cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 19784538     EISSN : 2527421X     DOI : 10.21831
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1: Juni 2007" : 7 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN KALKULUS DIFERENSIAL DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM MAPLE PADA MAHASISWA PRODI MATEMATIKA FMIPA UNY Atmini Dhoruri; Endang Listyani; Raden Rosnawati; Sri Andayani
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1: Juni 2007
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.945 KB) | DOI: 10.21831/pg.v3i1.640

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan minat mahasiswa dalam matakuliah Kalkulus Diferensial dengan menggunakan program Maple .Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan mengambil langkah-langkah : observasi awal, perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Kegiatan ini berulang dalam 3 siklus, dengan tindakan perkuliahan yang disertai dengan praktikum komputer dengan program Maple. Instrumen penelitian terdiri dari tes prestasi belajar, lembar observasi dan angket minat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada siklus I dosen telah mengupayakan terlaksananya pembelajaran yang baik, namun keberanian mahasiswa untuk mengemukakan pendapat dan pertanyaan, diskusi untuk menyelesaikan masalah masih dalam taraf cukup. Dalam pelaksanaan praktikum keterampilan mahasiswa mengoperasikan komputer dengan Maple, menggambar grafik, keberanian bereksplorasi masih dalam taraf cukup, karena mengoperasikan komputer dengan program Maple masih relatif baru bagi mahasiswa.(2) Pada siklus II dan III dosen telah mengupayakan terlaksananya pembelajaran yang baik, keberanian mahasiswa untuk mengemukakan pendapat, pertanyaan, dan diskusi untuk menyelesaikan masalah sudah mencapai taraf baik. Dalam pelaksanaan praktikum keterampilan mahasiswa mengoperasikan komputer dengan Maple, keberanian bereksplorasi juga pada taraf yang baik. (3) Pembelajaran Kalkulus Diferensial dengan program Maple dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, dengan tercapainya pembelajaran tuntas pada kelas Kalkulus Diferensial dan hasil akhir yang memuaskan, yakni 89,28% mahasiswa yang mencapai nilai minimal B+. (4) Mahasiswa berminat terhadap pembelajaran Kalkulus Diferensial dengan menggunakan program Maple.Kata kunci: Peningkatan Prestasi, Kalkulus Diferensial, Program Maple
MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PROBLEM POSING Ali Mahmudi
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1: Juni 2007
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.032 KB) | DOI: 10.21831/pg.v3i1.641

Abstract

Di dunia yang begitu cepat berubah, kreativitas menjadi penentu keunggulan. Daya kompetitif suatu bangsa sangat ditentukan pula oleh kreativitas sumber daya manusianya. Tidak sebagaimana pandangan klasik yang menganggap kreativitas sebagai kemampuan yang hanya dimiliki oleh individu luar biasa, pandangan terkini mengenai kreativitas menempatkannya sebagai kemampuan yang dapat dibentuk atau dikembangkan melalui berbagai usaha, termasuk melalui kegiatan pembelajaran yang terencana dengan baik. Dalam artikel ini dikemukakan mengenai keterkaitan problem posing yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dan pengembangan kemampuan siswa terhadap tiga dimensi utama kreativitas, yaitu kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility), dan kebaruan (novelty).Kata kunci: kreativitas, problem posing
PENDUGAAN PARAMETER REGRESI LOGISTIK DENGAN JARINGAN SYARAF TIRUAN Anik Djuraidah
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1: Juni 2007
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.347 KB) | DOI: 10.21831/pg.v3i1.642

Abstract

Logistic regression can be mapped equivalent to artificial neural network (ANN) without hidden layer with logistic as activation function, hence logistic regression is subset of ANN. The result study on binary and poly-chotomous response data show that parameter estimation values of ANN and logistic regression are similar. In comparison with ANN, logistic regression has standard procedure for estimation and testing parameter.Keyword : logistic regression, generalized linear model, artificial neural network, activation function, hidden layer
ANALISIS PEUBAH RESPON BINER Kismiantini Kismiantini
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1: Juni 2007
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.741 KB) | DOI: 10.21831/pg.v3i1.643

Abstract

Pada regresi linier klasik, peubah respon diasumsikan merupakan peubah yang bersifat kontinu. Bila peubah respon tidak lagi kontinu melainkan berupa kategori (biner, cacahan) maka model regresi linier klasik tidak dapat digunakan. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan model linier terampat. Model linier terampat yang digunakan dalam menganalisis peubah berskala biner adalah model logit, model probit dan model complementary log-log. Pada tulisan ini akan dikaji penggunaan ketiga model tersebut dalam menganalisis peubah respon biner. Bila nilai galat baku Pearson semakin kecil maka semakin baik pula model yang digunakan.Kata kunci : peubah respon biner, model logit, model probit, model complementary log- log
MASALAH NORM MINIMUM PADA RUANG HILBERT DAN APLIKASINYA Karyati Karyati; Dhoriva Urwatul Wutsqa
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1: Juni 2007
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (128.393 KB) | DOI: 10.21831/pg.v3i1.628

Abstract

In this paper, will be discussed about the minimum norm in the pre- Hilbert Space, Hilbert space and its modification, and its application. The results are: Let X be a pre-Hilbert space and M is a sub space of X. If an element is fixed, then : . If there is such that , then is unique. Let H be a Hilbert space and M be a closed sub space of H . If , then there is a unique element such that , . Let X be a Hilbert space , M be a closed sub space of X . If V =x+ M, for an element xX, then there is a unique element of such that , M.Key words : minimum norm, pre-Hilbert space, Hilbert space , orthogonality
INVERSI DAN TITIK-TITIK HARMONIS himmawati puji; Caturiyati Caturiyati
Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3, No 1: Juni 2007
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.388 KB) | DOI: 10.21831/pg.v3i1.645

Abstract

Given a circle centre O and radius r in , the inversion in this circle is the mapping defined by , where lies on the straight line through O and A, and on the same side of O as A, and . It will be investigated the property of inversion related to four harmonic points. The result is that the cross-ratio of any four coplanar points A, B, C, D is invariant under inversion. Hence, the inversion preserves the four harmonic points.Keywords : inversion, cross ratio, four harmonic points.
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN KOMPUTER MELALUI PERKULIAHAN ONLINE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Sri Andayani; Kana Hidayati; Sahid Sahid
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 1: Juni 2007
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.904 KB) | DOI: 10.21831/pg.v3i1.630

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pemrograman Komputer melalui perkuliahan online.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta yang menempuh mata kuliah Pemrograman Komputer semester gasal tahun akademik 2005/2006. Kegiatan siklus I meliputi perencanaan, tindakan, monitoring, refleksi dan evaluasi. Kegiatan siklus II merupakan tindak lanjut dan modifikasi dari siklus I. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemampuan awal mahasiswa dalam memanfaatkan komputer, ujian tertulis dan tugas, angket respons mahasiswa, dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan perkuliahan online tersebut, telah terjadi peningkatan kualitas pembelajaran ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang ditunjukkan dalam hasil nilai akhir mata kuliah. Penerapan perkuliahan online dilakukan melalui tahapan: (1) prerequisite online, (2) lecturer_ied atau online for presentation dan (3) online follow up. Respons mahasiswa terhadap kegiatan perkuliahan adalah baik dan bahkan mengharapkan digunakannya model ini untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 7