cover
Contact Name
Lalu Usman Ali
Contact Email
ahsjurnal@gmail.com
Phone
+6285333491112
Journal Mail Official
notasiahsjurnal@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Kila Rengganis Blok E5 Bajur Kecamatan Labuapi, Kab. Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Notasi: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : 29885906     DOI : DOI: https://doi.org/10.70115/notasi
Core Subject : Education,
NOTASI : Jurnal Pendidikan Matematika [e-ISSN: 2988-5906] adalah Jurnal Open Access yang membahas terkait tentang pendidikan matematika yang terjadi dalam konteks masyarakat di tingkat pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi. Jurnal Notasi menerima artikel ilmiah penelitian atau kajian teoritis (penulis undangan) di bidang pendidikan matematika. Semua artikel yang dikirimkan tidak akan pernah diterbitkan di tempat lain dan tidak sedang dipertimbangkan untuk publikasi lain. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember NOTASI : Jurnal Pendidikan Matematika mengundang artikel penelitian asli dan tidak secara bersamaan dikirim ke jurnal atau konferensi lain. Seluruh spektrum penelitian dalam pendidikan matematika dipersilakan, yang meliputi, namun tidak terbatas pada topik-topik berikut: 1) Pendidikan matematika realistik; 2) Proses belajar mengajar matematika; 3) TIK dalam pendidikan matematika; 4) Penilaian dan evaluasi pendidikan matematika; 5) Kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran matematika; 6) Psikologi dalam pendidikan matematika; dan 7) Lesson Study dalam pendidikan matematika.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal NOTASI" : 5 Documents clear
Membangun Pemahaman Soal Cerita Matematika Siswa Kelas I SDN Jogosatru Dengan Menerapkan Model STAD Jasmine Assayyidah
NOTASI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal NOTASI
Publisher : Alpatih Cahaya Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya pemahaman siswa kelas I pada soal cerita matematika, oleh karena itu penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti memiliki tujuan untuk mendeskripsikan adanya pengaruh terhadap pemahaman siswa kelas I pada soal cerita matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Populasi dalam penelitihan ini adalah siswa kelas I SDN JOGOSATRU, dengan menggunakan teknik sampel jenuh dalam menentukan sampel penelitian ini. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang mendeskripsikan atau menggambarkan suatu gejala dan peristiwa yang terjadi saat sekarang atau masalah aktual secara sistematik dan akurat dengan temuan-temuan fakta di lapangan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi, sehingga mampu mendapatkan data yang valid dan kesimpulan yang didapatkan oleh peneliti tidak akan diragukan kebenarannya. Pada penelitian terdapat dua siklus penelitian, pada siklus I awal diterapkannya model pembelajaran STAD hasil belajar memperoleh nilai rata-rata 60% sedangkan pada siklus II hasil belajar yang diperoleh mencapai 73% nilai rata-rata siswa kelas I SDN JOGOSATRU. Berdasarkan hasil belajar tersebut, maka model pembelajaran STAD mampu memberikan pengaruh yang lebih baik terhadappemahaman siswa pada soal cerita matematika.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended Terintegrasi Kecerdasan Emosional Spiritual Diana Rukmana; Fahrurrozi Fahrurrozi
NOTASI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal NOTASI
Publisher : Alpatih Cahaya Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended terintegrasi kecerdasan emosional spiritual siswa yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima fase atau tahap utama, yaitu (Analysis, Design, develop, Implementation, and Evaluation). Melalui proses pengembangan, telah dihasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended terintegrasi kecerdasan emosional spiritual dan instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended terintegrasi kecerdasan emosional spiritual telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kriteria kevalidan dari hasil analisis kevalidan perangkat pembelajaran matematika yang memenuhi valid, kriteria kepraktisan perangkat pembelajaran matematika dilihat dari keperaktisan menurut guru yang memenuhi kriteria mudah digunakan dan keperaktisan menurut siswa yang positif. Kriteria keefektifan perangkat pembelajaran matematika berdasarkan analisis data menggunakan (uji t) pada taraf signifikan 5% dengan ttabel = 1,671 dan thitung = 2,243 menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya penggunaan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended terintegrasi kecerdasan emosional spiritual lebih efektif dibanding penggunaan perangkat pembelajaran matematika yang sudah tersedia di sekolah ditinjau dari hasil belajar siswa.
Pengembangan Instrumen Pengukuran kemampuanan Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Kelas X SMA Imania Pratiwi; Fahrurrozi Fahrurrozi; Nila Hayati
NOTASI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal NOTASI
Publisher : Alpatih Cahaya Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa instrumen pengukuran kemampuanan HOTS pada mata pelajaran matematika kelas X SMA yang memiliki kualitas butir soal yang baik ditinjau dari segi kevalidan, kepraktisan, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari tujuh langkah pengembangan meliputi: (1) penelitian dan pengembangan; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba produk awal; (5) revisi hasil uji coba; (6) uji coba produk utama; (7) revisi produk akhir. Namun langkah 5 dan 6 tidak bisa dilakukan karena covid 19. Pelaksanaan sebagian langkah tersebut mengakibatkan kualitas butir soal tidak sepenuhnya terpenuhi sehingga instrumen pengukuran kemampuan HOTS yang dikembangkan hanya memenuhi kriteria valid dan praktis. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa instrumen pengukuran kemampuan HOTS yang terdiri dari 6 butir soal uraian memenuhi kriteria valid dan praktis. Kevalidan instrumen pengukuran kemampuan HOTS dapat dilihat dari analisis hasil lembar validasi dengan menggunakan formula Aiken’s V dengan rata-rata skor sebesar 0,76 yang menunjukkan validitas butir soal tinggi. Di samping itu, instrumen pengukuran kemampuan HOTS yang dikembangkan dinyatakan praktis berdasarkan hasil analisis angket respon guru dengan rata-rata skor sebesar 76,85% yang berada dalam kategori sangat praktis.
Pengembangan Instrumen Tes Kategori Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas XI SMA Jiatri Rahimatul Qudsiah; Fahrurrozi Fahrurrozi; Nila Hayati
NOTASI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal NOTASI
Publisher : Alpatih Cahaya Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes kategori Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran matematika kelas XI SMA pada pokok bahasan integral tak tentu fungsi aljabar berupa soal uraian yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi menjadi 7 langkah pengembangan yaitu: Penelitian dan pengumpulan informasi; Perencanaan; Mengembangkan bentuk pendahuluan produk; Uji coba kelompok kecil;  Revisi produk awal; Uji coba lapangan; dan Revisi produk akhir. Namun penelitian ini tidak dapat dilakukan sepenuhnya dikarenakan pandemi covid-19 terjadi saat penelitian sedang dilaksanakan, sehingga penelitian ini hingga pada tahapan revisi tanpa melalui tahap uji coba. Adapun tahap direvisi dilakukan berdasarkan validasi ahli. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi tes berdasarkan penilaian khusus dan tambahan, lembar angket respon guru dari 4 sekolah dari kategori tinggi dan sedang, serta soal tes HOTS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes HOTS yang dihasilkan terdiri dari 9 butir soal uraian baik dari segi kevalidan isi maupun dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa dinyatakan layak digunakan. Adapun kepraktisan tes didapatkan rata-rata persentase sebesar 75,83% dengan kategori sangat praktis. Hal tersebut mendandakan guru rata-rata memberikan respon positif soal tes HOTS yang telah dikembangkan.
Kemampuan Literasi Digital Matematis: Analisis Literatur Menggunakan Pendekatan Bibliometri Dengan Vos Viewer Siti Musrifatul; Palupi Sri Wijawayanti; Tri Ratna Herawati
NOTASI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal NOTASI
Publisher : Alpatih Cahaya Semesta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi COVID-19 mempengaruhi perubahan dalam pembelajaran. Perubahan yang terjadi yaitu kegiatan belajar mengajar yang awal mulanya dilaksanakan secara tatap muka langsung menjadi pembelajaran daring. Pembelajaran daring membutuhkan kesiapan kemampuan digital. Oleh karena itu, pentingnya meningkatkan kemampuan literasi digital khususnya dalam pembelajaran matematika. Penelitian bertujuan menganalisis publikasi mengenai kemampuan literasi digital matematis untuk memberikan konstribusi terhadap pengembanga literatur yang saling berkaitan. Penelitian ini menggunakan analisisi blibiometri yakni analisis yang menerapkan metode statistic terhadap satu pilihan sebagai tempat untuk menyampiakan hasil peninjaun beberapa artikel teradap pencarian informasi. Kemudian, terdapat 100 artikel tentang literasi digital matematis yang diterbitkan didalam sumber data google scholar rentan tahun 2017 hingga 2022 yang dikutip dan di analisa menggunakan pendekatan analisa blibiometrik tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan bibliometrik. Penerapan dalam metode bibliometrik ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber data dalam suatu bidang penelitian. Metode yang digunakan untuk pencarian data pada penelitian ini menggunakan software Publish or perish atau Harzing, VosViewer, dan GoogleScholar. Hasil dalam peelitian ini berdasarkan pada Software Harzing mengungkapkan bahwa rentang tahun 2017 hingga tahun 2022 yaitu sebanyak 533 sitasi (ECC), sitasi petahun sebanyak 133,25 dan sitasi author sebanyak 8. Tertulis publikasi tertinggi tercatat pada tahun 2020 dan terendah pada tahun 2022.

Page 1 of 1 | Total Record : 5