cover
Contact Name
Frinawaty Lestarina Barus
Contact Email
frinabarus@ymail.com
Phone
+6281376362755
Journal Mail Official
basastra@gmail.com
Editorial Address
Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23015926     EISSN : 2579793X     DOI : https://doi.org/10.24114/bss.v9i2
Core Subject : Education,
Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT EDITORIAL TEAM VISITORS STATISTICS REVIEWER PUBLICATION ETIC JOURNAL HISTORY AUTHOR GUIDELINES Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Open Access Policy ETIKA PUBLIKASI Focus and Scope Jurnal Basastra adalah jurnal yang bergerak dibidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Unversitas Negeri Medan. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia" : 7 Documents clear
HUBUNGAN PENGUASAAN ASPEK MEKANIS BAHASA INDONESIA BAKU DENGAN KEMAMPUAN MENYUNTING WACANA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 FERNANDO M N
Basastra Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v2i4.817

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran hubungan antara penguasaan aspek mekanis bahasa Indonesia baku dengan kemampuan menyunting wacana. Populasi penelitan ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Pematangsiantar  tahun pembelajaran 2012/2013. Untuk penelitian tersebut data diambil dari 40 orang sampel yang berasal dari 280 orang populasi. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen objektif dan penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional, dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata penguasaan aspek mekanis bahasa Indonesia baku = 68,125, dan standar deviasi = 6,489, kemudian kemampuan menyunting wacana diperoleh nilai rata-rata =74,75 dan standar deviasi= 7,495. Hasil data penguasaan aspek mekanis bahasa Indonesia baku menunjukkan bahwa dari 40 orang siswa, 1 orang (2,5%) termasuk  kategori kurang, 37 orang (92,5%) kategori sedang, dan 2 orang (5%) kategori tinggi. Dan data kemampuan menyunting wacana menunjukkan dari 40 orang siswa, 29 orang (72,5%) termasuk kategori sedang, dan 11 orang (27,5%) kategori tinggi. Hasil perhitungan antara kemampuan penguasaan aspek mekanis bahasa Indonesia baku (X) dengan menyunting wacana (Y) menunjukkan harga koefisien korelasi sebesar 0,735 dan setelah dikonsultasikan dengan rtab pada taraf nyata 5% adalah 0,312. Ternyata rhit > rtab atau 0,735 > 0,312 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa antara penguasaan aspek mekanis bahasa Indonesia baku berhubungan dengan kemampuan menyunting wacana siswa kelas X SMA Negeri 4 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2012/2013. Kata Kunci : penguasaan aspek mekanis bahasa Indonesia baku, menyunting wacana
Pengaruh Penerapan Strategi Kecerdasan Majemuk terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa kelas X SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014 MAHARANI NAINGGOLAN
Basastra Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v2i4.822

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan apakah ada pengaruh yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan Strategi dalam Kecerdasan Majemuk dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan Strategi Ekspositori siswa kelas X SMA Negeri 1Kisaran tahun Pembelajaran 2013/2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasX SMA Negeri 1 Kisaran tahun pembelajaran 2013/2014, yang berjumlah 328 orang.Sampel penelitian diambil dengan cara Purposive Sampel yaitu dengan menunjuk kelas mana yang akan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah essay tes sebanyak satu butir soal.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekserimen atau uji coba.Dari hasil perhitungan table t pada taraf 5% maupun 1% dengan df = (N1+ N2)-2 = (36+36)- 2 = 70. Pada table df = 70 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,65. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,00< 83,0 > 2,65, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi dalam kecerdasan majemuk dengan strategi ekspositori.     Kata Kunci: Pengaruh–Strategi dalam Kecerdasan Majemuk- Menulis- Puisi
PERBEDAAN HASIL BELAJAR APRESIASI CERPEN "TIURMAIDA” KARYA HASAN AL BANNA BERDASARKAN JENIS KELAMIN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK KELOMPOK BUZZ OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/ 2013 HERERA HERERA
Basastra Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v2i4.818

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar apresiasi cerpen “tiurmaida” karya Hasan Al Banna berdasarkan jenis kelamin dengan menggunakan teknik kelompok buzz oleh siswa kelas X SMA Negeri 3 Binjai tahun pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Binjai sebanyak 280 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan porposive sample sebanyak 60 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen two group pos-tes design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda. Nilai rata-rata pos tes siswa perempuan pada kelas kontrol adalah 64,33 sedangkan nilai rata-rata post test siswa laki-laki adalah 63. Nilai rata-rata siswa perempuan pada kelas eksperimen adalah 78 sedangkan nilai rata-rata siswa laki-laki adalah 76,67. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji General Linear Model Multivarite dengan program SPSS-17. Dari perhitungan uji hipotesis untuk kelas kontrol diperoleh harga sig. > α (0,594 > 0,05) dan untuk kelas eksperimen harga sig. > α (0,898 0,05) maka Ha ditolak sedangkan Ho diterima. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar apresiasi cerpen siswa laki-laki dengan perempuan. Hipotesis untuk teknik pembelajaran dipeoleh harga sig. < α (0,000 < 0,05) maka Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa teknik pembelajaran kelompok buzz dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Binjai tahun pembelajaran 2012/2013. Keywords: hasil belajar, apresiasi cerpen, jeniss kelamin, teknik kelompok buzz.
EFEKTIVITAS MODEL MIND MAP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL OLEH SISWA KELAS XI SMA SWASTA RAKYAT SEI GELUGUR TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 Monto Kannegi Br. Ginting
Basastra Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v2i4.823

Abstract

This research was conducted to describe the effectiveness of the method of mind map to write article. Experience and interviews indicate that many students who have difficulty writing article with precise slection of learning methods used by teachers. The selection and use of appropriate methods are needed to improve students' skills in writing article. This research was conducted to address the student's difficulties in writing article, by using the method of mind map. After doing reseased. This is evidenced by an increase in average value of experimental class students. Besides hypothesis testing also proved that the alternative hypothesis is accepted. Thus, teachers are advised to use mind map method so that students learn more actively and comfortably fits obtained imagination of mind, especially in writing article. Keywords: writing article, mind map method
PENGARUH MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KREATIF PUISI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KISARAN TAHUN AJARAN 2012/ 2013 IRNAWATI Hutagalung
Basastra Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v2i4.819

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh media film dokumenter terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kisaran tahun pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N.1 Kisaran sebanyak 350 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 35 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis puisi. Nilai rata-rata post test adalah 76,43, sedangkan untuk pre test adalah adalah 71,57. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis puisi siswa setelah perlakuan (post-test) lebih tinggi daripada sebelum perlakuan (pre-test). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh t  = 6,93, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5 %  = 2,03. Karena t  = 6,93  > t  = 2,03 maka  hipotesis nihil (H ) ditolak, sedangkan hipotesis alternatif (H ) diterima. Hal ini membuktikan  bahwa media film dokumenter mempengaruhi kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP N.1 Kisaran. Kata Kunci, Film Dokumenter, Menulis Puisi.
KEMAMPUAN MENULIS KEMBALI ISI CERPEN “SEPOTONG BURGER” KARYA SANICE ALFIETA OLEH SISWA KELAS IX SMP N I SEI KANAN LABUHAN BATU SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 Junaina Umairi
Basastra Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v2i4.820

Abstract

Writing is a very important skill in life, are not only important in education, but also very important in people's lives. As soon as  re-write the contents of the short story, students should be able to understand the way of story is written by the author, from the beginning to understand the intrinsic elements and understand the meaning of difficult words contained in a short story. The ability of the students' understanding after reading the short story can be known by asking students to retell or rewrite the content of the short stories that have been read by using their own language. Keywords, Writing, Short Story
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap Kemampuan Menemukan Nilai Moral Dalam Cerpen “Si Cacat” Karya Aisyah Wulansari Siswa Kelas X SMANegeri 1 Tanjung Tiram Tahun Pembelajaran 2012/2013 Luthfi Hirmainy
Basastra Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v2i4.821

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modelPembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap Kemampuan Menemukan Nilai Moral Dalam Cerpen “Si Cacat” Karya Aisyah Wulansari Siswa Kelas X SMA Negeri I Tanjung Tiram Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang di kelas eksperimen dan 30 orang di kelas kontrol, dari 177 populasi yang terdiri dari 5 kelas. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel adalah teknik sampel acak kelas. Kelas eksperimen dikenai perlakuan dengan model kooperatif tipe Dua Tinggal Dua Tamu, sedangkan kelas kontrol dikenai perlakuan dengan  model konvensional.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group post test desaign.Untuk memperoleh data digunakan tes essay menemukan nilai moral dalam cerpen.Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81,16 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 67,53. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model tipe Dua Tinggal Dua Tamu berpengaruh positif terhadap kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen “Si Cacat” karya Aisyah Wulansari pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Tiram Tahun Pembelajaran 2012/ 2013.     Kata Kunci: Pengaruh–Model Dua Tinggal Dua Tamu–Menemukan nilai moral cerpen

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 1 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 3 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra More Issue