cover
Contact Name
Agus Tri Darmawanto
Contact Email
tridrm7@gmail.com
Phone
+6282131317173
Journal Mail Official
jurnalekonomikafeubt@gmail.com
Editorial Address
Jl.Amal Lama No.1 Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara
Location
Kota tarakan,
Kalimantan utara
INDONESIA
Jurnal Ekonomika
ISSN : 20863233     EISSN : 26852977     DOI : http://dx.doi.org/10.35334/jek
Core Subject : Economy,
Jurnal Ekonomika (P-ISSN: 2086-3233 dan E-ISSN:2685-2977) merupakan jurnal ekonomi yang diterbitkan secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan bulan Juni oleh Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan. Jurnal ini sebagai media komunikasi ilmiah bagi kalangan akademisi, praktisi dan umum yang mengamati perkembangan ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian dan kajian tentang isu-isu berkaitan dengan ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Volume 13, Nomor 01, Januari 2022" : 10 Documents clear
ANALISIS DETERMINAN RUMAH TANGGA MISKIN DI PROVINSI KALIMANTAN UTARA TAHUN 2020 M. Nurul Alam Hasyim; Andika Veriyanto
JURNAL EKONOMIKA Volume 13, Nomor 01, Januari 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jek.v13i01.2422

Abstract

Sebagai provinsi yang termuda di Indonesia, Provinsi Kalimantan Utara tidak lepas dengan permasalahan kemiskinan. Pada bulan Maret 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat kemiskinan di Kalimantan Utara sebesar 6,80 persen meningkat dibandingkan dengan bulan September 2019 dengan tingkat kemiskinan sebesar 6,49 persen. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran umum karateristik rumah tangga miskin di Provinsi Kalimantan Utara. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang memengaruhi status kemiskinan pada rumah tangga di Provinsi Kalimantan Utara. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensia yang menggunakan regresi logistik biner. Dari hasil analisis regresi logistik biner didapatkan hasil yaitu rumah tangga dengan karakteristik kepala rumah tangga tidak berpendidikan tinggi, kepala rumah tangga tidak bekerja atau bekerja di sektor informal, tinggal di daerah perdesaan, memiliki jumlah anggota rumah tangga lebih dari empat orang, luas lantai per kapita kurang dari 7,2 m persegi dan tidak memiliki akses air minum layak memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk menjadi miskin.
DETERMINAN RUMAH TANGGA PERTANIAN MISKIN DI PROVINSI KALIMANTAN UTARA Fitri Puspitasari; Dwi Wahyu Triscowati
JURNAL EKONOMIKA Volume 13, Nomor 01, Januari 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jek.v13i0.2412

Abstract

Di Indonesia, sektor pertanian berkaitan erat dengan kemiskinan. Padahal sektor pertanian merupakan sektor andalan dalam menyumbang pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut juga terjadi di Provinsi Kalimantan Utara. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas mengenai determinan rumah tangga pertanian miskin dilihat dari kondisi demografi. Dari hasil nalisis regresi logistik biner, dapat diketahui bahwa kategori rumah tangga pertanian miskin dipengaruhi signifikan oleh jumlah anggota rumah tangga, usia, dan tingkat pendidikan. Tingkat pendidikan memiliki kecenderungan yang paling tinggi dalam mempengaruhi suatu rumah tangga pertanian untuk masuk kedalam kategori miskin. Kepala rumah tangga yang berpendidikan SD kebawah cenderung memiliki peluang yang lebih tinggi untuk menjadi miskin dibandingkan dengan kepala rumah tangga yang berpendidikan SMP keatas. Pendidikan merupakan hal terpenting untuk mengurangi kemiskinan. Semakin tinggi pendidikan seseorang, maka semakin banyak pengetahuan yang dimiliki untuk membuat dirinya produktif dan memiliki penghasilan yang layak untuk diri dan keluarganya.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SERVICE POINT ORIFLAME 1774 SEKAYU Ellisyah Mindari
JURNAL EKONOMIKA Volume 13, Nomor 01, Januari 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jek.v13i01.2423

Abstract

Konsumen dalam memutuskan suatu pembelian dipengaruhi oleh kesempurnaan produk dan persepsi positif nilai produk yang menentukan harga produk. Penelitian ini dilaksanakan guna mengkaji pengaruh kualitas produk, persepsi dan harga terhadap keputusan pembelian pada Service Point Oriflame 1774 Sekayu, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian kuantitatif metode survey ini, rumusan masalahnya asosiatif berbentuk hubungan kausal/sebab akibat. Populasi penelitian tidak diketahui jumlahnya. Sampel mempedomani saran Roscoe dalam analisis multivariate, sehingga sampelnya sebanyak 60 responden dengan teknik pengambilan sampel insidental. Data diuji validitas, reliabilitas, analisis regresi ganda, koefisien determinan, uji serentak dan uji parsial dengan bantuan IBM SPSS Statistic 24. Diperoleh persamaan regresi ganda: Y=28,869+0,445x1–0,212x2+0,134x3. Nilai koefisien determinan 0,393 artinya y mampu dijabarkan oleh x1, x2 dan x3 sebesar 39,3%, sisanya 60,7% dijelaskan faktor yang lain. Didapat Fhitung (12,090) Ftabel (2,769) dan nilai signifikansi 0,000 α(0,05) yang bermakna ada pengaruh signifikan x1, x2 dan x3 terhadap y secara simultan. Kualitas produk memiliki thitung (5,118) ttabel (2,001), maknanya ada pengaruh parsial x1 terhadap y dan nilai Sig. t=0,000α(0,05) bermakna ada pengaruh signifikan x1 terhadap y. Persepsi memperoleh nilai sig. t=0,038α(0,05) bermakna x2 berpengaruh signifikan terhadap y. Harga mendapat thitung (1,376) ttabel (2,001) artinya tidak terdapat pengaruh parsial x3 terhadap y dan nilai Sig. t=0,174α(0,05) berarti tidak berpengaruh signifikan x3 terhadap y.
DAMPAK PANDEMIK COVID 19 TERHADAP TINGKAT PENGEMBALIAN PINJAMAN KOPERASI DI KABUPATEN SUMBA TIMUR Karolina A Rewa
JURNAL EKONOMIKA Volume 13, Nomor 01, Januari 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jek.v13i0.2413

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemik COVID 19 terhadap tingkat pengembalian pinjaman koperasi di Kabupaten Sumba Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif . Melalui tehnik ini, akan digambarkan seluruh data atau fakta yang diperoleh tentang dampak pandemik Covid 19 terhadap tingkat pengembalian pinjaman koperasi di Kabupaten Sumba Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar 77 persen Koperasi di Kabupaten Sumba Timur mengalami dampak buruk akibat wabah COVID 19 dengan tingkat pengembalian pinjaman koperasi dengan kategori kurang lancar sebesar 59 persen dan tingkat pengembalian pinjaman dengan kategori macet sebesar 18 persen. Sedangkan berdasarkan dampak Pandemik COVID 19 secara umum terhadap tingkat pengembalian pinjaman koperasi di Kabupaten Sumba Timur mengalami kondisi tingkat pendapatan menurun sebesar 76,5 persen dan mengalami kemacetan usaha sebesar 5,88 persen.
PENENTU NIAT KOPERASI DI PROVINSI BALI TRANSFORMASI TEKNOLOGI DIGITAL : DAMPAK PANDEMI COVID-19 Surya Dewi Rustariyuni
JURNAL EKONOMIKA Volume 13, Nomor 01, Januari 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jek.v13i0.2414

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan permasalahan berat bagi semua sektor dan lembaga keuangan, tak terkecuali koperasi. Koperasi yang survive di masa pandemi Covid-19 adalah koperasi yang mampu melakukan inovasi teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui faktor penentu koperasi di Provinsi Bali melakukan transformasi teknologi digital sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Informan kunci dalam penelitian ini yaitu ketua pengurus dan manajer koperasi yang menerapkan teknologi digital. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa penerapan teknologi digital pada koperasi di Provinsi Bali dipengaruhi oleh dukungan manajemen atas, prospek usaha, kualitas layanan, ketersediaan jaringan internet berkecepatan tinggi (broadband), dan kepuasan anggota.Kata kunci : Teknologi Digital, Dukungan Manajemen
PENGARUH PENGANGGURAN DAN INFLASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA TARAKAN Agus Tri Darmawanto; Hasliani Hasliani
JURNAL EKONOMIKA Volume 13, Nomor 01, Januari 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jek.v13i0.2419

Abstract

Tujuan penelitian ini (i) menganalisis pengaruh secara parsial pengangguran dan inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Tarakan, (ii) menganalisis pengaruh secara simultan pengangguran dan inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Tarakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder tahun 2008-2020 dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengangguran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Tarakan. Sedangkan variabel inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Tarakan. Tingkat pengangguran dan inflasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Tarakan.
ANALISIS PERENCANAAN KETENAGAKERJAAN DI KOTA TARAKAN Ariani Ariani
JURNAL EKONOMIKA Volume 13, Nomor 01, Januari 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jek.v13i0.2421

Abstract

Paradigma tradisional memiliki pandangan tentang pembangunan yang ada di Indonesia sebagai negara yang berkembang, sehingga diidentikan dengan upaya untuk meningkatkan pendapatan per-kapita atau dengan strategi pertumbuhan ekonomi untuk mengurangi masalah-masalah pembangunan yang berdasarkan pada pancasila dan pembukaan UUD 1945. Berdasarkan identifikasi perencanaan ketenagakerjaan di kota Tarakan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan industri daerah yang mampu menopang ketersediaan kesempatan lapangan kerja di Kota Tarakan, ketersediaan sumber daya manusia yang mumpuni dari segala aspek, ketesediaan kelembagaan ketenagakerjaan yang diharapkan mampu menopang peningkatan kinerja dari pencari pekerjaan. Transparan, proses dan mekanisme pengambilan keputusan yang dibangun sejak mulai tingkat dinas/instansi, lembaga dan swasta terkait ketenagakerjaan sudah diketahui dan dapat dipantau oleh masyarakat Kota Tarakan. Responsif, usulan kegiatan yang dihasilkan lebih disebabkan adanya upaya merespon apa yang menjadi isu di masyarakat Kota Tarakan. Partisipatif, keterlibatan masyarakat Kota Tarakan menjadi satu keniscayaan dalam pengertian perumusan yang terjadi dilakukan bersama dan selalu memperhatikan masalah/isu yang diangkat oleh masyarakat. Akuntabel, Seluruh proses dilakukan secara transparan, menjawab kebutuhan dan melibatkan masyarakat Kota Tarakan dan hasilnya hasilnya pasti dapat dipertanggungjawabkan. Melalui beberapa daya dukung sesuai analisis peran yang ada yaitu beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama, Dukungan kongkrit dan nyata adalah keikutsertaan masyarakat yang terbentuk dalam Tripartit di kota Tarakan. Kedua, Daya dukung yang merupakan potensi (akan ada atau bisa diusahakan) juga tidak ada karena dukungan ini muncul kalau ada dukungan yang berupa dukungan konkrit dan nyata sudah ada dahulu. Ketiga, dukungan dari sektor formal dan informal serta dukungan dari masyarakat yang terdapat di kota Tarakan.
PENERAPAN STRATEGI GREEN MARKETING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 Meylin Rahmawati; Sulistya Rini Pratiwi; Charitin Devi; Yohanna Thresia Nainggolan
JURNAL EKONOMIKA Volume 13, Nomor 01, Januari 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jek.v13i0.2410

Abstract

Perusahaan yang menerapkan green marketing sebagai strategi pemasarannya, dianggap lebih mudah dalam membangun citra positif perusahaan. Terlebih ketika perusahaan yang menerapkan green marketing adalah perusahaan dengan produk yang dipasarkan di pasar internasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan green marketing pada UMKM di era pandemi covid-19 beserta dampaknya. Penelitian ini sekaligus bertujuan relevansinya penerapan green marketing sebagai alat pemasaran dalam situasi bisnis yang tidak pasti karena pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Implementasi strategi green marketing membutuhkan pendekatan fundamental, komprehensif dan terintegrasi dalam semua aspek fungsional pemasaran, termasuk bauran pemasaran secara keseluruhan, seperti desain produk, harga, lokasi dan promosi.
DAPATKAH PROFITABILITAS MEMPENGARUHI HARGA SAHAM? Ferica Christinawati Putri
JURNAL EKONOMIKA Volume 13, Nomor 01, Januari 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jek.v13i01.3567

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas yang terdiri dari : ROA, ROE, NPM, GPM dan EPS terhadap harga saham. Penelitian ini menggunakan data sekunder melalui sumber data dan bursa efek indonesia yang telah dipublikasikan oleh perusahaan manufaktur sebanyak 117 perusahaan dalam Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu penelitian selama tahun 2016-2020. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menyatakan bahwa ROA dan EPS berpengaruh  positif terhadap harga saham sedangkan ROE, NPM dan GPM tidak berpengaruh positif terhadap harga saham.  
EFISIENSI INDUSTRI PENGOLAHAN DAGING SAPI DI KOTA TARAKAN Charitin Devi
JURNAL EKONOMIKA Volume 13, Nomor 01, Januari 2022
Publisher : Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jek.v13i01.3571

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui nilai efisiensi dari 4 UMKM industri pengolahan daging sapi di Kota Tarakan; (2) Menentukan DMU mana yang menjadi patok ukur efisen terhadap UMKM yang inefisien;  (3) Mengetahui selisih nilai input dan nilai output dari UMKM efisien terhadap UMKM yang inefisien Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari interview 4 UMKM industri pengolahan daging sapi di Kota Tarakan dan menggunakan software EMS (Efficiency Measurement System) untuk mendapatkan nilai efisiensi. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan mendapatkan hasil bahwa UMKM 1 menghasilkan nilai efisiensi 100% dalam arti kegiatan produksi yang dilakukan telah efisien. Sedangkan UMKM 2, 3 dan 4 inefisien dengan nilai masing-masing di bawah dari 100% yaitu 91,44%; 61,67%; 65,84%. Dari keempat DMU dalam penelitian yang dijadikan patok ukur (benchmarks) adalah DMU 1. Untuk DMU 2 nilai input dan output adalah sebesar nilai input dan output DMU 1 masing-masing dikalikan 0,50 yaitu Rp. 43.258.000 dan Rp. 70.000.000; DMU 3 dapat mencapai nilai efisien jika jika input dan output adalah sebesar nilai input dan output DMU 1 masing-masing dikalikan 0,03 yaitu Rp. 2.595.480 dan Rp. 4.200.000; DMU 4 dapat mencapai nilai efisien jika jika input dan output adalah sebesar nilai input dan output DMU 1 masing-masing dikalikan 0,02 yaitu Rp. 1.730.320 dan Rp. 2.800.000.

Page 1 of 1 | Total Record : 10