cover
Contact Name
febrialismanto
Contact Email
febrialisman@gmail.com
Phone
+6281365060583
Journal Mail Official
educhild.journal@gmail.com
Editorial Address
Prodi PD PAUD FKIP UNRI Kampus Bina Widya Simpang Baru - Pekanbaru - Riau
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
Published by Universitas Riau
ISSN : 20897510     EISSN : 27219909     DOI : http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v1i1
Core Subject : Education, Social,
The Educhild Journal accepts articles about the following studies: 1. Social science education 2. Mathematics education in 3. Language education 4. Science education 5. Arts and culture education 6. Citizenship education 7. Religious education 8. Sports education 9. Learning and teaching 10. Psychology Education 11. Learning media 12. Management of education 13. Learning media and educational technology 14. Music education 15. Dance and drama education 16. Environment education 17. Early Childhood Education
Articles 162 Documents
Pembentukan Kepribadian Positif Anak Sejak Usia Dini Daviq Chairilsyah
Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpsbe.v1i1.1619

Abstract

Currently the development of civilization in Indonesia is stilltinged with moral behaviors are negative. Increasing number ofcases of corruption, violence and criminal cases shows the amoralbehavior. This behavior is the result of one's personality.Formation of personality has been started since the golden era(Golden Age) that is 0-6 years, or during early childhoodeducation. Therefore, this paper reminds us of the need forpersonality of education both at home and at school to be moreintensified. Some methods that can be done by parents andteachers of early childhood educators in order to make a positivepersonal foundation in children can be done with several methodsor means, among other things: teach a child with a concreteexample, do not get enough positive advise, teach child to controlhis emotions, punishment and reward program implemented,introducing God and religion since childhood, became a model ofpositive personal, social supervise the child, watching thespectacle of children and internet technology to supervise children.Expected with these methods may be a reference for parents andearly childhood teachers in early childhood formatting who havepositive personality traits.Kata kunci: Kepribadian, anak usia dini
Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Percaya Diri Terhadap Kreativitas Anak Usia 5 – 6 Tahun (Penelitian Eksperimen pada BKB PAUD Anggrek Buaran Jakarta Timur) Nurlita '
Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpsbe.v1i1.1620

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnyapembelajaran yang dapat merangsang dan mengembangkankreativitas anak seyogyanya dimulai sejak usia dini. Guru sebagaipenanggung jawab kegiatan pembelajaran di sekolah harus mampumelaksanakan pembelajaran yang dapat merangsang danmengembangkan kreativitas yang efektif bagi anak. untuk mencapaikreativitas anak yang optimal perlu dilakukan dengan memilihstrategi pembelajaran yang tepat dan kontinu denganmemperhatikan tingkat percaya diri anak.Kata kunci: Strategi Pembelajaran, percaya diri dan kreativitas.
Teknik Observasi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini Ria Novianti
Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpsbe.v1i1.1621

Abstract

Anak pada usia 0-6 tahun berada masa pertumbuhan danperkembangan yang sangat pesat. Dalam rangka memberikanpelayanan pendidikan terbaik bagi anak pada usia ini, guru harusmemiliki kompetensi yang baik termasuk dalam melakukanobservasi. Observasi pada pendidikan anak usia dini merupakankegiatan yang dilakukan guru dalam mengamati anak didik gunamemperolehinformasimengenaiberbagaiaspekperkembangannya dan kemajuan dari pembelajaran yang telahdilakukan dengan tujuan untuk mengambil keputusan sesuaikebutuhan masing-masing anak. Proses observasi terdiri darikegiatan mengobservasi, pencatatatan, dan interpretasi hasilinformasi.Kata kunci: Anak usia dini, kemampuan observasi guru, proses observasi
Konsepsi Politik Pendidikan Di Indonesia Ahmad Zain Sarnoto
Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpsbe.v1i1.1622

Abstract

Kajian Politik pendidikan yang dimaksud termanifestasikan dalam kebijakan-kebijakan strategis pemerintah dalam bidang pendidikan.Politik pendidikan yang diharapkan tentunya politik pendidikan yang berpihak pada rakyat kecil atau miskin. Bagaimanapun, hingga hariini masih banyak orang tua yang tidak mampu menyekolahkan anak-anaknya sampai tingkat SD sekalipun. Masih banyak sekolah yang kekurangan fasilitas atau bahkan tidak memiliki gedung yang representatif atau tak memiliki ruang belajar sama sekali. Masihbanyak sekolah yang sangat kekurangan guru pengajar. Masihbanyak pula guru (honorer) yang dibayar sangat rendah yang menyebabkan motivasi mengajarnya sangat rendah.Kata Kunci: konsep, politik dan pendidikan
Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Huruf Bergambar Untuk Meningkatkan Kesiapan Membaca Awal Anak Usia 3-4 Tahun Pada Kelompk Bermain Di Taman Kanak-Kanak Labor PG PAUD FKIP Universitas Riau Hukmi '; Wilson '
Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpsbe.v1i1.1623

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK)yang menjelaskan bagaimana penggunaan media pembelajaran kartu huruf bergambar dapat meningkaktan kesiapan membaca awalanak usia 3-4 tahun di kelompok bermain pada TK Labor FKIP Universitas Riau. Media ini dapat menarik minat anak untuk belajar,yang didukung oleh penerapan yang cukup baik oleh peneliti.Peningkatan kesiapan membaca awal tampak pada hasilnya yang signifikan, yakni dari data awal (41.3 % [belum berkembang]) mengalami peningkatan ke siklus I (60.986 % [sesuai perkembangan]) sebesar 19.686 %. Peningktan dari siklus I (60.986%) ke siklus II (87.988 [di atas perkembangan]) sebesar 27.0%.Perbandingan data awal ke siklus II peningkatan sebesar 46.688 %menunjukkan adanya peningkatan yang berarti. Jadi, bila kartu huruf bergambar diterapkan dengan baik kepada anak, maka akan ada peningkatan kesiapan membaca awal anak yang baik pula.Kata Kunci: kesiapan membaca awal; kartu huruf bergambar
Persepsi Mahasiswa Tentang Peranan Dosen Pembimbing Dalam Pembuatan Tugas Akhir (Skripsi) Mahasiswa Pada Program Studi Administrasi Pendidikan Fkip Universitas Riau Pekanbaru (2011) Zulkifli N
Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpsbe.v1i1.1624

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang peranan dosen pembimbing skripsi dan kualitas pembimbingan yang dibarikan oleh dosen pembimbing terhadap mahasiswa dalam penulisan skripsi pada Program Studi Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Riau. Survey dilakukan terhadap 69 alumni S1 Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Riau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan dosen pembimbing skripsi menurut persepsi mahasiswa berada pada kategori baik dan sangat baik (95.24%). Begitu juga, kualitas pembimbingan skripsi mahasiswa secara keseluruhan berada pada kategori baik dan sangat baik (92.61%). Namun, peranan dankualitas pembimbingan dosen dalam beberapa aspek penulisanskripsi menurut persepsi mahasiswa perlu ditingkatkan lagi.Implikasinya, dosen pembimbing harus memahami harapan mahasiswa dan memperhatikan kualitas dari keseluruhan aspek pembimbingan skripsi agar penyelesaian tugas akhir mahasiswa (skripsi) berjalan lancar dan berhasil dengan baik.Kata kunci: Persepsi mahasiswa, peranan dosen pembimbing, penulisanskripsi
Analisis Karya Tulis (Skripsi) Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan Periode 2008/2009 dan 2009/2010 Wusono Indarto
Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpsbe.v1i1.1625

Abstract

Penelitian laboratorium ini berjudul Analisis Karya Tulis (Skripsi) Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan Periode 2008/2009 dan 2009/2010. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan kekurangan dan kelemahan yang banyak dilakukan oleh mahasiswa dalam membuat karyatulis (skripsi). Metoda yang diguakan dalam penelitian ini adalah explorasi (penggalian) terhadap aspek-aspek yang ingin diungkap dan dianalisis dengan rumus persentasi. Dari analisis yang telah dilakukan tingkat kesalahan yang ditemukan terkait pada semua aspek karya ilmiah. Tertinggi pada aspek penggunaan Bahasa Indonesia, Sedang pada aspek cara mengutip, rendah pada aspek bagian kesimpulan dan penulisan daftar pustaka dan sangat rendah pada aspek struktur laporan, konsistensi format dan isi karya tulis.Kesalahan penggunaan bahasa ditemukan pada semua jenis karyatulis dan termasuk dalam kategori tinggi. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa peranan pembimbing masih belum maksimal.Kata Kunci: Analisis, karya tulis, skripsi
Menyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Enda Puspitasari
Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpsbe.v1i1.1626

Abstract

Pembelajaran adalah “proses kerja sama antara guru dan siswa dalam memanfaatkan segala potensi (dalam&luar) sebagai upaya mencapai tujuan belajar tertentu”. peraturan pemerintah nomor17 tahun 2010 dan peraturan menteri pendidikan nasional nomor 58 tahun 2009 tentang standar pendidikan anak usia dini,memberikan kebabasan lembaga pendidikan anak usia dini untukmembuat program pembelajarannya sendiri disesuaikan dengan kondisi anak dan lembaga penyelenggara.Kata kunci: perencanaan pembelajaran, Anak Usia Dini
Konsepsi Bermain dalam menumbuhkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Rita Kurnia
Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpsbe.v1i1.1627

Abstract

Dengan bermain anak-anak belajar mengenai kerjasama,komunikasi, ketangkasan fisik, pengambilan keputusan dan berbagai ketrampilan dan konsep berharga lainnya yang akanmereka pergunakan seumur hidup. Bermain merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan dan spontan sehingga hal ini memberikan rasa aman secara psikologis pada anak. Bermain memberikan kesempatan pada anak untuk mengekspresikan dorongan-dorongan kreatifnya sebagai kesempatan untuk merasakan obyek-obyek dan tantangan untuk menemukan sesuatu dengan cara-cara baru. Selain itu bermain memberikan kesempatan pada individu untuk berpikir dan bertindak imajinatif,serta penuh daya khayal yang erat hubungannya dengan perkembangan kreativitas anakKata kunci: Bermain, Kreativitas dan Anak Usia Dini
Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan : Penelitian Eksperimen Devi Risma
Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33578/jpsbe.v1i1.1628

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menjelaskan bagaimana kecerdasan emosional mempengaruhi kinerjakaryawan. Untuk membuktikan hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif dari kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan dengan mengontrol variabel inteligensi, self efficacy dan komunikasi interpersonal, melibatkan 20 orang karyawan yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dibedakan berdasarkan tingkatan kecerdasan emosionalnya. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan dengan mengontrol variabel intelegensi, self efficacy dan komunikasi interpersonal. Dengan demikian hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan, diterima. Hal ini dapat diketahui darihasil analisis data yang diperoleh yaitu sebesar nilai t = 2,427 dan probabilitas sebesar 0,028 (p < 0,05).Kata kunci: kinerja karyawan, kecerdasan emosional, inteligensi, selfefficacy, komunikasi interpersonal

Page 1 of 17 | Total Record : 162