cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : 10.37729/auto tech
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 02 (2017): JURNAL AUTOTECH" : 9 Documents clear
PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN PRESTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 REMBANG TAHUN AJARAN 2015 / 2016 Agus Tiyono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 02 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (860.614 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v10i02.3930

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Prestasi Kewirausahaan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program keahlian Teknik Kendaraan RinganSMK Negeri 1 RembangTahun Ajaran 2015/2016.Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Rembang Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 104 siswa.Metode pengambilan data penelitian untuk variabel Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Prestasi Kewirausahaan menggunakan dokumentasi nilai raport, sedang untuk variabel Kesiapan Kerja siswa menggunakan model angket. Teknik Analisis data untuk menguji hipotesis pertama dan kedua, adalah regresi linier sederhana dan untuk menguji hipotesis ketiga. Digunakan teknik analisis regresi linier ganda. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji Multikolinieritas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengalaman praktek kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Rembang Tahun Ajaran 2015/2016 dengan diperoleh rhitung = 0,448 dan rtabel = 0,334 sehingga rhitung >rtabel, dengan persamaan regresi Y= 1,632+0,437X1. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Prestasi Kewirausahaan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Rembang Tahun Ajaran 2015/2016 dengan perolehan rhitung = 0,473 dan rtabel = 0,334 sehingga rhitung > rtabeldengan persamaan regresi Y= 0,283+0,525X2 (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pengalaman Praktek Kerja Industri dan Prestasi Kewirausahaan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Rembang Tahun Ajaran 2015/2016 secara bersama – sama dengan perolehan Fhitung = 5,248 dan Ftabel = 0,0107 sehingga Fhitung>Ftabel.Dengan Sumbangan efektif 27,54%Kata kunci : Praktek Kerja Industri, Prestasi Kewirausahaan, Kesiapan Kerja
PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TMS SMK ISLAM JIPANG Beni Rumansyah Arif Susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 02 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.201 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v10i02.3931

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi dankerjasama belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakanpenerapan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Otomotifdengan fokus materi Tune-Up. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XISiswa SMK Islam Jipang Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, datadikumpulkan dengan menggunakan cara dokumentasi, observasi, angket, dan tes hasilbelajar. Data dari hasil belajar siwa dianalisis dengan menghitung rerata dan persentasepada skor siswa. Teknik analisis data digunakan untuk mengetahui peningkatankerjasama dan prestasi belajar siswa diketahui dari hasil belajar siswa terhadappembelajaran otomotif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian siswa belum terbiasa denganpembelajaran model kooperatif tipe TPS, Langkah yang diambil untuk memperbaikikekurangan pada siklus I adalah dengan lebih memotivasi siswa untuk lebih giat dalambelajar. (2) Hasil persentase kerjasama siswa pada siklus II meningkat setelah dilakukanperbaikan. Hal ini terlihat bahwa persentase kerjasama siswa mencapai 83,20% dansudah memenuhi batasan terendahnya. (3) Hasil evaluasi belajar siswa pada siklus II inimengalami peningkatan dibanding pada siklus I. Ditunjukkan dengan rerata nilai evaluasibelajar siswa sudah yang mencapai 81,87 dengan jumlah siswa yang mendapat nilai 70 sudah mencapai 31 siswa atau 93,75%.Kata kunci : Metode TPS, Kerjasama dan Prestasi
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT ALAT UKUR SISWA KELAS X TKRC SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN Eko Pawitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 02 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.53 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v10i02.3932

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) yang dilaksanakan oleh guru pada mata diklat Alat Ukur di kelas X TKR C dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada mata diklat Alat Ukur kelas X TKR C. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TKR C SMK Muhammadiyah Kutowinangun sejumlah 43 siswa.Penelitian ini adalah action classroom research dengan menerapkan metode Pembelajaran Berbasis Masalah yang dilakukan dalam tiga siklus. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah: (1). Pre test untuk mengetahui penguasaan awal materi. (2). Menentukan materi yang akan dibahas dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah. (a). Menyampaikan permasalahan yang akan dibahas oleh siswa secara berkelompok. (b). Membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan 6-7 siswa per kelompok. (c). Siswa berdiskusi untuk menyelesaikan permasalahan. (d). Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi. (3). Siswa diberikan post test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar.Analisis data yang digunakan adalah berdasarkan nilai rata- rata dan prosentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklus. Nilai tertinggi pada siklus pertama adalah 95 dan nilai terendah 50, rata-rata 74,18. Siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 23 siswa dari 43 siswa atau sebesar 53, 48 %. Siklus II, nilai tertinggi adalah 85 dan nilai terendah 60, rata-rata nilai 77,48. Jumlah siswa yang mencapai KKM berjumlah 36 siswa dari 43 siswa atau 83,72 %. Siklus III, nilai tertinggi 91 dan terendah 70, nilai rata-rata 79,86. Jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 38 siswa dari 43 siswa atau sebesar 88.37 %, meningkat 34, 89 % jika dibandingkan dengan siklus I dan meningkat 4,6 % jika dibandingkan siklus II.Kata kunci : Metode Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Alat Ukur
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KELISTRIKAN DENGAN SIMULASI WIPER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO Maulana Akhsan, Bambang Sudarsono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 02 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v10i02.3933

Abstract

Penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran sistem kelistrikan dengan simulasi wiper pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo, untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran sistem kelistrikan dengan simulasi wiper pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo, untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran sistem kelistrikan dengan simulasi wiper pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo, untuk mengetahui motivasi mahasiswa terhadap media pembelajaran sistem kelistrikan dengan simulasi wiper pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo.Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo semester III tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi presentase.Berdasarkan pengembangan yang dilakukan, ada beberapa data dan perubahan yang didapat, yaitu pengembangan dilakukan di beberapa sektor, salah satunya pada stand yang disesuaikan sehingga media lebih fleksibel, wiring diagram yang sederhana, pemosisian komponen yang memudahkan operasional pengguna, sumber daya yang lebih ekonomis, keterbukaan komponen membuat media ini menarik untuk diamati, baik pada sistem kerja maupun pengamatan komponen, dari bentuk keseluruhan media yang sudah disesuaikan, dan beberapa uji coba dilakukan peneliti salah satunya dengan mengisi angket yang berisi 15 butir soal, pada kelompok kecil mengahasilkan 83% dan kelompok besar 84%. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dibuat layak untuk digunakan dalam pembelajaran mahasiswa, hasil dari angket dan t hitung dengan standar t tabel dapat diamati bahwa ada perbedaan dari rata-rata angket yang diisi mahasiswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil yang didapat dengan standar t tabel 1,645 dan menghasilkan t hitung sebesar 5,293. Data ini membuktikan bahwa media pembelajaran yang digunakan cukup efektif dan dapat digunakan untuk pembelajaran maupun pengembangan media lebih lanjut di masa depan, data yang didapat dari pengisian angket terdapat selisih 22%, dengan data hasil pengisian angket kelompok eksperimen 82%, dan kelompok kelas kontrol 60%. Dari data yang didapat menunjukkan bahwa media sistem kelistrikan dengan simulasi wiper dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.Kata kunci : Media pembelajaran, simulasi wiper, motivasi belajar.
PENGEMBANGAN MEDIA TRAINER SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TSM DI SMK PN 2 PURWOREJO Roisul Umam Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 02 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (848.592 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v10i02.3934

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media trainer sistem penerangan sepeda Motor Honda Supra X, (2) mengetahui kelayakan media trainer sistem penerangan sepeda Motor Honda Supra X. (3) mengetahui efektivitas media trainer sistem penerangan sepeda Motor Honda Supra X terhadap hasil belajar siswa.Fungsi penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh belajar siswa, adapun populasi penelitian yaitu kelas XI TSM PN 2 Purworejo yang terdiri dari dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 64 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik uji t. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa media pembelajaran trainer penerangan yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sistem sistem penerangan sepeda motor, di SMK PN 2 Purorejo hal ini dapat dibuktikan dari (1) pengembangan media telah melalui proses mulai dari pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian dan revisi produk. (2) hasil validasi produk oleh ahli materi memperoleh angka 85% dan dari ahli media 80%, sehingga layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran didalam kelas dan bengkel. (3) terdapat efektivitas dalam hasil belajar, terlihat dalam perbedaan prestasi belajar pada siswa SMK PN 2 Purworejo antara siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran trainer penerangan dengan siswa yang diajar menggunakan media “konvensional” setelah diberi perlakuan. Melalui uji t-tes dengan taraf kesalahan 5%, hasil t hitung lebih besar dari harga t tabel yaitu 2.67>1.66.Kata kunci: Media Pembelajaran, Sistem Penarangan, Hasil Belajar.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM TANDA GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KOMPETENSI TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS XI DI SMK PN 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2016/2017 Yan Setyo Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 02 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (952.588 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v10i02.3935

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran alat peragaguna meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi sistem tanda di SMK PN 2 Purworejo, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi sistem tanda di SMK PN 2 Purworejo, 3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran alat peraga pada kompetensi sistem tanda di SMK PN 2 Purworejo. penelitian ini merupakan research & development. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Proses pembuatan media pembelajaran sistem tanda berupa stand dan berdasarkan analisis masalah dan disesuaikan dengan kebutuhan sehingga diharapkan membentuk suatu media yang siap pakai. Tahap pengembangan media pembelajaran sistem tanda pada siswa kelas XI TKR SMK PN 2 Purworejo telah meliputi pencarian potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, pengujian produk, uji coba pemakaian dan revisi produk, 2) Hasil validasi produk oleh ahli materi maupun ahli media, uji coba kelompok kecil dan uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layak digunakan sebagai media pembelajaran, 3) Hasil uji t dengan taraf kesalahaan 5% membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan hasil belajar (thitung = 5,226 >ttabel=1.708) siswa kelas XI TKR SMK PN 2 Purworejo. Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar karena dalam ujicoba kelompok besar dengan jumlah siswa 25 orang berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Sistem Tanda, Hasil Belajar
KONTRIBUSI MOTIVASI DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN ALAT UKUR TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS X SMK MA’ARIF NU BENER PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Edi Gunawan Arif Susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 02 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (933.488 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v10i02.3936

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, dukungan orang tua dan asal sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran alat ukur pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK MA’ARIF tahun pelajaran 2011 /2012 baik secara parsial maupun simultan.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi korelasi. Jika dilihat dari pengambilan datanya maka penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK MA’ARIF tahun pelajaran 2011 / 2012 yang berjumlah 120 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Ganda, dengan prasarat uji analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas dengan taraf signifikasi 5 %.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Hal tersebut dapat disimpulkan berdasarkan penghitungan uji-t didapatkan thitung sebesar 4,081 sedangkan ttabel sebesar 1,98 dan nilai signifikansi (sig.)/ p-value sebesar 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan motivasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK MA’ARIF dinyatakan diterima, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dukungan orang tua dan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat disimpulkan berdasarkan penghitungan uji-t didapatkan thitung sebesar 3,459 sedangkan ttabel sebesar 1,98 dan nilai signifikansi (sig.)/ p-value sebesar 0,001, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan dukungan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK MA’ARIF dinyatakan diterima. (3). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan dukungan orang tua secara simultan terhadap prestasi belajar siswa. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan perhitungan uji-F didapat Fhitung sebesar 27,180 dan Ftabel sebesar 3,95. Selain itu nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Atas dasar tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa, dan dukungan orang tua secara gabungan (simultan) terhadap prestasi belajar dinyatakan diterima.Kata kunci : motivasi belajar, dukungan orang tua, prestasi belajar alat ukur
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE BELAJAR PEER TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERAWATAN KELISTRIKAN OTOMOTIF SMK YPP PURWOREJO Favinta Devinagara Arif Susanto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 02 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (833.31 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v10i02.3937

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui adanya dugaan peningkatan prestasi belajar perawatan kelistrikan otomotif siswa kelas XI SMK YPP Purworejo setelah diterapkan metode peer teaching, 2) Mengetahui adanya dugaan peningkatan aktifitas belajar mata diklat perawatan kelistrikan otomotif kelas XI SMK YPP Purworejo setelah diterapkan metode belajar peer teaching. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, pada proses pembelajarannya menerapkan metode belajar peer teaching. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI OA SMK YPP Purworejo dengan jumlah 27 siswa pada mata diklat perawatan kelistrikan otomotif.Tahapan pelaksanaan penelitian ini menerapkan 2 siklus, planning siklus I berdasarkan studi pendahuluan, acting dikelas dengan memilih tutor (peer) dari siswa yang paling menonjol dikelas, observing aktivitas belajar dan prestasi selama penerapan peer teaching. Planning siklus II disusun berdasarkan refleksi siklus I, acting dikelas dengan memilih tutor yang berprestasi baik pada siklus I. observing aktivitas belajar dan prestasi selama penerapan peer teaching siklus II kemudian merefleksikan hasil penelitian. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, paparan data dan penyimpulan hasil.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas positif pada proses belajar dan mengajar sebesar 26,07%, penurunan aktivitas belajar negatif pada proses belajar dan mengajar adalah 6,87%. Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 27,30% dan Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus II adalah 95,09%. Rata-rata peningkatan prestasi belajar pada siklus I dan siklus II adalah 61,20%.Kata kunci : Peer teaching, aktivitas belajar, prestasi belajar
HUBUNGAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DAN BEKERJA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 PURWOREJO Ryanda Ridho Pramono Suyitno
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 10, No 02 (2017): JURNAL AUTOTECH
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (833.609 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v10i02.3938

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui hubungan pencapaian kompetensi praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa kelas SMK Negeri 4 Purworejo, 2) Untuk mengetahui hubungan pencapaian kompetensi praktik kerja industri terhadap minat bekerja siswa kelas SMK Negeri 4 Purworejo, dan 3) Untuk mengetahui hubungan pencapaian kompetensi praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha dan bekerja siswa kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo.Jenis penelitian ini adalah ex post facto yaitu penelitian experimen yang juga menguji hipotesis, tetapi tidak memberikan perlakuan tertentu karena sesuatu sebab untuk memberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas XI program studi Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 4 Purworejo yang berjumlah 54 siswa dan seluruhnya dijadikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada hubungan pencapaian kompetensi praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XISMK Negeri 4 Purworejo dengan t hitung sebesar 3,490 dan p=0,001. Karena p<0,05 menunjukkan hubungan pencapaian kompetensi praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo adalah signifikan. 2) Ada hubungan pencapaian kompetensi praktik kerja industri terhadap minat bekerja siswa kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo dengan t hitung 2,523 dan p=0,015. Karena p<0,05 menunjukkan hubungan pencapaian kompetensi praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo adalah signifikan. 3) Ada hubungan pencapaian kompetensi praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha dan bekerja siswa kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo dengan F hitung sebesar 2,977 dengan p=0,046.Kata kunci : Kompetensi, praktik, industri, minat, berwirausaha, bekerja.

Page 1 of 1 | Total Record : 9