cover
Contact Name
Thoha Putra
Contact Email
pojokguru711@gmail.com
Phone
+6282227774766
Journal Mail Official
lppm.iaihpare@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kelapa No. 84 Jombangan Pare Kediri, phone: 085715522783. Email: etjartbi@gmail.com
Location
Kab. kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Pojok Guru
ISSN : -     EISSN : 29864321     DOI : -
Core Subject : Education,
The POJOK GURU journal aims to develop and disseminate knowledge through scientific articles on research results and studies of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of education and teacher training.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2024): POJOK GURU" : 5 Documents clear
Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam Di RA Nashrus Sunnah Kota Madiun Denok Dyah Pratiwiningtias
POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2024): POJOK GURU
Publisher : Center for the Research and the Community Service, Islamic Institut of Hasanuddin Pare - Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mencari tahu bagaimana penerapan kurikulum merdeka dalam pandangan filsafat Pendidikan Islam yang dilakukan di lembaga pendidikan RA Nashrus Sunnah, yang penerapan kurikulum merdeka menekankan penggunaan teknologi dan digitalisasi dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan potensi, minat, bakat, dan ketrampilan siswa. Karena menekankan penggabungan ilmu Islam dan ilmu umum untuk menumbuhkan keterampilan dan pendidikan karakter pada anak usia dini, karena dalam kurikulum merdeka filsafat pendidikan islam sangat penting agar tercipta tujuan ini. Penelitian ini menggunakakan pendekatann kualitatif dengan metode deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan, yang dilaksanakan di lembaga RA Nashrus Sunnah kota Madiun dengan cara melihat secara langsung melakukan observasi, menganalisis dan wawancara terhadap para staf pengajar RA Nashrus Sunnah secara berkala, bagaimana penerapan kurikulum merdeka dalam analisis tentang ciri-ciri pendidikan islam dalam filsafat pendidikan, kurikulum pendidikan dalam perspektif pendidikan islam dan sudut pandang kurikulum merdeka filsafat pendidikan islam yang dilaksanakan lembaga RA Nashrus Sunnah. Kurikulum merdeka juga mempertahankan pedoman dasar pendidikan yang sesuai dengan agama islam dengan pembelajaran intrakulikuler dan P5, PPRA RA Nashrus Sunnah, untuk menekankan pengembangan karakter, prinsip moral, dan prinsip etika Islam. berdasarkan pembelajaran dengan penerapan ini para siswa siswi terbiasa melaksanakan ajaran agama islam dengan baik misalnya terbiasa mengucapkan doa sebelum dan sesudah belajar, melakukan sholat dhuha berjama’ah, dan senang dengan kegiatan bakti sosial terhadap sesama saudara dengan cara menyisihkan sebagian dari hartanya. Kegiatan ini sangat lah efisian dalam pembelajaran dan mendapatkan hasil yang dicapai. Kata kunci : Kurikulum Merdeka, Filsafat, Pendidikan Islam
METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT AGAMA ISLAM: Islamic Education Method in the Perspective of Islamic Religious Philoshopy Selvia Fitri Sahrani Sahrani
POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2024): POJOK GURU
Publisher : Center for the Research and the Community Service, Islamic Institut of Hasanuddin Pare - Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat Agama Islam merupakan topik yang penting dalam pengembangan pendidikan Islam. Dengan melaksanakan penelitian ini, diharapkan dapat tercapai tujuan untuk mengetahui metode pendidikan islam dalam perspektif filsafat agama islam. Dalam penelitian ini, metode yang diterapkan ialah dengan metode pustaka. Berdasarkan penelitian ini adalah menghasilkan bahwa metode pendidikan islam tidak hanya didasarkan pada praktik-praktik tradisional namun bisa menggunakan prinsip-prinsip filosofi dalam agama islam.
FILASAFAT PENDIDIDKAN DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIDKAN ISLAM: EDUCATIONAL PHILOSOPHY FROM THE PERSPECTIVE OF ISLAMIC EDUCATIONAL PHILOSOPHY Rena Yulia
POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2024): POJOK GURU
Publisher : Center for the Research and the Community Service, Islamic Institut of Hasanuddin Pare - Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan konsep-konsep dalam filsafat pendidikan. Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka, di mana data dikumpulkan dari berbagai literatur kemudian dianalisis dan diorganisir. Hasil penelitian ini memberikan penjelasan tentang konsep-konsep dalam filsafat pendidikan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan filosofi pendidikan Islam. Sumber data berasal dari beberapa buku akademis yang dijadikan referensi utama. Secara konseptual, filsafat pendidikan mencakup prinsip-prinsip, konsep-konsep, dan nilai-nilai yang menjadi dasar dalam merancang dan melaksanakan pendidikan dalam konteks Islam. Perspektif Islam dalam filsafat pendidikan mengintegrasikan aspek spiritual, moral, intelektual, dan sosial ke dalam proses pembelajaran. Lingkup filsafat pendidikan Islam meliputi berbagai aspek, termasuk lingkungan pendidikan dan berbagai masalah pendidikan. Pendekatan ini mempertimbangkan tidak hanya dimensi spasial atau geografis, tetapi juga dimensi temporal. Oleh karena itu, kajian filsafat pendidikan Islam mencakup pendidikan di rumah, sekolah, dan luar sekolah. Penelitian ini memfokuskan pada berbagai masalah pendidikan, termasuk prasarana pendidikan, struktur lembaga pendidikan, dan manajemen pendidikan. Dengan memahami filsafat pendidikan Islam yang mencakup ontologi, epistemologi, dan aksiomatik, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam dalam merancang system pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.
INOVASI DALAM PENGEMBANGAN METODE PENDIDIKAN ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA: INNOVATION IN DEVELOPING ISLAMIC EDUCATION METHODS TO IMPROVE STUDENT LEARNING ACHIEVEMENT Nadya Ananta
POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2024): POJOK GURU
Publisher : Center for the Research and the Community Service, Islamic Institut of Hasanuddin Pare - Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Islam merupakan salah satu aspek penting sebagai pembentukan karakter dan kepribadian peserta didik. Akan tetapi, didalam prakteknya, masih ada banyak tantangan yang dihadapi, salah satunya adalah kurangnya pencapaian akademis siswa dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI). Hal ini terjadi oleh berbagai faktor, Seperti teknik pengajaran yang kurang menarik, media pembelajaran yang tidak memadai, dan kurangnya motivasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan inovasi metode pendidikan Islam yang efektif dan juga untuk meningkatkan prestasi proses pembelajaran siswa. Cara yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data,menganalisis, dan menginterpretasi data guna memperoleh pemahaman mendalam mengenai suatu fenomena atau masalah tertentu. Dari temuan penelitian, beberapa faktor yang dapat meningkatkan kinerja akademis siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), yaitu: 1) penerapan metode pembelajaran yang inovatif dan menarik, 2) penciptaan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan, 3) peningkatan motivasi siswa, 4) menghubungkan materi pembelajaran sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Dari hasil penelitian, kesimpulannya inovasi metode pendidikan Islam yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa harus memperhatikan beberapa aspek, yaitu: 1) Keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, 2) pemanfaatan berbagai sumber belajar, 3) penilaian yang berkelanjutan dan komprehensif. Harapannya, penelitian ini dapat berperan dalam pengembangan metode pembelajaran PAI metode yang lebih efisien dan kreatif, dengan demikian dapat memperbaiki kinerja akademis siswa dan mencapai tujuan pendidikan Islam.
Media Pembelajaran Teka Teki Silang Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di MI Islamiyah 1 Surowono Badas – Kediri Sri Putrianingsih
POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2024): POJOK GURU
Publisher : Center for the Research and the Community Service, Islamic Institut of Hasanuddin Pare - Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Learning media is an inseparable part of learning activities in schools. Learning media is very important for educators to use in the KBM (Teaching and Learning Activities) process. There are various types of learning media that can be applied in the teaching and learning process, one of the learning media is Crossword Puzzles (TTS). The cooperative learning model with the help of crossword puzzles (TTS) in social studies subjects can make students more active and improve their social life. The Cooperative learning model with the help of Crossword Puzzle (TTS) media can increase the activity of class 5-B students at MI Islamiyah 1 Surowono, namely in the results of the LKPD (Student Worksheet) they work on, they discuss each other with group members and are enthusiastic in doing it.

Page 1 of 1 | Total Record : 5