cover
Contact Name
Iksan
Contact Email
iksankamil.sahri@uinsa.ac.id
Phone
+6281329204299
Journal Mail Official
joies@uinsa.ac.id
Editorial Address
JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JOIES (Journal of Islamic Education Studies)
ISSN : 25408070     EISSN : 2541173X     DOI : https://doi.org/10.15642/joies.2022.7.2
Core Subject : Religion, Education,
The editors receive scientific articles in the form of conceptual scripts or unpublished research results or other scientific publications related to Islamic Education themes which cover Islamic Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2022): June" : 4 Documents clear
Analisis Kebutuhan Buku Ajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Berbasis Strategi Metakognitif Mursyidah Roihana Waliyyul
JOIES (Journal of Islamic Education Studies) Vol. 7 No. 1 (2022): June
Publisher : Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/joies.2022.7.1.25-32

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kebutuhan buku ajar mata kuliah Pendidikan Agama Islam berbasis strategi metakognitif dari perspektif mahasiswa S1 Sastra Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian survei kebutuhan mahasiswa akan buku ajar perkuliahan berbasis strategi metakognitif. Data analisis kebutuhan buku ajar PAI berbasis strategi metakognitif dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa terkait kendala perkuliahan dan kebutuhan buku ajar dengan basis strategi metakognitif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Sastra Inggris FBS Unesa di mana pada perkuliahan semester Gasal 2021 sedang menempati semester 1 yang terdiri atas 2 kelas sebanyak 66 mahasiswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buku ajar mata kuliah Pendidikan Agama Islam berbasis strategi metakognitif dari perspektif mahasiswa S1 Sastra Inggris sangat dibutuhkan dan perlu untuk segera didesain agar materi Pendidikan Agama Islam yang ada dapat diajarkan dengan strategi yang berbeda.
Pengembangan Kurikulum Keagamaan di Pesantren Sunan Kalijogo Surabaya Abdul Basith; Iksan Kamil Sahri
JOIES (Journal of Islamic Education Studies) Vol. 7 No. 1 (2022): June
Publisher : Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/joies.2022.7.1.1-24

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan Islam asli Indonesia, pondok pesantren sudah menunjukkan keberhasilan dalam menjaga eksistensi diri. Sejak zaman sebelum merdeka sampai orde reformasi, pesantren semakin diakui keberadaanya dalam perundang-undangan Indonesia, terutama terkait pendidikan. Dalam sejarahnya, keterkaitan langsung antara lingkungan pesantren, keluarga dan masyarakat bahkan dengan negara telah berlangsung selama kurang lebih empat abad. Hal yang kemudian diperlukan oleh pesantren adalah merumuskan kurikulum yang jelas dan mampu melingkupi semua bentuk dan lingkungan pendidikan. Lalu bagaimanakah sebuah pesantren merumuskan desain kurikulumnya? Untuk menjawab hal tersebut, peneliti melakukan penelitian dipesantren Sunan Kalijogo Surabaya. Tulisan ini membahas seluruh unsur pengembangan kurikulum di pesantren. Hasil penelitian ini adalah pesantren Sunan Kalijogo Surabaya mengembangkan kurikulum keagamaannya dengan melakukan beberapa langkah-langkah terencana, yaitu mengupayakan pengembangan kurikulum keagamaan dengan mempertimbangkan landasan filosofi, psikologi, sosiologi, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, prinsip fleksibilitas, relevansi dan kontinuitas, menggunakan pendekatan akademis dan humanistik, mengupayakan pengembangan pada komponen-komponen kurikulum. Hal ini berimplikasi pada pada peningkatan kualitas kurikulum pesantren sehingga dapat terus menarik minat masyarakat dan mampu bersaing dengan pesantren lain dan lembaga pendidikan lainnya
Efektifitas Penerapan Hybrid Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Peserta Didik Kelas VI SDN Sidotopo I/ 48 Surabaya Pada Era New Nornal Moh. Taufiq Taufiq
JOIES (Journal of Islamic Education Studies) Vol. 7 No. 1 (2022): June
Publisher : Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/joies.2022.7.1.33-66

Abstract

Abstract: Covid-19 pandemic caused significant changes. Suddenly, all levels of education were forced to adapt conduct distance learning (PJJ) from home or online. This is certainly not an easy cases, because they are not fully ready and actively contributed. During the COVID-19 pandemic, especially in the new normal era, Hybrid learning is an ideal solution to various problems that occur in education fields. SDN Sidotopo I/48 as one of the schools that implements this learning model is the main attraction for researchers to conduct  especially its application in improving the learning achievement of Islamic religious education (PAI) and the character of class VI students. Therefore, the application is expected to be able to facilitate educators in achieving the objectives of the material presented, especially in the subjects of Islamic Religious Education/PAI and Characters. The method used in this research is a qualitative research method with an ethnographic and phenomenological approach. Thus the results of the research found in this study stated that the Hybrid learning implementation of Islamic Religious Education /PAI and Budi Pekerti/Characters Class VI SDN Sidotopo I/48 Surabaya in the New Normal Era in improving learning achievement was quite effective, this can be seen from the observations results and list of values ​​held by Islamic Religious Education /PAI teachers and Budi Pekerti/Character during the learning process in pandemic to new normal era.      
Manajemen Kelas Konstruktivistik dalam Menunjang Pendidikan saat Pandemi:: Studi Kasus di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Senjayan Kedungglugu Gondang Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021 Supriyanto
JOIES (Journal of Islamic Education Studies) Vol. 7 No. 1 (2022): June
Publisher : Program Studi Doktor Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15642/joies.2022.7.1.67-94

Abstract

Kondisi pandemi menyulitkan banyak pihak, tak terkecuali para pengelola pendidikan. Di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Senjayan Nganjuk memiliki strategi khusus untuk menanggulangi masalah ini. Penelitian ini menggunakan kajian lapangan (field reseach)-kualitatif yang bertempat di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Senjayan Kedungglugu Gondang Nganjuk. Pendekatan kajian ini adalah pengelolaan kelas konstruktivistik. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Pembelajaran dilakukan secara biasa (tatap muka) dengan hasil musyawarh dari yayasan, ustadz-ustadzah, wali santri dan masyarakat. Kedua, tetap menggunakan RPP dan kartu ngaji seperti biasanya. Ketiga, tempat belajar dilakukan secara fleksibel, yaitu kapasitas kelas dikurangi 50 % dari biasanya dan kekurangan kelas itu ditempatkan di mushala atau datang ke rumah gurunya. Keempat, tidak ada pengurangan jam pelajaran atau penambahan. Kelima, semua menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, cek suhu badan, dan handsanitizer. Kelima, jika ada yang sakit tidak diperkenankan masuk. Evaluasi pembelajaran dalam kondisi ini yang paling ketat dilakukan adalah penerapan protokol kesehatan. Selain itu, evaluasi seperti biasanya juga masih berjalan dengan normal yaitu diadakan penilaian kemampuan siswa dengan stadar nilai A, B, C, dan D. Bagi yang memperoleh nilai A dan B boleh meneruskan ngajinya dan bagi yang memperoleh nilai C dan D harus mengulang kembali.

Page 1 of 1 | Total Record : 4