cover
Contact Name
Ririh Anggraini Setyahety
Contact Email
wiryakarya@unipma.ac.id
Phone
+6281231355643
Journal Mail Official
ririh@unipma.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun Jl. Setiabudi No. 85 Kota Madiun 63118
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya"
ISSN : -     EISSN : 28279336     DOI : 10.25273
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat "Wiryakarya" adalah jurnal pengabdian masyarakat di bidang ekonomi, sosial, dan kewirausahaan.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 01 (2023)" : 9 Documents clear
Peningkatan Kapasitas UMKM "Brem Dalem" dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran Digital Apriyanti Apriyanti; Metik Asmike; Karuniawati Hasanah; Yayang Julita; Yoga Ali Syahputra
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 2, No 01 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v2i01.15383

Abstract

Pengabdian Masyarakat merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk membangun masyarakat dengan berbagai aktivitas dengan tidak mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Pengabdian masyarakat pada saat ini, membahas mengenai suatu industri rumahan yang ada di Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun. Produk yang dihasilkan dari usaha ini adalah Brem yang merupakan makanan khas dari Madiun. Dari hasil kegiatan ini telah menghasilkan berbagai perkembangan dalam UMKM tersebut yaitu membuat promosi agar produk lebih dikenal, pembuatan packaging yang baik dan sesuai serta pembuatan banner. Kata Kunci: Pemasaran, Pengemasan, Brem.
BORKIS : Packaging produk sebagai Strategi Marketing pada Galeri D’39 Madiun Rollis Ayu Ditasari; Sendy Dwi Haryanto; Rihan Mustafa Zahri; Dina Aprilia Novitasari
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 2, No 01 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v2i01.15379

Abstract

Kota Madiun memiliki peluang bisnis fashion sangat terbuka bagi para pelaku bisnis. Bakti UMKM ini bertujuan untuk membentuk pengabdian terhadap masyarakat yang dilaksanakan dengan terjun langsung ke masyarakat melalui manajemen usaha dan strategi pemasaran. Borkis Bordir Lukis merupakan suatu seni yang menggabungkan antara seni bordir dan seni lukis. Borkis Bordir Lukis D’39 merupakan salah satu UMKM pembuatan fashion Borkis yang produknya disukai di daerah Kota Madiun dan sekitarnya. Pemasaran produk yang masih dilakukan secara offline sehingga kurang maksimal dan belum banyak konsumen yang mengetahui produk tersebut. Media sosial menjadi point penting dalam melakukan pemasaran, karena diera yang serba modern ini informasi dapat mudah di akses, dan pemasaran produk dapat dengan mudah dibagikan. Kata Kunci: Bordir Lukis, Packaging Produk, Strategi Marketing
Strategi Pemasaran Keripik Jantung Pisang pada Industri Rumah Tangga yang di Kelola oleh Khamir Product di Kelurahan Manisrejo Kecamatan Taman Kota Madiun Hendra Setiawan; Septyana Luckyta Sari; Indra Ayu Fatmala
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 2, No 01 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v2i01.15384

Abstract

Keripik jantung pisang merupakan salah satu makanan yang belum terlalu familiar oleh kalangan masyarakat. Keripik jantung pisang yang memiliki berbagai macam rasa dan tekstur yang krispy membuat keripik jantung pisang sangat digemari oleh masyarakat. Ditambah dengan harga yang relatif terjangkau membuat keripik jantung pisang dapat dinikmati oleh setiap kalangan. Hasil pada penelitian ini metode pemasaran mengunakan media Instagram, Youtube dan publikasi media massa memberikan pengaruh peningkatan penjualan secara signifikan. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Keripik Jantung Pisang.
“Si Cakep Medo” (Sistem Pencatatan Atas Laporan Keuangan Sederhana dan Media Sosial) Di Desa Sumberejo, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan Maya Novitasari; Muhamad Agus Sudrajat; Edy Suprapto; Ardy Kurniawan Hidayatulloh; Fabian Ensa Yusna
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 2, No 01 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v2i01.15380

Abstract

Setelah dilakukan observasi dengan calon mitra di kelompok usaha kue kering dan catering Desa Sumberejo, Kabupaten Magetan serta dilakukan pengamatan secara langsung di lokasi pembuatan kue dan catering terdapat permasalahan, yaitu belum adanya cara atau metode pencatatan laporan keuangan sederhana dan promosi yang lebih baik untuk dapat lebih berkembang. Dalam melakukan pencatatan laporan keuangan masih manual mencatat pemasukan dan pengeluaran, sedangkan pemasaran kue dan catering masih tergantung pada pemesanan yang tidak menentu karena disebabkan ketidaktahuan konsumen tentang kue dan catering tersebut. Kelompok usaha kue kering dan catering Desa Sumberejo, Kabupaten Magetan dapat melakukan pencatatan atas pelaporan keuangan sederhana dan melakukan pemasaran melalui media online atau e-commerce. Pemberian materi melalui pengenalan pencatatan laporan keuangan sederhana dan pemasaran melalui media online atau e-commerce di kelompok usaha kue kering dan catering Desa Sumberejo, Kabupaten Magetan. Mengenalkan laporan keuangan sederhana dalam pencatatan keuangan. Mengenalkan internet sebagai media baru dalam berkomunikasi. Mengenalkan digital marketing dan e- commerce. Hasil kegiatan ini kelompok usaha kue dan catering sangat antusias dengan adanya kegiatan abdimas Universitas PGRI Madiun. Kelompok usaha kue dan catering mengerti tentang pencatatan laporan keuangan dan cara pemasaran secara online. Dengan adanya permasalahan mitra, tim abdimas Universitas PGRI Madiun memberikan penyuluhan tentang pencatatan laporan keuangan sederhana dan pemasaran secara online. Kata Kunci: Laporan Keuangan, Media Sosial, Pemasaran, Pencatata.
Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Bagi UMKM untuk Memperkuat Ekonomi Masyarakat "Roti Rumahan Dona's House" Robby Sandhi Dessyarti; Putri Oktovita Sari; Dwi Murniyati; Dwi Kartika Sari; Fadhillah Andi Heryawan; Nanda Intan Fatmawati
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 2, No 01 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v2i01.15385

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan usaha yang berdiri sendiri, dengan kekayaan tertentu dan tidak termasuk tanah dan bangunan. Kegiatan perekonomian rakyat dengan skala kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah persaingan antar usaha lainnya secara tidak sehat merupakan pengertian UMKM menurut keputusan Presiden RI no.99 tahun 1998. Di Indonesia sendiri UMKM bisa dikatakan sebagai tulang punggung perekonomian di negara, karena UMKM di Indonesia menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga keja yang ada di berbagai daerah. Di indonesia sendiri, lembaga pembinaan UMKM melalui Dinas Koperasi dan UKM di setiap provinsi atau kabupaten/Kota. Kata Kunci: Pemasaran, UMKM, Produksi, Manajemen Sumber Daya Manusia.
Pelatihan Manajemen Persediaan pada Industri Kecil dan Menengah di Dinas Indakop Kabupaten Ponorogo Moh. Ubaidillah
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 2, No 01 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v2i01.15381

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh tenaga ahli akademik perguruan tinggi yang menjadi salah satu dari tuntutan Tri Dharma Perguruan tinggi. Sasaran dari kegiatan ini adalah Para pelaku IKM karena usahanya yang lebih mengutamakan padat karya dapat membantu mengatasi permasalahan negara dalam hal pengangguran. Industri besar seringkali dianggap sebagai penggerak pembangunan perekonomian. Namun, industri besar bukan merupakan satu-satunya cara yang efektif untuk membangun perekonomian negara berkembang. Sektor informal seperti indutri kecil dan menengah (IKM). Usahanya yang lebih mengutamakan padat karya dapat membantu mengatasi permasalahan negara dalam hal pengangguran. Sebagai akademisi, punya tanggung jawab profesi untuk berperan aktif dalam membantu pelaku UMKM berbagai masalah yang dihadapinya. Metode palaksanaan pengabdian masyarakat ini diawali dengan survey kepada pelaku IKM dan Dinas INDAKOP Kabupaten Ponorogo. Selanjutnya, koordinasi dengan kepala Dinas INDAKOP untuk menentukan jadwal dan lokasi kegiatan. Acara kegiatan pengabdian masyarakat ini diisi dengan materi tentang manajemen persediaan secara umum, just in timen dan tradisional. Hasil pengabdian masyarakat ini pelaku IKM dapat memahami materi manajemen persediaan, just in time, tradisional. Pelaku IKM juga mempraktekkan manajemen persediaan. Kata Kunci: Just in Time, Tradisiona.
Pemberdayaan UMKM Gerabah di Desa Nailan, Slahung, Ponorogo Melalui Digital Marketing untuk Peningkatan Perekonomian Setelah Pandemi Covid-19 Candra Febrilyantri; Andini Lestari; Lutfin Nidzar; Eka Fadhilatul Ilma
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 2, No 01 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v2i01.15386

Abstract

Kegiatan pemberdayaan UMKM Gerabah di Jalan Srikaya Desa Nailan merupakan salah satu program kerja pengabdian yang bertempat di Desa Nailan Kecamatan Slahung kabupaten Ponorogo. Kegiatan yang dilakukan yakni membantu inovasi design gerabah menyesuaikan kebutuhan pasar saat ini, yaitu gerabah dapur menjadi gerabah souvenir. Selain itu yakni membuatkan akun bisnis Instagram untuk media promosi serta melatih generasi penerus di usaha tersebut untuk maintance akun media sosial. Perubahan yang terjadi setelah kegiatan ini adalah terciptanya inovasi bentuk dan design serta pemasaran yang lebih luas dari skala lokal tingkat kecamatan hingga bisa promosi secara online. Kata Kunci: UMKM, Gerabah, Promosi.
Digitalisasi Pemasaran UMKM Tape Singkong di Desa Mojorayung Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun Liliek Nur Sulistiyowati; Ririh Anggraini Setyahety; Tiffany Aulia Widjaya; Vanicha Axsa Irianto
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 2, No 01 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v2i01.15382

Abstract

Tujuan dari program pengabdian ini adalah meningkatkan keterampilan dan produktivitas ekonomis mitra. Metode yang digunakan adalah melalui program pendampingan dan pelatihan oleh akademisi Universitas PGRI Madiun terkait penggunaan alat digital modern untuk memasarkan dan memperbaiki pengemasan produk tape singkong agar lebih di kenal oleh masyarakat. Dari hasil pengabdian kepada masyarakat ini, Mitra berhasil mendapatkan pengemasan produk tape singkong yang tepat untuk dipasarkan secara online. Pengemasan tersebut sudah sesuai dan tepat dengan keinginan mitra. Kata Kunci: Digitalisasi, Pemasaran, Pengemasa.
Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Point of Sales Qasir pada Asosiasi UMKM Madiun sebagai Upaya Mewujudkan UMKM Go Digital Wiwin Juliyanti; Erma Wulan Sari; Ahmad Nur Aziz; Alfina Dea Candrani
Jurnal Pengabdian Masyarakat "Wiryakarya" Vol 2, No 01 (2023)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/wjpm.v2i01.15378

Abstract

Dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional yang didominasi oleh Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) pemerintah mendorong digitalisasi bagi pelaku usaha berbasis luring dengan menyediakan stimulus untuk beralih ke metode daring. Pemanfaatan teknologi akselerasi digitalisasi UMKM dapat dilakukan dalam peningkatan kapasitas produksi dan pemasaran digital melalui e-commerce selain kegiatan coaching, promosi dan penyaluran pinjaman Hal ini sejalan dengan langkah UMKM Kota Madiun yang mulai membidik pasar nasional maupun global dalam mengenalkan produknya. Kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan penggunaan aplikasi POS Qasir yang mempermudah pelaku usaha merekap penjualan, mengawasi stok barang, membuat laporan, dan mendapatkan pinjaman modal. Sasaran dari kegiatan ini adalah 50 pelaku usaha yang tergabung dalam Asosiasi UMKM Kota Madiun. Kegiatan dilaksanakan secara offline di Kantor KPP Pratama Madiun dalam dua tahap yaitu 1) Pemaparan materi pembukuan sederhana 2) Praktek penggunaan aplikasi Qasir dalam smartphone. Hasil pelatihan yang diperoleh melaui teknik kuesioner menunjukkan bahwa setelah mengikuti kegiatan ini pelaku UMKM mampu menggunakan aplikasi Qasir, melakukan input data penjualan dan merumuskan kebijakan pemasaran berbasis digital. Saran untuk kegiatan selanjutnya adalah pengaturan kestabilan jaringan internet dan melakukan evaluasi dampak penggunaan aplikasi Qasir terhadap tingkat penjualan produk pelaku UMKM Kota Madiun. Kata Kunci: Qasir, UMKM, Wirausaha, Go Digital

Page 1 of 1 | Total Record : 9