cover
Contact Name
-
Contact Email
perpussttmandala@gmail.com
Phone
+628978654259
Journal Mail Official
imashdt@gmail.com
Editorial Address
Jl. Seekarno-hatta No.597 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Isu Teknologi
ISSN : 19794819     EISSN : 25991930     DOI : -
Jurnal Isu Teknologi Merupakan jurnal yang membahas tentang isu - isu teknologi saat ini. terutama yang berkaitan dengan teknik informatika, teknik sipil,teknik elektro,dan teknik mesin.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK MESIN" : 3 Documents clear
PERANCANGAN ELEVATOR PENGANGKUT BARANG KAPASITAS 3 TON Jajang Nurjaman
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK MESIN
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan elevator pengangkut barang dengan kapasitas 1,5 ton di pusat perbelanjaan (supermarket) yang memiliki gedung bertingkat ,siklus pendistribusian barang dari lantai dasar ke lantai atas ataupun sebaliknya kurang efektif, karena barang yang diangkut terkadang melebihi kapasitas elevator yang dipakai sehingga terjadi penumpukan barang di area penerimaan barang(loading). Maka dari itu penulis merencanakan elevator pengangkut barang dengan kapasitas lebih besar yaitu 3 ton agar pendistribusian barang lebih efektif dan efisien. Perancangan elevator pengangkut barang ini dilakukan dengan cara pengamatan langsung (observasi) dan penyusunan data perencanaan yang berupa gambar desain, perhitungan dan pemilihan bahan komponen-komponen utama elevator barang. Sehingga didapat hasil dari analisis perhitungan komponen utama yaitu desain sangkar pengangkut sederhana dengan dimensi 1210 mm x 2000 mm x 2000 mm , tali baja (sling) spesifikasi 18 x 17 + 1c dengan diameter 13 mm, motor penggerak (hoist) dengan tipe motor AC 3 phase 200 Volt dengandaya 5 hp ? 3,7 kW, dan tiang penyangga (guide rail) dirancang dengan konstruksi sederhana dan kuat untuk menahan beban maksimum.
ANALISA KEKUATAN SAMBUNGAN LAS PADA KOMPONEN LIFTING LUG PANSER ANOA PINDAD Nanda Kusuma
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK MESIN
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk mendukung mobilitas terutama pada saat pemindahan Panser dari darat ke Kapal laut dan sebaliknya, ataupun pemindahan menggunakan helikopter diperlukan alat bantu angkat (lifting lug) yang menempel pada Panser, sehingga perlu dilakukan analisis terhadap kekuatan las lifting lug tersebut agar dapat diketahui kemampuan kekuatan las dalam menahan beban baik beban tarik dari alat pengangkat maupun beban berat dari Panser itu sendiri. Saat ini dalam pelaksanaan proses pemindahan tersebut selalu terganggu oleh rasa kekhawatiran akan kekuatan las pada lifting lug dari pihak asuransi karena Panser yang akan dipindahkan tersebut mempunyai nilai yang cukup mahal dan apabila ternyata tidak kuat maka akan menggangu rencana yang telah ditetapkan.Dari hasil analisis dan perhitungan maka dapat diketahui tegangan geser maksimum yang terjadi pada sambungan las lifting lug adalah 114,59 N/mm2 lebih kecil dari tegangan geser yang diijinkan (?ijin = 289,6 N/mm2), sehingga dapat disimpulkan bahwa sambungan las pada lifting lug dapat beroperasi dengan aman dengan faktor keamanan sebesar 2,53.
Perbandingan Kekuatan Tarik FCD 500 dan FCD 700 Akibat Prosentase Unsur Mangan (Mn) Deltapiar Ganjar Dityaku
Jurnal Online Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK MESIN
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Mandala Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bangku Boogiemerupakan bagian dari komponen pada kendaraan bermotor jenis Truk. Spesifikasi dari bangku boogieini adalah mampu meredam getaran dan tidak mudah patah. Pembuatan bangku boogieini dilakukan dengan metode pengecoran logam, yaitu pembentukan logam dengan cara mencairkan logam terlebih dulu kemudian diisikan kedalam rongga/bentuk yang diinginkan. Bahan benda cor bangku boogieinidibuat dengan menggunakan material FCD 500/7 (standar JIS G 5502), yaitu besi cor kelabu bergrafit bulat dengan kekuatan tarik minimum 500 N/mm2 pada standar Y blok. Untuk mendapatkan sifat mekanis tersebut, maka struktur mikro yang diharapkan yaitu ferritik dan pearlitik. Dengan menganalisis dan melakukan perhitungan, komposisi unsur masing-masing bahan untuk mendapatkan struktur mikro tersebut yaitu karbon (3,5 – 3,6%), silikon (2,2 – 2,5%), dan mangan <0,3%. Struktur mikro dipengaruhi oleh kecepatan pendinginan, dan salah satu yang mempengaruhi kecepatan pendinginan adalah heat transfer dari bahan cetakan. Pembuatan bangku boogie ini menggunakan pasir cetak greensand. Bangku Boogie is one of part from truck transportation.Requirement of Bangku Boogie is able to reduce shock and unfracturable easily.Bangku boogie is made through shaping iron by melting iron first then pouring it into cavity.The material of bangku boogie is FCD 500/7 (standart JIS G 5502), grey cast iron which has nodular graphite with minimum tensile strength 500 N/mm2 on Y blok standart. To acquire that characteristic, the microstrucuture desirable is ferritic and pearlitic. The composition to get it need carbon (3.5 – 3,6%),silicon (2.2 – 2.5%), and mangan < 0.3%. Microstructure is influence by cooling rate. Making of bangku boogie use green sand moulding.

Page 1 of 1 | Total Record : 3