cover
Contact Name
Wagino
Contact Email
fti.jssi@gmail.com
Phone
+6281351250727
Journal Mail Official
fti.jssi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Adhyaksa No.2 Kayutangi, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Sains Sistem Informasi
ISSN : -     EISSN : 29855748     DOI : 10.31602/jssi
Core Subject : Science,
Jurnal Sains Sistem Informasi adalah media yang menyebarluaskan, mengembangkan dan menfasilitasi hasil penelitian mengenai Ilmu Sistem Informasi, menjadi wadah bagi para dosen, guru, peneliti, mahasiswa dan para praktisi dalam bidang sistem informasi dari seluruh Indonesia, dalam melakukan pertukaran informasi tentang hasil-hasil penelitian terbaru yang telah dilakukan. Diterbitkan dibawah pengawasan UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal UNISKA. e-ISSN : 2985-5748 dengan Frekuensi terbitan 3 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Mei, dan September.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2024): JSSI (Januari)" : 5 Documents clear
SISTEM INFORMASI PROMOSI DAN KEUANGAN PENCUCIAN MOBIL BERBASIS WEB PADA CAR WASH BANJARMASIN Ibrahim . .
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2024): JSSI (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v2i1.13542

Abstract

Car Wash Banjarmasin adalah salah satu usaha bisnis yang bergerak melayani kebutuhan masyarakat dalam bidang jasa pencucian mobil yang berada di kota Banjarmasin. Pencucian mobil Max Carwash dalam strategi mempromosikan jasa pencuciannya  masih terbilang manual sehingga membuat terbatasnya informasi yang bisa disampaikan, belum tekomputerisasinya layanan sistem informasi yang mendukung penyediaan layanan pemesanan pencucian secara online, proses pengolahan maupun pengelolaan data pada Carwash ini masing menggunakan proses manual, mulai dari pengelohan data pencucian, pelanggan sampai laporan keuangan yang diolah masih dengan cara manual sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kerusakan data, pengarsipan, dan kesalahan perhitungan. Sistem informasi berbasis website ini dapat digunakan untuk menyediakan keterbukaan informasi kepada maskarakat umum terkait pencucian mobil Carwash sehingga meningkatkan kualitas promosi pada jasa pencucian mobil kepada masyarakat umum dalam menarik banyak pelanggan untuk menggunakan jasanya, memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam melakukan pemesanan layanan pencucian seperti pemesanan layanan secara online, memudahkan pihak jasa pencucian mobil Carwash dalam pengelolaan data, menginput data, pencarian data, pengelolaan keuangan dan laporan sehingga dapat menjadi lebih mudah, aman, cepat dan meminimalisir kesalahan perhitungan. Sistem Informasi ini diharapkan bisa dikembangkan seperti berbasis android, penambahan fitur sms gateway atau email gateway, payment gateway, serta fitur notifikasi.
SISTEM INFORMASI KAS MESJID AGUNG SYUHADA PELAIHARI BERBASIS WEB Fauzi Yusa Yusa Rahman; Ony Putri Handayani; Erfan Karyadiputra
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2024): JSSI (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v2i1.13695

Abstract

Mesjid Agung Syuhada Pelaihari merupakan bangunan tempat ibadah bagi umat muslim mesjid ini merupakan mesjid tertua di Kabupaten Tanah Laut. Mesjid Agung Syuhada Pelaihari dibangun pada tahun 1935, terletak di jalan Taqwa, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan yang memiliki  pengurus mesjid seperti ketua, sekretaris, bendahara dan lain lain. Bagian kepengurusan seperti bendahara di Mesjid Agung Syuhada Pelaihari terdapat masalah yang terjadi di antaranya seperti pernah terjadinya kesalahan dalam pengelolaan dana kas didalam sistem yang dijalankan pada pengelolaan data kas mesjid menggunakan Microsoft Excel yang setiap harinya membuat file berdasarkan  tanggal, file tersebut nantinya akan di print out setiap hari jumat untuk di beritahukan kepada Jemaah sebelum melakukan sholat jumat, pada sistem yang ada saat ini membuat beberapa informasi tidak tersampaikan dengan benar kepada para jamaah, sulitnya dalam pencarian data kas pada saat diperlukan dan kurangnya media penyampaian informasi dalam pengelolaan data kas mesjid. Penelitian bertujuan untuk membuat sistem informasi kas Mesjid Agung Syuhada Pelaihari berbasis web, dengan adanya sistem informasi ini akan membantu dalam pengelolaan kas masuk mesjid, kas keluar mesjid, dan laporan-laporan yang diperlukan dalam pengelolaan kas mesjid agung syuhada pelaihari.
SISTEM INFORMASI PELAYANAN DAN PENGADUAN MASYARAKAT PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANJARMASIN BERBASIS WEB Fauzi Yusa Rahman; Ahmad Setiaji; Hasanuddin -
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2024): JSSI (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v2i1.13698

Abstract

Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin bertugas menyusun perencanaan dan melaksanakan kebijakan daerah dalam bidang penataan lingkungan, pengawasan dan pengendalian perencanaan lingkungan, serta pelayanan dan pengolahan kebersihan. Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin dalam sistem penanganan pengaduannya sudah menggunakan buku laporan dalam pencatatan laporan, sedangkan untuk pencatatakan laporan pengaduan masih menggunkan tulis tangan secara manual. Laporan yang diterima oleh masyarakat harus ditanggapi dengan baik dan di tindak lanjuti agar terciptanya kenyaman dan keindahan bersama di Kota Banjarmasin. Masyarakat yang ingin melaporkan pengaduannya harus langsung datang Kantor Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin dan melaporkan keluahannya. Terkadang dalam mencari data suka kesulitan disebabkan laporan pengaduan tidak terdata dengan jelas dan buku laporannya tercampur dengan buku laporan lain. Penelitian bertujuan untuk membuat suatu sistem informasi pelayanan dan pengaduan masyarakat pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin berbasis web, dengan adanya sistem informasi ini akan membantu akan membantu masyarakat dalam melakukan pengaduan tentang adanya keluhan di lingkungan, masyarakat yang melaporkan pengaduan bisa mengetahui tentang tindak lanjut dari aduan yang pernah dilakukan, membuat data pengaduan lebih terstruktur dan laporan-laporan yang diperlukan dalam pelayanan dan pengaduan di lingkungan hidup Kota Banjarmasin.
Pemodelan Data Warehouse Distribusi Produk Kesehatan di PT. Bima Sakti Medica Setenilaus Aditya; Martinus Ponco Pamungkas; Andri Wijaya
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2024): JSSI (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v2i1.13364

Abstract

Penelitian ini bertujuan dalam memberikan sebuah patokan menyeluruh kepada PT. Bima Sakti Medica mengenai beberapa permasalahan, seperti masalah efisiensi manajemen persediaan, rendahnya kualitas data, kinerja pemantauan yang tidak optimal, dan kesulitan dalam mengelola rantai pasok serta mengintegrasikan data keuangan. Untuk menghadapi tantangan-tantangan ini, solusinya diajukan dalam bentuk sebuah model yang dipergunakan untuk mengumpulkan seluruh data. Data ini diperlukan untuk distribusi produk kesehatan dan menggunakan pendekatan Data Warehouse. Pendekatan tersebut melibatkan pengumpulan berbagai jenis data ke dalam satu tempat penyimpanan, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menganalisis informasi yang diperlukan. OLTP menjadi elemen kunci dari Data Warehouse, berfungsi sebagai langkah awal dalam pemodelan sumber data, diikuti oleh proses ETL sebagai landasan untuk membentuk skema gudang data. Oleh karena itu, model ini agar dijadikan pedoman untuk menghasilkan informasi yang berharga untuk manajemen PT. Bima Sakti Medica dalam penelitian yang akan datang.
Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Capcut Menggunakan Metode Naive Bayes VF Anindya W; Andri Wijaya -
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2024): JSSI (Januari)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v2i1.13372

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi sentimen pengguna terhadap aplikasi pengeditan video, CapCut, menggunakan metode Naïve Bayes. Studi ini didasarkan pada pertumbuhan pesat industri pengeditan video mobile dan urgensi memahami respon pengguna. Data yang dianalisis berasal dari berbagai sumber online, diolah dengan metode Naïve Bayes untuk mengklasifikasikan sentimen menjadi positif, negatif, dan netral. Proses penelitian melibatkan pra-pemrosesan data, ekstraksi fitur, serta pelatihan model. Hasilnya menunjukkan efektivitas metode Naïve Bayes dalam mengidentifikasi sentimen dengan tingkat akurasi yang signifikan. Klasifikasi sentimen ini memberikan pandangan berharga bagi pengembang CapCut untuk meningkatkan kualitas aplikasi. Implikasi penelitian ini tidak hanya berdampak pada pengembangan CapCut, tetapi juga pada pengembangan metode analisis sentimen dalam konteks pengeditan video mobile. Hasil penelitian ini penting dalam memberikan wawasan mendalam terhadap preferensi pengguna, mendukung pengembangan aplikasi, serta meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5