cover
Contact Name
Moh. Ramin
Contact Email
mohromin93@gmail.com
Phone
+6285231737366
Journal Mail Official
investialkhairat@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Palengaan No.2, Bunut, Plakpak, Kec. Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69361
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Investi: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
ISSN : 26865637     EISSN : 28079051     DOI : https://doi.org/10.32806/ivi.v4i2
Core Subject : Economy,
The Islamic Investment Journal (INVESTI) is a scientific journal in the field of economics and banking that is published twice a year. The manuscript was published in the form of a scientific work relating to: 1) Scientific research in the fields of economics, banking and non-bank finance. 2) Problem Solving, the conceptual and methodological fields related to the economy, banks and non banking finance. 3) Sharia economy and Sharia finance. 4) Taxation, fiscal policy and microeconomics. 5) Theoretical studies on economics and financial services. Focus and Scope The Islamic Invest journal INVESTI (INVESTASI ISLAM) is a scientific journal in the field of economic and Bank which is published regularly twice a year. This journal was published by departmen Syariah Economy and Syariah Banking at the Syariah Economy and Syariah Banking Faculty of the Islamic Institute Al-Khairat Pamekasan. Manuscripts published in the form of scientific papers relating to: 1) Scientific research in the field of economy, banking and non-bank money rent. 2) Problem Solving, conceptual and methodological fields related to economy, banking and non-bank money rent. 3) Syariah economy and syariah bank. 4) Tax, Fiscal policy and micro economy 5) Study of theories about economy and money rent.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): Investi" : 6 Documents clear
ANALISIS KETENTUAN PENETAPAN HARGA MENURUT IBNU TAIMIYAH TERHADAP PENETAPAN HARGA TAHU DI PABRIK TAHU BAPAK DURDI LEMPONG KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN SAMPANG Abdur Rahman; Faisol Faisol; Hozeiri Hozeiri; Luluul Jennah; Siti Khalilah
Investi: Jurnal Ekonomi & Perbankan Vol. 2 No. 2 (2021): Investi
Publisher : LP2M Al-Khairat Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/ivi.v2i2.93

Abstract

Penetapan harga merupakan suatu proses untuk menentukan seberapa besar pendapatan yang akan diperoleh atau diterima oleh perusahaan dari produk atau jasa yang dihasilkan. Salah dalam menetapkan harga dapat menimbulkan berbagai konsekuensi. Tindakan penetapan harga yang melanggar etika dapat menyebabkan para pelaku usaha tidak akan disenangi oleh para pembeli atau konsumen, bahkan para pembeli atau konsumen dapat melakukan suatu reaksi yang dapat menjatuhkan nama baik pelaku usaha.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Adapun informannya adalah pemilik pabrik, karyawan dan para penjual maupun pembeli di pabrik tahu Durdi Lempong Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang. Sedangkan pengecekan keabsahan data diperoleh melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian dan triangulasi.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat peneliti simpulkan bahwa: pertama, proses penetapan harga tahu di pabrik tahu Durdi Lempong Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang adalah dari harga bahan baku kedelai, permintaan pasar, gaji karyawan dan biaya operasional pabrik. Di mana biaya-biaya yang dikeluarkan pada pabrik tersebut akan berpengaruh terhadap penetapan harga tahu di pabrik tahu Durdi Lempong Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang. Kedua,dalam hal mekanisme pasar, secara umum Ibnu Taimiyah sangat menekankan pada prinsip pasar bebas yakni harga terjadi secara alami dari faktor permintaan dan penawaran, faktor daya beli, faktor biaya produksi dan lainnya yang tidak terdapat intervensi pemerintah. Sehingga dari sistem pasar bebas yang dianut oleh bapak ekonomi Ibnu Taimiyah maka terdapat ketidaksesuaian pada pabrik tahu Udi Srikandi yakni harga bahan baku kedelai di mana pada harga bahan baku tersebut terdapat intervensi pemerintah.
PENGARUH PERENCANAAN PENGELOLAAN PROGRAM SEDEKAH TERNAK KAMBING DAN SAPI DI LAZNAS YDSF TERHADAP PEMBERDAYAAN MUSLIM YATIM DHUAFA’ DAN DHUAFA’ DI KECAMATAN TUTUR KABUPATEN PASURUAN Dhoqi Dofiri
Investi: Jurnal Ekonomi & Perbankan Vol. 2 No. 2 (2021): Investi
Publisher : LP2M Al-Khairat Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/ivi.v2i2.94

Abstract

Indonesia selalu berinovasi dalam membentuk program pengentasan kemiskinan, karena kemiskinan yang semakin membludak akan menghambat aktifitas dan planning pembangunan Sumber Daya Manusia yang bertujuan pada “mashlahatul ummat”. Hal ini akan menjadi tantangan juga untuk masyarakatIndonesia dalam memperdayakan diri agar tidak hanya bergantung kepada program-program pemerintah yang ada. Khususnya pada masyarakat kalangan bawah yaitu Yatim dhuafa’ dan Dhuafa’. Pada penelitian ini terdapat rumusan masalah apakah terdapat pengaruh perencanaan dan pengelolaan Program Sedekah terhadap Pemberdayaan. Dengan pendekatan penelitian langsung ke lapangan, yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif. Adapun anasislis yang digunakan dalam penelitian adalah Patial LeastSquare (PLS) dengan aplikasi smart PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji t-statistics Perencanaan tidak ada pengaruh dan tidak signifikan terhadap pemberdayaan dengan nilai sebesar 0,498 ≤1,96. Sedangkan pada variabel pengelolaan ada pengaruh dan signifikan terhadap pemberdayaan dengan nilai t-statistics sebesar 2,392 ≥ 1,96.
DIFERENSIASI DALAM MANAJEMEN PEMASARAN PADA BUSANA MUSLIM RABBANI (STUDI KASUS PADA BUSANA MUSLIM RABBANI CABANG PAMEKASAN) Haridah Haridah; Ifratus Zuraidah; Suradiansyah Suradiansyah
Investi: Jurnal Ekonomi & Perbankan Vol. 2 No. 2 (2021): Investi
Publisher : LP2M Al-Khairat Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/ivi.v2i2.95

Abstract

Diferensiasi merupakan strategi untuk manambah value suatu produk yang ditawarkan untuk memenangkan pangsa pasar, pertumbuhan dan mempertahankan produk ditengah sengitnya persaingan, dalam manajemen pemasaran diferensiasi merupakan suatu strategi yang cukup efektif untuk menawarkan produk baik dari segi bentuk, fitur, mutu, daya tahan dan gaya. Dewasa ini perkembangan busana muslim manjadi trendseter di tengah para penggunanya. Dunia fashion yang cepat sekali berubah menuntut beberapa produk untuk segera melakukan diferensiasi terhadap produk-produknya agar mampu bersaing dan mencapai target penjualan.Keadaan tersebut berbanding lurus dengan Produk Busana Muslim Rabbani yang melakukan diferensiasi pada manajemen pemasarannya untuk tetap eksis ditengah maraknya perkembangan merek fashion busana muslim. Tujuan penelitian ini adalah untuk pengkajian mengenai diferensiasi dalam manajemen pemasaran pada busana muslim rabbani cabang Pamekasan melalui pendekatan kualitatif, dimana pendakatan ini merupakan prosedur yang menghasilkan data deskriptif dari orang atau perilaku yang dapat diamati. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder melalui teknik pengumpulan data Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan pelanggan pada ritel busana muslim rabbani cabang pamekasan berkembang sesuai target pasar dan dari loyalitas pelanggan melalui jenis kepelangganan yang dibedakan dengan 2 jenis kartu pelanggan. Diferensiasi produk yang terdapat di Rabbani berupa desain produk dan penyajian produk baru yang terus ditingkatkan melalui promosi media eletronik, seperti televisi yang langsung memberikan contoh penggunaan busana melalui model sehingga mampu menarik minat penonton untuk menjadikan role model dalam berbusana.
ENCOURAGE NATIONAL ECONOMIC GROWTH MELALUI PENERAPAN KEBIJAKAN SUKUK NEGARA (SBSN) Istianah Istianah; Dhoqi Dofiri
Investi: Jurnal Ekonomi & Perbankan Vol. 2 No. 2 (2021): Investi
Publisher : LP2M Al-Khairat Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/ivi.v2i2.96

Abstract

Pertumbuhan ekonomi nasional perlu didorong dengan melakukan kebijakan tertentu, oleh karena itu di Indonesa terdapat dua obligasi yang berkonsep syariah atau yang sering disebut sukuk yakni sukuk negara atau yang dikenal SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) dan sukuk korporasi. SBSN merupakan surat berharga negara yang diterbitkan berdasarkan prinsip syariah, sebagai bukti atas bagian penyertaan terhadap aset SBSN baik dalam mata uang rupiah maupun valuta asing. Pemerintah Indonesia juga membuat kebijakan sebagaimana yang diatur dalam UU No 19 Tahun 2008 dan Dewan Syariah Nasional juga membuat Fatwa DSN-MUI No 32/DSN-MUI/IX/2002.Penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif, Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus (case study) yang menelaah sebuah “kasus” tertentu dalam konteks atau setting kehidupan nyata kontemporer. Maka hasil penelitian dalam penerbitan Sukuk Negara merupakan mekanisme pembiayaan proyek atau kegiatan kementrian/lembaga dengan dana hasil penerbitan sukuk negara, ketentuan mengenai hal itu diatur dalam peraturan pemerintah Nomor 56 Tahun 2011 tentang pembiayaan proyek melalui penerbitan surat berharga syariah negara.
ANALISIS HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS PRAKTIK JUAL BELI BARANG PRELOVED Abu Rizal; Mahridi Mahridi; Rohman Rohman; Mukti Mukti
Investi: Jurnal Ekonomi & Perbankan Vol. 2 No. 2 (2021): Investi
Publisher : LP2M Al-Khairat Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/ivi.v2i2.97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana eksistensi hukum Islam dan hukum positif saling bersinergi dalam melindungi hak-hak konsumen dalam jual beli khususnya dalam jual beli barang preloved. Meskipun jual beli barang preloved semakin marak baru-baru ini saja, ternyata hukum Islam dan hukum positif di Indonesia sudah mengaturnya, terlebih hukum Islam yang sudah sejak dahulu hadir untuk melindungi hak-hak konsumen sebagai pihak yang rentan akan resiko dan kerugian dalam transaksi jual-beli barang preloved. Dalam transaksi ini penjual dan pembeli tidak berada dalam satu majelisyang sangat beresiko terjadinyya penipuan atau kejahatan. Persoalan kejujuran dan kepedulian pemilik barang (penjual) terhadap kondisi barang acap kali menjadi penyebab kegaduhan transaksi yang dilakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif atau literature (Library Resesarch), yaitu penelitian yang mengambil sumber-sumber data yang diperoleh melalui penelitian buku-buku yang berhubungan dengan pembahasan pokok masalah yang akan dibahas. Selain itu penulis juga memanfaatkan data kepustakaan yang berupa buku, kitab, artikel, jurnal, dan penelitian-penelitian yang memiliki relevansi dengan pokok permasalahan yang akan dibahas dalam jurnal ini. Fokus dan pertanyaan penelitian adalah tentang bagaimana konsep perlindungan konsumen dalam hukum Islam serta analisis hukum Islam terhadap perlindungan konsumen dalam jual beli berang preloved yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Pasal 4 ayat 1 sampai 9. Keberadaan Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK) dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syari’ah (KHES) dan fikih muamalah menjadi variabel penting dalam pencapaian dan penjagaan terhadap hak-hak konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya hukum Islam dan hukum positif telah mengatur urusan jual beli ini sehingga konsumen sebagai pihak yang sering dirugikan, tidak perlu ragu lagi untuk melakukan transaksi. Hukum Islam dan hukum positif bersama-sama menciptakan lingkungan jual beli yang sehat demi kenyamanan, keamanan, dan kemaslahatan konsumen dan pelaku usaha saat melakukan transaksi jual beli barang preloved.
DAMPAK KEBERADAAN KAMPUS INSTITUT AGAMA ISLAM AL-KHAIRAT PAMEKASAN TERHADAP USAHA EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR DI DESA PLAKPAK PEGANTENAN PAMEKASAN Lailatus Zuhriyah; Risca Dwiaryanti
Investi: Jurnal Ekonomi & Perbankan Vol. 2 No. 2 (2021): Investi
Publisher : LP2M Al-Khairat Pamekasan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/ivi.v2i2.98

Abstract

Kebutuhan para mahasiswa adalah penggerak utama masyarakat sekitar kampus dalam menjalankan usaha disekitar kampus. Fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini ada dua macam, yang pertama alasan masyarakat membuka usaha disekitar kampus Istitut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan dan kedua, dampak kampus Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan terhadap usaha ekonomi masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan apa yang sudah tertera dalam fokus penelitian tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebagian besar alasan masyarakat membuka usaha disekitar kampus Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan adalah potensi dalam mendapat keuntungan sangat besar karena letak yang strategis, berada disekitar kampus dan tepat dipinggir jalan raya yang menghubungkan Sumenep-Pamekasan, Sampang-Pamekasan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti, saran yang dapat dikemukakan kepada Masyarakat desa Plakpak Pegantenan Pamekasan secara umum dan masyarakat desa Plakpak Pegantenan Pamekasan yang berada disekitar kampus Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan secara khusus, agar dapat memanfaatkan keberadaan kampus yang sudah jelas peluang mendapatkan keuntungan itu sangatlah besar apabila membuka usaha disana apalagi tempat tinggal mereka yang dekat dengan keberadaan kampus sehingga lebih hemat transportasi bahkan bisa membuka usaha dirumahnya dan diharapkan kepada kepala desa beserta aparat desa Plakpak Pegantenan Pamekasan untuk memberikan pelatihan terhadap masyarakat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa.

Page 1 of 1 | Total Record : 6