cover
Contact Name
Dessy Anggraini
Contact Email
margin@uinjambi.ac.id
Phone
+6282176566844
Journal Mail Official
margin@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi-Ma. Bulian KM. 16 Simpang Sungai Duren Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi.
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Margin : Journal of Islamic Banking
ISSN : -     EISSN : 29880238     DOI : https://doi.org/10.30631/margin.v4i1
Core Subject : Economy,
Margin: Journal of Islamic Banking E-ISSN: - P-ISSN: - is the journal that publishing the research result in the area of Islamic Banking . Margin: Journal of Islamic Banking cordially invites the academician, researchers, and others to submit their research article that in line with our focus and scope. Margin: Journal of Islamic Banking specializes on Islamic Banking , research, and is intended to communicate original research and current issues on the research articles, original research report, reviews, and scientific commentaries in the field of Economics and Islamic Business, including: Islamic Banking, Islamic Bank Information System, Islamic Bank Audit, Islamic Bank Management, Islamic Banking Risk Management, Islamic Banking Marketing Management, Islamic Bank Liquidity Management, Ethics of Islamic Banking, Legal drafting of Islamic Bank, Analysis of Islamic Bank Financial Reports
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2021): MARGIN JOURNAL OF ISLAMIC BANKING" : 5 Documents clear
PENGARUH FITUR LAYANAN DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (Studi Pada Masyarakat Desa Rantau Rasau Kecamatan Berbak) Badaruddin Badaruddin; Risma Risma
MARGIN: Journal of Islamic Banking Vol 1 No 1 (2021): MARGIN JOURNAL OF ISLAMIC BANKING
Publisher : UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/margin.v1i1.838

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fitur layanan dan kemudahan terhadap minat masyarakat menggunakan Mobile Banking pada masyarakat desa Rantau Rasau kecamatan Berbak. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner (angket), wawancara serta dokumentasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden yang diambil dari masyarakat desa Rantau Rasau kecamatan Berbak, baik yang menggunakan Mobile Banking maupun yang belum menggunakan Mobile Banking. teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, uji T, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial fitur layanan dan kemudahan berpengaruh positif terhadap minat menggukan Mobile Banking, untuk fitur layanan nilai signifikan yang dihasilkan adalah 0,022 < 0,05, untuk kemudahan nilai signifikan yang dihasilan adalah 0,000 < 0,05. Dan secara simultan fitur layanan dan kemudahan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan Mobile Banking dengan nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 < 0,05.
PENGARUH KYAI TERHADAP MINAT MENABUNG SANTRI DI BMT NURUL IMAN (Studi Pondok Pesantren Nurul Iman Desa Muaro Sebapo Muaro Jambi) Sissah Sissah; Muhammad Subhan; Willy Susanto
MARGIN: Journal of Islamic Banking Vol 1 No 1 (2021): MARGIN JOURNAL OF ISLAMIC BANKING
Publisher : UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/margin.v1i1.839

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kyai terhadap minat menabung santri di bmt nurul iman (studi kasus pondok pesantren nurul iman muaro sebapo). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif melalui kuesioner dengan instrument skala likert. Hasil penelitian menunjukkan pengujian reliabilitas variabel kyai yang menghasilkan angka Cronbach’s Alpha sebesar 0,877 > 0,60. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel kyai (X) reabilitasnya dinyatakan reliabel karena hasil Cronbach’s Alpha lebih besar dari 0,60.dengan koefesien determinasi 83% dan jelas bahwa kyai berpengaruh terhadap minat menabung santri di bmt nurul iman adalah positif.
PENGARUH PROMOSI, PENGETAHUAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP SINGKUT PADA MASYARAKAT DESA PELAWAN JAYA Abdul Malik; Ahmad Syahrizal; Anisah Anisah
MARGIN: Journal of Islamic Banking Vol 1 No 1 (2021): MARGIN JOURNAL OF ISLAMIC BANKING
Publisher : UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/margin.v1i1.840

Abstract

Banyak strategi yang bisa dilakukan untuk menarik minat masyarakat menabung di bank, salah satunya adalah promosi. Promosi bisa dilakukan melalui media sosial, periklanan dan lain sebagainya. Selain dari itu bank juga harus memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang produk tabungan serta menjaga kepercayaan masyarakat sehingga bisa menambah minat masyarakat untuk menabung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi, pengetahuan dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat menabung masyarakat di Bank Syariah Indonesia KCP Singkut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan memperoleh data primer dari kuesioner dengan mengambil responden sebanyak 86 orang. Hasil penelitian uji-t menujukkan bahwa variabel promosi dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan, sedangkan variabel pengetahuan tidak berpengaruh secara signifikan. Adapun hasil penelitiam uji-F menyatakan bahwa promosi, pengetahuan dan kepercayaan berpengaruh signifikan secara bersama- sama terhadap minat menabung. Nilai koefisien determinasi dari promosi, pengetahuan dan kepercayaan sebesar 28,4% terhadap minat menabung masyarakat.
PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DIBANK SYARIAH (Studi pada Masyarkat Desa Pagar Puding Kec. Tebo Ulu) G.W.I. Awal Habibah; Afriani Nur Hasanah
MARGIN: Journal of Islamic Banking Vol 1 No 1 (2021): MARGIN JOURNAL OF ISLAMIC BANKING
Publisher : UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/margin.v1i1.841

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan masyarakat tentang perbankan syariah terhadap minat menabung dibank Syariah. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pernah Menabung, Terdapat pengaruh signifikan pengetahuan masyarakat tentang perbankan syariah terhadap minat menabung dibank syariah. Hasil Koefisien Regresinya positif berarti arah hubungannya searah, besar pengaruhnya 12,8% dan sisanya 87,2% dipengaruhi variabel lain. (2) Tidak Pernah Menabung, Terdapat pengaruh signifikan pengetahuan masyarakat tentang perbankan syariah terhadap minat menabung dibank syariah. Hasil Koefisien Regresinya positif berarti arah hubungannya searah, besar pengaruhnya 56,6% dan sisanya 43,4% dipengaruhi variabel lain.    
PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS, TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH PADA MASYARAKAT KELURAHAN SIMPANG IV SIPIN Refky Fielnanda; Santi Wahyuningsih
MARGIN: Journal of Islamic Banking Vol 1 No 1 (2021): MARGIN JOURNAL OF ISLAMIC BANKING
Publisher : UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/margin.v1i1.847

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat religiusitas, tingkat pendidikan, tingkat pedapatan terhadap minat menabung di bank syariah pada masyarakat kelurahan Simpang IV Sipin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data angket (kuesioner), wawancara dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Simpang IV Sipin dan sampel sebagai responden penelitian akan diambil menggunakan teknik non probability sampling dengan rumus slovin yaitu 100 masyarakat yang menabung di bank syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat religiusitas (X1) dan tingkat pendidikan (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat menabung. Sedangkan tingkat pendapatan (X3) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat menabung.

Page 1 of 1 | Total Record : 5