cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2018): Volume 8 Nomer 1" : 24 Documents clear
STUDI KEPUSTAKAAN MENGENAI LANDASAN TEORI DAN PRAKTIK KONSELING NEURO LINGUISTIC PROGRAMMING (NLP) Kusuma, Rani
Jurnal BK UNESA Vol 8, No 1 (2018): Volume 8 Nomer 1
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi landasan teori dan praktik konseling Neuro Linguistic Programming (NLP) sebagai alternatif pendekatan konseling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Guna menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka serta memperhatikan komentar pembimbing. Hasil penelitian ini adalah terelaborasinya landasan teori dan praktik konseling Neuro Linguistic Programming secara utuh meliputi, : 1) Latar belakang berkembangnya konseling Neuro Linguistic Programming  (NLP), 2) konsep utama konseling Neuro Linguistic Programming  (NLP), 3) tujuan dari konseling Neuro Linguistic Programming  (NLP), 4) fungsi dan peran konselor dalam konseling Neuro Linguistic Programming  (NLP), 5) pengalaman konseli dalam proses konseling Neuro Linguistic Programming  (NLP), 6) hubungan antara konselor dan konseli dalam konseling Neuro Linguistic Programming  (NLP)), 7) teknik dan prosedur konseling Neuro Linguistic Programming  (NLP), dan 8) hasil penelitian penerapan konseling Neuro Linguistic Programming  (NLP), dan 9) proses konseling Neuro Linguistic Programming  (NLP) dalam menangani kasus. Kata Kunci: Studi Kepustakaan, Neuro Linguistic Programming  (NLP)
STUDI KEPUSTAKAAN MENGENAI LANDASAN TEORI DAN PRAKTIK KONSELING EXPRESSIVE WRITING MIRZAQON T, ABDI
Jurnal BK UNESA Vol 8, No 1 (2018): Volume 8 Nomer 1
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi landasan teori dan praktik konseling sebagai alternatif pendekatan konseling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka serta memperhatikan komentar pembimbing. Hasil penelitian ini adalah terelaborasinya landasan teori dan praktik konseling  secara utuh meliputi, : 1) Latar belakang berkembangnya konseling Expressive Writing, 2) Konsep utama konseling Expressive Writing, 3) Tujuan dari konseling Expressive Writing, 4) Fungsi dan peran konselor dalam konseling Expressive Writing, 5) Pengalaman konseli dalam proses konseling Expressive Writing, 6) Hubungan antara konselor dan konseli dalam konseling Expressive Writing, 7) Teknik dan prosedur konseling Expressive Writing, dan 8) Hasil penelitian penerapan konseling Expressive Writing, dan 9) Proses konseling Expressive Writing dalam menangani kasus.   Kata Kunci: Studi Kepustakaan, Expressive Writing.
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KEPEMIMPINAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AYU MARTIARANI, NINDYA
Jurnal BK UNESA Vol 8, No 1 (2018): Volume 8 Nomer 1
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Krisis Kepemimpinan di Indonesia salah satunya berasal dari pendidikan dan pengetahuan tentang kepemimpinan yang kurang di pahami oleh peserta didik. Hasil dari Need Asesment penulis, penulis menemukan bahwa perlu adanya sebuah produk yang dapat mendukung dalam mengembangkan pengetahuan tentang kepemimpinan khususnya pada siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku panduan kepemimpinan bagi siswa sekolah menengah pertama yang mampu memenuhi kriteria kriteria keberterimaan produk yang meliputi kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan produk. Proses pengembangan produk yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil validasi dari ahli materi, ahli media dan calon pengguna adalah prosentase. Hasil pengembangan media ini memenuhi kriteria valid yakni angket penilaian ahli materi (91,8%), angket penilaian ahli media (89,5%), angket penilaian calon pengguna yakni konselor (79,5% ) dan calon pengguna siswa (80,3%) Kriteria kelayakan produk yang didapat dari hasil validasi tersebut menurut mustaji (2005) dikatakan baik dan tidak perlu direfisi lagi. Buku panduan kepemimpinan yang di buat oleh penulis dapat disimpulkan telah memenuhi kriteria akseptabilitas meliputi aspek kegunaan, aspek kelayakan, aspek ketepatan dan aspek kepatutan. Berdasarkan pemenuhan aspek-aspek tersebut, tahapan proses pengembangan selanjutya yaitu melakukan uji coba lapangan skala yang lebih besar dan luas dapat digunakan apabila menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall. Kata Kunci: kepemimpinan, siswa SMP, sikap, pengembangan.
PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMILIHAN KARIR SISWA KELAS XI TATA BUSANA DI SMK DARUTTAQWA GRESIK Nur Oktavia, Ika
Jurnal BK UNESA Vol 8, No 1 (2018): Volume 8 Nomer 1
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena pada siswa kelas XI Tata Busana di SMK Daruttaqwa Gresik yang mengatakan takut tidak bisa mendapatkan pekerjaan setelah lulus karena mereka masih bingung untuk memilih karir untuk kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan kemampuan pemilihan karir siswa kelas XI Tata Busana di SMK Daruttaqwa Gresik. Penelitian ini menggunakan desain pre experimental design dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Subyek dalam penelitian ini yaitu 8 siswa kelas XI Tata Busana SMK Daruttaqwa Gresik yang memiliki kemampuan pemilihan karir kategori rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket kemampuan pemilihan karir dengan 27 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan statistic non parametric yaitu uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan ketentuan ketentuan N = 8 dan x = 0 (z), maka diperoleh ρ (kemugkinan harga dibawah Ho) = 0,012. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka 0,012 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat perbedaan kemampuan pemilihan karir antara pre test dan post test, diketahui rata-rata pre test = 64,25 dan rata-rata post test = 86,12 dengan selisih sebanyak 21,87. Sehingga hipotesis penelitian yang berbunyi “penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan kemampuan pemilihan karir siswa” diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan kemampuan pemilihan karir siswa kelas XI Tata Busaana di SMK Daruttaqwa Gresik.   Kata kunci : Kemampuan Pemilihan Karir, Bimbingan Kelompok, Diskusi
PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ETIKA PERGAULAN SISWA KARTIKA MURTI, FIQIH
Jurnal BK UNESA Vol 8, No 1 (2018): Volume 8 Nomer 1
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi dikalangan siswa SMP. Di SMPN 34 surabaya terdapat siswa yang belum memahami perilaku etika pergaulan, seperti memanggil teman dengan nama nama orang tua, siswa mengobrol ketika pelajaran berlangsung, menggunakan bahasa yang kurang baik ketika berbicara. Hal itu dapat memicu permusuhan dan perkelahian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan pemahaman etika pergaulan siswa kelas VII di SMPN 34 Surabaya. Metode penelitian ini merupakan eksperimen jenis penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah one group pre-test and post-test design. Subyek dalam penelitian adalah 8 siswa kelas VII yang memiliki pemahaman etika pergaulan rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non parametik analisis uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa rangking negatif 0, rangking positif 8, ties 0 dengan ketentuan Z -2,521, Asymp. Sig (2 tailed) sebesar 0,012 atau lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka 0,012 < 0,05. Berdasarkan hasil ini maka Ho ditolak dan Ha diterima, hipotesis penelitiannya ialah ”penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan pemahaman etika pergaulan siswa” diterima, dan kesimpulannya penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan pemahaman etika pergaulan siswa kelas VII di SMPN 34 Surabaya.   Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Diskusi, Pemahaman, etika pergaulan
PENERAPAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK KONTRAK PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB PRIBADI SISWA KELAS VIII-F SMP NEGERI 34 SURABAYA Bee Sanna, Jihadaroza
Jurnal BK UNESA Vol 8, No 1 (2018): Volume 8 Nomer 1
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang memiliki tanggung jawab pribadi rendah selama di sekolah, seperti membolos, tidak mengembalikan peralatan makan ke kantin, menunggu dipanggil oleh guru untuk melaksanakan sholat, mengobrol dan melakukan kegiatan yang tidak seharusnya saat pelajaran hingga berakhir. Hal tersebut juga termasuk pada tata tertib yang harus dipatuhi oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat atau tidaknya meningkatkan tanggung jawab pribadi siswa melalui pemberian konseling kelompok teknik kontrak perilaku pada siswa kelas VIII-F SMP Negeri 34 Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan Single Subject Design (SSD) desain A-B dengan banyak subjek penelitian 5 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan dokumentasi. Sehingga penggunaan Single Subject Design (SSD) sesuai untuk jenis penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan kelima subjek mengalami perubahan perilaku membaik yang dapat dilihat pada level perubahan perilaku tanggung jawab pribadi, yaitu Subjek V membaik 0.83 pada fase intervensi (B). Subjek W membaik 1.15 pada fase intervensi (B). Subjek X membaik 3.9 pada fase intervensi (B). Subjek Y membaik 0.55 pada fase intervensi (B). Subjek Z membaik 0.8 pada fase intervensi (B). Hal ini menunjukkan adanya perubahan skor sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok terknik kontrak perilaku pada siswa kelas VIII-F SMP Negeri 34 Surabaya. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Kontrak Perilaku, Tanggung Jawab Pribadi.
STUDI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI MTS. TARBIYATUS SA’ADAH DUSUN BEJAN DESA SIWALAN KECAMATAN PANCENG KABUPATEN GRESIK. Fatmawati, Nuri
Jurnal BK UNESA Vol 8, No 1 (2018): Volume 8 Nomer 1
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perilaku membolos bukan merupakan hal baru dalam dunia pendidikan. Namun keberadaannya masih menjadi salah satu faktor  kegagalan siswa dalam belajar. Maka dari itu perilaku membolos harus segera ditangani. Hal tersebut tidak lepas dari dampak yang ditimbulkan dari kebiasaan membolos tersebut, yaitu secara akademis siswa yang sering membolos akan tertinggal materi pelajaran, selain itu siswa yang sering membolos akan merasakan ketakutan-ketakitan saat bertemu dengan pihak sekolah, bahkan siswa yang gemar membolos juga akan lebih dijauhi oleh teman-teman di sekolah. Fakta ini juga terjadi di MTs.Tarbiyatus Sa’adah Dusun Bejan Desa Siwalan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik.   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor dan dampak perilaku membolos juga  berbagai jenis layanan bimbingan dan konseling yang diberikan oleh guru BK dalam menangani dan meminimalisir perilaku membolos bagi siswa di MTs.Tarbiyatus Sa’adah Dusun Bejan Desa Siwalan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi non partisipan, dimana penulis tidak terlibat secara langsung dan hanya sebagai pengamat saja. selain observasi, penulis menggunakan wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor perilaku membolos yang dilakukan oleh siswa di MTs.Tarbiyatus Sa’adah Dusun Bejan Desa Siwalan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik, meliputi faktor dari diri siswa sendiri, faktor keluarga dan faktor lingkungan sekolah dengan bentuk membolos seharian penuh dan pulang di jam istirahat yang berdampak pada psikis, akademik dan social. Adapun layanan bimbingan dan konseling yang diberikan meliputi layanan informasi, layanan konseling individu, layanan konsultasi, kunjungan rumah, konferensi kasus dan layanan mediasi. 
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENCEGAHAN BAHAYA NARKOBA BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ADEANA WULANSARI, META
Jurnal BK UNESA Vol 8, No 1 (2018): Volume 8 Nomer 1
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian pengembangan Borg & Gall (1983) atau penelitian pengembangan yang menghasilkan suatu produk.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduanpencegahan bahaya narkoba dengan latihan asertif bagi siswa menengah pertama. Produk pengembangan yang dihasilkan terdiri dari baku panduan untuk konselor dalam melakukan layanan informasi dan juga bimbingan kelompok dalam pemberian materi anti narkoba .Pengembangan buku pengembangan panduan pencegahan bahaya narkoba dengan latihan asertif bagi siswa memengah pertama mengadopsi tahapan model pengembangan Borg & Gall yang telah disederhanakan oleh Tim PuslitJaknov. Dalam proses pengembangan awal , pengembangan melakukan konsultasi dengan ahli media untuk mendapatkan panduan dan saran tentang media yang dikembangkan . Untuk memenuhi akseptabilitas produk maka dilakukan uji ahli validasi ahli media, validasi ahli materi dan uji validasi ahli lapangan konselor .Instrumen penelitian ini berupa angket yang digunakan untuk mengetahui akseptabilitas produk.Adapun hasil penilaiannya dianalisis dengan menggunakanteknik analisis diskriptif presentase.Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil validasi uji calon pengguna konselor. menunjukkan bahwa buku pengembangan panduan pencegahan bahaya narkoba dengan latian asertif bagi siswa menengah pertama mmenuhi kriteria akseptabilitas yang sesuai dengan aspek kegunaan , kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Skor yang diperoleh dari hasil Validasi uji ahlimateri aspek kegunaan 97,72%, aspek kelayakan 90,62%, aspek kepatutan 93,05%, dan aspek kepatutan 95,45%. Dengan demikian Buku pengembangan panduan pencegahan bahaya narkoba dengan latihan asertif bagi siswa menengah pertama dapat digunakan dapat digunakan sebagai media dalam layanan informasi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya narkoba
PENGEMBANGAN BUKU PAKET SELF LEADERSHIP UNTUK MENGELOLA KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SEBAGAI CALON PENGURUS OSIS SMPN 1 MOJOKERTO KUNTARI, DIANA
Jurnal BK UNESA Vol 8, No 1 (2018): Volume 8 Nomer 1
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepemimpinan merupakan sebuah potensi yang sudah ada dalam diri setiap individu. Kepemimpinan diri atau disebut juga self leadership merupakan sebuah  perilaku yang membentuk suatu proses keterampilan dasar yang harus dikembangkan individu agar dapat menjalani kehidupannya dengan baik sesuai dengan tujuan individu. Kepemimpinan peserta didik diaktualisasikan dalam kehidupan peserta didik baik dirumah maupun disekolah. Dalam hal ini konselor perlu untuk membantu peserta didik dalam mengelola keterampilan kepemimpinan diri. Konselor memerlukan media dalam menyampaikan materi mengenai keterampilan kepemimpinan diri kepada peserta didik maka perlu adanya pengembangan buku paket self leadership. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall (2008) dengan dibatasi sampai pada tahap uji lapangan skala kecil. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasikan sebuah produk yaitu buku paket self leadership yang memenuhi kriteria kegunaan, kelayakan, kepatutan, dan ketepatan. Hasil penelitian validasi materi dan media serta pengguna yang berjumlah 14 orang uji ahli menunjukkan bahwa media buku paket self leadership telah memenuhi kriteria aspektabilitas. Nilai yang diperoleh dari ahli materi 90,6%, ahli media 91,2%, dan calon pengguna konselor 79,6%, serta calon pengguna peserta didik 87,8%. Dengan begitu, secara keseluruhan memperoleh rata-rata nilai sebesar 87,3%, dengan kategori nilai sangat baik, tidak perlu direvisi. Sedangkan, dalam pelaksanaan uji lapangan skala kecil diperoleh data dari hasil pretes dan posttes. Dari 20 peserta didik yang dipilih oleh Pembina OSIS dengan karakteristik memiliki keterampilan kepemimpinan diri yang kurang mendapat perlakuan dan hasil pretest dan posttest keseluruhan mengalami peningkatan. Meski tergolong berhasil namun ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan ketika penggunaan media buku paket seperti : keterampilan konselor dalam melaksanakan layana dan beberapa kritik dan saran dari pengguna siswa setelah mengikuti layanan. Namun demikian tahap revisi setelah uji kelompok kecil telah dilaksanakan sehingga media dapat digunakan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMPN 1 Mojokerto. Kata kunci : Pengembangan, Media Buku Paket, Self Leadership
PENGEMBANGAN BOOKLET PEMBERDAYAAN DIRI DESAIN KARIER “SELF EMPOWERMENT CAREER DESIGN” (SECD) UNTUK SISWA KELAS X SMK DARUTTAQWA GRESIK PRAMUDHITA, BERLIAN
Jurnal BK UNESA Vol 8, No 1 (2018): Volume 8 Nomer 1
Publisher : Jurnal BK UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah media Booklet Self Empowerment Career Design yang akan bermanfaat sebagai media layanan informasi bimbingan karier dalam melakukan perencanaan karir. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall (2008) yang terbatas hingga tahap ke tujuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Booklet Self Empowerment Career Design telah memenuhi kriteria akseptabilitas. Nilai yang diperoleh dari ahli materi 95,31% untuk booklet SECD dan 93,75% untuk buku panduan. Sedangkan nilai yang diperoleh dari ahli media 93,75% untuk booklet SECD dan 90,625% untuk buku panduan. Serta dari calon pengguna konselor 90,625% untuk booklet SECD dan 100% untuk buku panduan dan dari calon pengguna konseli 86,03%. Secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 92,87% dengan kategori nilai sangat baik tidak perlu direvisi. Dari 7 peserta didik yang telah diberikan perlakuan terdapat selisih nilai antara pre-test dengan post-test yakni 5 diantaranya menunjukkan peningkatan self empowerment dalam merencanakan karir dan sisanya 2 siswa mengalami penurunan. Sehingga dari hasil berikut, diketahui terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi peneliti selanjutnya, antara lain kriteria konselor, keterampilan dalam memberikan layanan, kelemahan dan kelebihan media. Namun setelah adanya tahap ketujuh yakni revisi produk operasional maka dapat disimpulkan bahwa media Booklet Self Empowerment Career Design telah memenuhi kriteria akseptabilitas untuk digunakan dalam pelaksanaan layanan bimbingan karir peserta didik kelas X SMK Daruttaqwa Gresik.   Kata Kunci : Pengembangan, Media Kalender, Bimbingan Karier Studi Lanjut

Page 1 of 3 | Total Record : 24