cover
Contact Name
Izzat Pratama
Contact Email
jurnal.swarna@gmail.com
Phone
+6287843305581
Journal Mail Official
jurnal.swarna@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tawak-Tawak Karang Sukun, Mataram - NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 2963184X     EISSN : 2963184X     DOI : https://doi.org/10.55681/swarna
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is a journal that is a scientific forum for community service with the aim of publishing the results of community service activities related to the development and application of science and technology research results, which include concepts, models and its implementation as an effort to increase community participation in development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 5 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2024" : 9 Documents clear
Pendampingan Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Membaca Al-Qur’an dengan Metode Halaqah di Sanggar Bimbingan Sungai Besi, Selangor, Malaysia Muhammad Isnaini Iqbal Alfarisi; Ikhwan Mahmudi; Akhlis Azamuddin Tifani; Muhammad Imam Syamil Nasution; Achmad Fatich Alfahmi
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 5 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2024
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v3i5.1264

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di sanggar bimbingan sungai besi Selangor, Malaysia merupakan bentuk program non formal melalui sebuah pembelajaran di bidang agama Islam pada golongan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. Program ini bertujuan untuk membiasakan kepada mereka untuk melafadzkan bacaan huruf demi huruf yang sesuai ilmu tajwid. Pembelajaran tersebut menggunakan metode Halaqah secara bimbingan tatap langsung, sistematis, dan aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya mereka telah memahami pembelajaran panjang pendek bacaan yang sesuai dengan makharijul huruf. Ketercapaian pemahaman anak-anak terkait tata cara melafadzkan huruf demi huruf sudah sesuai sebagaimana telah diajarkan oleh tim pembina. Adapun pada tingkat pemahaman bacaan tanwin dan nun sukun telah dimengerti oleh sebagian besar anak-anak. Walaupun tidak semuanya dapat menghafal setiap huruf mana yang masuk kategori idzhar, idgham, ikhfa dan iqlab. Dengan ini harapan kedepanya selalu ada pembiasaan dalam mempraktekkan bacaan Al-Quran sesuai ilmu tajwid.
Pelatihan Akuntansi EMKM Industri Kerupuk Ujungpangkah Kabupaten Gresik Widi Hidayat; Tri Ratnawati
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 5 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2024
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v3i5.1305

Abstract

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) have an important role in the Indonesian economy. However, MSME players often face obstacles in preparing financial reports in accordance with applicable accounting standards. The application of the Financial Accounting Standards for Micro, Small and Medium Entities (SAK EMKM) is a solution to improve the quality of MSME financial reports. This training aims to analyze the effectiveness of SAK EMKM-based accounting training in improving the understanding and skills of MSME actors in preparing financial reports. The training was conducted using interactive methods, accompanied by practical exercises and mentoring. The results of the training show that SAK EMKM-based accounting training is effective in improving the understanding and skills of MSME actors in preparing financial reports according to standards. The training materials include an introduction to accounting, the accounting cycle, preparation of financial statements according to SAK EMKM, and interpretation of financial statements for business decision making. The resulting financial statements consist of a profit and loss statement and a statement of financial position. The implementation of SAK EMKM is expected to improve the quality of MSME financial statements, so as to encourage sustainable business growth and increase access to formal financing.
Sosialisasi Jamban Sehat di SMPN 2 Gunung Sari Wanda Januar Astawan; Iwan Desimal; Arif Sofyandi; Kardi Kardi; Farida Ariany; Una Zaida
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 5 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2024
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v3i5.1306

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat tentang sosialisasi jamban sehat di SMPN 2 Gunung Sari perlu dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi kebiasaan BABS warga masyarakatl. Jamban merupakan salah satu fasilitas sanitasi dasar yang dibutuhkan dalam setiap rumah untuk mendukung kesehatan penghuninya sebagai fasilitas pembuangan kotoran manusia. Jamban sehat harus dibangun, dimiliki, dan digunakan oleh keluarga yang ditempatkan baik di dalam rumah maupun di luar rumah serta mudah dijangkau. Kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “penggunaan jamban sehat di Sekolah” yang diikuti oleh siswa siswi VIII SMPN 2 Gunung Sari telah dilaksanakan pada hari kamis, tanggal 2 April 2024 Jam 10.00 WITA dengan baik dan lancar. Output yang diperoleh dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu para siswa-siswi lebih meningkat pengetahuannya mengenai penggunaan jamban sehat di Sekolah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya respon para siswa-siswi dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri dan bertanya tentang materi yang diberikan.
Tanggungjawab Sosial Dalam Tatakelola Perusahaan yang Baik Terhadap Masyarakat Desa Pangobusan, Kabupaten Toba Kusbianto Kusbianto; Ariman Sitompul; Rilawadi Sahputra; Ruslan Ruslan; Syariful Azmi; Melki Suhery Simamora; Nurhayati Nurhayati; Abdul Satar
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 5 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2024
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v3i5.1308

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) merupakan salah satu implementasi keterlibatan perguruan tinggi dalam pembangunan masyarakat. Keterlibatan perguruan tinggi terhadap kegiatan kemasyarakatan adalah wujud aktualisasi darma pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu darma dalam pendidikan tinggi. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di Desa Pangobusan, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba Sumatera Utara, Mahasiswa dan dosen melaksanakan Tanggungjawab Sosial Dalam Tatakelola Perusahaan Yang Baik Terhadap Masyarakat. Oleh karena itu, tim pengabdian kepada masyarakat (PkM) merancang kegiatan sosialisasi, pendampingan dan pemberdayaan kelompok masyarakat desa untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam aspek hukum dan kemasyarakatan yang terkait dengan keberadaan PT. TPL (Tbk), tim pengabdian kepada masyarakat (PkM) juga menyasar sektor ekonomi, kesehatan dan pendidikan dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya Tanggungjawab Sosial Dalam Tatakelola Perusahaan Yang Baik Terhadap Masyarakat. Semua kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat simbiosis mutualisme antara perusahaan dan masyarakat atau sebaliknya sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian, khususnya pada sektor pertanian yang menjadi sektor andalan masyarakat Desa Pangobusan, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba Sumatera Utara.
Penerapan Brand Identity Produk Petani Madu Kelulut Sungai Siring Catur Kumala Dewi; Rina Masithoh; Danna Solihin; Nurfitriani Nurfitriani; Eka Yudhyani; Andi Indrawati; Ekawati Ekawati
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 5 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2024
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v3i5.1313

Abstract

Dalam mencapai keberhasilan dan kestabilan ekonomi kelompok tani Madu Kelulut maka perlu dilakukan pendekatan pemasaran produk terkait brand indentity Madu Kelulut. Hal ini perlu dilakukan karena permintaan produk madu Kelulut cukup tinggi dan konsumen perlu mengenal Madu Kelulut yang merupakan hasil budidaya Kelompok Tani Madu Kelulut Sungai Siring. Tujuan dilakukannya pendampingan penerapan brand indentity ini adalah dari hasil pre test yang dilakukan tim kepada para anggota Kelompok Tani Madu Kelulut tentang kebutuhan pendampingan yang diperlukan untuk kepentingan kemajuan penjualan Madu Kelulu. Adapun hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah tersosialisasinya penerapan brand identity daro Madu Kelulut yang merupakan hasil produksi Kelompok Tani Madu Kelulut Sungai Siring.
Pendampingan Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kesiapan Beragama Peserta Didik di MI Plus Miftahul Anwar Kalianyar Dalam Menghadapi Menstruasi Pertama Siti Yumnah
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 5 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2024
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v3i5.1314

Abstract

Menstruasi pertama yang sering dijadikan indikator kesehatan oleh para ahli medis bagi sebagian anak adalah sebuah kengerian tersendiri. Hal ini disebabkan kurangnya pemberian informasi tentang keseharian reproduksi. Dari sudut pandang agama, menstruasi menjadi titik balik seorang anak menjadi seorang mukallaf yang bertanggung jawab atas semua amal ibadahnya sendiri. Fenomena kepanikan yang dialami oleh remaja putri saat mengalami menstruasi pertama juga masih terjadi hingga saat ini di era digital yang informasi bisa di dapat dengan mudah, termasuk di MI Plus Miftahul Anwar Kalianyar Bangil. Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi fenomena kepanikan yang dialami oleh peserta didik di lembaga tempat pengabdian dilaksanakan saat mengalami menstruasi pertama. Metode kegiatan ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Melalui studi kasus ini peneliti memaparkan data lapangan dalam pendampingan kegiatan sosialisasi peningkatan kesiapan beragama peserta didik MI Plus MIftahul Anwar Kalianyar Bangil dalam menghadapi menstruasi pertama. Adapun Hasil pendampingan yang diperoleh diantaranya: (1) sosialisasi berjalan dengan baik melalui beberapa kali pertemuan selama satu semester tanpa mengganggu jadwal kegiatan pembelajaran di sekolah. (2) Dampak perubahan yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan ini antara lain: Pertama, siswa lebih memahami proses terjadinya menstruasi, Kedua, peserta didik termotivasi untuk memenuhi kewajibannya sebagai muslimah secara sempurna setelah mengalami menstruasi. Selanjutnya tantangan bagi suksesnya pelaksanaan hasil kegiatan ini adalah masih kurangnya tersedianya environment baik yang bersifat materi ataupun non-materi yang dapat mendukung pemenuhan hak dan kewajiban remaja putri saat mengalami menstruasi baik untuk pertama kali ataupun bulanannya selama di sekolah.
Melatih Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek Program Studi Pendidikan Agama Islam yang Berstatus Guru Dalam Menganalisis Tes Hasil Belajar Siswa Leni Fitrianti
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 5 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2024
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v3i5.1320

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh setiap pendidik selama dan setelah proses pembelajaran selesai dilakukan. Tujuannya adalah untuk melihat sejauh mana perkembangan belajar siswa dari waktu ke waktu dan bagaimana hasil belajar yang mereka dapatkan. Evaluasi yang baik adalah evaluasi yang dilakukan dengan berpegang pada prinsip-prinsip evaluasi yang telah ditetapkan. Selain itu, Tes Hasil Belajar (THB) yang telah diujikan perlu dilakukan analisis untuk menentukan kualitasnya. Baik atau tidaknya suatu THB hanya dapat ditentukan dengan cara melakukan analisis terhadapnya. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu para guru pemula yang masih duduk dibangku perkuliahan agar dapat melakukan evaluasi pembelajaran yang baik sesuai dengan prinsip-prinsipnya. Adapun hasil kegiatan ini menunjukan para guru antusias mengikuti proses pendampingan karena mereka lansung menganalisis tes hasil belajar siswanya sendiri. Mulai dari mengkonversi skor mentah menjadi nilai terstandar, menganalisis derajat kesukaran item soal obyektif, daya pembeda dan fungsi distraktor dari setiap pilihan yang diberikan.
Edukasi Bisnis Online dan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Nita Astuti; Luthfi Nuraini
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 5 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2024
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v3i5.1330

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan, pemahaman dan meningkatkan keterampilan untuk berbisnis secara online dan pembuatan laporan keuangan sederhana kepada para peserta (mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas islam syekh – yusuf) yang mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini, peserta yang hadir sebanyak 14 peserta. Diharapkan setelah terlaksananya kegiatan ini, peserta dapat memahami cara berbisnis online dan dapat membuat laporan keuangan sederhana untuk bisnis nya, karena berdasarkan hasil survei hampir semua peserta belum mengerti cara membuat laporan keuangan sederhana untuk bisnisnya dan belum paham berbisnis secara online yang efektif. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian Masyarakat ini yaitu : tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap diskusi tanya jawab. Hasilnya bahwa edukasi bisnis online dan pembuatan laporan keuangan sederhana mampu membantu menambah pengetahuan, pemahaman dan keterampilan peserta untuk membuat laporan keuangan untuk bisnis nya dan bagaimana berbisnis online yang efektif.    
Penyuluhan tentang Literasi Digital bagi Guru dan Siswa SD di Kota Ternate, Maluku Utara Nurprihatina Hasan; Farida Maricar; Sutaryo Sutaryo
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3 No. 5 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2024
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v3i5.1333

Abstract

Tujuan utama dari Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk Penyuluhan Literasi Digital kepada guru dan siswa Sekolah Dasar di Kota Ternate ini adalah untuk: (1) membantu guru dan siswa menjadi lebih mahir dalam bidang teknologi komunikasi dan informasi; dan (2) membantu mereka menggunakan internet dengan bijak dan beretika. Penyuluhan ini berlangsung di SD Negeri 43 Kelurahan Soa, Kota Ternate, Maluku Utara pada hari Sabtu, 7 Oktober 2023 pukul 08.00 hingga 10.00 WIT. Sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 7 anak kelas 5 dan 24 siswa kelas 6 serta 1 orang guru mengikuti kegiatan tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan PKM ini berbentuk penyuluhan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Penyuluhan literasi digital ini telah meningkatkan kesadaran dan menambah wawasan tentang bagaimana menggunakan alat-alat digital seperti telepon pintar dan aplikasinya secara bijak dan efektif. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital dalam menunjang tercapainya proses belajar siswa, memanfaatkan media sosial yang menerapkan prinsip kesantunan, dan menjauhi hoax, maka guru sudah seharusnya dengan bijak memantau penggunaan teknologi digital khususnya telepon pintar oleh para siswanya. di sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 3 No. 7 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2024 Vol. 3 No. 6 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juni 2024 Vol. 3 No. 5 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2024 Vol. 3 No. 4 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, April 2024 Vol. 3 No. 3 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Maret 2024 Vol. 3 No. 2 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Februari 2024 Vol. 3 No. 1 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Januari 2024 Vol. 2 No. 12 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2023 Vol. 2 No. 11 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2023 Vol. 2 No. 10 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Oktober 2023 Vol. 2 No. 9 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2023 Vol. 2 No. 8 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Agustus 2023 Vol. 2 No. 7 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2023 Vol. 2 No. 6 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juni 2023 Vol. 2 No. 5 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2023 Vol. 2 No. 4 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, April 2023 Vol. 2 No. 3 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Maret 2023 Vol. 2 No. 2 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Februari 2023 Vol. 2 No. 1 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Januari 2023 Vol. 1 No. 4 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2022 Vol. 1 No. 3 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2022 Vol. 1 No. 2 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Oktober 2022 Vol. 1 No. 1 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2022 More Issue