cover
Contact Name
Frinawaty Lestarina Barus
Contact Email
frinabarus@ymail.com
Phone
+6281376362755
Journal Mail Official
basastra@gmail.com
Editorial Address
Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23015926     EISSN : 2579793X     DOI : https://doi.org/10.24114/bss.v9i2
Core Subject : Education,
Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT EDITORIAL TEAM VISITORS STATISTICS REVIEWER PUBLICATION ETIC JOURNAL HISTORY AUTHOR GUIDELINES Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Open Access Policy ETIKA PUBLIKASI Focus and Scope Jurnal Basastra adalah jurnal yang bergerak dibidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Unversitas Negeri Medan. Jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan konseptual dalam bidang pembelajaran, penilaian, linguistik, dan sastra dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia" : 5 Documents clear
PENGARUH MODEL GAMBAR DAN GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GEBANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 Arma Nely
Basastra Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v3i1.1447

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model gambar dan gambar terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Gebang tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gebang sebanyak 215 orang. Adapun persentase sampel diambil sebanyak 14 % dari jumlah kesuluruhan siswa yaitu 30 orang, yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test – post- test design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja dalam bentuk penugasan menulis teks eksposisi. Hasil pengolahan data yang didapat dari hasil penelitian diperoleh nilai rata- rata pre-test adalah 62,63 dengan standar deviasi 9,5. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 77,53 dengan standar deviasi 7,48. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test, dengan kata lain ada peningkatan hasil nilai rata- rata siswa sebelum penerapan model gambar dan gambar (pre-test) dan sesudah penerapan model gambar dan gambar (post-test). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t’. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh  = 16,93 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% (0,05) dengan dk= n-1 = 29. Pada tabel t dengan dk=29 diperoleh =2,04 . Kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika  >  yaitu 16,93 > 2,04, maka hipotesis alternatif diterima yang menyatakan model gambar dan gambar berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menulis teks eksposisi.   Kata kunci: model gambar dan gambar, menulis, teks eksposisi
Pengaruh Metode Jigsaw (JIG II) terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato Kelas IX SMP Sinar Husni TP 2013/2014 Armaliyah Armaliyah
Basastra Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v3i1.1448

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Jigsaw II (Jig II) dalam menulis teks pidato siswa kelas IX SMP Sinar Husni Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IX SMP Sinar Husni yang berjumlah 275 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil secara acak kelas (cluster random sampling). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan metode Jigsaw II dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan metode ceramah. Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas X memiliki rata-rata 77,5 dengan standar deviasi sebesar 9,55 sementara kelas Y memiliki rata-rata 65,75 dengan standar deviasi sebesar 8,40. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai pembelajaran rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan kata lain ada peningkatan hasil nilai rata-rata siswa setelah penerapan metode Jigsaw II (JIG II). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,94 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada tarap signifikasi 5% (0,05) dengan dk = n-1 = 39. pada tabel t dengan dk = 39 diperoleh ttabel = 2,00 kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika thitung > ttabel yaitu 5,94 > 2,00, maka hipotesis alternatif diterima yang menyatakan metode Jigsaw II (JIG II) berpengaruh dalam menignkatkan hasil belajar siswa yaitu menulis teks pidato. Kata kunci: Metode Jigsaw, menulis, pidato.
EFEKTIVITAS STRATEGI PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PROPOSAL KEGIATAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BUNTU PANE ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 Ainun Rahmi Harahap
Basastra Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v3i1.1443

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis proposal kegiatan menggunakan strategi pemecahan masalah dan strategi pembelajaran ekspositori. Straegi  pembelajaran mana yang lebih efektif antara  strategi pemecahan masalah dengan strategi pembelajaran ekspositori dalam menulis proposal kegiatan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Buntu Pane Asahan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 40 orang. Karena jumlah populasi di sekolah tersebut sedikit, sampel yang diambil untuk diteliti adalah sebanyak 40 orang yaitu 20 orang kelas XI-1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan 20 orang XI-2 ditetapkan sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen uji “t” dengan model two group post-test only. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah  tes penugasan. Tes penugasan tersebut adalah tes yang diberikan kepada siswa agar mereka melakukan instruksi menulis proposal kegiatan. Harga skor variabel X dan variabel Y dibandingkan satu dengan yang lain dengan menggunakan uji “t”. Kemampuan menulis proposal kegiatan dengan menggunakan strategi pemecahan masalah diperoleh nilai rata-rata 77,75 sedangkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori diperoleh nilai rata-rata 69,5. Berdasarkan perhitungan dengan uji “t” diperoleh nilai to =2,38 kemudian dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5 % maupun 1% dengan dk=(Ni+N1)-2=(20+20)-2=38 ternyata to diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,38>2,03 sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa strategi pemecahan masalah lebih efektif digunakan dalam menulis proposal kegiatan daripada strategi pembelajran ekspositori..
Pengaruh Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Binjai Tahun Pembelajaran 2013/2014 Anggrianne Anastasia Panjaitan
Basastra Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v3i1.1444

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 235 orang kelas VII SMP Negeri 4 Binjai. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil dengan proses simple random sampling.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh rata-rata pretes = 63,57, standar deviasi = 6,27, dan termasuk dalam dua kategori, yaitu kategori baik sebanyak 20% dan kategori cukup sebanyak 80%. Nilai rata-rata posttest = 76,46, standar deviasi = 7,30, dan termasuk dalam tiga kategori, yaitu kategori sangat baik sebanyak 16,67%, kategori baik sebanyak 70%, kategori cukup sebanyak 13,33%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretes dan posttest berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, didapat dari hasil hitung to sebesar 7,24. Selanjutnya t0  tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dan 1% dengan dk = N-1, maka 30-1 = 29. Dari df = 30 diperoleh taraf signifikansi 5% sebesar 2,04 dan 1% sebesar 2,76. Diperoleh to> ttabel  yakni  2,04 < 7,24 > 2,76. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran peta pikiran (mind mapping) yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek oleh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Binjai Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Pengaruh Strategi Amati Tiru Modifikasi (ATM) dengan Media Video Terhadap Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 Annisa Tri Sari
Basastra Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bss.v3i1.1446

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi amati tiru modifikasi (ATM) dengan media video terhadap kemampuan membaca puisi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VII SMP Negeri 2 Medan yang berjumlah 170 orangdan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi dengan menggunakan teknik Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian Post-Test Only Control Group Design yang dilaksanakan pada pada dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah adalah tes unjuk kerja/tes perbuatan membaca puisi. Hasil rata-rata diperoleh pada kelas eksperimen menggunakan strategi amati tiru modifikasi (ATM) dengan media video adalah 83,03. Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran eskpositori adalah 63,50. Pembelajaran menggunakan strategi amati tiru modifikasi (ATM) dengan media video lebih berpengaruh terhadap kemampuan membaca puisi siswa daripada menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, hal tersebut terbukti dari uji t yaitu diperoleh  hitung> tabel (9,48>1,99).  Kata Kunci: pengaruh, strategi, amati tiru modifikasi (ATM), media video, membaca puisi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 12, No 1 (2023): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 3 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 2 (2022): BASASTRA: JURNAL KAJIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Vol 11, No 1 (2022): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 3 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 2 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 10, No 1 (2021): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 3 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 2 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 3 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 2 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 8, No 1 (2019): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra More Issue