cover
Contact Name
I Wayan Widiana
Contact Email
wayanwidiana85@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Indonesia
ISSN : 2303288X     EISSN : 25417207     DOI : 10.23887
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Indonesia [p-ISSN: 2303-288X (print) and e-ISSN: 2541-7207 (online)] is a peer-reviewed journal published by the Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha since 2012. JPI is an integrated media for ongoing communication related to significant new research findings related to education, including: the fields of educational research in teaching, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and education development. JPI publishes research articles that are comprehensive in nature by inviting reviews from the leading experts in the fields. The incoming papers will be selected based on high scientific studies, provide important new knowledge, and are very interesting for the community in the field of education. JPI has become a member of CrossRef with DOI: 10.23887/jpi-undiksha.v9i1 so that all articles published by JPI will have a unique DOI number.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2012)" : 5 Documents clear
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS LOCAL CONTENT GURU DAN CALON GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA SINGARAJA Martha, I Nengah
JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.593 KB) | DOI: 10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendapatkan informasi tentang guru-guru SD dikota Singaraja  memilih atau menggunakan materi pelajaran sesuai dengan konteks, lingkungan,  setting siswa, atau materi pelajaran yang berbasis local content; 2)mendapatkan informasi pada bidang studi apa saja guru-guru SD di kota Singaraja telah memilih atau menggunakan materi pelajaran sesuai dengan konteks, lingkungan,  settingsiswa, atau materi pelajaran yang berbasis local content; 3) mengetahui bagaimana tingkatkemampuan guru-guru SD di kota Singaraja dalam memilih, atau menggunakan materipelajaran sesuai dengan konteks, lingkungan,  setting siswa atau materi pelajaran yangberbasis local content. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian ex post facto, yangbersifat kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik koleksi dokumen dan dengan cara multistage stratified random sampling. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif dankualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) RPP guru-guru SD di Kota Singaraja yang mengandung materi pelajaran berbasis local content berjumlah 302 buah (76,46%). RPPguru-guru SD di Kota Singaraja yang tidak mengandung materi yang berbasis local contentadalah 93 buah (23,54%); 2) bidang studi Bahasa Bali secara keseluruhan menggunakanmateri pelajaran yang berbasis local content. Bidang studi Bahasa Indonesia hanyamenggunakan:77,57%, Pendidikan Kewarganegaraan: 72,55%, Ilmu Pengetahuan Alam:65,79%, Matematika: 84,09%, Ilmu Pengetahuan Sosial: 77,27%, Seni Budaya danKeterampilan: 90%, dan Agama Hindu: 83,33%.; 3) Jumlah RPP yang berada pada kategrisangat cocok adalah 163 buah (53,44%). Jumlah RPP yang berada pada kategori cukupcocok adalah 142 buah (46,56%). Tak satu pun RPP ada pada tingkat kategori tidak cocok.Disarankan agar, para guru SD di kota Singaraja memilih dan menggunakan materi pelajaran berbasis local content untuk mendukung pembelajaran bermakna.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS KARAKTER DAN LOKALITAS DALAM MATA KULIAH DRAMA, JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA SINGARAJA Sonia Piscayanti, Kadek
JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.185 KB) | DOI: 10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4488

Abstract

Pembelajaran drama di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PendidikanBahasa Inggris selama ini menggunakan naskah-naskah karya penulis luar negeri. Hal inimenjadi beban bagi mahasiswa karena adanya kesenjangan antara latar budaya di dalamnaskah dengan latar budaya mahasiswa. Kesenjangan budaya ini menyebabkanmahasiswa kesulitan memahami teks. Persoalan budaya adalah hal yang sangat pentingdalam pembelajaran bahasa. Pembelajaran bahasa akan berhasil jika pembelajaran bersifatkontekstual, berkarakter dan bermakna. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modelpembelajaran drama berbasis karakter dan lokalitas. Metode yang digunakan adalah modelpengembangan Dick, Carey and Carey (2001). Pengembangan ini melalui sembilantahapan. Hasilnya adalah produk model pembelajaran drama berbasis karakter danlokalitas. Bahan ajar yang dihasilkan adalah naskah drama berbasis karakter dan lokalitas.Model dan naskah ini kemudian diimplementasikan dan diujikan pada mahasiswa. Hasilnyaadalah terdapat perbedaan signifikan antara prestasi mahasiswa yang diajar dengan modelpembelajaran drama berbasis karakter dan lokalitas dengan prestasi mahasiswa yang tidakmendapat perlakuan.
UPAYA PENGEMBANGAN SOFT SKILLS MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA DASAR Sudiana, I Ketut
JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (600.8 KB) | DOI: 10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4489

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan (1) meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada pembelajaran Kimia Dasar, (2)meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran Kimia Dasar, dan (3)mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap upaya pengembangan soft skills melaluiimplementasi model pembelajaran kooperatif untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajarmahasiswa pada pembelajaran Kimia Dasar. Subjek penelitian ini adalah mahasiswaSemester I (Kelas B) Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Pendidikan GaneshaTahun akademik 2011/2012, yang mengikuti perkuliahan Kimia Dasar sebanyak 22mahasiswa. Objek penelitian ini adalah upaya atau  tindakan peningkatan soft skillsmahasiswa yang diterapkan, kepemilikan atribut soft skills mahasiswa, persiapan belajarmahasiswa (tugas reviu), aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran, hasil belajarmahasiswa, dan persepsi mahasiswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa tindakan yang diterapkan dalam penelitian ini dapat (1) meningkatkan soft skills mahasiswa, (2) meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa, (3)meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dan (4) mahasiswa memberikan respon positif terhadap upaya pengembangan soft skills yang dimplementasikan melalui modelpembelajaran kooperatif.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN APLIKATIF MAHASISWA Nurjaya, Gede
JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.181 KB) | DOI: 10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4490

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar Metode PembelajaranBahasa dan Sastra Indonesia yang mampu meningkatkan pemahaman dan kemampuanaplikatif mahasiswa. Untuk tujuan itu, rancangan penelitian yang digunakan adalahrancangan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini membutuhkan waktu duatahun untuk menghasilkan produk yang siap pakai.  Pada tahun kedua ini adalah uji coba efektivitas penggunaan bahan ajar. Hasilnyaadalah sebagai berikut ini. (1) Prestasi mahasiswa setelah diajarkan dengan menggunakanbahan ajar yang telah disusun berada pada kategori baik dengan rata-rata skor 79,42. Skoruntuk pemahaman sebesar 81,17 dalam kategori baik, lebih tinggi dibandingkan skorkemampuan aplikatif yang sebesar 76,8 pada kategori baik juga. (2) Respon mahasiswaterhadap penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran adalah positif dengan rata-rata 4,43pada skala 5. (3) Kendalaa yang dihadapi oleh mahasiswa saat penggunaan bahan ajartersebut dalam pembelajaran adalah kekurang waktu dan ada beberapa bagian bahan ajaryang sulit dipahami karena redaksinya.
MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI DI SEKOLAH DASAR KELAS V LABORATORIUM UNDIKSHA BERDASARKAN PENDEKATAN KONTEKS DAN PROSES BERMEDIAKAN GAMBAR Wendra, I Wayan
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.221 KB) | DOI: 10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4491

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran menulisargumentasi di sekolah dasar kelas V Laboratorium Undiksha berdasarkan pendekatankonteks dan proses bermediakan gambar dapat: (1) meningkatkan aktivitas siswa dalampembelajaran, (2) meningkatkan hasil belajar menulis argumentasi, dan (3) dapatmengetahui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran tersebut. Rancanganpenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dua siklus. Penelitiandilakukan di kelas Vb SD Lab. Undiksha. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi,tugas menulis argumentasi,, dan wawancara serta angket. Teknik analisis datanya adalahdeskriptif kualitatif( untuk data masalah 1) dan deskriptif kuantitatif(untuk masalah 2 dan 3).Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menulis argumentasiberdasarkan pendekatan konteks dan proses bermediakan gambar dapat meningkatkanaktivitas siswa yakni sebelumnya pembelajaran berpusat pada guru, setelah tindakanpembelajaran berpusat pada siswa. Hasil belajar menulis argumentasi siswa juga meningkatyakni sebelumnya hasil belajarnya berkategori cukup, setelah tindakan berkategori baik,serta seluruh siswa merespon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 5