cover
Contact Name
Agus Purnomo Sidi
Contact Email
agusps@asia.ac.id
Phone
+6281805052009
Journal Mail Official
jibeka@asia.ac.id
Editorial Address
https://jibeka.asia.ac.id/index.php/jibeka/about/editorialTeam
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia
ISSN : -     EISSN : 2620875X     DOI : https://doi.org/10.32815/jibeka
Core Subject : Economy,
The focus and scope of The Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia are to provide Academic and Scientific writings in the field of Economics, Business, Entrepreneurship, Management, and Accounting.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia" : 15 Documents clear
FIRM VALUE: KEPUTUSAN PENDANAAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN
Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 16 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia
Publisher : LP2M Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32815/jibeka.v16i2.187

Abstract

The purpose of this study was to determine the direct and indirect effect of profitability and liquidity variables on firm value, through capital structure as an intervening variable. The sample used in this study is 11 banking companies that will conduct a right issue in 2021. This type of research explanatory research. The type of data used is secondary data taken from the RTI Business application. The data analysis used is path analysis. The results of the analysis show that: (1) Profitability has no significant effect on Financing Decisions, (2) Liquidity has a significant effect on Financing Decisions, (3) Profitability has no significant effect on Firm Value, (4) Liquidity has no significant effect on Firm Value, (5 ) Financing decisions have no significant effect on Firm Value, (6) Financing decisions are not able to mediate the effect of profitability on Firm Value, (7) Financing decisions are not able to mediate the effect of liquidity on Firm Value.
ANALISIS PENGARUH LDR DAN CAR TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 16 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia
Publisher : LP2M Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32815/jibeka.v16i2.412

Abstract

Riset ini mempunyai sebuah tujuan yakni untuk pengujian serta analisis adanya loan to deposit ratio serta capital adequacy ratio (car) pada return saham keuangan perbankan tahun 2017-2019 dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. teknik pengambilan sampel yakni purposive judgement sampling serta diperolehnya 21 perusahaan sebagai sampel penelitian. Teknik analis data yang diterapkan ialah analisis berganda, uji asumsi klasik serta uji jalur. Hasil analisis menjelaskan LDR secara parsial tidak memengaruhi return saham, CAR memengaruhi return saham, dan ROA memengaruhi return saham. Terkait hasil atas pengujian jalur didapatkan ROA memperlemah hubungan FDR terhadap return saham serta hasil yang terakhir yakni ROA memperkuat hubungan antara CAR pada return saham.
PERAN KNOWLEDGE SHARING DAN INNOVATION CAPABILITY DALAM MENGAKSELERASI KINERJA UKM: Studi Pada UKM Kreatif di Kota Malang
Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 16 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia
Publisher : LP2M Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32815/jibeka.v16i2.433

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran umum knowledge sharing, kinerja UKM, dan innovation capability para pelaku UKM Kreatif di Kota Malang, (2) mengetahui pengaruh knowledge sharing tehadap kinerja UKM, (3) mengetahui pengaruh knowledge sharing terhadap innovation capability, (4) mengetahui pengaruh kinerja UKM terhadap innovation capability, dan (5) mengetahui pengaruh knowledge sharing terhadap kinerja UKM melalui innovation capability. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 347 UKM. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 189 UKM. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa knowledge sharing berpengaruh positif terhadap kinerja UKM dengan nilai sebesar 0,335. Knowledge sharing berpengaruh positif terhadap innovation capability dengan nilai sebesar 0,607. Innovation capability berpengaruh positif dengan nilai sebesar 0,552. Innovation capability mampu berperan sebagai variabel intervening yang mempengaruhi knowledge sharing terhadap kinerja UKM dengan nilai positif sebesar 0,338
ANALISIS PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN ORGANISASI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN BANK DI KOTA BATAM
Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 16 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia
Publisher : LP2M Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32815/jibeka.v16i2.456

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh sistem pengendalian organisasi yang terdiri dari output kontrol, proses kontrol, normatif kontrol dan kepercayaan organisasi terhadap kinerja karyawan dan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Metode pengambilan sampel menggunakan metode snowball sampling dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada karyawan bank di kota Batam. Data yang digunakan sebanyak 152 karyawan dan pengujian hipotesis mengunakan SPSS. Hasil pengujian menyatakan bahwa sistem pengendalian organisasi berpengaruh signifikan positif tehadap kinerja karyawan dan kepercayaan organisasi, output kontrol berpengaruh signifikan positif terhadap OCB, proses kontrol tidak berpengaruh terhadap OCB, normatif kontrol berpengaruh signifikan positif terhadap OCB, dan kepercayaan berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan dan OCB.
PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN CONSUMEN GOOD INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 16 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia
Publisher : LP2M Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32815/jibeka.v16i2.462

Abstract

The purpose of this study is to understand and analyze the effect of corporate social responsibility disclosure with earnings management, liquidity and profitability factors from companies in the consumer good industry sector for the period 2018-2020. In this study there were 20 company populations with a total of 60 samples as research objects. The method used in this research is multiple linear regression method. Related to this research, there is a conclusion that the results of the study indicate that there is a significant influence between earnings management, liquidity and profitability on the disclosure of corporate social responsibility. The implication of the results of this study is that companies can disclose the influence of corporate social responsibility if the company can meet the criteria of the GRI index, amounting to 91 criteria.
PENGARUH E-SERVICE QUALITY, KESADARAN MEREK, KEPERCAYAAN, WORD OF MOUTH, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN: Studi Pada Pelanggan Tiktok Shop
Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 16 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia
Publisher : LP2M Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32815/jibeka.v16i2.471

Abstract

This study aims to analyze e-service quality, brand awareness, trust, word of mouth, and satisfaction with customer loyalty at TikTok shops (study on TikTok shop customers). Data were collected through a survey with 151 respondents. The study used primary data obtained from the distribution of online questionnaires. The respondents are Indonesian people who have made purchases on the TikTok Shop application. Non-probability sampling was used for sampling. This research uses a structural equation modeling approach. In this study, it was found that there is a positive influence between E-service Quality and customer trust. The study also found that E-service Quality had a positive effect on customer satisfaction and a positive effect on Brand Awareness on customer trust. Other findings are that there is a positive influence on Brand Awareness on customer satisfaction, and the results also found a positive influence on customer satisfaction on customer loyalty. Meanwhile, Word of Mouth's effect on customer trust was not found, and there was no significant effect between customer trust and customer loyalty.
EFFECT OF EMPLOYER BRANDING AND PRESTIGE ON INTENTION TO APPLY IN THE TOP 5 E-COMMERCE IN INDONESIA
Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 16 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia
Publisher : LP2M Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32815/jibeka.v16i2.758

Abstract

Employer branding is the image and reputation of the organization as an ideal place to work. The purpose of this study was to determine the effect of the employer's brand strategy on the intention to apply for jobs in the top five e-commerce in Indonesia. This research was conducted on students at seven universities in Jakarta representing the second-level regions of DKI Jaya. The sampling method used probability sampling with cluster sampling. Data was collected by distributing questionnaires. This type of research is quantitative and uses the SmartPLS 3.0 program. The results showed that publicity had a significant effect on the work environment, task attractiveness, and pay attractiveness, publicity had no significant effect on career opportunities, WOM had a significant effect on the work environment, task attractiveness, and pay attractiveness, advertising had a significant effect on the work environment. and career opportunities, advertisements have no significant effect on task attractiveness and pay attractiveness, work environment, pay attractiveness, career opportunities, and prestige have a significant effect on intentions to apply for work, while task attractiveness does not significantly affect intentions to apply for work. Overall, the employer's brand strategy and prestige influence job application intentions.
ANALISIS PERBEDAAN TINGKAT PROFITABILITAS SEBELUM DAN PASCA ERA NEW NORMAL STUDI PADA SEKTOR FARMASI DI BEI
Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 16 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia
Publisher : LP2M Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32815/jibeka.v16i2.837

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat beberapa sektor perusahaan mengalami krisis ekonomi yang berujung resesi, agar ekonomi negara tidak semakin terpuruk maka perusahaan mempertahankan kelangsungan perusahaan dengan menstabilkan tingkat profitabilitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat profitabilitas yang dapat dilihat dari rasio profitabilitas, yaitu ROA, ROE, GPM, NPM, OPM sebelum pandemi dan pasca era new normal. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 16 perusahaan sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan yaitu paired sample t-test dan wilcoxon signed rank test, yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ROA, ROE, GPM, dan NPM terdapat perbedaan sebelum pandemi dan pasca era new normal, sedangkan dan OPM tidak terdapat perbedaan sebelum pandemi dan pasca era new normal.
e-COMMERCE DI INDUSTRI 4.0
Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 16 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia
Publisher : LP2M Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32815/jibeka.v16i2.967

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuka pikiran tentang E-commerce yang merupakan aktivitas jual beli atau jual beli berbasis online dimana transaksi antara penjual dan pembeli tidak secara tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemanfaatan e-commerce dalam berwirausaha di era industri 4.0. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang mendeskripsikan fenomena yang terjadi serta pengumpulan literatur dan jurnal penelitian yang berkaitan dengan topik E-commerce. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa E-commerce telah digunakan dalam wirausaha di era industri 4.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan E-commerce akan membantu seorang pengusaha dalam meningkatkan pendapatan usahanya.
PEMASARAN KULINER INDONESIA BERBASIS DIGITAL MARKETING SEBAGAI SARANA GASTRO DIPLOMASI
Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 16 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia
Publisher : LP2M Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32815/jibeka.v16i2.968

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemasaran kuliner berbasis digital sebagai alat Gastro Diplomacy. Mempromosikan kuliner asli Indonesia ke negara lain dapat memajukan perekonomian negeri. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dengan mengumpulkan berbagai artikel dan jurnal serta menganalisis kuesioner. Hasil penelitian ini adalah media digital efektif untuk meningkatkan pemasaran kuliner lokal sebagai alat Gastro Diplomasi. Melalui media digital, kuliner dapat dikenal dan dijelajahi generasi muda serta dapat mempopulerkan budaya Indonesia yang kaya aneka rempah dan menghasilkan banyak kuliner dari ramuan ini. Pemasaran berbasis digital dapat memperkenalkan masakan Indonesia yang kaya rempah kepada orang asing sebagai soft power Indonesia dan meningkatkan daya saing usaha kuliner Indonesia.

Page 1 of 2 | Total Record : 15