cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Kota Pontianak, Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
ISSN : 2338493X     EISSN : 2809574X     DOI : -
Core Subject : Science,
Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor dalam setahuan, yakni di Bulan April, September, dan Desember. Jurnal Coding telah terindeks oleh Google Scholar dan Garuda, dan akan terus diperbaharui untuk mengikuti perkembangan.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2016)" : 7 Documents clear
IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI VERNAM CIPHER BERBASIS FPGA , Yulrio Brianorman, Mohammad Jumeidi , Dedi Triyanto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.863 KB) | DOI: 10.26418/coding.v4i1.13329

Abstract

saat ini. Salah satu cara yang dapat dilakuan untuk menjaga keamanan data adalah dengan menggunakan ilmu kriptografi. Untuk tujuan yang khusus, implementasi kriptografi pada perangkat keras memberikan kelebihan dalam hal kecepatan dan penghematan sumber daya. Salah satu perangkat keras yang mendukung hal tersebut adalah FPGA. Pada penelitian ini dilakukan implementasi algoritma kriptografi berbasis FPGA menggunakan Altera UP2 Education Kit. Rancangan sistem dibuat dengan menggunakan bahasa VHDL. Sistem ini dapat melakukan proses enkripsi-dekripsi. Proses enkripsi-dekripsi dilakukan dengan memasukan data pada sistem menggunakan switch pada Altera UP2 Education Kit. Input dan output sistem ditampilkan dengan menggunakan seven segment. Hasil dari penelitian ini adalah sistem dapat melakukan proses enkripsi-dekripsi data dengan ukuran data 8 bit. Kata Kunci: Keamanan Data, Kriptografi, Vernam Cipher, FPGA, VHDL
APLIKASI PENDETEKSI PLAGIAT TERHADAP KARYA TULIS BERBASIS WEB MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING DAN ALGORITMA KNUTH-MORRIS-PRATT , Yulrio Brianorman, Rio Alamanda , Cucu Suhery
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.395 KB) | DOI: 10.26418/coding.v4i1.13332

Abstract

Dalam bidang akademik, salah satu syarat kelulusan  untuk mendapat gelar akademik adalah membuat karya tulis, seperti: skripsi, thesis dan disertasi. Akan tetapi tidak jarang, karya tulis yang dihasilkan tersebut adalah hasil plagiat. Plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan dan pendapat sendiri. Untuk pengecekan manual dengan jumlah tersebut membutuhkan waktu lama, oleh karena itu dibutuhkan aplikasi yang dapat membantu proses pengecekan agar lebih efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi berbasis web yang dapat mendeteksi plagiat terhadap karya tulis menggunakan Natural Language Processing dan Algoritma Knuth–Morris-Pratt. Sistem pendeteksian kemiripan jurnal dimulai dari algoritma perangkuman, yaitu TF/IDF. Kemudian proses dilanjutkan pada proses Tokenizing, Filtering dan Stemming. Selanjutnya dilanjutkan dengan Algoritma Knuth-Morris-Pratt dan proses menghitung persentase kemiripan dengan Cosine Similarity. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, rata-rata persentase kemiripan yang dihasilkan dari pendeteksian tanpa menggunakan proses TF-IDF sebesar 45,98%,  nilai tersebut lebih rendah dibandingkan dengan pendeteksian menggunakan proses TF-IDF, Tokenizing, Filtering dan Stemming yang menghasilkan persentase kemiripan 41,09%. Sedangkan tanpa menggunakan proses Stemming yaitu 40,58% serta tanpa menggunakan proses TF-IDF dan Stemming sebesar 40,54%. Kata kunci: Karya tulis, Knuth-Morris-Pratt, Natural Language Processing, Plagiat
PROTOTYPE KUNCI OTOMATIS PADA PINTU BERDASARKAN SUARA PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE KNN (K-NEAREST NEIGHBOR) , Tedy Rismawan, Ari Apriansyah , Ilhamsyah
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (865.856 KB) | DOI: 10.26418/coding.v4i1.13453

Abstract

Kunci yang dipakai untuk mengakses sebuah pintu pada umumnya masih menggunakan kunci konvensional. Kunci konvensional memiliki kelemahan terutama jika tejadi kesalahan pada pemegang kunci (human error), salah satunya adalah jika pemegang kunci lupa membawa atau bahkan kehilangan kunci, maka pintu akan sulit untuk dibuka. Menjawab permasalahan tersebut, dalam penelitian ini akan dibuat sistem yang dapat memanfaatkan suara individu sebagai kunci untuk mengakses sebuah pintu sebagai pengganti kunci konvensional. Penggunaan suara sebagai kunci akses karena setiap individu memiliki perbedaan karakter suara baik dalam intonasi, logat, maupun nada dalam pengucapan kata. Sistem pengenalan suara dirancang untuk membuka kunci pintu dimana pengguna hanya perlu mengucapkan kata “buka” dalam keadaan normal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode K-Nearest Neighbor (KNN) yaitu sebuah metode pengklasifikasian data. Pengklasifikasian suara menggunakan metode KNN adalah dengan cara mencari kerabat dekat dari suara uji berdasarkan tingkat kemiripannya dengan suara-suara latih yang tersedia. Hubungan antara perangkat lunak dan perangkat input/output pendukung sistem akan diatur oleh Arduino Uno. Tingkat keberhasilan sistem dalam mengenali suara pengguna didapat sebesar 88,88%. Berdasarkan tingkat keberhasilan yang didapat, maka dapat disimpulkan bahwa metode KNN cukup baik dalam pengklasifikasian suara serta untuk keamanan pintu.   Kata kunci : pengenalan suara, kunci, k-nearest neighbor, KNN, Arduino Uno.
PREDIKSI BEBAN LISTRIK PADA PT.PLN (PERSERO) MENGGUNAKAN REGRESI INTERVAL DENGAN NEURAL FUZZY , Tedy Rismawan, Prita Ayuningtyas , Dedi Triyanto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.464 KB) | DOI: 10.26418/coding.v4i1.13079

Abstract

Tenaga listrik merupakan salah satu kebutuhan dasar dalam kehidupan manusia khususnya pada era globalisasi dan modernisasi saat ini. Besarnya konsumsi listrik pada suatu waktu tidak dapat dihitung secara pasti, sehingga diperlukan prediksi beban listrik untuk menyelenggarakan usaha penyediaan daya listrik dalam jumlah merata. Prediksi beban listrik dapat dihitung dengan salah satu metode pada neural fuzzy yaitu regresi interval. Model regresi interval didasarkan pada jaringan backpropagation. Model ini menggunakan dua jaringan backpropagation yang dilatih secara terpisah. Satu jaringan digunakan untuk mencari batas atas interval sedangkan satu jaringan lainnya digunakan untuk mencari batas bawah interval. Aplikasi yang dibangun menerima input berupa tujuh buah data beban listrik kemudian memprosesnya menggunakan regresi interval dengan neural fuzzy yang kemudian memberikan informasi hasilnya berupa interval beban puncak listrik. Setelah melakukan tahap pengujian maka diperoleh hasil kinerja aplikasi mencapai 71,42%.   Kata Kunci : Energi Listrik, Regresi Interval, Neural fuzzy
PROTOTIPE ALAT PENJERNIH AIR SUMUR OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8535 , Dedi Triyanto, Megawati , Yudha Arman
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.73 KB) | DOI: 10.26418/coding.v4i1.13099

Abstract

Telah dilakukan pembuatan sistem otomatis pada penjernihan air sumur galian berbasis mikrokontroller ATMega 8535. Sistem terdiri dari dua bagian utama, yaitu bagian penjernih air dan bagian otomatisasi. Bagian penjernihan air merupakan sistem mekanik dengan memanfaatkan bahan-bahan alami berupa pasir kerang dan juga karbon aktif. Pada bagian otomatisasi terdiri dari sensor ultrasonik yang berfungsi sebagai masukan untuk level air, sensor cahaya LDR yang berfungsi sebagai masukan untuk kejernihan air serta bagian proses yang dilengkapi dengan relay yang akan mengantar arus listrik masuk ke aktuator untuk menyalakan solenoid valve dan pompa. Secara kualitatif, keluaran penjernihan air lebih baik jika dibandingkan dengan air sumur galian yang digunakan. Air ini kemudian dapat digunakan untuk keperluan non konsumsi sehari-hari Kata kunci: Air sumur galian, Penjernih air mekanik Mikrokontroler Atmega 8535, Sensor ultrasonik, Sensor LDR, Solenoid valve
RANCANG BANGUN LENGAN ROBOT SEBAGAI ALAT PEMINDAH BARANG BERDASARKAN WARNA MENGGUNAKAN SENSOR FOTODIODA , Ikhwan Ruslianto, Fachrunisa Cempaka , Abdul Muid
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (720.16 KB) | DOI: 10.26418/coding.v4i1.13885

Abstract

Pada penelitian ini telah dibuat sebuah lengan robot yang dapat memindahkan barang berdasarkan warna. Lengan robot ini mendeteksi keberadaan benda lalu mengambilnya, kemudian lengan robot menyortir warna benda yang diambil tersebut untuk dimasukkan ke dalam masing-masing wadah yang sesuai. Lengan robot digerakkan oleh motor servo yang terpasang pada setiap pangkal sendi dan bergerak sesuai dengan perintah mikrokontroler. Sensor inframerah digunakan untuk mendeteksi keberadaan benda sedangkan untuk mendeteksi warna benda, digunakan sensor fotodioda. Lengan robot mampu mengambil benda yang ada di depannya dengan kisaran jarak antara 15 cm sampai dengan 30 cm. Lengan robot telah mampu melakukan penyortiran warna secara benar dengan indikator bahwa benda berwarna merah diletakkan pada wadah penampungan warna merah, benda berwarna hijau diletakkan pada wadah penampungan warna hijau, benda berwarna biru diletakkan pada wadah penampungan warna biru, dan benda selain warna merah, hijau, dan biru diletakkan ke wadah pembuangan.   Kata kunci : Lengan robot, Pemindah barang, Penyortiran warna, Fotodioda
PROTOTIPE APLIKASI PENGUKUR LUAS LAHAN WILAYAH BERBASIS ANDROID , Yulrio Brianorman, Mushlihun , Ilhamsyah
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3.771 KB) | DOI: 10.26418/coding.v4i1.14120

Abstract

Sistem pendataan dan pemetaan lahan yang dilakukan saat ini masih menggunakan cara manual yaitu melakukan pengukuran luas menggunakan GPS dengan menetukan titik – titik koordinat sebagai batas ukur. Cara pengukuran yang lebih cepat dan efisien dapat digunakan dengan teknologi dari sebuah perangkat lunak seperti smartphone Andorid yang dilengkapi dengan GPS dan aplikasi Google Maps. Metode pengukuran dalam menentukan luas adalah metode waypoint untuk menghitung jarak antara poin, metode planimetri untuk memberi batas ruang perhitungan luas dan metode grid dalam memberikan nilai-nilai pengukuran. Hasil pengujian mendapatkan perbedaan hasil nilai selisih dan error dengan persentase prototipe aplikasi 2,01% dan aplikasi sejenis 2,02% untuk nilai rata-rata dari jumlah hasil pengukuran. Sistem dan metode pengukuran pada prototipe aplikasi pengukuran luas pada smartphone Android dapat dibuktikan dalam mengatasi masalah pengukuran luas lahan pada lapangan sulit dijangkau. Berdasarkan hasil perbandingan dari pengukuran luas lahan yang didapat, maka dapat disimpulkan bahwa metode pengukuran waypoint, planimetri, dan grid (bujur sangkar) berhasil dalam mengukur luas lahan menggunakan peta digital berupa maps.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2024): Edisi April 2024 Vol 11, No 3 (2023): Edisi Desember 2023 Vol 11, No 2 (2023): Edisi September 2023 Vol 11, No 1 (2023): Edisi April 2023 Vol 10, No 03 (2022): Edisi Desember 2022 Vol 10, No 02 (2022): Edisi September 2022 Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022 Vol 9, No 03 (2021): Edisi Desember 2021 Vol 9, No 02 (2021): Edisi September 2021 Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021 Vol 8, No 3 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 8, No 2 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 8, No 1 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 03 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 02 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 3 (2016): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 1 (2016) Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Coding Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Coding Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2013): Jurnal CODING More Issue