cover
Contact Name
Diyah Indiyati
Contact Email
dewi.indi@unram.ac.id
Phone
+6282339044651
Journal Mail Official
jimakom@unram.ac.id
Editorial Address
JL Majapahit No 62 Mataram Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi
Published by Universitas Mataram
ISSN : -     EISSN : 27749371     DOI : https://doi.org/10.29303/jimakom.v5i1
Jimakom is a special scientific journal for communication students published by the Communication Science Study Program, University of Mataram. This journal is an effort to improve the quantity and quality of Communication Science research in various fields. This journal accepts manuscripts from the scopes of journalism, public relations, media and cultural studies, digital communication, environmental communication, organizational communication, crisis communication, and multicultural communication
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2022): New Media and Society" : 5 Documents clear
Self Disclosure Anak Broken Home Melalui Media Sosial TikTok : Studi Deskriptif Followers TikTok di Halaman Komentar Konten @AKUISANN Cyntia Dewi Anggraini; Azizah Des Derivanti; Miftia Andini
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi (JIMaKom) Vol. 3 No. 1 (2022): New Media and Society
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jimakom.v3i1.40

Abstract

The purpose of this study is to find out how the self- disclosure process is carried out by TikTok followers on the comments page on @akuisann content. This study uses qualitative methods, descriptive studies, interpretive paradigms, triangulation of sources and in-depth interviews with 5 informants who were selected based on the characteristics or criteria determined by the researcher (Purposeful Sampling). The results of the study reveal that self-disclosure carried out by informants through the comments page on @akuisann content based on the Johari Window Theory belongs to two areas, namely open areas and hidden areas. @akuisann's content for commenting is that there is a dyadic effect where informants do self-disclosure because they see many people doing the same thing. In addition, the results of the description of the informants have a desire to motivate each other. The benefits that result is a feeling of relief because he has conveyed what he experienced to others who have a similar fate. Meanwhile, the communication privacy management process is carried out with culture contextual, motivational, and risky backgrounds. Keywords : Self Disclosure, TikTok, Social Media, Johari Window Theory, Teori Communication Privacy Management (CPM)
Implementasi Pengembangan Dusun Montong Singgan sebagai Kawasan Agrowisata Madu Trigona Melalui Promosi Media Digital Amsaden; Shinta Desyana Fajarica; Baiq Vira Safitri
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi (JIMaKom) Vol. 3 No. 1 (2022): New Media and Society
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Agrowisata adalah aktivitas wisata yang dilaksanakan menggunakan lahan pertanian khususnya di Lombok Utara, salah satu wilayah di NTB yang mulai mengembangkan konsep agrowisata. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengeksplorasi, dan mendeskripsikan lebih dalam terkait dengan bagaimana implementasi pengembangan Dusun Montong Singgan sebagai kawasan agrowisata madu trigona melalui promosi media Digital. Untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi oleh kelompok Harapan Keluarga Dusun Montong Singgan sebagai Kawasan agrowisata pengembangan madu trigona melalui media digital. Adapun data diproleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles & Huberman yaitu, Pengumpulan Data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, media digital yang digunakan untuk melakukan promosi sudah menyasar ke media digital seperti Instagram, facebook dan shopee untuk pemasaranya, karena sebelumnya hanya mengandalkan WA group saja. Promosi juga dibantu oleh pemerintah setempat. Terlebih dengan adanya pelatihan yang diterima oleh kelompok dan masyarakat membuat pengetahuan akan pentingnya promosi media digital semakin baik. Ini terlihat dari beberapa promosi dan kunjungan dari beberapa relawan dan instansi untuk mendukung Kawasan agrowisata ini. Terlepas dari itu adapun beberapa kendala yang di hadapi dalam melakukan promosi yaitu, (1) akses media informasi dan media promosi yang digunakan masih terbatas. (2) akses jaringan yang kurang baik membuat kegiatan promosi melalui media digital sering kali mendapatkan kendala, (3) keterbatasan SDM hingga akses jalan ke lokasi kurang baik sehingga perlu difasilitasi oleh pemerintah setempat untuk mendukung Kawasan tersebut untuk menjadi Agrowisata.
Implementasi Model Komunikasi Sirkuler Kelompok Harapan Keluarga Terhadap Produktivitas Pemasaran Madu Trigona Lombok Utara Alda Fadila; Shinta Desiyana Fajarica; Tenri Waru
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi (JIMaKom) Vol. 3 No. 1 (2022): New Media and Society
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jimakom.v3i1.57

Abstract

Desa Salut merupakan salah satu desa di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang mengembangkan kegiatan pembudidayaan lebah madu. Terdapat 6 kelompok yang melakukan aktivitas pembudidayaan lebah madu di Desa Salut, salah satunya adalah kelompok Harapan Keluarga yang upaya pembentukan kelompoknya telah dilakukan sejak tahun 2017. Sebagai sebuah kelompok, Harapan keluarga memiliki struktur kepengurusan dengan pembagian tugas yang berbeda, dan dalam menjalankan kegiatan tersebut kelompok Harapan Keluarga melakukan proses komunikasi. Proses komunikasi yang dilakukan tentu mengacu pada model komunikasi yang disepakati dalam kelompok yakni model komunikasi sirkuler, model komunikasi yang diterapkan kemudian mempengaruhi bagaimana proses komunikasi dalam kelompok Harapan Keluarga dapat terjalin, baik itu antar ketua dengan anggota ataupun antar anggota dengan anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemudian penerapan dari model komunikasi sirkuler yang dilakukan oleh kelompok Harapan Keluarga dan implikasinya terhadap produktivitas kerja termasuk produktivitas pemasaran produk madu trigona yang dilakukan oleh kelompok Harapan Keluarga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik model Miles dan Huberman, dan teknik pengecekan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model komunikasi sirkuler ini dilakukakan oleh kelompok Harapan Keluarga di segala jenis situasi, baik itu ketika diskusi formal ataupun diskusi informal, dan didapatkan pula bahwa penerapan model komunikasi sirkuler membawa pengaruh pada aspek pemasaran, pembangunan dan pendapatan pada kelompok Harapan Keluarga.
AKTIVITAS MEDIA RELATIONS HUMAS POLDA NTB DALAM RANGKA MEMPERBAIKI CITRA KEPOLISIAN Dian Lestari Miharja; baiq Vira Safitri; Mayang Rizky Mauliashari
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi (JIMaKom) Vol. 3 No. 1 (2022): New Media and Society
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Polisi dituntut harus bertindak tegas, disiplin, keras dan tidak memihak ketika menjalankan tugas. Selain itu, terdapat oknum polisi yang menyalahgunakan tugasnya untuk kepentingan pribadi dan diekspos oleh media massa. Hal tersebut membuat stereotype polisi kurang disukai dan berpengaruh terhadap citra polisi. Sehingga Polda NTB melalui Humas Polda NTB melakukan kegiatan media relations sebagai upaya memperbaiki citra. Penelitian ini berjudul “Aktivitas Media Relations Humas Polda NTB dalam Rangka Memperbaiki Citra Kepolisian”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas media relations Humas Polda NTB dalam rangka memperbaiki citra kepolisian, kendala dan faktor pendukung pelaksanaan aktivitas media relations. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 2 informan kunci dan 6 informan pendukung. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, observasi non partisipatif dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Polda NTB melakukan aktivitas media relations meliputi pengiriman siaran pers, konferensi pers, media gathering, perjalanan pers, special event, wawancara khusus dan menjadi narasumber media. Kendala yang dihadapi Humas Polda NTB yaitu, masih kurangnya kesadaran beberapa wartawan untuk menggunakan Humas Polda NTB sebagai sumber informasi pertama dan kehadiran wartawan yang terlambat. Sedangkan faktor pendukung pelaksanaan aktivitas media relations adalah adanya anggaran yang dipersiapkan untuk kegiatan media relations dan keterbukaan pimpinan dalam memberikan akses kepada wartawan. Kata Kunci: Media relations, Humas Polda NTB, Citra
MANAJEMEN KOMUNIKASI DALAM PROSES PERENCANAAN MEMBANGUN DESTINASI BARU AGROWISATA LEBAH MADU TRIGONA HARAPAN KELUARGA Arighi Dewantara; I Wayan Suadnya; Yulanda Trisula Sidarta Yohanes; Dian Lestari Miharja
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi (JIMaKom) Vol. 3 No. 1 (2022): New Media and Society
Publisher : Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to find out how the communication management carried out by the Harapan Keluarga in the planning process of building an agro-tourism destination in Montong Singgan Village. This study used the descriptive qualitative method. In collecting data the researchers used interview, observation, and documentation techniques. The subjects in this study were members of the Harapan Keluarga group while the object in this study was communication management in developing agro-tourism which contained four stages according to George R Terry's theory in Wibowo and Priansa (2017), namely the planning, organizing, execution process. leadership (acting), and controlling (controlling). The results of this study indicate that there are communication management activities carried out by the Harapan Keluarga group in the planning process of agro-tourism development in Montong Singgan Hamlet. The communication management is carried out through the planning stage which is contained in the 5-year work program. This plan becomes a guideline for the Harapan Keluarga group in building this organization, then the organizing stage is carried out, namely in the aspect of human resource management where the position of members in this organization is placed according to their respective competencies. Then the actuanting stage in this group lies in the activities that have been carried out, such as making agro-tourism support facilities, implementing work programs, and so on. Then the controlling stage is carried out by monitoring and evaluating each work program, group members and group development. Thus, the Harapan Keluarga group cannot be separated from communication management in carrying out the entire series in the agrotourism development planning process in Montong Singgan Hamlet, Salut Village. Keywords: Communication Organization, Harapan Keluarga, Trigona Honey.

Page 1 of 1 | Total Record : 5