cover
Contact Name
Estu Niana Syamiya
Contact Email
ensyamiya@unis.ac.id
Phone
+628112419286
Journal Mail Official
ensyamiya@unis.ac.id
Editorial Address
Kampus Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang Jl. Maulana Syekh Yusuf Kota Tangerang No. 10 Babakan-Banten
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
JBES
ISSN : -     EISSN : 27216284     DOI : -
JBES adalah Journal yang kami dedikasikan sebagai media Publikasi Karya Imiah Dosen, Mahasiswa dan Akademisi serta Praktisi bidang Ilmu Pendidikan Ekonomi, dan Kewirausahaan
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2021): Journal of Business Education and Social" : 8 Documents clear
Optimalisasi IKM Logam Waru Sebagai Upaya Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19 Nikmatus Sholihah
Journal of Business Education and Social Vol. 2 No. 1 (2021): Journal of Business Education and Social
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi Covid-19 yang menyebar di Indonesia berdampak pada semua sektor. Sektor ekonomi di Indonesia sangat terpengaruh oleh pandemi ini. Dalam waktu singkat, Covid-19 telah membawa perubahan pada gaya hidup masyarakat. Dimana pemerintah sudah mulai menerapkan pembatasan sosial yang berdampak pada penurunan pendapatan para pelaku usaha baik skala kecil maupun besar. Dampak ini juga dirasakan oleh industri kecil Sentra Industri Logam Waru Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana mengoptimalkan Sentra Industri UKM di tengah pandemi. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis SWOT Kearns. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pemanfaatan internet belum optimal dan membutuhkan dorongan dari berbagai pihak.  
PENGEMBANGAN PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VI SDN GANDASARI 1 Sri Rahayu Kurniasih
Journal of Business Education and Social Vol. 2 No. 1 (2021): Journal of Business Education and Social
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to develop teaching materials in the form of Scientific-based LKPD in science learning and knowing the quality of the material teaching in the form of LKPD produced. This study uses the Borg model and Gall. The population in this study was class VI at SDN Gandasari 1. The sampling technique in this study used a small-scale questionnaire and large scale. Small-scale sampling of 10 people from class VI and dam large-scale sampling of 23 people from class VI. Instruments that used include interviews, questionnaires, and test instruments. Research result this development meets the "feasible" criteria in the expert validation questionnaire assessment language by 80%, the assessment of media experts by 82% with the criteria of "very" feasible” and the assessment of the education expert questionnaire was 92% with the criteria of “very” worthy". In addition, the practical limited trial met the “very good” criteria, on a small-scale trial assessment involving 10 students of class VI SDN Gandasari 1 obtained a percentage result of 4.5 and a large-scale trial assessment that involving 23 grade VI students of SDN Gandasari 1, the percentage results obtained 4.7 with the criteria of "very good". From the results of the stages carried out by researchers shows that scientific-based LKPD in science learning is "Very" feasible”, practical and effective for use in science learning media Themes 1 Save Living Creatures Subtheme 1 Plants My Friends.
PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KOTA SOLOK Vanda Siska Lusia; Dewi Ariani; Fajri Basyirun
Journal of Business Education and Social Vol. 2 No. 1 (2021): Journal of Business Education and Social
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah siswa hanya sekedar mengambil absen saat proses pembelajaran berlangsung, tugas- tugas yang diberikan guru tidak dikerjakan oleh siswa, pada saat pembelajaran sebelumnya guru sudah mengingatkan siswa bahwa akan ada ulangan harian pada pertemuan berikutnya, akan tetapi siswa tidak mempersiapkan diri pada saat ulangan harian, sehingga nilai yang diperoleh rendah. Ini memperlihatkan siswa kurang serius dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelaksanaan pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Solok. Jenis penelitian adalah penelitian deskrtiptif kuantitaf. Teknik analisis adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menujukkan bahwa pembelajaran jarak jauh mempunyai sebesar 6,071, sedangkan nilai sebesar 1.664 hal ini berarti >, maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka keputusannya hipotesis yang digunakan diterima, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Solok dengan taraf α=0.1, sedangkan motivasi belajar 8,9%. Selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain seperti minat belajar, displin belajar yang tidak penulis kaji dalam penelitian ini.
- PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PERKEMBANGAN LIFE SKILL PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PUTRA RIFARA KABUPATEN TANGERANG: - Miftahul Jannah; Hudaya Latuconsina; Aniek Widiarti
Journal of Business Education and Social Vol. 2 No. 1 (2021): Journal of Business Education and Social
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler olahraga terhadap perkembangan life skill peserta didik kelas XI di SMK Putra Rifara Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh terhadap 56 peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di sekolah. Teknik pengumpulan data yaitu berupa angket dengan skala likert dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengetahui mean, median, dan simpangan baku. Analisis data untuk uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan untuk mengetahui besarnya persentase drajat pengaruh variable X terhadap variabel Y. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara kegiatan ektrakurikuler olahraga dan life skill peserta didik kelas XI terdapat pengaruh positif yang signifikan. Artinya peserta didik tersebut memiliki keterampilan hidup untuk dapat menghadapi dan menjalani kehidupan sehari-hari. Kata kunci: Kegiatan Ekstrakurikuler, Life Skill, Peserta Didik
PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KEPERGURUAN TINGGI PADA KELAS XII SMAN 20 KABUPATEN TANGERANG Hikmatul Latifah; Femi Handayani; Andi Yustira Lestari
Journal of Business Education and Social Vol. 2 No. 1 (2021): Journal of Business Education and Social
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengukur dan mengetahui kepuasan masyarakat pada kantor desa Sukawali Kabupaten Tangerang ditinjau dari aspek pendidikan, dengan menggunakan dua variabel bebas (kualitas pelayanan, dan motivasi kerja). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat di Desa Sukawali Kabupaten Tangerang. Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 252 orang dan sampel sebanyak 155 orang. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan uji analisis regresi berganda, uji t hipotesis dan uji hipotesis f dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menemukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat pada kantor Desa Sukawali dengan nilai thitung = 3,343 dan signifikansi 0,001. Sedangkan variabel motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat pada kantor Desa Sukawali dengan nilai t hitung = 6,857 dan signifikansi 0,000. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Motivasi Kerja, Kepuasan Masyarakat dan Kantor Desa
PENGARUH KUALITAS PRODUK SEPATU ADIDAS DAN BRAND IMAGE PADA PERUSAHAAN TERBATAS PANARUB INDUSTRI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (PERSEPSI PEGAWAI) Eva Mardiana; Femi Handayani; Agus Suherman
Journal of Business Education and Social Vol. 2 No. 1 (2021): Journal of Business Education and Social
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan di PT Panarub Industri di JL. Moch Toha KM-1 Pasar Baru Gerendeng Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk Sepatu Adidas dan Brand Image Pada Perusahaan Terbatas Panarub Industri Terhadap Keputusan Pembelian, penelirian digunakan dengan metode deskriftif korelasi, pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada konsumen, penentuan jumlah sampel dengan mengguankan rumus slovin sehingga didapat 98 responden dan pengambilan sampel dengan menggunakan metode accidental sampling. Pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas dan korelasi, pada penelitian ini kuesioner valid serta reliabel. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kualitas produk dinilai baik oleh konsumen. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa diperoleh nilai yang dilakukan pada uji f adalah Fhitung> Ftabel atau 42,338 > 6,187 jadi berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk X1 dan brand image X2berpengaruh positif dan signifikansi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian (Y). Kata Kunci: Kualitas Produk, Brand Image dan Keputusan Pembelian
PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BAHAN PANGAN SAAT PANDEMI COVID-19, PADA MASYARAKAT KELURAHAN PONDOK BAHAR KOTA TANGERANG 2020/2021 Tia Agustiani; Hudaya Latuconsina; Agus Suherman
Journal of Business Education and Social Vol. 2 No. 1 (2021): Journal of Business Education and Social
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh secara simultan antara Harga, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Pembelian Bahan Pangan di Masyarakat Pondok Bahar Rukun Warga 002, Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan korelasi sederhana. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel slovin terhadap 98 masyarakat. Teknik pengumpulan data yaitu berupa angket dengan media google form, skala likert. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengetahui mean, median. Adapun hipotesis pertama dari hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian bahan pangan dengan nilai korelasi 0,000<0,05. Uji F hipotesis kedua menunjukkan bahwa terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian bahan pangan dengan nilai korelasi 0,000<0,05. Uji F hipotesis ketiga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian bahan pangan dengan nilai korelasi 0,000<0,05. Uji F hipotesis keempat menunjukkan korelasi secara simultan dengan masing-masing nilai adalah 0,002<0,05 untuk Harga dan 0,002<0,05 untuk Kualitas Produk, dan Promosi 0,012> 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan artinya Harga, Kualitas Produk dan Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian bahan pangan. Kata kunci: harga, kualitas produk, promosi, keputusan pembelian, bahan pangan.
PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN KOPI Siti Nurul Mawaddah; Khusaini Khusaini; Aniek Widiarti
Journal of Business Education and Social Vol. 2 No. 1 (2021): Journal of Business Education and Social
Publisher : Universitas Islam Syekh Yusuf

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Keputusan pembelian merupakan proses konsumen yang akan melakukan pembelian terhadap sebuah produk, dengan mempertimbangkan berbagai pilihan alternatif yang ada untuk menghasilkan satu pilihan yang dianggap paling tepat terhadap produk yang akan konsumen beli. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Startbucks Coffee di Kota Tangerang yang meliputi Starbucks Cofee Tangcity Mall Tangerang dan konsumen Starbucks Coffee DT Cipondoh. Jumlah populasi dalam penelitian ini termasuk ke dalam populasi tidak terbatas (infinite population). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 Konsumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket dan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program IMB SPSS Versi 22.0. Hasil penelitian dan pembahasan adalah: 1) Berdasarkan hasil estimasi regresi menunjukkan bahwa secara parsial brand image tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 2) Berdasarkan hasil estimasi regresi menunjukkan bahwa secara parsial kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen starbucks. 3) Berdasarkan hasil estimasi regresi menunjukkan bahwa, secara parsial harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen starbucks. Kata kunci: brand image, kualitas layanan, harga, keputusan pembelian

Page 1 of 1 | Total Record : 8