cover
Contact Name
Wagino
Contact Email
fti.jssi@gmail.com
Phone
+6281351250727
Journal Mail Official
fti.jssi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Adhyaksa No.2 Kayutangi, Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Sains Sistem Informasi
ISSN : -     EISSN : 29855748     DOI : 10.31602/jssi
Core Subject : Science,
Jurnal Sains Sistem Informasi adalah media yang menyebarluaskan, mengembangkan dan menfasilitasi hasil penelitian mengenai Ilmu Sistem Informasi, menjadi wadah bagi para dosen, guru, peneliti, mahasiswa dan para praktisi dalam bidang sistem informasi dari seluruh Indonesia, dalam melakukan pertukaran informasi tentang hasil-hasil penelitian terbaru yang telah dilakukan. Diterbitkan dibawah pengawasan UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal UNISKA. e-ISSN : 2985-5748 dengan Frekuensi terbitan 3 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Mei, dan September.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2024): JSSI (Mei)" : 5 Documents clear
SISTEM INFORMASI SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN BARU DAN MONITORING KINERJA KARYAWAN BARU PT BUMIPUTERA MAHA TERPERCAYA SEBAMBAN BARU BERBASIS WEB Agus Alim Muin; rusdina rusdina; Estri Ningsih
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2024): JSSI (Mei)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v2i2.14783

Abstract

PT Bumiputera Maha Terpercaya (BMT) Sebamban Baru adalah salah satu cabang perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi angkutan batubara. Seleksi penerimaan karyawan baru pada PT BMT prosesnya masih   dilakukan secara manual. Hal ini membuat proses registrasi dan seleksi lambat, kesulitan merekap hasil seleksi, susah mencari data dan sering terjadi kesalahan seleksi karena banyaknya pelamar. Dari hasil penelitian  di PT  BMT  Sebamban  Baru  dengan  adanya  “Sistem Informasi Seleksi Penerimaan Karyawan Baru dan Monitoring Karyawan Baru PT BMT Sebamban Baru Berbasis Web”ini dapat menyelesaikan masalah. Metode pengumpulan data didalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Sistem ini dibangun menggunakan PHP dan MySql sebagai databasenya.Sistem Informasi Seleksi Penerimaan Karyawan Baru dan Monitoring Karyawan Baru PT BMT Sebamban Baru Berbasis Web ini menyediakan fasilitas, recruitment calon karyawan, tes tertulis dan wawancara, laporan hasil seleksi  dan  pengolahan  berkas  karyawan.  Dengan  diterapkannya  sistem  ini  PT  BMT  Sebamban  Baru diharapkan dapat mambantu mempermudah mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi dan mempercepat dalam proses input, output pembuatan laporan yang dapat membantu admin merekap hasil seleksi karyawan PT BMT Sebamban Baru.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DATA GURU DI SMK ISFI BANJARMASIN BERBASIS WEB Indu Indah Purnomo
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2024): JSSI (Mei)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v2i2.14790

Abstract

Wahyu, E., & Setiawan. (2017). Aplikasi Absensi Karyawan Studi Kasus Cakra Entertaiment Berbasis Web. Jurnal Unipma, 7(1), 48–58.Jihadul., & Akbar. (2017). Sistem Absensi Guru dan Staf Tata Usaha di SMKN 1 Praya Tengah. Jurnal Widyakarya, 19(1), 1–10. Sikumbang, M. A. R., Habibi, R., & Pane, S. F. (2020). Sistem informasi absensi pegawai menggunakan metode RAD dan metode LBS pada koordinat absensi. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 59-64.Mulia, A. G. (2020). Sistem Informasi Absensi berbasis WEB di Politeknik Negeri Padang. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 5(1), 11-17.Roosdianto, R., Sari, A. O., & Satriansyah, A. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Absensi Karyawan Online. INTI Nusa Mandiri, 15(2), 135-142.Aryanti, U., & Karmila, S. (2022). Sistem informasi absensi pegawai berbasis web di Kantor Desa Nagreg. INTERNAL (Information System Journal), 5(1), 90-101.Rabhani, A. P., Maharani, A., Putrie, A. A., Anggraeni, D., Azisabil, H. F., Cantika, I., ... & Firmansyah, R. (2020). Audit Sistem Informasi Absensi Pada Kejaksaan Negeri Kota Bandung Menggunakan Framework Cobit 5. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 9(2), 275-280.Vicky, V. O., & Syaripudin, A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Absensi Pegawai Berbasis Web Dengan Metode Waterfall (Studi Kasus: Kantor Dbpr Tangerang Selatan). OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, 1(01), 17-26.Pertiwi, T. A., Luchia, N. T., Sinta, P., Dahlia, A., Fachrezi, I. R., Aprinastya, R., & Hamzah, M. L. (2023). Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Absensi Berbasis Web Menggunakan Metode Agile Software Development. Jurnal Testing Dan Implementasi Sistem Informasi, 1(1), 53-66.Cahya, N. (2020). Perancangan Sistem Informasi Absensi Karyawan Pada Kantor Satpol Pp Dan Wh Aceh. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 1(2), 63-69.
Game Edukasi Panduan Sholat Berbasis Android Erfan Karyadiputra; Nur Afifa
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2024): JSSI (Mei)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v2i2.14816

Abstract

Sholat adalah salah satu dari rukun islam, yang merupakan kwajiban bagi setiap muslim, pengetahuan tentang sholat tentunya perlu dikenalkan sejak usia dini,  Sholat Fardhu merupakan tiang agama yang membedakan agama Islam dengan agama lainnya. Umat muslim wajib melaksanakan sholat 5 waktu yang terdiri dari subuh, dzuhur, asar, maghrib, dan isya.Game sangat mudah didapatkan dan dimainkan melalui smartphone maupun melalui computer dan lainnya, yang dimana di era saat ini hampir setiap anak memilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemanfaatan pada smartphone sebagai media pembelajaran. Selain itu dengan media elektronik akan memiliki potensi yang besar untuk memfasilitasi metode pendidikan yang lebih inovatif. Metode yang di gunakan pada penelitian ini menggunakan metode waterfall. Sedangkan perangkat lunak yang digunakan dalam sistem adalah menggunkan aplikasi Construct 2 yang akan menghasilkan output menjadi aplikasi android. Dengan harapan bahwa game yang di buat ini akan menjadi pedoman yang dapat membantu anak-anak. Dari hasil perancangan game ini maka didapat hasil game edukasi panduan sholat yang bukan hanya sekedar permainan, tapi juga mendapat ilu tentang panduan sholat dengan panduan yang telah di buat, dan juga game yang ada dalam aplikasi ini akan berdampak positif terhadap anak
Analisis Manajemen Risiko Pada CV. Tunas Mandiri Setenilaus Adtiya; Yohanes Agung Apriyanto; Sri Andayani
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2024): JSSI (Mei)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v2i2.14620

Abstract

CV. Tunas Mandiri, sebuah perusahaan di Sumatra Selatan, menghadapi berbagai risiko operasional, bencana, dan pemasaran dalam operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi manajemen risiko yang diterapkan oleh perusahaan menggunakan standar ISO 31000:2018. Dengan pendekatan kualitatif, risiko-risiko tersebut diidentifikasi, dievaluasi, dan diberi prioritas tindakan berdasarkan probabilitas dan dampaknya. Hasil analisis menunjukkan bahwa beberapa risiko memerlukan tindakan mitigasi yang cepat dan strategi manajemen risiko yang lebih efektif. Misalnya, risiko terkait dengan keterlambatan pengiriman dan kerusakan barang dalam perjalanan memerlukan perhatian khusus untuk meminimalkan dampak negatifnya terhadap operasional dan keuangan perusahaan. Selain itu, risiko bencana dan operasional juga perlu ditangani dengan strategi yang lebih terstruktur. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya manajemen risiko yang efektif dalam menjaga stabilitas dan kelangsungan bisnis CV. Tunas Mandiri di tengah dinamika bisnis yang selalu berubah.
Pemanfaatan Aplikasi 'Biak Tourism-Hub' dalam Meningkatkan Pengalaman Wisata: Studi Kasus untuk Mendukung Pariwisata Berkelanjutan di Papua Muhammad Sapwan Suhadi; Bryan Samperura; Noviana Riza
Jurnal Sains Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2024): JSSI (Mei)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jssi.v2i2.13922

Abstract

Pariwisata di Biak, Papua, memiliki potensi besar namun menghadapi tantangan dalam eksposur media terhadap tempat wisata yang menakjubkan namun belum terekspos. Penelitian ini mengusung pengembangan aplikasi 'Biak Tourism-Hub' sebagai solusi inovatif. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pemesanan tiket dan menyajikan informasi mendalam tentang destinasi yang kurang terkenal. Dengan pendekatan campuran, melibatkan observasi online, studi pustaka, dan wawancara, serta menggunakan model pengembangan waterfall, penelitian ini bertujuan menginvestigasi kontribusi aplikasi terhadap pariwisata berkelanjutan di Biak. Hasil observasi online dan wawancara dengan masyarakat Biak digunakan untuk merinci tantangan minimnya eksposur media. Flowchart dan Use Case Diagram digunakan untuk menggambarkan alur kerja aplikasi. Database dibangun dengan tabel-tabel terkait pemesanan tiket dan informasi destinasi. User Interface Sistem disajikan melalui dashboard, halaman login, booking, customer, dan destinasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa 'Biak Tourism-Hub' memiliki potensi signifikan dalam meningkatkan eksposur destinasi, mendorong minat wisatawan, dan mendukung pengelolaan pariwisata berkelanjutan. Dengan menyajikan informasi yang mudah diakses dan fasilitas pemesanan, aplikasi ini diharapkan membawa dampak positif pada ekonomi lokal dan warisan budaya Biak. Penelitian mendukung perkembangan pariwisata melalui penerapan teknologi informasi yang cermat dan berkelanjutan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5