cover
Contact Name
Wagino
Contact Email
fti.jssi@gmail.com
Phone
+6281351250727
Journal Mail Official
fti.jssi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Adhyaksa No.2 Kayutangi, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Sains Sistem Informasi
ISSN : -     EISSN : 29855748     DOI : 10.31602/jssi
Core Subject : Science,
Jurnal Sains Sistem Informasi adalah media yang menyebarluaskan, mengembangkan dan menfasilitasi hasil penelitian mengenai Ilmu Sistem Informasi, menjadi wadah bagi para dosen, guru, peneliti, mahasiswa dan para praktisi dalam bidang sistem informasi dari seluruh Indonesia, dalam melakukan pertukaran informasi tentang hasil-hasil penelitian terbaru yang telah dilakukan. Diterbitkan dibawah pengawasan UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal UNISKA. e-ISSN : 2985-5748 dengan Frekuensi terbitan 3 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Mei, dan September.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2023): JSSI (Mei)" : 9 Documents clear
Aplikasi Pendaftaran On The Job Training pada Dunia Usaha-Dunia Industri (DU-DI) untuk Sekolah Menengah Kejuruan Muharir Muharir; Lilis Anggraini
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2023): JSSI (Mei)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v1i2.11869

Abstract

Dalam era globalisasi ini, permintaan terhadap teknologi informasi semakin meningkat. Karena manusia menginginkan kepraktisan dalam segala hal, hal tersebut mendorong kreativitas dalam menciptakan alat-alat teknologi yang dapat membuat pekerjaan manusia menjadi lebih praktis dan efisien. Kemajuan teknologi informasi juga sangat dipengaruhi oleh perkembangan sistem informasi. Di zaman sekarang, sistem informasi telah merambah ke berbagai bidang, termasuk bidang akademik atau pendidikan. Salah satu masalah yang timbul ketika musim Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah banyaknya calon peserta PKL yang mendaftar secara manual. Mereka menginformasikan tempat Dunia Usaha-Dunia Industri (DU-DI) kepada bagian Prakerin Sekolah, dan tim Prakerin menginput informasi tersebut ke dalam aplikasi pengolah data seperti Microsoft Excel. Kemudian, surat dikirim melalui aplikasi pengolah teks berdasarkan data dari aplikasi pengolah data. Setelah itu, peserta didik menyerahkan surat tersebut ke Dunia Usaha-Dunia Industri (DU-DI) dan menunggu konfirmasi penerimaan. Jika diterima, data siswa yang siap melaksanakan PKL akan diinput ke dalam sistem, sedangkan peserta didik yang tidak diterima akan melakukan pendaftaran ulang. Proses ini seringkali memakan waktu lama dan seringkali terjadi duplikasi data karena prosesnya masih dilakukan secara manual, yang mengakibatkan kesalahan data. Dengan adanya masalah tersebut, penulis berharap hasil penelitian ini dapat menghasilkan sebuah sistem atau perangkat lunak untuk pendaftaran Praktek Kerja Lapangan yang dapat memberikan solusi terbaik terhadap permasalahan yang ada.
APLIKASI LAYANAN SURAT REKOMENDASI DAN SERTIFIKASI PADA UPT BPSBTPH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN Muhammad Dedy Rosyadi
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2023): JSSI (Mei)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v1i2.12004

Abstract

Aplikasi menjadi bagian dari komponen yang penting dalam sebuah instansi pemerintahan yang bertujuan untuk mempermudah dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan yang di sesuaikan dengan keperluan yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam instansi tersebut. UPT BPSBTPH atau Balai Pengawasan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Holtikultura mempunyai tugas kegiatan diantaranya menerbitkan surat rekomendasi dan sertifikasi. Dalam pelaksanaannya proses pengelolaan data pembuatan penerbitan  surat rekomendasi dan sertifikasi masih menggunakan aplikasi Ms. Word dan Ms. Excel yang tentu saja memiliki keterbatasan dalam penggunaannya seperti penyimpanan file yang tidak teratur menyebabkan sulitnya mencari file dikarenakan banyaknya data yang disimpan pada komputer dan menghambat dalam aktivitas pekerjaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk memudahkan dalam melakukan pengelolaan data agar memudahkan staff pegawai dalam pembuatan surat rekomendasi dan sertifikasi. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dengan hasil akhir berupa sebuah aplikasi berbasis web yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan penyimpanan data menggunakan database MySQL.
APLIKASI PENGELOLAAN SURAT PADA KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR BERBASIS WEB Musholimah Musholimah; Erfan Karyadiputra
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2023): JSSI (Mei)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v1i2.11373

Abstract

Aplikasi pengelolaan surat berbasis web adalah solusi teknologi yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pengelolaan surat di Kantor Kecamatan Banjarmasin Timur. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk menggantikan sistem tradisional yang masih menggunakan metode manual dalam pengarsipan dan pengelolaan surat. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan kemudahan akses dan kemudahan penggunaan kepada pengguna, termasuk staf kecamatan, pegawai, dan masyarakat umum. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat mengunggah surat masuk dan keluar, melacak status surat, dan mengelola arsip surat secara digital. Metode pengembangan system yang digunakan yaitu metode waterfall. Dengan adanya aplikasi pengelolaan surat berbasis web ini, dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan surat di Kecamatan Banjarmasin Timu. Prosedur yang lebih cepat dan terstruktur akan membantu mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk pengarsipan dan pencarian surat. Selain itu, aksesibilitas yang lebih baik akan mempermudah masyarakat dalam mengajukan permohonan atau mengakses informasi terkait surat-surat di Kantor kecamatan tersebut.
APLIKASI PEMESANAN TIKET WISATA PADA MUSEUM LAMBUNG MANGKURAT BERBASIS WEB Rezky Putri Amalia; Fauzi Yusa Rahman; Fathur Rahman
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2023): JSSI (Mei)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v1i2.11069

Abstract

Museum Lambung Mangkurat merupakan lembaga milik pemerintah Indonesia dibawah pengawasan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan yang mempunyai tugas dalam mengumpulkan, meneliti, melestarikan, dan menginformasikan atau mempublikasikan benda-benda sejarah dan kebudayaan. Museum Lambung Mangkurat selalu berbenah dalam beberapa pelayanan terutama dalam pemesanan tiket wisata. Sistem pemesanan tiket wisata museum saat ini masih dilakukan dengan cara pengunjung harus datang langsung ke loket tiket kemudian pengunjung harus mengisi data diri di buku pengunjung dan melakukan pembayaran tiket sesuai yang ditentukan. Setelah itu pegawai akan memproses tiket lalu menyerahkan tiket tersebut kepada pengunjung. Pencatatan transaksi pembelian tiket dan data pengunjung masih menggunakan buku yang memakan banyak tempat penyimpanan berkas, mudah hilang, dan sulit mencari data yang diinginkan dalam waktu yang cepat. Pegawai masih kesulitan dalam pengelolaan data dan pembuatan laporan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat Aplikasi Pemesanan Tiket Wisata Museum Lambung Mangkurat Berbasis Web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL, dengan adanya aplikasi ini pengunjung tidak perlu datang langsung ke loket tiket untuk melakukan pemesanan tiket wisata, pengunjung juga dapat menentukan hari berkunjungnya. Pembayaran tiketnya menggunakan payment gateway midtrans, jika pengunjung telah melakukan pembayaran maka pengunjung akan mendapatkan tiket. Aplikasi ini juga sangat membantu pekerjaan pegawai dalam pembuatan laporan.
SISTEM INFORMASI PELAYANAN SPEED BOAT PADA BAIHAQI SERVICE Adani Dharmawati; Erwin Arry Kusuma; Bahtiar R; Desy Ika Puspitasari
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2023): JSSI (Mei)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v1i2.11694

Abstract

Pada awalnya Baihaqi Service itu hanyalah jasa antar jemput kru kapal yang hanya melayani apabila kru kapal datang ke dermaga untuk menyewa speed boat atau kelotok, seiring berjalannya waktu  pelayanan ini semakin menigkat cara memesan layananpun jadi lebih moderen yaitu dengan telepon, semakin banyaknya permintaan layanan yang masuk pencatatan transaksipun semakin hari semakin banyak, oleh sebab itulah dibuat suatu sistem informasi yang dapat membantu  kinerja admin dalam  melakukan  pendataan pelayanan, transaksi, laporan dan invoice. Pada penelitian ini mengunakan data tagihan speed boat tahun 2015, adapun sampel data yang digunakan ada 6 jenis yaitu data pelanggan, data kru yang bertugas, data alat transportasi yang di gunakan, data transaksi penyewaan alat transportasi dan semua data tersebut disimpan dengan mengunkan sistem penyimpanan berbasis database. Berdasarkan hasil dari perolehan dari Aplikasi pelayanan Speed Boat Pada Baihaqi Service. Aplikasi tersebut mampu mengatasi permasalahan yang ada di dalam objek penelitian ini yaitu pencatatan dan pengolahan laporan dengan hasil uji user acceptance 72,29% terhadap hasil uji pengunaan Aplikasi oleh pengguna.
IMPLEMENTASI APLIKASI MONITORING DAN KONSELING SISWA PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Muhammad Rais Wathani
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2023): JSSI (Mei)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v1i2.11331

Abstract

Setiap Sekolah seharusnya menerapkan sistem yang lebih praktis dalam melakukan  kegiatan disekolahknya. Cara manual sangat lah tidak praktis dan lebih memerlukan waktu yang lebih lama dalam perekapan sebuah kegiatan.  Misalnya saja,Sekolah Menengah Pertama di Banjarmasin menerapkan sistem Poin untuk setiap pelanggaran yang dilakukan oleh anak didik nya. penerapan kebijakan sistem poin dapat menekan jumlah pelanggaran siswa akan tata tertib, sehingga dapat menghilangkan hukuman fisik pada siswa karena hukuman siswa sudah terkonsep dalam bentuk poin pelanggaran. Akan tetapi Permasalahan yang terjadi pada sekolah menengah umum nya mengenai jumlah siswa yang banyak menyebabkan sulitnya melakukan monitoring atau pengawasan kepada setiap satu siswa baik dalam hal akademik, kegiatan ataupun pelanggarannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut , maka dibuatlah aplikasi berbasis web  untuk bisa mendata keperluan sekolah seperti data guru dan siswa, data kegiatan , data monitoring dan konseling siswa dan sebagainya pada sekolah menengah, dengan penyajian informasi sekolah yang meliputi penyajian data pengajar, data siswa, data orang tua, data akademik, dan data pelanggaran
SISTEM INFORMASI ANGGARAN PERJALANAN DINAS PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) Budi Ramadhani
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2023): JSSI (Mei)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v1i2.11745

Abstract

SISTEM INFORMASI ANGGARANPERJALANAN DINAS PADA DINAS PENANAMAN MODALDAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP)
APLIKASI LAYANAN PEGAJUKAN LAPORAN PENGADUAN PADA BALAI STANDARISASI DAN PELAYANAN JASA INDUSTRI Ahmadi Ahmadi; Nadiya Hijriana; Rina Alfah; Rusdina .
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2023): JSSI (Mei)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v1i2.11907

Abstract

Balai Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Banjarbaru dalam proses pengaduan dan pengajuan pelayanan masih menggunakan cara manual, akibatnya mengharuskan pegawai datang langsung ke kantor dan harus menunggu antrian untuk melakukan layanan pengaduan dan pengajuan. Setiap kantor baik pemerintahan maupun swasta mengharapkan setiap aktivitas atau pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Dimana pekerjaan kantor yang baik memerlukan penciptaan, penyimpanan, pemeliharaan, dan pengelolaan secara efektif setiap pekerjaan akan ada evaluasi dan pertanggung jawaban secara jelas. Pelayanan pengaduan secara manual sangat tidak efisien untuk saat ini karena tidak semua pegawai dan pelanggan bisa secara langsung untuk datang ke kantor. Hal-hal yang dapat disimpulkan dalam Aplikasi Layanan Pegajukan Laporan Pengaduan Pada Balai Standarisasi Dan Pelayanan Jasa Industri, yaitu Mempermudah layanan pengaduan dan pengajuan menjadi lebih efektif, Mempermudah admin dan staff dalam menyimpan, memelihara, dan mengelola data pengaduan dan pengajuan, dan Mendukung kinerja BSPJI Banjarbaru dalam perkembangan teknologi yang semakin berkembang.
APLIKASI MANAJEMEN DATA BIBIT DAN PUPUK PANGAN BERBASIS WEBSITE Galih Mahalisa; Ihda Innar Ridho; Gita Ayu Syafarina
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2023): JSSI (Mei)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v1i2.11906

Abstract

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura belum memiliki sistem informasi yang dapat memberikan informasi ketersediaan stok barang, subsidi dan penjualan. hal ini menghambat bagian pemasaran, karena harus melakukan pengecekan kembali pada bagian gudang terkait jumlah barang yang tersedia dan jika barang tidak tersedia informasi stok dan harga tanaman serta pupuk sangat dibutuhkan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura. Berdasarkan temuan selama melakukan penelitian terdapat masalah pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, yaitu sistem penjualan dan stok yang saat ini sedang berjalan dinilai tidak efektif dan efisien dikarenakan dinas tersebut masih mengelola data stok dan penjualan yang masih sistem manual sehingga sering terjadi data yang terselip dan hilang. Aplikasi dibangun dengan pemrograman PHP dan basis data MySQL dengan metode rancangan model sistem Unified Modeling Language (UML)

Page 1 of 1 | Total Record : 9