cover
Contact Name
M Fatchurrohman
Contact Email
mfatchurrohman@unwahas.ac.id
Phone
+6287730046561
Journal Mail Official
jurnaljasie@unwahas.ac.id
Editorial Address
JASIE - Journal of Aswaja and Islamic Economic Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wahid Hasyim. JL. Menoreh Tengah X / 22, Sampangan, Gajahmungkur, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Journal of Aswaja and Islamic Economics
ISSN : 29637864     EISSN : 29625602     DOI : 10.3194/jse.v1i1.6877
Focus and Scope Journal of Aswaja and Islamic Economics (JASIE) membahas secara rinci sejumlah besar topik yang berkaitan dengan Ekonomi Islam, Keuangan Islam, dan Ekonomi Aswaja yang terdiri dari studi empiris terbaru, studi spesifik negara, evaluasi kebijakan ekonomi Islam dan keuangan Islam internasional komparatif. Jurnal ini menyediakan forum pertukaran ilmiah bagi akademisi, praktisi, pengamat tajam, dan peneliti independen, dengan menerbitkan kontribusi teoretis, empiris, dan kebijakan berkualitas tinggi. Cakupan: *Ekonomi Islam* Ekonomi mikro Islam Ekonomi makro Islam Ekonomi moneter Islam Ekonomi pembangunan Islam Ekonomi internasional Islam Ekonomi publik dan fiskal Islam Ekonomi sumber daya manusia Islam Ekonomi sumber daya alam Islam Ekonomi digital Islam Ekonomi haji dan umrah Pariwisata dan perhotelan halal Zakat, wakaf dan filantropi Islam *Keuangan Islam* Sistem perbankan syariah Pasar modal dan komoditas syariah Asuransi dan reasuransi syariah Teknologi keuangan syariah Pasar keuangan syariah Strategi keuangan syariah Perencanaan keuangan syariah Dana sosial syariah dan crowdfunding Keuangan mikro syariah pada pedesaan Keuangan perusahaan syariah Strategi investasi syariah Masalah hukum dan peraturan keuangan syariah *Ekonomi Aswaja* Maqashid Syariah Ekonomi Islam Sistem Ekonomi Aswaja Etika Bisnis Aswaja Produksi Dalam Ekonomi Aswaja Konsumsi Dalam Ekonomi Aswaja Distribusi Dalam Ekonomi Aswaja Ekonomi Pesantren Aswaja Pemberdayaan Ekonomi Umat Aswaja Digitalisasi Ekonomi Aswaja Ekonomi Kreatif Aswaja
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2023): DESEMBER" : 7 Documents clear
PENGARUH PENGETAHUAN, PROMOSI, RELIGIUSITAS DAN PENDAPATAN KONSUMEN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PEMBIAYAAN DI KSPPS BMT NURUL JANNAH GRESIK Farid Ardyansyah; Nely Agustin
JASIE Vol 2, No 2 (2023): DESEMBER
Publisher : JASIE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3194/jse.v2i2.8649

Abstract

This research was conducted to determine the effect of knowledge, promotion, religiosity, and consumer income on decision-making to become financing customers at KSPPS BMT Nurul Jannah Gresik. This analysis includes a validity and reliability test, a class assumption test, a multiple regression analysis test, hypothesis testing through the t-test and the f-test, and determination (R2). The results of this study indicate that knowledge (X1) has a partially positive and significant influence on customer decisions. This is based on the results of the t-test of knowledge = 3.122, then T count > T table or 3.122 > 1.664, with a significance value of 0.001 < 0.05. Promotion (X2) has no partial positive and significant effect on customer decisions. this is based on the results of T count Promotion = 1.367, then T count > T table, or 1.367 > 1.664 with a significance value of 0.175 > 0.05. Religiosity (X3) has a positive and partially significant effect on customer decisions, this is based on the results of T count: Religiosity = 2.093, then T count > T table, or 2.093 > 1.664, with a significance value of 0.039 < 0.05. Income (X4) has a positive and partially significant effect on customer decisions, this is based on the results of T count Income = 6,500, then T count > T table or 6,500 > 1.664 with a significance value of 0,000 < 0.05. Based on the determination test, the R square value shows 0.744, or the equivalent of 74.4%. This indicates that 74.4% contributed to the influence of factors such as knowledge, promotion, religiosity, and income on the decision to become a financing customer at KSPPS BMT Nurul Jannah Gresik. Meanwhile, the remaining 25.6% is influenced by other factors.  
Risiko Operasional Lembaga Amil Zakat Al Azhar Perwakilan Jawa Timur dengan Metode COSO : ERM Modifikasi Hana Fauzia Qothrun Nada; Farid Ardyansyah
JASIE Vol 2, No 2 (2023): DESEMBER
Publisher : JASIE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3194/jse.v2i2.8629

Abstract

Kepercayaan muzakki harus menjadi proritas lembaga amil zakat. ketidakpercayaan bisa muncul karena dugaan kegiatan pengelolaan zakat. Contoh dugaan dapat seperti apakah dana ZIS sudah tepat sasaran atau tidak. Hal tersebut merupakan risiko yang harus dikelola dengan baik. Risiko merupakan ketidakpastian yang dapat menimbulkan kerugian atau ancaman, sehingga risiko perlu dikelola dengan manajemen risiko yang baik. Sekarang, setiap dana disimpan dengan sistem sehingga lebih memudahkan kegiatan amil tetapi juga menimbulkan risiko kegagalan sistem. Risiko kegagalan sistem merupakan salah satu risiko operasional. Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengelolaan risiko operasional menggunakan COSO ERM Modifikasi yang dikenalkan BAZNAS dan Bank Indonesia dimana dapat digunakan mengukur tingkat frekuensi terjadinya, dampak, kerentanan, dan kecepatan sebuah LAZ. Penelitian ini memakai pendekatan deskriptif  kualitatif. Sumber data primer melalui wawancara dan penelitian survei. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 11 risiko operasional pada lembaga zakat Al Azhar Jawa Timur terbagi menjadi 4 level. Risiko level rendah yakni Bukti transfer palsu. Risiko level sedang yakni kesalahan pencatatan, SDM tidak amanah, tidak selesainya dana dalam setahun, dan mitra tidak sesuai MOU. Risiko level tinggi yakni kecemburuan antar mustahik dan kegagalan sistem. Terakhir, risiko level tidak adanya konfirmasi donatur, tidak tercapainya target, adanya tumpang tindih penyaluran, dan kurang SDM. Risiko level rendah cukup diatasi rutin, risiko level sedang risiko dapat diterima cukup dikelola manajemen. Risiko level ekstrim dan tinggi perlu ditransfer manajemen senior untuk segera memperoleh pengelolaan risiko level tersebut.Kata Kunci : Risiko Operasional, LAZ Al Azhar Jawa Timur, Metode COSO : ERM Modifikasi
KONSEP NILAI TUKAR UANG Khairati Helwani Nasution
JASIE Vol 2, No 2 (2023): DESEMBER
Publisher : JASIE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3194/jse.v2i2.8612

Abstract

Masyarakat telah menggunakan uang sebagai alat pembayaran untuk waktu yang lama. Sebagai alat pembayaran, transaksi yang dilakukan oleh masyarakat dikukuhkan. Uang adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mengukur sifat barang dan tenaga kerja. Manusia tidak dapat melakukan segala sesuatu sendirian untuk memenuhi kebutuhannya. Uang telah digunakan sebagai alat pembayaran sejak zaman nabi Muhammad. Dalam Ekonomi Kapitalis, uang sering dikaitkan dengan modal. Namun, konsep uang dalam ekonomi islam berbeda dengan modal. Dalam islam, uang adalah barang publik sedangkan modal adalah barang pribadi. Perubahan nilai tukar penting karena nilai tukar terus berubah variabel dan tidak permanen. Dalam teori ekonomi, itu berarti mengurangi dan meningkatkan kuantitas Uang untuk manusia, jika dia dianiaya secara adil, karena tanpa uang dia tidak dapat berkembang semua pekerjaan  selesai.  Dalam  sistem  ekonomi  Islam,  pertukaran  mata  uang  masih  menjadi isu  yang diperdebatkan Perubahan yang disebabkan oleh nilai tukar yang beredar. Sama dengan yang sudah ada efek perubahan nilai tukar, yang merupakan aspek penting dari ekonomi Islam Oleh karena itu, prinsip- prinsipnya harus dikaji dari perspektif ekonomi Islam. Metode pendekatan yang digunakan dalam Penelitian ini, penulis memakai buku dan jurnal-jurnal teori dan dapat dijadikan referensi dalam menyajikan temuan terkait topik yang dibahas.Kata Kunci: Uang, Tenaga Kerja, Modal, Ekonomi.
Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Kualitas Layanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan Jasa Bank Syariah Indonesia di Samarinda Irzaki Imam Bukhori; Irma Yuliani; Yusran Yusran
JASIE Vol 2, No 2 (2023): DESEMBER
Publisher : JASIE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3194/jse.v2i2.10288

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan bank syariah dan bisnis syariah di Indonesia semakin pesat dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, religiusitas, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa Bank Syariah Indonesia di Samarinda secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Menjadikan nasabah Bank Syariah Indonesia KC Samarinda Antasari sebagai populasi dalam penelitian ini yang berjumlah 400.000 orang. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang yang diperoleh melalui hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dan dokumentasi, serta menggunakan Skala Likert sebagai skala pengukurannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan, religiusitas, kualitas layanan dan lokasi mempunyai pengaruh secara simultan terhadap keputusan masyarakat menggunakan jasa Bank Syariah Indonesia di Samarinda.
Konsep Uang dalam Prespektif Ekonomi Islam Vadilla Yulianda; Rana Yolanda; Nur Salsabillah
JASIE Vol 2, No 2 (2023): DESEMBER
Publisher : JASIE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3194/jse.v2i2.8618

Abstract

Konsep uang dari sudut pandang ekonomi Islam. Uang adalah penggerak ekonomi, dan aktivitas ekonomi berjalan lancar dengan uang. Sistem ekonomi Islam ini berbeda dengan sistem ekonomi konvensional. Salah satu perbedaannya adalah fungsi uang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan konsep uang dalam ekonomi Islam. Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan data dengan cara mengumpulkan buku-buku dan artikel jurnal yang berkaitan dengan konsep uang. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Sesuai dengan uang yang berfungsi sebagai alat tukar dan satuan hitung dari sudut pandang ekonomi Islam. Di sisi lain, menggunakan dinar dan dirham bukanlah kewajiban agama, namun sejarah menunjukkan bahwa kedua mata uang ini sangat stabil dan tidak terpengaruh inflasi seperti halnya uang kertas. Menurut ilmu ekonomi Islam, uang memiliki empat fungsi yaitu uang sebagai satuan nilai atau standar harga, uang sebagai alat tukar, uang sebagai penyimpan kekayaan, dan uang sebagai standar dalam pembayaran.Kata kunci: Uang, Ekonomi Islam
Pengaruh Saham Syariah, Sukuk dan Reksadana Syariah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Periode 2019-2021 Nurfitriah Nurfitriah; Ahmad Fathoni
JASIE Vol 2, No 2 (2023): DESEMBER
Publisher : JASIE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3194/jse.v2i2.8664

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari dan mengetahui Pengaruh Saham Syariah, Obligasi Syariah  (Sukuk) dan Reksadana Syariah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Periode 2019-2021. Pada tahun 2020, koronavirus yang merupakan cikal bakal dari pandemi Covid-19 mulai memasuki wilayah Indonesia, akibat dari pandemic tersebut sektor perekonomian di Indonesia menurun drastis. Saham syariah, Reksadana syariah dan sukuk tentunya juga terkena imbas dari dampak pandemi tersebut, oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti Pengaruh Saham Syariah, Obligasi Syariah  (Sukuk) dan Reksadana Syariah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Periode 2019-2021. Penelitian ini mengambil populasi dari data yang telah diperoleh dari publikasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pusat Statistik (BPS) yang dapat dilihat dari website www.ojk.go.id dan www.bps.go.id.  Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data time series yang telah dipublikasikan pada periode 2019-2021.Kata Kunci : Saham Syariah, Reksadana Syariah, Sukuk, Pertumbuhan Ekonomi
ISLAMIC INSURANCE AND CONVENTIONAL INSURANCE : WHAT’S THE DIFFERENCE? Ade Eriyanto; Faiz Mazda Niamy; Zenila Febi Sania; Rinda Asytuti
JASIE Vol 2, No 2 (2023): DESEMBER
Publisher : JASIE

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.3194/jse.v2i2.10134

Abstract

The aim of this research is to describe the differences between sharia insurance and conventional insurance, namely by looking at the principles, objectives and legal basis of the two types of insurance. The method used in this research is a qualitative method with a literature study approach. The data used in this research comes from literature from website articles, books, previous journals, and other related documents related to the research. The results of this research show that sharia insurance and conventional insurance have differences in several aspects, especially in terms of objectives and principles. Islamic insurance is based on the principles of Islamic law, while conventional insurance operates based on conventional financial principles. Keywords :  Islamic Insurance; Conventional Insurance

Page 1 of 1 | Total Record : 7