cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Media Riset Akuntansi
Published by Universitas Bakrie
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal MEDIA RISET AKUNTANSI merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan artikel orisinal tentang pengetahuan dan informasi riset atau aplikasi riset dan pengembangan terkini dalam bidang Akuntansi. Jurnal Media Riset Akuntansi dikelolah oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie. Jurnal ini terbit secara berkala dua kali dalam setahun: Februari dan Agustus.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2014): Februari" : 6 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT Lucyanda, Jurica; Nahomy, Aisha Homy
Media Riset Akuntansi Vol 4, No 1 (2014): Februari
Publisher : Universitas Bakrie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor apa saja yang memengaruhi earnings response coefficient (ERC). Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas audit, persistensi laba, struktur modal, kesempatan bertumbuh, ukuran perusahaan, dan konservatisma. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2008-2010. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Total sampel yang digunakan berjumlah 117 sampel. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi berganda (multiple regression analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas audit dan persistensi laba berpengaruh positif terhadap ERC, sedangkan struktur modal berpengaruh negatif terhadap ERC. Faktor lain seperti konservatisma, kesempatan bertumbuh, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap ERC.Kata kunci: earnings response coefficient (ERC), konservatisma, kualitas audit, persistensi laba, kesempatan bertumbuh, struktur modal, ukuran perusahaan. The objective of this study is to examine factors that affect earnings response coefficient (ERC). These factors consist of audit quality, earnings persistence, capital structure, growth, and firm size. The study added one variable, which is conservatism. It is often claimed that the practice of conservatism in accounting produces higher earnings quality, meanwhile the others said that conservatism will understate earnings, and make earnings become biased for investor. Sample used in this study are 117 firms year listed in Indonesia Stock Exchange from 2008-2010. The hypotheses in this study are tested by using muliple regression analysis. The results of the study show that audit quality and earnings persistence have positive influence on earnings response coefficients, while capital structure influence ERC negatively. On the other hand, conservatism, growth, and firm size are not statistically significant to influence earnings response coefficient.Key words: earnings response coefficient, conservatism, audit quality, persistence, growth, capital structure, firm size.
DAY OF THE WEEK: SUATU FENOMENA DI BURSA EFEK INDONESIA Pratiwi, Monica Weni; Sucahyo, Anang
Media Riset Akuntansi Vol 4, No 1 (2014): Februari
Publisher : Universitas Bakrie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fenomena the day of the week effect masih banyak diperdebatkan sampai saat ini, karena hal ini merupakan penyimpangan terhadap hipotesis pasar yang efisien. Penelitian ini mencoba menguji pengaruh hari perdagangan terhadap return saham di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam daftar indeks saham LQ 45 pada tahun 2009 dan tahun 2011. Hasil penelitian menujukkan Monday effect terjadi untuk volume perdagangan yang kecil. Selain itu secara keseluruhan menunjukkan bahwa hari Rabu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham, dimana return pada hari Rabu relatif lebih tinggi dibandingkan dengan hari yang lain. Hasil ini konsisten bila variabel size dan volume perdagangan kita masukkan sebagai variabel kontrol.Kata kunci: day of the week effect, monday effect
50 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR ORGANISASI ISLAM TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN Oktavia, Saktiana
Media Riset Akuntansi Vol 4, No 1 (2014): Februari
Publisher : Universitas Bakrie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Ukuran Perusahaan dan Budaya Organisasi Islam dengan kepemimpinan sebagai variabel intervening terhadap kinerja Perusahaan. Populasi penelitian adalah seluruh Bank Umum Syariah (BUS) yang terdaftar di Direktori Perbankan Indonesia pada tahun 2010-2011 dan seluruh karyawan di BUS tersebut sebagai responden. Setelah melalui purposive sampling, akhirnya terpilih sebanyak 63 sampel. Analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kinerja BUS, 2) Budaya Organisasi Islam berpengaruh negatif, tetapi signifikan terhadap Kinerja BUS secara langsung, 3) Budaya Organisasi Islam berpengaruh positif, tetapi tidak signifikan terhadap Kinerja perusahaan secara tidak langsung melalui kepemimpinan sebagai variabel intervening. Hasil penelitian ini menemukan bahwa budaya organisasi Islam dan kepemimpinan telah diterapkan dengan baik, serta ukuran dari BUS yang telah mengalami peningkatan setiap tahunnya. Sedangkan, kinerja dari beberapa bank masih mengalami penurunan, sehingga dapat mempengaruhi hubungan antara kinerja dan ketiga variabel lainnya.Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Budaya Organisasi Islam, Kepemimpinan,Kinerja Perusahaan This study aims to examine the effect of size of company and Islamic Corporate Culture on performance of company with leadership as an intervening variable. Population of this study is all sharia bank that listed in Indonesian Banking Directory and all of employee in that sharia bank as respondents. After going through purposive sampling process, 63 samples are selected. Data were analyzed by using Partial Least Square (PLS) with SmartPLS software.The results show that: 1) size of company has negative effect and not significant to performance of company, 2)Islamic Corporate Culture has negative effect but significant to performance of company directly, 3) Islamic Corporate Culture has positive effect but not significant to performance of company indirectly with leadership as an intervening variable. The result found that Islamic Corporate Culture and leadership has been well implemented, as well as the size of sharia bank that has increased every year. Meanwhile, the performance of some banks still decreasing, thus adversely affecting the relationship between performance and the three other variables.Keywords: Size of Company, Islamic Corporate Culture, Leadership, Performance of Company
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERDAGANGAN SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT (Studi Empiris Perusahaan yang Terdaftar di BEI 2007-2011) Janah, Dhani Arinta Ahlul
Media Riset Akuntansi Vol 4, No 1 (2014): Februari
Publisher : Universitas Bakrie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan harga saham dan volume perdagangan saham sebelum dan sesudah stock split yang signifikan. Terdapat penurunan rata-rata harga saham dari 7.573 menjadi 1.432 dan peningkatan rata-rata volume perdagangan saham dari 9.106.462 lembar saham menjadi 20.983.526 lembar saham. Sementara hasil dalam penelitian ini tidak berhasil menunjukkan adanya perbedaan frekuensi perdagangan saham sebelum dan sesudah stock split. Rata-rata frekuensi perdagangan saham sebelum stock split adalah 546 kali menjadi 746 kali sesudah stock split.Katakunci: stock split, harga saham, volume perdagangan saham, frekuensi perdagangan saham The objective of this research is to examine the differences in stock price, volume of stock trading, and frequency of stock trading before and after stock split. The population of this research includes companies listed on the Indonesia Stock Exchange on 2007-2011 which samples amounted to 36 obtained by purposive sampling method.The data is analyzed using Wilcoxon Signed-Rank Test. The results of this research show that there are differences in the stock price and volume of stock trading before and after the stock split, and the differences are significant. There is a decrease in the average of stock price of 7.573 to 1.432 and an increase in the average of volume of stock trading of 9.106.462 shares to 20.983.526 shares. While there is no difference in frequency of stock trading before and after the stock split.The average of frequency of stock trading before stock split is 746 times to 546 times after stock split.Keywords: stock split, stock price, volume of stock trading, frequency of stock trading
PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN INVESTOR DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Tantri, Puspita Ayudining
Media Riset Akuntansi Vol 4, No 1 (2014): Februari
Publisher : Universitas Bakrie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakeristik perusahaan yang terdiri atas ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, umur perusahaan, profitabilitas, likuiditas, solvency dan leverage terhadap tingkat kepercayaan investor melalui corporate social responsibility disclosure sebagai variabel intervening. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar sebagai perseroan di Indonesia dengan sampel perusahaan industri kimia dan dasar yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2007 sampai dengan 2010. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling, yaitu berjumlah 40 data. Metode analisis yang digunakan adalah partial least square yang merupakan metode alternatif dari structural equation modelling.Hasil penelitian membuktikan bahwa ukuran perusahaan dan ukuran dewan komisaris berpengaruh negatif terhadap tingkat kepercayaan investor melalui corporate social responsibility disclosure. Kepemilikan institusional, kepemilikan asing, umur perusahaan, profitabilitas, dan leverage berpengaruh positif terhadap tingkat kepercayaan investor melalui corporate social responsibility disclosure. Likuiditas dan solvency berpengaruh negatif terhadap tingkat kepercayaan investor melalui corporate social responsibility disclosure. Hal ini menunjukkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial dalam laporan tahunan perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan investor untuk berinvestasi.Kata Kunci: karakteristik perusahaan, ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, umur perusahaan, profitabilitas, likuiditas, solvency, dan leverage, corporate social responsibility disclosure, tingkat kepercayaan investor. The objectives of this research are to examine influence of firm characteristics, consist of firm size, board of commissioner size, institutional ownership, foreign ownership, firm age, profitability, liquidity, solvency and leverage toward the investor confidence level with corporate social responsibility disclosure as intervening variable. The populations are all limited companies in Indonesia with the samples are companies of chemical and basic industry member of Indonesia Stock Exchange in 2007 to 2010 periods. The samples selected based on purposive sampling method are meet 40 data. The analysis method used to tested hypothesis is partial least square, which is the alternative method of structural equation modelling.81The result of this research shows that firm size and board of commissioner size have negative influence toward the investor confidence level through corporate social responsibility disclosure. Institutional ownership, foreign ownership, firm age, profitability, and leverage have positive influence toward the investor confidence level through corporate social responsibility disclosure. Liquidity and solvency have negative influence toward the investor confidence level corporate social responsibility disclosure. This result indicates that corporate social responsibility disclosure in companies’ annual report increase the investor confidence level to invest.Keywords: firm characteristics, firm size, board of commissioner size, institutional ownership, foreign ownership, firm age, profitability, liquidity, solvency, leverage, corporate social responsibility disclosure, the investor confidence level.
PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN SUB SEKTOR OTOMOTIF DAN KOMPONENNYA DI INDONESIA Putri, Niluh Putu Ayu Priscilla Wirantika
Media Riset Akuntansi Vol 4, No 1 (2014): Februari
Publisher : Universitas Bakrie

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Intellectual Capital (IC) dan komponennya terhadap kinerja perusahaan yang diukur dengan menggunakan proksi Return on Equity (ROE), Total Asset Turnover (ATO), Market to Book Value (M/B), dan Growth in Revenue (GR). Model IC yang digunakan sebagai pengukuran IC adalah Value Added Intellectual Coefficient (VAIC™) yang terdiri atas tiga komponen, yaitu Value Added Human Capital (VAHU), Value Added Capital Employed (VACA), dan Structural Capital Value Added (STVA). Penelitian ini meneliti perusahaan sub sektor otomotif dan komponennya di Indonesia. Analisis regresi linier sederhana dan berganda digunakan sebagai metode analisis dalam penelitian ini. Hasil pengujian menunjukkan bahwa VAIC™ berpengaruh positif terhadap ROE, ATO, dan GR, namun tidak berpengaruh terhadap M/B. Hasil ini menunjukkan bahwa pengelolaan HC, PC, dan SC yang efektif dan efisien akan meningkatkan profitabilitas, produktivitas, dan kinerja masa depan sub sektor otomotif dan komponennya di Indonesia. Masing-masing komponen VAIC™ memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap kinerja perusahaan. Komponen VAIC™ yang berpengaruh positif terhadap ROE adalah VACA dan STVA. Hanya satu komponen VAIC™ yaitu VACA yang memiliki pengaruh positif terhadap ATO. Ketiga komponen VAIC™ tidak berpengaruh terhadap M/B. Dua dari tiga komponen VAIC™ berpengaruh positif terhadap GR, yaitu VAHU dan VACA.Kata kunci: Intellectual Capital, Return on Equity, Total Asset Turnover, Market to Book Value, Growth in Revenue. This research is intended to examine the influence of Intellectual Capital and its components toward the performance of automotive sub sector companies and its component in Indonesia which is measured by the following proxies, Return on Equity (ROE), Total Asset Turnover (ATO), Market to Book Value (M/B)and Growth in Revenue (GR). IC model used for the IC measurement is Value Added Intellectual Coefficient (VAICTM) which consist of three components, Value Added Human Capital (VAHU), Value Added Capital Employed (VACA), and Structural Capital Value Added (STVA). Methods employed in the following research are simple linear regression and multiple linear regressions. Result shows that VAIC is significantly influential toward ROE, ATO, and GR. But, on the contrary isn’t significantly influential toward M/B. These results indicate that management of HC, PC, and SC effectively and efficiently will improve profitability, productivity, and future performance of automotive sub sector companies and its components in Indonesia. Each component of VAICTM has different effect on company’s performance. VAIC’s components that influenced ROE are VACA and STVA. ATO is influenced by the remaining VAIC’s component which is VACA. And none of the three VAIC’s components influence M/B. Lastly, two out of three VAIC’s components102which are VAHU and VACA have influenced GR.Keywords: Intellectual Capital, Return on Equity, Total Asset Turnover, Market to Book Value, Growth in Revenue.

Page 1 of 1 | Total Record : 6