cover
Contact Name
Made Aristia Prayudi
Contact Email
prayudi.acc@gmail.com
Phone
+6281338761826
Journal Mail Official
gdadi_ak@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Akuntansi Profesi
ISSN : 23386177     EISSN : 26862468     DOI : -
Jurnal Akuntansi Profesi disseminates studies in accounting to academic and professional communities, practitioners, students, and other interested parties. It publishes articles reporting the findings of accounting research from a wide range of topics including, but not limited to: - Accounting education; - Accounting and information systems; - Auditing; - Behavioral issues in accounting; - Capital markets; - Corporate governance; - Earnings management; - Financial accounting and reporting; - International accounting; - Management accounting; - Social and environmental accounting; - Islamic accounting; - Banking and finance; - Also book reviews.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2015)" : 5 Documents clear
ANALISIS KONSEP AMANAH SEBAGAI PENGENDALIAN INTERNAL PENGELOLAAN KEUANGAN PADA YAYASAN ( Studi Kasus Pada Yayasan La-Royba Bali Bina Insani Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan ) Abhas, Kt. M. Wahyu Saputra
Jurnal Akuntansi Profesi Vol 5, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jap.v5i2.21076

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian internal pengelolaan keuangan Yayasan La-Royba Bali Bina Insani yang menerapkan konsep amanah sebagai dasar pengendalian internalnya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang menitikberatkan pada deskripsi serta interpretasi perilaku manusia. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen yang selanjutnya dilakukan analisis data dengan model analisis interaktif melalui tiga tahapan yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Yayasan La-Royba Bali Bina Insani melakukan pencatatan keuangannya secara sederhana, (2) dana yang dimiliki yayasan berasal dari pihak eksternal dan internal yayasan, (3) yayasan memberikan kebebasan secara mandiri kepada unit pelaksan teknis yang dimiliki yayasan dalam hal pengelolaan dananya, (4) konsep amanah menjadi dasar utama dalam pengendalian internal pengelolaan keuangan yayasan. Kata kunci: konsep amanah, organisasi nirlaba, pengelolaan keuangan, sistem pengendalian internal
PENGUKURAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN ANALISIS RASIO SOLVABILITAS, RENTABILITAS DAN PROFITABILITAS PADA KUD AMERTA BHUWANA SAKTI TAHUN 2012 – 2015 Sanjaya, Putu Tomi
Jurnal Akuntansi Profesi Vol 5, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jap.v5i2.21073

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengukuran laporan keuangan berdasarkan analisis rasio solvabilitas, rentabilitas dan profitabilitas pada KUD Amerta Bhuwana Sakti Tahun 2012-2015. Subjek dalam penelitian ini adalah KUD Amerta Bhuwana Sakti. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik deskritip kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan rasio solvabilitas dari tahun 2012 sampai 2015 berturut-turut sebesar 39,05%, 40,87%, 42,06% dan 29,31%. Rasio rentabilitas dari tahun 2012 sampai 2015 nmenunjukkan angka berturut-turut sebesar 26,87%, 27,94%, 26,81% dan 27,84%, sedangkan rasio profitabilitas menunjukkan angka sebesar 14,68%, 16,94%, 24,06% dan 17,94%. Dari analisis rasio tersebut pengukuran keuangan KUD Amerta Bhuwana Sakti sangat baik. Kata Kunci : Pengukuran Laporan Keuangan, Rasio Solvabilitas, Rasio Rentabilitas, Rasio  Profitabilitas.
SISTEM PENCATATAN DAN PEMBAGIAN SISA HASIL USAHA BERDASARKAN ATURAN PERKOPERASIAN PADA KOPERASI SWASTIASTU SINGARAJA Yuniati, Ni Wayan
Jurnal Akuntansi Profesi Vol 5, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jap.v5i2.21077

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pencatatan SHU, pembagian SHU, dan pihak-pihak yang berhak atas SHU koperasi Swastiastu Singaraja Teknik pengumpulan data menggunakan 4 metoda yakni; observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka. Subjek penelitian adalah Koperasi Swastiastu dan obyek penelitian adalah sistem pencatatan pembagian dan pihak-pihak yang berhak atas SHU koperasi Swastiastu Singaraja yang sesuai dengan undang-undang perkoperasian Data yang digunakan adalah data kuantitatif . Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan cara memaparkan laporan keuangan SHU koperasi, pencatatan dan pembagian SHU koperasi Swastiastu Singaraja, Dengan sesuai Undang-undang perkoperasian. Penelitian Sistem pencatatan SHU sudah sesuai dengan aturan perkoperasian.Pembagian SHU.dalam pembagian SHU secara umum dibagikan sesuai dengan AD/ART yang berlaku di masing-masing Koperasi, yang diterapkan pada koperasi Swastiastu Singaraja, dan sudah disetujui oleh seluruh anggota koperasi. Pihak yang berhak atas SHU koperasi Swastiastu sudah di berikan sesuai dengan aturan perkoperasian.Koperasi Swastiastu Singaraja sebaiknya lebih mencermati peraturan terbaru yang dikeluarkan pemerintah terkait aturan Perkoperasian agar dapat mengetahui  lebih dini mengenai dampak positif dan negatif yang  akan dialami oleh Koperasi Swastiastu Singaraja. Kata Kunci     :Undang-undang Perkoperasian laporan Keuangan SHU, Koperasi Swastiastu Singaraja.
SISTEM PENJUALAN PADA KANTOR POS SINGARAJA Astuti, Putu Putri Dian
Jurnal Akuntansi Profesi Vol 5, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jap.v5i2.21074

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem penjualan yang telah diterapkan oleh Kantor Pos Singaraja. Subyek dalam penelitian ini adalah Kantor Pos Singaraja, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah menyangkut sistem penjualan yang diterapkan oleh Kantor Pos Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Sistem penjualan yang diterapkan Kantor Pos Singaraja sudah cukup efektif karena Kantor Pos Singaraja sudah menggunakan sistem komputerisasi dimana sistem ini dapat mempercepat pelayanan yang ada pada Kantor Pos Singaraja.Hal yang perlu diperhatikan oleh Kantor Pos Singaraja untuk kelancaran proses penjualan adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap jaringan yang digunakan agar tidak terjadi error pada jaringan saat melayani pelanggan. Kata kunci : Sistem penjualan, Kantor Pos Singaraja
SISTEM PENGENDALIAN INTERN DALAM PEMBERIAN KREDIT PADA PD. BPR BANK BULELENG 45 SINGARAJA Firdaus, Ragil
Jurnal Akuntansi Profesi Vol 5, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jap.v5i2.21075

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui prosedur pemberian kredit pada PD. BPR Bank Buleleng 45 Singaraja, (2) sistem pengendalian intern dalam pemberian kredit pada PD. BPR Bank Buleleng 45 Singaraja. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah PD. BPR Bank Buleleng 45 Singaraja. Obyek penelitian adalah prosedur pemberian kredit dan sistem pengendalian intern dalam pemberian kredit pada PD. BPR Bank Buleleng 45 Singaraja. Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan (1) prosedur pemberian kredit pada PD. BPR Bank Buleleng 45 Singaraja meliputi langkah-langkah prosedur pemberian yang terdiri dari (a) Tahap permohonan, (b) Tahap Pemeriksaan berkas pinjaman, (c) Tahap analisis kelayakan kredit, (d) Tahap Peninjauan ke Lokasi, (e) Tahap Keputusan Kredit, (f) Tahap Administrasi, (g) Tahap Pencairan Kredit, dan (h) Tahap Monitoring Debitur. (2) sistem pengendalian intern dalam pemberian kreditnya yaitu struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional yang tepat, sistem wewenang dan prosedur pembukuan yang baik, praktek praktek yang sehat dan tingkat kecakapan pegawai yang sesuai dengan tanggung jawabnya sudah dilaksanakan secara keseluruhan oleh PD. BPR Bank Buleleng 45 Singaraja. Kata kunci : kredit, sistem pengendalian intern

Page 1 of 1 | Total Record : 5