jauh dari rumah juga menunjukkan kebutuhan akan peningkatan kapasitas dari guru-guru. Akses internet yang tidak merata, kesenjangan kualifikasi guru, dan kualitas pendidikan, serta kurangnya keterampilan komunikasi dan teknologi menjadi kerentanan dalam inisiatif pembelajaran jarak jauh di Indonesia. Pendidikan jarak jauh (distance education) adalah pendidikan formal yang berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya. Secara sederhana, pembelajaran jarak jauh adalah pendidikan yang diajarkan dari jarak jauh, tanpa ruang kelas secara fisik. Historisnya, istilah dari pembelajaran jarak jauh terkait dengan program perguruan tinggi yang memungkinkan mahasiswanya belajar dari jarak jauh. Pendidikan tidak bisa terlepas dari sebuah sistem karena memiliki struktur dan fungsi masingmasing. Sistem pendidikan yang teratur menghasilkan kinerja elemen yang baik.
KEPEMIMPINAN DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Dian Anggreini Lubis
Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepemimpinan merupakan kemampuan dan kesiapan yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat mempengaruhi, mendorong, mengajak, menuntun, menggerakkan dan kalau perlu memaksa orang lain agar ia menerima pengaruh itu, dan selanjutnya berbuat sesuatu yang dapat membantu pencapaian tujuan-tujuan tertentu. Kepemimpinan pada hakekatnya berhubungan dengan tenaga manusia, hanya terdapat pada kelompok yang terorganisasi, dan sebagai satu kekuatan atau potensi.Tentang kepemimpinan dalam Islam, kita tidak bisa melepaskan diri pada jejak Rasulullah SAW. Kepemimpinan adalah segala upaya bersama untuk menggerakkan semua sumber dan alat yang tersedia dalam suatu organisasi. Kepemimpinan pada hakikatnya berhubungan dengan tenaga manusia sebagai satu kekuatan atau kompetensi. Kepemiminan merupakan salah satu factor yang menentukan pencapaian visi, misi dan ntujuan dari suatu lembaga atau organisasi. Dalam konteks lembaga pendidikan islam, komponen yang menjadi penggerak kepemimpinan adalah kepala sekolah, guru, staf-staf sekolah dan seluruh element pendidikan. Kepemimpinan merupakan tugas kekhalifahan yang menekankan tanggung jawab, tidak hanya kepada anggota yang dipimpin, melainkan kepada Allah Swt sebagai sumber pemberi wewenang kekuasaan. Maka dari itu pola kepemimpinan yang baik akan menghasilkan dinamika organisasi yang efektif dan efisien.

Page 1 of 2 | Total Record : 15