cover
Contact Name
Erlangga, S.Kom., M.Kom
Contact Email
jurnalfik@ubl.ac.id
Phone
+628978957357
Journal Mail Official
jurnalfik@ubl.ac.id
Editorial Address
Pusat Studi Teknologi Informasi - Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung Gedung Business Center Lt.2 Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No.26 Labuhan Ratu Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi
Core Subject : Science,
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknolologi menyajikan artikel/naskah dalam bidang teknologi informasi khususnya dalam Fokus pada 5 kelompok keilmuan di bidang sistem informasi yaitu: Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Jaringan, Multimedia, Security, Teknologi Web dan Mobile serta Kecerdasan Buatan dan Game, serta tidak membatasi terhadap kajian-kajian sistem informasi lainnya meliputi: Information System, Business Intelligence, Logistic and Supply Chain Management, Customer Relationship Management, Human Resource Management, Intelligent Decision Support Systems, Enterprise Systems, Business Process Modelling, System Modelling, Management Information Systems, Economic Models for Information Systems, Mobile e-Business, Web Services for e-Business, Knowledge Management, Strategic Information Systems, Artificial Intelligence and Expert Systems, Balanced Scorecard, e-Commerce, Business Forecasting Process, Information Systems Change Management, Innovation in Information Systems and Change Management, Total Quality Management, Six Sigma for Performance Improvement, General Information Systems Related to Business Competitiveness.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2013): Juni" : 7 Documents clear
Implementasi Aplikasi Penjualan Berbasis Customer Relationship Management untuk meningkatkan loyalitas pelanggan (Studi Kasus : T.B Gaya Baru) Ayu Kartika Puspa
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 3, No 1 (2013): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v3i1.473

Abstract

The retail and shopping center showed significant growth and positive contribution to Indonesia's economic recovery. Intense competition makes it difficult for marketers to compete in product innovation. The development of increasingly rapid technological lead new thing will easily be able to be replicated by others, so the role of customer service is important. Customers who are satisfied with the service of the company on an ongoing basis will lead to customer loyalty. CRM (Customer Relationship Management) is a strategy used to get customers (acquire), strengthen relationships with customers (enhance) and retain customers (retain), and services aimed at improving customer satisfaction, operational, analytical, collaborative constitute components CRM.
Analisis Website E-Learning Berbasis Standar Scorm Content Aggregation Model 2.1 Di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung Wiwin Susanty; Putri Oriniati
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 3, No 1 (2013): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v3i1.478

Abstract

Universitas Bandar Lampung adalah Perguruan Tinggi Swasta terbesar di Provinsi Lampung yang berdiri sejak tahun 1984 di bawah naungan Yayasan Administrasi Lampung (YAL) yang bergerak dalam bidang pendidikan. Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk menganalisis website e-Learning Berbasis standar SCORM Content Aggregation Model (CAM) di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar lampung agar dapat membantu dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat membantu masalah yang dihadapi FIK. Seperti kurangnya format-format materi dan konten-konten pembelajaran yang belum terstruktur didalam website e-Learning. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website e-Learning yang berbasis Standar SCORM Content Aggregation Model (CAM).
Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Produksi TBS (Tandan Buah Segar) Kelapa Sawit Berbasis Material Requirement Planning Pada PT. Tanjung Jaya Lestari Lampung Tengah Zohan Fanani; Wiwin Susanty
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 3, No 1 (2013): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v3i1.474

Abstract

Analysis of Data Processing System Analysis Method to determine the production data processing FFB (fresh fruit bunches) Oil Palm at PT. Tanjung Jaya Lestari presented in this thesis. This analysis is an attempt to facilitate the ability to run the system using a variety of systems and one of them is Data Processing System Production at PT. Tanjung Jaya Lestari. "How to create a system of data processing applications for the production of FFB (fresh fruit bunches) of oil palm in the PT. Tanjung Jaya Lestari so it can more quickly and accurately? ? " At this time, perform data processing in the production of the production is still done by recording in the general ledger. This resulted in the frequent occurrence of errors and duplication of data pose serious problems. The objective of this paper is to describe, illustrate, and report the results of research carried out and provide solutions to problems that are found to facilitate the processes performed during data processing FFB production sawit.penelitian flashing this gives an insight and direct experience in the world work, so that students can integrate theory and practice acquired in the lecture bench with the reality on the ground.
Perangkat Lunak Pendukung Untuk Meningkatkan Efektifitas Kualitas Sistem Pada Perangkat Lunak Program SPP Dina Ika Wahyuningsih; Taqwan Thamrin
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 3, No 1 (2013): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v3i1.479

Abstract

Universitas Bandar Lampung (UBL) merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi di Bandar Lampung yang menerapkan teknologi informasi untuk mempermudah berbagai pekerjaan manajemennya. Salah satu pekerjaan yang dilakukan adalah mengelola keuangan terutama penerimaan dana dari biaya kuliah yang dibayarkan oleh mahasiswa. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola pekerjaan tersebut dibuat oleh Pusat Komputer UBL dan dipergunakan oleh Biro Administrasi Keuangan (BAK) dan diberi nama “Program SPP”. Tujuan dari penelitian ini yaitu Membangun sebuah perangkat lunak penunjang untuk peningkatan efektifitas unsur kualitas sistem (system quality) pada perangkat lunak “Program SPP” dan Mengukur tingkat efektifitas perangkat lunak “Program SPP” khususnya unsur kualitas sistem (system quality). Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi manajemen UBL khususnya Biro Administrasi Keuangan (BAK) dalam penggunaan perangkat lunak “Program SPP” dan perangkat lunak pendukung “Daftar Pembayaran per Mahasiswa” dalam operasionalnya terutama dalam pekerjaan mengelola keuangan yang diperoleh dari penerimaan dana dari biaya kuliah yang dibayarkan oleh mahasiswa.
Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Chi-Squared Automatic Interaction Detection Analysis (CHAID) Untuk Memprediksi Mahasiswa Putus Yudi Fadli; Fenty Ariani; Usman Rizal
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 3, No 1 (2013): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v3i1.475

Abstract

Universitas Bandar Lampung melahirkan wisudawan cukup banyak yang berkualitas, tetapi tidak luput dengan adanya mahasiswa yang Putus Studi karena berbagai macam masalah. Problematika perkuliahan di perguruan tinggi yang mencakup mahasiswa. Jika ditelusuri satu persatu tidak akan ada habisnya, salah satu persoalan yang masih menjadi bahan pembicaraan adalah mengenai mahasiswa berhenti studi (Putus Studi). Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan aset penting dalam kemajuan kehidupan suatu bangsa. Dalam persaingan suatu bangsa kemenangan akan ditentukan terutama oleh kualitas atau mutu sumber daya manusianya (Tampubolon, 2001). Salah satu variabel indikator efisiensi proses pendidikan adalah informasi mengenai lama masa studi mahasiswa, yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, pendapatan rata-rata Putus Studiga, nilai.Dalam penelitian ini, analisi Chi-Squared Automatic Interaction Detection Analysis (CHAID) akan diterapkan untuk menentukan segmentasi mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung yang berlokasi di Bandar Lampung. Tujuan dari segmentasi ini adalah mengidentifikasi segmen mahasiswa non aktif dengan harapan resiko Putus Studi dapat diminimumkan. Data yang digunakan adalah status lama studi mahsiswadan data mahasiswa.
Sistem Informasi Administrasi Untuk Penggolahan Data Karyawan Kontrak Pada Perusahaan CV. Cinde Wahana Cleaning . Natalia; Usman Rizal
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 3, No 1 (2013): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v3i1.476

Abstract

Adminisrrasi adalah keseluruhan proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasional tertentu dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukansebelumnya. CV. Cinde Wahana Cleaning merupakan salah satu perusahaan Pengguna Jasa Yang menyediakan jasa. CV. Cinde Wahana Cleaning telah memiliki pengalaman dari 3 Maret 2004. Skripsi ini akan menggambarkan serta menjelaskan sistem informasi Administrasi untuk Penggolahan Data Karyawan Kontrak pada CV. Cinde Wahana Cleaning dengan jelas.
Perancangan Aplikasi E-Commerce Dengan Sistem Rekomendasi Item-Based Collaborative Filltering Rio Oktora; Wiwin Susanty
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Vol 3, No 1 (2013): Juni
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmsit.v3i1.477

Abstract

PD Damai Motors is one company in the town of Bandar Lampung engaged in the sale of spare parts, however, the system is running right now, there are still many problems that occur both on the vendor and on the part of consumers, especially outside the city of Bandar Lampung. The vendor has not had a special media to promote a product - products and recording sales transactions reports are done manually using only existing proof of the transaction. And consumers still have to directly come to the store if you want to get information about products and want to order the products according to the desired design, as well as the consumer should contact the vendor via sms / call if you want to know the progress of the production order. Scientific report will describe and explain the design Application E-Commerce system with Item-Based Collaborative Filltering clearly so that can know the location of the problem. In analyzing the system, the authors use analytical tools such as Document Flow Diagram (flowchart) and Unified Modeling Language (UML)XV + 60 + Attachment Refrences

Page 1 of 1 | Total Record : 7