cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 1 (2020)" : 22 Documents clear
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 4 KENDAL PADA KOMPETENSI DASAR KOPLING DAN TRANSMISI MANUAL Muslimah, Dewi Nur; Suwahyo, Suwahyo
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewasa ini perkembangan teknologi begitu pesat, akan tetapi banyak masyarakat belum bisa memanfaatkan teknologi secara maksimal, tidak terkecuali pelajar SMK. Kurangnya media pembelajaran yang kreatif dan inovatif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran e-modul berbasis discovery learning pada kompetensi dasar kopling dan transmisi manual serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI jurusan TKR SMK Negeri 4 Kendal setelah menggunakan e-modul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan model Four D. Model Four D memiliki empat tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Desain  penelitian  menggunakan  Pre  Experimental  Design  dengan  model  eksperimental  one  group  pretest  posttest  design.  Jenis  data  yang  dihasilkan  adalah  data  kuantitatif. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji N-Gain. Hasil analisis menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan skor perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 17,57 sedangkan untuk ttabel sebesar 2,04. Uji N-Gain diperoleh rata-rata sebesar 0,54 dengan kriteia peningkatan hasil belajar sedang.
PEMBELAJARAN SOLE (SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS) MATERI MESIN BUBUT STANDAR DI MASA PANDEMI COVID-19 Haryadi, Sugeng
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berawal dari jumlah kasus Covid-19 yang bertambah banyak, Pemerintah dalam hal ini Kemendikbud berusaha melakukan usaha pencegahan penyebaran Covid-19 dengan mengeluarkan kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yaitu belajar dari rumah (BDR). Guru selaku ujung tombak pembelajaran yang paling depan wajib mengimplementasikannya dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) selama masa pandemi Covid-19 ini. Pembelajaran SOLE materi mesin bubut standar pada peserta didik kelas XI kompetensi keahlian kriya kreatif logam dan perhiasan (KKLP) SMK Negeri 2 Adiwerna semester genap tahun pelajaran 2019/2020 ini dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berupa akses internet dan komputer/ smartphone. KBM dengan kelas maya diantaranya Whatsapp Group/ WAG “Las Bubut (ZOOM Class)” dan Meeting ROOM di aplikasi ZOOM Cloud Meetings. Pembelajaran SOLE ini terbukti dapat mencegah penyebaran COVID-19.
PENGEMBANGAN JOB SHEET BERBASIS SCIENTIFIC LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR MERAWAT SECARA BERKALA DAN MEMPERBAIKI SISTEM PENGISIAN Irmansyah, Gun; Wahyudi, Wahyudi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan job sheet sesuai dengan struktur Direktorat Pembinaan SMK, mengetahui tingkat kelayakan job sheet berbasis scientific learning serta mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan job sheet berbasis scientific learning. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan 4-D meliputi tahap Define, Design, Develop dan Disseminate dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket uji kelayakan dan lembar penilaian. Struktur job sheet meliputi sampul, prakata, daftar isi, judul kegiatan belajar, tujuan pembelajaran, alat dan bahan, keselamatan dan kesehatan kerja (K3), langkah kerja, kesimpulan, evaluasi, lembar penilaian dan hasil, lembar validasi serta daftar pustaka. Hasil uji kelayakan job sheet berbasis scientific learning masuk kategori sangat layak dengan skor rata-rata ahli materi 3,61 dan skor rata-rata ahli media 3,57. Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan job sheet berbasis scientific learning pada penilaian observasi rata-rata 77, pada penilaian portofolio rata-rata 79 sehingga rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 78.
PENGEMBANGAN MEDIA PERAGA ALARM SAFETY LOCK SEPEDA MOTOR PADA MAHASISWA PTO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG Subakti, Syahrul; Hadromi, Hadromi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media peraga Alarm Safety Lock dan keefektifan penggunaan media peraga pada mahasiswa yang telah melampaui mata kuliah praktik sepeda motor dan motor kecil di jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media, media peraga Alarm Safety Lock telah memenuhi kriteria sangat layak. Terbukti dari rata-rata presentase hasil uji materi sebesar 86% dan rata-rata presentase hasil uji media sebesar 92%. Media peraga Alarm Safety Lock dapat meningkatkan hasil belajar siswa.  Hal ini dibuktikan dari grafik peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu sebesar 59.90, sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 86.10, maka perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen sebesar 43,74%. Hasil uji t untuk nilai post-test  t hitung = 2,82 > t tabel 2,045, hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai hasil post-test antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil uji gain ternormalisasi pada kelas kontrol yang memperoleh nilai gain sebesar 0,243 sedangkan nilai gain pada kelas eksperimen sebesar 0,434. Interpretasi kelas kontrol masuk dalam kategori peningkatan rendah sedangkan kelas eksperimen masuk dalam kategori peningkatan sedang. Hasil tersebut membuktikan bahwa media peraga Alarm Safety Lock merupakan media yang efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil pengembangan berupa media peraga yang compact untuk bisa diaplikasikan pada kendaraan praktik dengan sistem kelistrikan DC dengan disertai buku pendamping.
ANALISIS PENGENDALIAN RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA CV. SUMBER BARU KIA YOGYAKARTA DENGAN METODE HEALTH IDENTIFICATION AND RISK ASSESSMENT (HIRA) Hakiki, Hakiki; Supraptono, Supraptono; Hadromi, Hadromi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor hazard yang dapat menjadi penyebab kecelakaan kerja dan menyusun rekomendasi mengenai upaya pengendalian risiko yang dapat dilakukan untuk menurunkan dampak risiko hazard. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan observasional sehingga memiliki data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil data akan diidentifikasi menggunakan job safety analysis untuk mendapatkan pemetaan tingkat resiko sehingga dapat menentukan pengendalian risiko yang akan dilakukan untuk meminimalkan dampak hazard di CV Sumber Baru KIA. Hasil identifikasi bahaya di CV Sumber Baru KIA terdapat 41 bahaya dengan kategori accepatble risk yang memiliki peluang risiko terbanyak. Nilai risiko kebisingan yang diperoleh sebesar 95,4 dB dengan jangka rata-rata paparan 2 jam per hari, dari hasil tersebut peringkat risiko kebisingan termasuk dalam kategori significant risk  bersama dengan gas-gas ekplosif, asam sulfat, gas karbon monoksida dan chlorinated hydrocarbon. Saran tindakan pengendalian pada significant risk yang merupakan risiko tertinggi di CV Sumber Baru KIA dengan cara melakukan pengawasan rutin, safety talk rutin dan menyediakan APD serta membuat dokumen aspec-impact potensi bahaya dan risiko keselamatan dan kesehatan kerja.
PENGEMBANGAN JOB SHEET BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN OVERHAUL TRANSMISI MANUAL KELAS XI TKR SMK NEGERI 1 BUMIJAWA Labib, Ziad Khusnul; Suwahyo, Suwahyo
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu job sheet berbasis performance assessment, selain itu juga untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran keterampilan overhaul transmisi manual. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen wawancara, angket, tes, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis dari kelayakan job sheet memperoleh skor dari didapatkan hasil rata-rata dari tiga validator yaitu sebesar 94% sehingga secara empirik job sheet dapat dikatakan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Secara empirik penggunaan  job sheet  yang  telah dikembangkan meningkatkan hasil belajar praktikum siswa dimana dari  rata-rata  kelas  sebelum  menggunakan  job sheet  yang  telah dikembangkan  78  menjadi  84. Berdasarkan analisis data tersebut disimpulkan bahwa penggunaan job sheet berbasis performance assessment sangat layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan praktikum siswa. Oleh karena itu, job sheet berbasis performance assessment direkomendasikan digunakan dalam kegiatan pembelajaran praktikum overhaul transmisi manual.
Cover Vol. 20 No. 1 Tahun 2020 ., .
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

-
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SISTEM KELISTRIKAN ENGINE SEPEDA MOTOR UNTUK SISWA KELAS XI SMK Maulana, Muhammad Husni; Wahyudi, Wahyudi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan media yang tidak tepat menghambat peserta didik dalam memahami materi sistem kelistrikan engine sepeda motor. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan multimedia sistem kelistrikan engine sepeda motor serta mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik. Proses pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan desain uji coba menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, dan peserta didik kelas XI TBSM yaitu TBSM 1 dan TBSM 2 dengan jumlah masing-masing 30 siswa. Hasil uji validasi ahli media memperoleh skor 178 yang termasuk kategori sangat layak dan ahli materi sebesar 180 yang termasuk kategori layak. Hasil analisis uji-t menunjukkan thitung untuk pretest sebesar 1,03 yang berarti tidak ada perbedaan antara pretest kelas kontrol dan ekperimen dan thitung posttest sebesar 2,26, yang berarti ada perbedaan antara posttest kelas kontrol dan ekperimen. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil uji t kelas kontrol dan ekperimen dimana thitung kelas kontrol sebesar 6,41 dan thitung  kelas eksperimen sebesar 8,86. Peningkatan hasil belajar lebih besar pada kelas ekperimen yang menggunakan multimedia sistem kelistrikan engine sepeda motor.
PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS ANIMASI MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN Nopriyanti, Nopriyanti; Darlius, Darlius; Kurniawan, Elfahmi Dwi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan Modul Elektronik Berbasis Animasi pada Mata Kuliah Media Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, (2) Mengetahui kualitas Modul Elektronik Berbasis Animasi pada Mata Kuliah Media Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Unsri. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Validasi modul elektronik ini dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Subjek uji coba penelitian ini adalah 32 mahasiswa program studi pendidikan teknik mesin FKIP UNSRI. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) produk modul elektronik berbasis animasi pada mata kuliah media pembelajaran yang layak untuk digunakan; (2) Kualitas produk modul elektronik ini sangat baik, hasil penilaian ahli media dan ahli materi ditinjau dari aspek tampilan 85 (sangat baik), aspek pembelajaran 51 (baik), dan aspek materi 54 (baik). Sedangkan hasil penialaian peserta didik uji coba lapangan pada aspek tampilan sebesar 956 (sangat baik), pada aspek pembelajaran sebesar 684 (sangat baik),  dan pada aspek isi sebesar 847 (sangat baik).
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENGAYAAN LATIHAN KOMPETENSI MENERAPKAN CARA PERAWATAN ANTILOCK BRAKE SYSTEM (ABS) UNTUK SISWA SMK MUHAMMADIYAH SAMPANG CILACAP Kuntoro, Danu; Masugino, Masugino
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 20, No 1 (2020)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan produk modul elektronik ABS yang dikembangkan, mengetahui keefektifan penggunaan modul elektronik ABS dalam meningkatkan hasil belajar siswa, serta mengetahui respon atau tanggapan tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan media modul elektronik ABS yang dikembangkan di SMK Muhammadiyah Sampang, Cilacap. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk diperoleh persentase 95% untuk ahli media dan 96,4% untuk ahli materi, sehingga e-modul memenuhi kategori sangat layak. E-modul ABS terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai pretest 47,31 dan rata-rata nilai posttest 78,62 serta hasil Uji-t diperoleh nilai thitung = 12,05 sedangkan ttabel = 2,00. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata uji N-Gain = 0,595 dengan kriteria sedang. Analisis tanggapan siswa diperoleh 89% termasuk kategori sangat baik.

Page 1 of 3 | Total Record : 22