cover
Contact Name
Yusuf Ratu Agung
Contact Email
ratuagung@psi.uin-malang.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
psikoislamika@uin-malang.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam
ISSN : 18295703     EISSN : 26555034     DOI : -
Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam ISSN (print): 1829-5703 ISSN (media online) : 2655-5034 adalah media komunikasi dan publikasi ilmiah di bidang ilmu Psikologi yang diterbitkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam memuat artikel hasil penelitian dalam bidang ilmu Psikologi dan Psikologi Keislaman, diantaranya bidang Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, Psikometri, Psikologi Eksperimen, Psikologi Terapan.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 1 (2015)" : 10 Documents clear
Motivasi Belajar Pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Sandri, Ritna
Psikoislamika: Jurnal Psikologi Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Fakakultas Psikologi UIN Maliki Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research subjects were students grade 3 junior and the children who live in orphanages, they are teenagers who are experiencing a decline in motivation to learn. The Study aims to increase the motivation to learn by applying group counseling. Data collection techniques are observation and interviews. Intervention consists of four phases: the firSt or early Stage, phase II or phase transitions, Stage III or Stage cohesion and productivity and Stage IV or Stage of consolidation and termination which is the laSt Stage in the counseling group. After the intervention, the subject of understanding and solving the problems they are facing, with the completion of the problems they are facing, the high motivation to learn them back.
Strategi Koping Pada Siswa Sma dl Kota Malang Ulpa, Eska Prawisudawati
Psikoislamika: Jurnal Psikologi Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Fakakultas Psikologi UIN Maliki Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) adalah sekolah nasional yang menyiapkan peserta didiknya berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Indonesia dan tarafnya internasional sehingga lulusannya memiliki kemampuan daya saing internasional. Standar yang berbeda ini dapat menjadi stresor siswa di sekolah. Strategi koping memainkan peran sebagai salah satu kunci dalam membantu siswa untuk mengatasi stresnya dan juga hambatan yang ditemui dalam proses akademisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi koping yang digunakan siswa SMA RSBI di kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah subjek sebanyak 100 orang, yaitu siswa SMAN 1, SMAN 3 dan SMAN 4 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner atau angket dengan reliabilitas sebesar 0,927. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi koping yang paling banyak digunakan siswa adalah penyelesaian masalah, kemudian restrukturisasi kognitif dan dukungan sosial. Hasil ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menggunakan strategi koping yang engagement, yaitu strategi koping yang menunjukkan usaha keterlibatan individu dalam usahanya untuk mengatasi situasi stres secara aktif aktif dan berkelanjutan untuk mengatasi situasi yang mereka hadapi.
Strategi Koping pada Siswa SMA di Kota Malang Ulpa, Eska Prawisudawati
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2207.996 KB) | DOI: 10.18860/psi.v12i1.6397

Abstract

Rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) adalah sekolah nasional yang menyiapkan peserta didiknya berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Indonesia dan tarafnya internasional sehingga lulusannya memiliki kemampuan daya saing internasional. Standar yang berbeda ini dapat menjadi Stresor siswa di sekolah. Strategi koping memainkan peran sebagai salah satu kunci dalam membantu siswa untuk mengatasi Sires nya dan juga hambatan yang ditemui dalam proses akademisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi koping yang digunakan siswa SAAA RSBI di kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah subjek sebanyak 100 orang, yaitu siswa SMAN 1, SMAN 3 dan SMAN 4 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner atau angket dengan reliabilitas sebesar 0,927. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi koping yang paling banyak digunakan siswa adalah penyelesaian masalah, kemudian reSlrukturisasi kognitif dan dukungan sosial. Hasil ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menggunakan strategi koping yang engagement, yaitu Strategi koping yang menunjukkan usaha keterlibatan individu dalam usahanya untuk mengatasi situasi stres secara aktif aktif dan berkelanjutan untuk mengatasi situasi yang mereka hadapi.
Hubungan Hardiness dengan Locus of Control Eksternal pada Mahasiswa Perantauan dalam Menyelesaikan Skripsi Marlinda, Iva Wuri; Supriono, Yoyon; Herani, Ika
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3873.868 KB) | DOI: 10.18860/psi.v12i1.6392

Abstract

This study aimed to test the relationship between hardiness and external locus of control on the nomads student in completing the thesis. The population was undergraduate overseas student who is completing a thesis in the Faculty of Social and Political Sciences Brawijaya University. These samples included 135 nomads student. The sampling technique used purposive sampling technique. Hardiness and external locus of control was measured using a Likert scale, the scale of the two variables is made by the researcher. Data were analyzed with the Pearson's product moment correlation technique, with the result, there was significant a negative relationship between hardiness and external locus of control with the interpretation, the higher of hardiness, the lower level of external locus of control on the nomads student in completing the thesis and conversely. The correlation coefficient (r = 0.201) indicates that the relationship of hardiness with external locus of control, was a weak relationship.
Gambaran Motif dan Beliefs pada Jamaah Asmaul Haq Rangkah Kidul Sidoarjo Ranggi, Desta; Herani, Ika; Lestari, Sumi
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4878.72 KB) | DOI: 10.18860/psi.v12i1.6393

Abstract

The aim of this study was overview about the motive and beliefs of individual who are member of the Asmaul Haq. The method called "amalan" has aimed to always remember God. The essence of the concept Asmaul Haq is belief. Method of research is qualitative with phenomenological research model. Data collection techniques used observation, interview, and documentation. Data was analyzed by phenomenological MouStakas (1994). There are four subjects research was selected by snowball sampling technique, consist of two male subjects and female subjects aged 21 -50 years. The results showed that the motive whose owned four subjects are same, such as wants to bring something close to the God, become people better than before. The source of drive is internal and external drive of subjects. While the beliefs of four subjects consistently shows that faith wholeheartedly againSt Asmaul Haq is a right way to the God. The beliefs of four subjects that every expectation blessed or is not blessed by God is the beSt thing. There is no doubting or loSt of beliefs who they feel. Beliefs gives positive emotion and gratification to subjects in their life.
Pengaruh Peran Ayah (Fathering) terhadap Determinasi Diri (self Determination) Remaja Muna, Leli Nailul; Sakdiyah, Elok Halimatus
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2502.046 KB) | DOI: 10.18860/psi.v12i1.6394

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peran ayah berpengaruh terhadap determinasi diri pada remaja kelas X di SMAN 3 Malang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 108 orang dengan 54 orang laki-laki dan 54 perempuan. Metode penelitian data menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner terbuka. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria responden hanya anak yang tinggal bersama ayah dan ibu kandung yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Skala peran ayah disusun sendiri oleh peneliti dan skala determinasi diri diadaptasi dari skala Basic Psychological Needs scale milik Ryanft Deci. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peran ayah berpengaruh positif terhadap determinasi diri dengan nilai p= 0.000 dan nilai R 0,37. Hasil penelitian juga menemukan bahwa peran ayah sebagai pemberi perhatian dan kasih sayang {caregiver) berpengaruh terhadap rasa kemandirian (autonomy) dengan nilai p= 0,008, peran ayah sebagai konsultan dan penasihat (advocate) berpengaruh terhadap rasa kompetensi (competence) dengan nilai p= 0,04, dan peran ayah sebagai sumber daya sosial dan akademik (resource) berpengaruh terhadap rasa keterhubungan (relatedness) remaja dengan nilai p= 0,008. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa peran ayah pada anak perempuan dan anak laki-laki tidak berbeda.
Penerapan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Sandri, Ritna
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1617.506 KB) | DOI: 10.18860/psi.v12i1.6395

Abstract

The research subjects were sudents grade 3 junior and the children who live in orphanages, they are teenagers who are experiencing a decline in motivation to learn. The study aims to increase the motivation to learn by applying group counseling. Data collection techniques are observation and interviews. Intervention consists of four phases: the firSt or early Stage, phase II or phase transitions, Stage III or Stage cohesion and productivity and Stage IV or Stage of consolidation and termination which is the laSt Stage in the counseling group. After the intervention, the subject of understanding and solving the problems they are facing, with the completion of the problems they are facing, the high motivation to learn them back.
Hubungan antara Career Capital dan Work-Life Balance pada Karyawan di PT. Petrokimia Gresik Ula, Ilma Iftahul; Susilawati, Ikra Rahma; Widyasari, Selly Dian
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4327.375 KB) | DOI: 10.18860/psi.v12i1.6391

Abstract

This study aimed to examine the correlation between career capital and worklife balance towards the employees of PT Petrokimia Gresik. The total sample was 102 official employees in the office of PT Petrokimia Gresik. Data were collected using simple random sampling technique; the career capital scale was based on Arthur and Inkson theory (2001), while the work-life balance scale was transadapted from Fisher's theory (2009). The itemtotal correlation coefficient was calculated using Product Moment Pearson and the reliability was examined using internal consistency technique. The result showed the Product Moment correlation (r) was 0,522 with p = 0,000, showing the positive linear correlation was at medium range between the two variables. This means, the higher the career capital of the employees, the higher their work-life balance. Otherwise, the lower career capital of the employees, the lower their work-life balance.
Hope-Based Intervention untuk Menurunkan Stres Serta Meningkatkan Harapan dan Subjective Well-being pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Sosialita, Tiara D.; Hamidah, Hamidah
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4122.667 KB) | DOI: 10.18860/psi.v12i1.6396

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas hope-based intervention untuk menurunkan stres serta meningkatkan harapan dan subjective well-being pada penderita diabetes mellitus tipe 2 menggunakan desain eksperimen pretest posttest control group design pada 20 orang penderita Diabetes Mellitus tipe 2 berusia 20-40 tahun. Alat ukur yang digunakan berupa skala stres adaptasi Perceived Stress Scale dari Cohen (1988), skala harapan adaptasi Hope Scale dari Snyder (2003) serta skala subjective well-being yang merupakan kombinasi dan adaptasi dari Satisfaction with Life Scale oleh Diener (1985) dan The Affect Balance Scale oleh Bradburn (1969). Hasil analisa data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor stres pada kelompok eksperimen dengan skor stres pada kelompok kontrol setelah adanya pemberian intervensi (p = 0,038), serta ada perbedaan yang signifikan antara skor harapan (p = 0,011) dan skor subjective well-being (p = 0,000) pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Adapun nilai efektivitas dari hope-based intervention tergolong sedang untuk variabel stres (ES = 0,45) serta tergolong besar untuk variabel harapan (ES = 1,83) dan subjective well-being (ES = 3,87). Hal ini menunjukkan bahwa hope-based intervention efektif untuk menurunkan stres serta meningkatkan harapan dan subjective well-being pada penderita Diabetes Mellitus tipe 2.Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas hope-based intervention untuk menurunkan stres serta meningkatkan harapan dan subjective well-being pada penderita diabetes mellitus tipe 2 menggunakan desain eksperimen pretest posttest control group design pada 20 orang penderita Diabetes Mellitus tipe 2 berusia 20-40 tahun. Alat ukur yang digunakan berupa skala stres adaptasi Perceived Stress Scale dari Cohen (1988), skala harapan adaptasi Hope Scale dari Snyder (2003) serta skala subjective well-being yang merupakan kombinasi dan adaptasi dari Satisfaction with Life Scale oleh Diener (1985) dan The Affect Balance Scale oleh Bradburn (1969). Hasil analisa data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor stres pada kelompok eksperimen dengan skor stres pada kelompok kontrol setelah adanya pemberian intervensi (p = 0,038), serta ada perbedaan yang signifikan antara skor harapan (p = 0,011) dan skor subjective well-being (p = 0,000) pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Adapun nilai efektivitas dari hope-based intervention tergolong sedang untuk variabel stres (ES = 0,45) serta tergolong besar untuk variabel harapan (ES = 1,83) dan subjective well-being (ES = 3,87). Hal ini menunjukkan bahwa hope-based intervention efektif untuk menurunkan stres serta meningkatkan harapan dan subjective well-being pada penderita Diabetes Mellitus tipe 2.
Penggunaan Teknik Shaping dengan Training pada Anak Autis Rachmawaty, Fitria
Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2969.727 KB) | DOI: 10.18860/psi.v12i1.6390

Abstract

Autism is a mental disorder in children were much discussed recently. The development of autism also increased sharply in recent decades. Autism was firSt introduced in a paper in 1943 by an American psychiatrist named Leo Kanner. He found eleven children who have the same characteristics, that is not able to communicate and interact with other individuals and very indifferent to the environment outside of himself, and his behavior seemed like living in his own world. In this case use the method assessment techniques with observation and interviews, and supported by several psychological teSts. Prominent features of autistic behavior itself is the difficulty in social interaction, communication language Stereotyped or repetitive. Besides, the client Still has not been able to express his desire, one of which is a small kekamar independently, for it will be used in this case shaping techniques in shaping the behavior of the new subjects in order to be better able to express his desire to go back to the room is small. Of the technique performed showed significant on the subject, namely the change of interesting hands accompanying teachers when they want to pee, to be able to say the word "paisa" when they want to pee

Page 1 of 1 | Total Record : 10