cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : 10.37729/auto tech
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2016): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif 2016" : 1 Documents clear
PERAN WORK-BASED LEARNING DALAM MENYIAPKAN TENAGA KERJA DI ERA MEA Suyitno Suyitno hadiningrat
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 1 (2016): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif 2016
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37729/autotech.v4i1.3013

Abstract

Menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) 2015 dikatakan bahwa pemerintah masih harus menghadapi persoalan besar di sektor tenaga kerja. Rendahnya penyerapan tenaga kerja di Indonesia lantaran ketidaksesuaian antara batasan pendidikan dengan bidang pekerjaan yang tengah dibutuhkan oleh para pengusaha. Rendahnya penyerapan tenaga kerja menjadikan pemerintah dirasa perlu mengubah paradigma pendidikan agar tenaga kerja berpendidikan memiliki kompetensi untuk bekerja dan siap bekerja, (Okezone 30 April 2014).  Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan yang berorientasi pada pengembangan proses dan hasil pembelajaran. Proses akan menempa peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Salah satu cara yang dilakukan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk meningkatkan kompetensi adalah dengan pembelajaran berbasis kerja atau biasa disebut Work-Based Learning (WBL). WBL merupakan pembelajaran yang memadukan antara pembelajaran yang ada di kelas dan di industri. WBL merupakan salah satu pembelajaran yang bertujuan untuk memadukan mata pelajaran akademik dengan keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan. SMK merancang bersama-sama aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan di dunia kerja. Dalam aplikasinya, WBL dilaksanakan di SMK dengan melaksanakan praktik kerja industri. diprediksi akan berdampak pada perbaikan pelaksanaan praktik kerja industri. Dengan demikian, WBL dapat menjadi acuan bagi SMK khususnya kompetensi teknik kendaraan ringan untuk melaksanakan praktik kerja industri sesuai dalam WBL yang akan dilakukan.Kata Kunci: Work-Based, learning, kesiapan, kerja

Page 1 of 1 | Total Record : 1