cover
Contact Name
Lukas Umbu Zogara
Contact Email
lukasumbuzogara68@gmail.com
Phone
+6285333440949
Journal Mail Official
lukasumbuzogara68@gmail.com
Editorial Address
Jl. KS Tubun No. 11, Kel. Pasar Baru, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten, Indonesia 15112
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal CREATIVA SCIENTIA
ISSN : -     EISSN : 30467101     DOI : -
Core Subject : Art,
Jurnal karya tulis, kreatif, inovatif, eksperimental, rancangan, dan analisis karya yang lebih mengutamakan semangat kejujuran dalam membuat menulis.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 01 (Februari) (2024): CREATIVA SCIENTIA" : 5 Documents clear
ANALISIS FORMALISTIK, EKSPRESIVISTIK DAN INSTRUMENTALISTIK PADA POSTER SERIAL FILM ‘GAMPANG CUAN’ repi justian
CREATIVA SCIENTIA Vol 1 No 01 (Februari) (2024): CREATIVA SCIENTIA
Publisher : CREATIVA SCIENTIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sarana informasi banyak sekali ragamnya, salah satunya poster sebagaisarana media informasi dalam hal media iklan, seperti halnya Film GampangCuan karya Rahabi Mandra viral di media sosial akhir 2023 lalu, karenabanyaknya poster yang tersebar diberbagai platfoam yang membuatnyaberkembang cukup cepat. Poster film memiliki peranan sangat pentingdalam proses mempromosikan sebuah film. Selain sebagai identitas film,poster film juga mengandung banyak informasi yang dapat ditampilkanmelalui warna, ilustrasi, maupun tipografi. Film ini cukup diminati danditonton oleh banyak orang karena dibintangi oleh tokoh kondang danpemain yang tengah naik daun di dunia perfilman Indonesia serta memilikigenre drama komedi. Penelitian pada poster film ‘Gampang Cuan’ inimerupakan penelitian kualitatif, dengan metode analisis data menggunakanempat tahapan tinjauan desain yaitu deskriptif, analisis formal, interpretasi,dan evaluasi. Poster film menggunakan pendekatan formalistik,ekspresivistik, dan instrumentalistik secara elemen visual, layout, danwarna, bertujuan untuk menunjukkan makna dari poster. Serial film yangberjudul ‘Gampang Cuan’ menggunakan penelitian metode deskriptifkualitatif untuk menggambarkan alur benang merah hingga informasi yangdi analisis dapat tersampaikan. Kesimpulan atas hasil keseluruahan darimetode penelitian dan pendekatan yang diterapkan dari prinsip desain danelemen utama visual, bahwa memiliki pengaruh yang vital dalam prosespembuatan tata letak sebuah poster sehingga menjadi lebih menarik.
Perancangan Desain UI/UX Tempo Store Berbasis Website E-Commerce Dengan Metode Design Thinking Fani Puspitasari
CREATIVA SCIENTIA Vol 1 No 01 (Februari) (2024): CREATIVA SCIENTIA
Publisher : CREATIVA SCIENTIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

E-commerce saat ini berdampak sangat besar pada sebuah usaha dengan melalui teknologi internet akan mempermudah dalam proses transaksi jual beli. Tempo memiliki beberapa produk yang penjualan dan pemesanannya langsung membeli ke toko buku atau melakukan pemesanan secara manual melalui telepon. Untuk memudahkan pengguna, tempo membuat sebuah rancangan user interface dan user experience website e-commerce sehingga memberikan kenyamanan dan kemudahan pada saat proses pembelian. Dengan menggunakan metode Design Thinking melalui tahap: empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Hasil akhir pada penelitian ini adalah pengujian dengan menggnakan Usability Testing untuk menetukan seberapa efisien dan efektif website tersebut dapat digunakan oleh pengguna. Hasil test mendapatkan nilai 91% tingkat keberhasilan rancangan efektif dan efisien untuk high fidelity prototype yang dibuat.
ANALISIS MAKNA VISUAL PADA POSTER FILM ‘SIKSA NERAKA’ Santi Purnama Sari
CREATIVA SCIENTIA Vol 1 No 01 (Februari) (2024): CREATIVA SCIENTIA
Publisher : CREATIVA SCIENTIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT A film is a medium of communication to deliver messages to the public. They serve not only as a medium of entertainment but also as an educational and informative tool containing education and learning. Posters have played a prominent role in promoting a film because they also serve as the movie's own identity. Movie posters are able to convey messages, meaning and information that are included in movies. Movie posters torment of hell illustrate the torment of hell with the main object being a human figure. It is a horror film that not only provides entertainment media but also contains a message and a lesson for audiences that paints a picture of hell. The study was intended to analyze the meaning of the sign on the film poster torturing hell. The study isa qualitative study using methods of data analysis using the stages of descriptive, formal analysis, interpretation and evaluation. The interpretive section uses a semiotics approach of Charles sanders peirce includes icons, indexes, and symbols used to analyze and discuss some of the signs found in the posters. The results of this study have shown that the torture of hell movie posters have a harmony between them and thus support the arrival of a message intended for movie posters. The torturous movie poster did not have a ghost figure as a magnetic object but featured frightening visual figures and the adding of design elements such as pictures, colors, typographic and layout that support the transmission of messages and content on the torments of hell. ABSTRAK Film merupakan salah satu media komunikasi untuk menyampaikan berbagai pesan kepada khalayak umum. Film tidak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan namun juga sebagai sarana edukatif dan informatif yang berisi Pendidikan dan Pembelajaran. Poster merupakan media publikasi yang berperan penting dalam mempromosikan sebuah film karena poster juga berfungsi sebagai identitas film itu sendiri. Poster film mampu menyampaikan pesan, makna dan informasi yang terkadung dalam film. Poster film Siksa Neraka menggambarkan ilustrasi siksaan dalam neraka dengan objek utama adalah figur manusia. Film ini merupakan film horror yang tidak hanya sebagai media hiburan tetapi juga berisikan sebuah pesan dan pembelajaran untuk penonton bagaimana gambaran tentang neraka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna tanda yang terkandung pada poster film Siksa Neraka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode Analisa data menggunakan tahapan-tahapan berupa deskriptif, analisis formal, interprestasi dan evaluasi. Pada bagian interprestasi menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce meliputi ikon, indeks, dan simbol yang digunakan untuk menganalisis dan membahas beberapa tanda-tanda yang dapat ditemukan dalam poster. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa poster film Siksa Neraka memiliki keselarasan antara satu dengan lainnya sehingga mendukung tersampainya pesan yang ingin disampaikan dalam poster film. Dalam poster film Siksa Neraka tidak terdapat sosok hantu sebagai objek penarik tetapi menampilkan visual figur manusia yang digambarkan mengerikan serta penambahan unsur-unsur desain seperti gambar, warna, tipografi dan layout yang mendukung penyampaian pesan dan isi cerita film mengenai siksaan neraka.
ANALISIS DESAIN LOGO UNIVERSITAS UTPADAKA SWASTIKA (UTPAS) : KAJIAN SEMIOTIKA Nani Dian Sari
CREATIVA SCIENTIA Vol 1 No 01 (Februari) (2024): CREATIVA SCIENTIA
Publisher : CREATIVA SCIENTIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Logo UTPAS (Universitas Utpadaka Swastika) menghadirkan beberapa bentuk atau objek, seperti kelopak bunga, tumbuhan padi, kapas, mercusuar, pita serta di dominasi dengan warna kuning dan ungu yang tentunya mewakili identitas UTPAS. Peneliti tertarik mengkaji logo UTPAS karena ingin mengetahui makna yang terdapat pada logo UTPAS dan sekaligus mampu menjadi media informasi bagi masyarakat terhadap UTPAS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, serta dianalisis dengan menggunakan pendekatan semiotika Charlesh Sanders Pierce. Berdasarkan hasil analisis bahwa logo UTPAS dimaknai berdasarkan jenis dan representamen yaitu menggambarkan sebuah Lembaga Pendidikan Tinggi yang memiliki tujuan sebagai pedoman hidup setiap insan yang berada di dalam lingkupnya melalui ilmu pengetahuaan, sikap toleransi, dan penyertaan Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut direpresentasikan dengan objek bentuk buku, mercusuar dan api yang menimbulkan kesan cahaya. Selain itu pada desain logo juga menjelaskan histories lahirnya nama UTPADAKA SWASTIKA yang di representasikan dengan objek padi berjumlah tiga puluh dan kapas berjumlah enam yang di interpretasikan sebagai tanggal dan bulan lahirnya nama UTPAS. Selanjutnya berdasarkan relasi tanda dengan objeknya, logo UTPAS menggunakan representasi objek yang telah disepakati secara umum, sehingga setiap penikmat melihat visual representasi objek dalam logo mengeluarkan pernyataan (Sinsign) dengan arti yang telah disepakati secara Legisign sesuai pengalaman penikmat, serta terdapat kombinasi warna ungu menyimbolkan kreativitas dan kebijaksanaan dan warna kuning menyimbolkan kebahagiaan. Posisi bawah pada bagian logo UTPAS terdapat teks yang bertuliskan “Universitas Utpadaka Swastika” yang melambangkan hasil akhir dan landasan dari proses yang ada sebelumnya yaitu menciptakan kejayaan dengan tetap menjaga persatuan dan persaudaraan. Berdasarkan keseluruhan, logo UTPAS telah memenuhi kaidah-kaidah dalam penciptaan sebuah design grafis, kaidah tersebut bisa dilihat salah satunya yaitu kesesuaian makna logo terhadap entitas.
Perancangan Motion Graphic Biografi Depati Parbo Kerinci Sebagai Media Informasi Sejarah azmanjakardi
CREATIVA SCIENTIA Vol 1 No 01 (Februari) (2024): CREATIVA SCIENTIA
Publisher : CREATIVA SCIENTIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Depati parbo adalah salah satu pahlawan yang ada di kabupaten kerinci. Ia merupakan salah satu pejuang kerinci yang mengusir penjajah dan ia juga orang disegani oleh Masyarakat kerinci. Depati parbo Bersama hulubalang mampu memukul mundur pasukan Belanda sekitar tahun 1902 dan menjadi sumber inspirasi bagi Masyarakat kerinci untuk Bersatu dan berjuang dalam mengusir penjajah Belanda. Namun pada saat ini umumnya Masyarakat kerinci tidak mengetahui Sejarah depati parbo, mereka hanya mengetahui nama depati parbo sebagai nama Jalan, nama bandara perintis dan nama perguruan tinggi swasta. Berdasarkan fenomena yang ada, maka diperlukannya sebuah Upaya untuk menyajikan Kembali Sejarah kepahlawanan depati parbo dalam bentuk media yang menarik dan mengikuti perkembangan zaman. Salah satu Upaya yang dapat dilakukan adalah melalui media informasi berupa multimedia dalam bentuk animasi, agar Sejarah depati parbo dapat terjaga kelestariannya. Media informasi tidak hanya pada media cetak seperti buku, surat kabar, majalah, akan tetapi sudah dalam bentuk media digital seperti multimedia yaitu animasi. Perancangan media informasi dalam bentuk multimedia yaitu animasi berupa motion graphic ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi saat ini. Generasi sekarang sangat dekat dengan penggunaan teknologi seperti gadget dan computer. Sejarah depati parbo dalam bentuk multimedia yaitu animasi berupa motion graphic ini menjadi bentuk alternatif baru dalam menyajikan sebuah media informasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5