cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Kota Pontianak, Kalimantan Barat
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
ISSN : 2338493X     EISSN : 2809574X     DOI : -
Core Subject : Science,
Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor dalam setahuan, yakni di Bulan April, September, dan Desember. Jurnal Coding telah terindeks oleh Google Scholar dan Garuda, dan akan terus diperbaharui untuk mengikuti perkembangan.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan" : 5 Documents clear
PENERAPAN METODE BEST FIRST SEARCH (BFS) UNTUK PENCARIAN LOKASI SPBU TERDEKAT MENGGUNAKAN ARDUINO BERBASIS ANDROID , Dwi Marisa Midyanti, Rian Apriandi , Tedy Rismawan
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1104.035 KB) | DOI: 10.26418/coding.v6i1.24272

Abstract

Kurangnya informasi mengenai lokasi SPBU membuat pendatang maupun wisatawan sulit menemukan lokasi SPBU terdekat. Penelitian ini menerapkan metode Best First Search dalam pencarian SPBU terdekat menggunakan Arduino Uno, Raspberry Pi, sakelar, modem, GPS, dan aplikasi antarmuka. Arduino Uno berfungsi sebagai pengolah data dan mengirim data pada server berdasarkan instruksi berupa aksi perpindahan sakelar dalam kondisi on/off. Perangkat GPS yang terpasang pada arduino akan memberikan titik koordinat dan akan ditampilkan pada aplikasi antarmuka. Pada Arduino diterapkan program inisialisasi dan konfigurasi perangkat keras serta untuk membaca sinyal masukan dari sakelar dan titik koordinat yang didapat dari GPS, kemudian memprosesnya dengan diberikan beberapa kondisi sehingga menghasilkan keluaran. Pengujian dilakukan dalam dua kondisi sakelar on/off pada jenis sistem operasi Android dengan tipe smartphone yang beragam. Tiap smartphone menghasilkan titik koordinat yang berbeda dengan perbedaan jarak rata-rata 30,2 meter terhadap titik koordinat perangkat keras dikarenakan setiap GPS yang tertanam pada smartphone akan mengolah data sesuai dengan kondisi lokasi titik keberadaan pengguna. Hasil penilitian ini berupa tampilan jarak atau rute menuju lokasi SPBU terdekat dengan rata-rata waktu respon sebesar 10,23 detik. Kata kunci : SPBU, Best First Search, GPS, Arduino
KLASIFIKASI JENIS MANGGA BERDASARKAN BENTUK BUAH DENGAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR BERBASIS ANDROID , Rahmi Hidayati, Sarlita Hartiningtyas , Ikhwan Ruslianto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.319 KB) | DOI: 10.26418/coding.v6i1.25482

Abstract

Mangga merupakan buah musiman yang memiliki banyak varietas, namun beberapa jenis mangga memiliki bentuk yang hampir sama. Hal ini menyebabkan masyarakat keliru dalam memilih jenis mangga yang diinginkan. Setiap jenis mangga memiliki pola bentuk yang berbeda dan dapat dijadikan parameter pengenal. Parameter pengenal yang didapat dari hasil ekstraksi dapat digabungkan dengan teknik pengolahan citra digital, sehingga membentuk sebuah sistem yang dapat mengklasifikasikan jenis mangga. Pengambilan citra dilakukan dengan menggunakan kamera ponsel. Citra yang diambil akan dijadikan sebagai citra latih dan citra uji. Citra latih menggunakan 50 buah mangga yang terdiri dari mangga apel, mangga bacang, mangga budi raja, mangga harum manis, dan mangga manalagi. Setiap citra akan mengalami proses ekstraksi ciri, yaitu deteksi tepi menggunakan metode Laplacian. Proses ekstraksi ciri dilakukan untuk mendapatkan nilai yang digunakan sebagai parameter pembanding pada proses klasifikasi. Nilai-nilai tersebut meliputi luas, panjang diameter vertikal, panjang diameter horizontal dan keliling yang ditentukan dalam satuan piksel. Proses klasifikasi mangga dilakukan dengan algoritma K-Nearest Neighbor yang diterapkan pada sistem operasi Android. Untuk pengujian, digunakan 25 buah mangga yang terdiri dari mangga apel, mangga bacang, mangga budi raja, mangga harum manis, dan mangga manalagi. Berdasarkan hasil pengujian klasifikasi jenis mangga pada sistem, didapat tingkat akurasi mencapai 88%. Kata Kunci : Klasifikasi, Mangga, Bentuk, K-Nearest Neighbor, Android
IMPLEMENTASI WIRELESS SENSOR NETWORK PADA SISTEM PEMANTAUAN DAN PENGONTROLAN BUDIDAYA TANAMAN PADA RUMAH KACA (GREEN HOUSE) BERBASIS WEBSITE , Suhardi, Muhammad Sabiran , Dedi Triyanto
Jurnal Coding Sistem Komputer Universitas Tanjungpura Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan
Publisher : Jurnal Coding Sistem Komputer Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (857.481 KB)

Abstract

Tanaman cabai merupakan salah satu tanaman yang sering mengalami fluktuasi harga. Jika ditinjau dari kajian ekonomi hal tersebut disebabkan perhitungan yang kurang pas. Jumlah persedian cabai tidak sebanding dengan jumlah permintaan di pasar. Persediaan cabai yang kecil dikarenakan sering terjadinya gagal panen. Faktor cuaca menjadi penyebab utama hal tersebut dapat terjadi. Pada musim hujan, rasio kemungkinan gagal panen bagi petani cabai mencapai 100%. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, digunakan sistem budidaya rumah kaca (green house). Keuntungan budidaya rumah kaca adalah dapat memanipulasi cuaca pada lingkungan budidaya, salah satunya adalah kelembaban tanah. Dengan budidaya rumah kaca, kelembaban tanah dapat dikontrol sesuai dengan kebutuhan tanaman. Proses pengontrolan menerapkan konsep Wireless Sensor Network (WSN) dimana komunikasi data yang dilakukan oleh perangkat keras dan perangkat lunak menggunakan media wireless (tanpa kabel). Perangkat keras yang digunakan adalah Wemos D1 R2 Mini, Sensor YL-69, Sensor DHT11, Sensor BH1750, Relay Module, dan Solenoid Valve. Perangkat lunak yang digunakan untuk membangun website adalah Bootstrap dan Laravel. Parameter proses pengontrolan kelembaban tanah adalah median dari rentang kelembaban tanah suatu tanaman. Tanaman yang dijadikan sampel penelitian adalah tanaman cabai dengan rentang kelembaban tanah yang ideal adalah 60-80%. Hasil pengujian untuk proses pengontrolan kelembaban tanah adalah sistem akan melakukan proses penyiraman apabila kondisi kelembaban tanah pada rentang 0-70% dan berhenti melakukan proses penyiraman apabila kondisi kelembaban tanah pada rentang 71-100%. Kata kunci : Wireless Sensor Network, Rumah Kaca, Application Programming Interface, Budidaya Tanaman
Aplikasi Mobile Sistem Pakar Untuk Identifikasi Serangga Ordo Coleoptera Dengan Metode Forward Chaining , Tri Rima Setyawati, Fransiskus Bayu Septiadi , Dedi Triyanto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (891.386 KB) | DOI: 10.26418/coding.v6i1.25484

Abstract

Serangga merupakan jenis hewan yang memiliki jumlah spesies terbanyak. Tercatat lebih dari 800.000 spesies yang telah ditemukan. Keanekaragaman serangga yang tinggi membuatnya menjadi objek yang menarik untuk dipelajari. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, ketertarikan dalam mempelajari serangga semakin berkembang, munculnya berbagai komunitas-komunitas serangga yang membahas hal yang paling umum dipelajari yaitu identifikasi serangga. Teknik identifikasi serangga secara konvensional menggunakan kunci dikotomi dengan membandingkan objek identifikasi serangga menggunakan sepasang aturan secara bertahap hingga menemukan hasil identifikasi. Aturan-aturan yang sudah ada tersebut dapat disusun sedemikian rupa untuk kemudian digunakan membangun sebuah sistem pakar yang berbasis aturan. Forward chaining merupakan metode inferensi yang menggunakan aturan dengan dengan mencocokkan premis dari setiap aturan untuk dibandingkan dengan fakta yang telah diketahui. Ordo Coleoptera dipilih sebagai fokus objek penelitian karena merupakan ordo dengan jumlah anggota terbanyak dalam dunia serangga. Sistem pakar dibatasi untuk dapat mengidentifikasi 51 famili Coleoptera dan dibangun menggunakan bahasa Java dan SQLite sebagai basis data yang kemudian akan diimplementasikan pada perangkat Android. Hasil pengujian blackbox aplikasi menunjukkan aplikasi dapat menampilkan hasil identifikasi hingga tahapan famili berdasarkan aturan-aturan yang telah dimasukkan oleh pengguna. Hasil pengujian terhadap pakar serangga menunjukkan hasil positif dengan adanya kecocokan antara hasil identifikasi menggunakan aplikasi dan hasil dari pakar.Kata Kunci : Identifikasi, Sistem Pakar, Forward Chaining, Coleoptera , Famili
PROTOTYPE PEMISAH OTOMATIS JERUK SIAM BERDASARKAN WARNA MENGGUNAKAN METODE KNN (K-NEAREST NEIGHBOR) , Tedy Rismawan, Ison Tarsono , Dedi Triyanto
Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan
Publisher : Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (955.769 KB) | DOI: 10.26418/coding.v6i1.25485

Abstract

Pemisahan buah jeruk siam pada umumnya masih dilakukan secara manual. Pemisahan secara manual memiliki kelemahan terutama jika terjadi kesalahan pada yang memisahkan buah (human error), maka pemisahannya tidak efektif. Pada penelitian ini akan dibuat sistem yang dapat memanfaatkan warna dari buah jeruk siam sebagai indikator pemisahnya. Penggunaan warna untuk pemisahan buah jeruk karena setiap buah jeruk memiliki warna yang berbeda dari kategori matang dan yang belum matang. Sistem pengolahan citra dirancang untuk memisahkan buah jeruk dimana pengguna hanya perlu mengambil gambar buah jeruk dalam keadaan normal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode K-Nearest Neighbor (KNN) yaitu sebuah metode pengklasifikasian data. Pengklasifikasian gambar menggunakan metode KNN adalah dengan cara mencari kerabat dekat dari gambar uji berdasarkan tingkat kemiripannya dengan gambar-gambar latih yang tersedia. Hubungan antara perangkat lunak dan perangkat input/output pendukung sistem akan diatur oleh Arduino Uno. Tingkat keberhasilan sistem dalam mengenali gambar buah jeruk siam berdasarkan tingkat kematangan  di dapat sebesar 90%. Berdasarkan tingkat keberhasilan yang didapat, maka dapat disimpulkan bahwa metode KNN cukup baik dalam pengklasifikasian buah jeruk siam berdasarkan warna.  Kata kunci : Pemisahan buah, jeruk siam, k-nearest neighbor.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2024): Edisi April 2024 Vol 11, No 3 (2023): Edisi Desember 2023 Vol 11, No 2 (2023): Edisi September 2023 Vol 11, No 1 (2023): Edisi April 2023 Vol 10, No 03 (2022): Edisi Desember 2022 Vol 10, No 02 (2022): Edisi September 2022 Vol 10, No 01 (2022): Edisi April 2022 Vol 9, No 03 (2021): Edisi Desember 2021 Vol 9, No 02 (2021): Edisi September 2021 Vol 9, No 01 (2021): Edisi April 2021 Vol 8, No 3 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 8, No 2 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 8, No 1 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 03 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 02 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 7, No 01 (2019): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 3 (2016): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Coding Siskom Untan Vol 4, No 1 (2016) Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Coding Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Coding Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Coding Sistem Komputer Vol 1, No 1 (2013): Jurnal CODING More Issue