cover
Contact Name
Mukhamad Khumaidi Usman
Contact Email
jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Phone
+628919579264
Journal Mail Official
jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Editorial Address
Tim Redaksi NOZZLE : Journal Mechanical Engineering Program Studi D3 Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama Jl. Mataram No.9, Pesurungan Lor, Kec. Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah 52147 Email : jurnal.nozzle@poltekharber.ac.id
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Nozzle : Journal Mechanical Engineering
ISSN : 23016957     EISSN : 2776219X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Nozzle : Jurnal Teknik Mesin (p-ISSN 2301-6957, e-ISSN 2776-219X) menerbitkan artikel penelitian, artikel konseptual, laporan kajian lapangan, praktik terbaik dan kebijakan teknik mesin di kancah nasional dan internasional (Lihat Fokus dan Ruang Lingkup ). Artikel jurnal ini diterbitkan setiap enam bulan sekali, yaitu pada bulan Januari dan Juli (2 edisi per tahun), dan diterbitkan oleh Politeknik Harapan Bersama Tegal. Editor hanya akan menerima naskah yang memenuhi format yang ditentukan. Nozzle : Journal Mechanical Engineering (p-ISSN 2301-6957, e-ISSN 2776-219X) publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of mechanical engineering on a national and international stage (See Focus and Scope). The articles of this journal are published every six months, that is in January and July (2 issues per year), and published by the Politeknik Harapan Bersama Tegal. The editors will only accept the manuscripts which meet the assigned format. The journal publishes original papers in the field of Mechine but not limited to, the following scope: Mechine: Electronic Materials, Materials Engineering, Energy Manufacturing, Machinery, Electronic Instrumentation, Automation, Control, Embedded Systems, Mechatronics, Eectric power, Technology, Energy Storage Systems, Transmission, Energy Distribution, New Renewable Energy, and other related topics.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2012): Nozzle : Journal Mechanical Engineering" : 3 Documents clear
Sistem pengapian elektronik full transistor Agus Mahrojan Mesin
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 1, No 1 (2012): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v1i1.6

Abstract

peningkatan kinerja mesin menggunakan sistim pengapian pada kendaraan bermotor, sesuai dengan perkembangan teknologi di buat dengan memperbaiki otomotif pada sistim pembakarannya. Metode untuk meningkatankan kinerja ini telah di kerjakan dengan modifikasi sistim pengapian, dimana sistim pengapian merupakan metode konvensional dengan menggunakan platina di ganti dengan menggunakan kapasitor. Perbaikan sistim pengapian telah di uji dengan meningkatkan kecepatan dan beban pada keadaan stasioner. Hasil menunjukan bahwa perbaikan pada sistim pengpian menggunakan kapasitor meningkatkan daya efektifdan mengurangi konsumsi bahan bakar spesifik dan mengurangi emisi gas CO. kata kunci : sistem pengapian , kapasitor, kinerja mesin
Sistem pengapian konvensional baterai Muh Nuryasin Mesin
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 1, No 1 (2012): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v1i1.7

Abstract

Salah satu pendukung dalam sistem pengapian pada motor bakar torak adalah busi. Pengapian dari busi terjadi karena adanyaa sumber energi listrik untuk menghasilkan energi aktivasi yang di gunakan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar sehingga menghasilkan tenaga. Busi sebagai suatu piranti untuk menghasilkan busur api listrik sangat berpengaruh terhadap kesempurnaan proses pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar. Kesempurnaan proses pembakaran akan mempengaruhi unjuk kerja dari motor. Dengan menggunakan busi dua elektrode dan busi tiga elektrode dapat meningkatkan unjuk kerja dari motor pada kondisi optimal khusunya peningkatan Efisien Thermis yaitu masing-masing 2,9% dan 3,7%. Kata kunci : busi dua elektrode, busi tiga elektrode, energi aktivasi, peningkatan daya, penurunan konsumsi bahan bakar, proses pembakaran
Sistem Pendingin Pada Mobil M. Aji Zaman Mesin
Nozzle : Journal Mechanical Engineering Vol 1, No 1 (2012): Nozzle : Journal Mechanical Engineering
Publisher : Politeknik Harapan Bersama Tegal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/nozzle.v1i1.10

Abstract

Pada umumnya AC Window di gunakan untuk mengondisikan udara ruang agar berada pada kondisi udara yang di inginkan . Panas pada kondestor dapat di manfaatkan untuk funsi yang lain sehingga tidak ada panas yang terbuang percuma. Memodifikasi AC Window dengan menambah tabung pemanas air bertujuan untuk memanfaatkan panas yang akan di buang kondestor menuju lingkungan untuk memanaskan air. Tabung pemanas di pasang pada penelitian di lakukan dengan melihat pengaruh suatu tabung pemanas air terhadap COP (Coefficient of Performance), laju pendingin ruangan, serta laju pemanasan air dalam tabung pada AC Window. Dari hasil penelitian yang dilakukan , di dapat hasil bahwa COP AC Window dengan menambah tabung pemanas mengalami penurunan sebesar 0,3369 kJ/s, serta penurunan pada laju pendinginan ruangan sebesar 0,002 kJ/s. sedangkan untuk laju pemanasan air pada tabung di dapatkan sebesar 0,0688 kJ/s                                                                                                            kata kunci: busi dua elektrode, busi tiga elektrode, energi aktivasi, peningkatan daya, penurunan konsumsi bahan bakar, proses pembakaran

Page 1 of 1 | Total Record : 3


Filter by Year

2012 2012