cover
Contact Name
Dwi Sulisworo
Contact Email
dwi.sulisworo@uad.ac.id
Phone
+62895416066361
Journal Mail Official
bfi@mpfis.uad.ac.id
Editorial Address
Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161 Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya
ISSN : 20850409     EISSN : 25500465     DOI : 10.12928
The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The coverage of the journal includes but not limited to: Physics Physics Education Computational Physics Experimental Physics Theoretical Physics Astronomy Electronics Instrumentation Sensor Instructional Media Learning strategies Learning Evaluation Learning model
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 " : 3 Documents clear
PENGUKURAN KONSENTRASI LURUHAN THORON DENGAN SPEKTROMETER GAMMA HP-Ge Eko Mulyadi
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya Vol 3, No 1 & 2 (2011)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/bfi-jifpa.v3i1 & 2.5564

Abstract

Telah dilakukan pengukuran konsentrasi luruhan thoron dalam ruang tertutup yang dilengkapi dengan ventilasi yang dapat ditutup dan dibuka. Pengukuran konsentrasi luruhan thoron dilakukan menggunakan impaktor bertingkat 13 dengan laju alir 3 liter per menit. Setiap tingkat impaktor dicacah dengan spektrometer gamma HP-Ge pada energi 238,6 keV (212Pb). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi luruhan thoron dalam ruang saat ventilasi ditutup rata-rata sebesar (63,42  4,22) Bq/m3 dan ventilasi dibuka rata-rata sebesar (49,053,43) Bq/m3. Konsentrasi ini masih jauh di bawah konsentrasi yang dilaporkan UNSCEAR 2000 dengan sumber thoron yang sama. Kata kunci : konsentrasi, luruhan thoron, spektrometer gamma HP-Ge.
PENENTUAN MOMEN KELEMBAMAN SILINDER PEJAL DENGAN PERCOBAAN BIDANG MIRING Eko Setyadi K; Raden Oktova
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya Vol 3, No 1 & 2 (2011)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/bfi-jifpa.v3i1 & 2.5565

Abstract

Telah dilakukan percobaan untuk menentukan momen kelembaman silinder pejal dengan percobaan gerak menggelinding pada bidang miring, dan sebagai sampel digunakan tiga buah silinder pejal yang terbuat dari kuningan, tembaga, dan seng. Analisis yang digunakan adalah regresi linear tanpa bobot berdasarkan metode kuadrat terkecil dengan bantuan Microsoft Office Excel 2003. Besaran akhir yang diuji adalah ukuran momen kelembaman tak berdimensi 2 K  I / mR , yang secara teoretis untuk silinder pejal bernilai ½. Percobaan dan analisis menggunakan dua metode yang berbeda: pada metode pertama diukur waktu tempuh pada panjang lintasan (s) yang bervariasi pada sudut kemiringan ( ) tetap, sedangkan pada metode kedua diukur waktutempuh pada sudut kemiringan yang bervariasi pada panjang lintasan tetap. Pada metode pertama, hasil percobaan dengan tiga sudut kemiringan kecil hingga 150 memberikan nilai K yang sesuai dengan nilai teoretis, sedangkan pada sudut 200 diperoleh nilai K yang lebih besar dari nilai teoretis. Pada metode kedua, ternyata diperoleh nilai K yang sesuai dengan nilai teoretis untuk semua panjang lintasan.Kata kunci: momen kelembaman, silinder pejal, regresi linier, metode kuadrat terkecil.
UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP ARUS SEARAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS III SMP NEGERI 3 PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, D. I. YOGYAKARTA _ Andayaningsih
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya Vol 3, No 1 & 2 (2011)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/bfi-jifpa.v3i1 & 2.5595

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas dalam upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika tentang arus searah dan meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif pada siswa Kelas III SMP. Tujuan lain penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan dasar guru dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan pada siswa kelas III SMP Negeri 3 Playen, Kabupaten Gunungkidul, D. I. Yogyakarta tahun pelajaran 2004/2005. Penelitian ini menggunakan desain model Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri atas tiga siklus. Analisis data yang dilakukan menekankan pada deskripsi data, dengan cara menghitung rata-rata skor setiap variabel penelitian. Selanjutnya rata-rata tersebut dibandingkan dengan kriteria penilaian yang telah ditentukan, untuk melihat tingkat keberhasilan setiap aspek dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keaktifan dan penguasaan konsep fisika siswa, serta dapat membantu perkembangan keterampilan sosial siswa.Kata kunci: penguasaan konsep fisika, pembelajaran kooperatif, penelitian tindakan kelas

Page 1 of 1 | Total Record : 3