cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pto@umpwr.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
ISSN : 23033738     EISSN : 26232502     DOI : 10.37729/auto tech
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari dan Juni. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, guru, dosen maupun pemerhati pendidikan. Redaksi berhak mengubah naskah sepanjang tidak merubah substansi/isi tulisan. Tanggung jawab isi tulisan sepenuhnya ada pada penulis.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Auto Tech" : 16 Documents clear
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE RESITASI (RECITATION METHOD) SMK TUNAS NUSANTARA PURWOREJO muhammad rifai
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.927 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i2.1295

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi dan moti vasi belajar siswa SMK Tunas Nusantara Purworejo pada kopetensi dasar pemeliharaan bahan bakar bensin di kelas XI. Penelitian ini dilakukan pada bulan november tahun 2013. Sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah besrnya pengaruh metode resitasi terhadap prestasi belajar siswa Smk Tunas Nusantara.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Sobjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI program keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Tunas Nusantara Purworejo tahun ajaran 2013/2014, yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Aspek yang diteliti meliputi peningkatan prestasi, dan peningkatan motivasi siswa dalam belajar. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis mengunakan teknik analisis diduktif kuantitatif.Penerapan metode resitasi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa hal ini dapat dilihat dari evaluasi hasil penelitian siklus 1 kesiklus II yang mengalami peningkatan dari 33,3% menjadi 77,7%. Prestasi belajar siswa kelas XI SMK  Tunas Nusantara Purworejo dapat meningkat setelah digunakan metode Resitasi Kata kunci : mata pelajaran sistem bahan bakar bensin, prestasi belajar, motivasi
Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Diklat Pemeliharaan Sistem Rem Siswa Kelas XI TMO SMK YPT Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 muhammad syarifudin
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.982 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i2.1296

Abstract

Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas belajar siswa serta untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) dalam mata pelajaran pemeliharaan sistem rem XI TMO di SMK YPT Purworejo Tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Kelas XI TMO SMK YPT Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 32 siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian dilakukan tes dan non tes. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, siswa mengalami peningkatan aktifitas terhadap proses pembelajaran mata diklat pemeliharaan sistem rem. Hal ini dilihat dari hasil nontes siklus I dan siklus II. Pada siklus I dalam aspek keaktifan terdapat 14 siswa atau 43,75 % dalam kategori baik, 14 siswa atau 43,75 % dalam kategori cukup, dan 4 siswa atau 12,50 % siswa dalam kategori kurang. Sedangkan pada siklus II terdapat 22 siswa atau 68,75 % dalam kategori baik, 10 siswa atau 31,25 % dalam kategori cukup, dan tidak ada siswa yang masuk dalam kategori kurang. Hasil kemampuan siswa mengerjakan test uji coba memperoleh nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 61.41 termasuk kategori cukup baik, sedangkan nilai rata- rata pada siklus I mencapai 73.91, dan termasuk dalam kategori cukup baik. Pada siklus II, nilai rata- rata yang dicapai adalah 78,91. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 50,00. Dengan demikian dapat dibuktikan ada peningkatan dalam pembelajaran mata diklat pemeliharaan sistem rem pada siswa kelas XI TMO SMK YPT Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 . Kata Kunci: Aktifitas Belajar, Prestasi Belajar, Sistem Rem
PENGARUH SOFT SKILLS TERHADAP HASIL BELAJAR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KELAS X TKR SMK NEGERI 1 PURING KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 muji rahmat
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.07 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i2.1297

Abstract

Penelitian diskriptif dengan metode pendekatan kuantitatif korelasional. Tempat penelitian SMK Negeri 1 Puring Kebumen, waktu penelitian dilaksanakan dari bulan Oktober sampe bulan Februari 2014. Populasi penelitian siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Puring Kebumen yang berjumlah 144 orang. Sampel penelitian berjumlah 106 orang, ditentukan dengan berpedoman pada tabel Krejcie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan data nilai ulangan harian dan angket dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis regresi diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,450 menunjukkan aspek soft skills dari kepemimpinan, kedisiplinan, kejujuran dan motivasi memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kesehatan dan keselamatan kerja siswa sebesar 45,0%, selebihnya 55,0% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Ada pengaruh positif dan signifikan aspek kepemimpinan  terhadap hasil belajar kesehatan dan keselamatan kerja siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Puring Kebumen dengan p=0,000, (2) Ada pengaruh positif dan signifikan aspek kedisiplinan  terhadap hasil belajar kesehatan dan keselamatan kerja siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Puring Kebumen dengan p=0,000, (3) Ada pengaruh positif dan signifikan aspek kejujuran terhadap hasil belajar kesehatan dan keselamatan kerja siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Puring Kebumen dengan p=0,000, (4) Ada pengaruh positif dan signifikan aspek motivasi  terhadap hasil belajar kesehatan dan keselamatan kerja siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Puring Kebumen dengan p=0,045. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Soft skills memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kesehatan dan keselamatan kerja siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Puring Kebumen.   Kata Kunci : Softs Skills, Hasil Belajar, Keselamatan dan Kesehatan Kerja  
METODE PEMBELAJARAN TGT PADA KOMPETENSI SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL KELAS XI TKR SMK N 1 PURING naryadi naryadi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.324 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i2.1298

Abstract

Metode pembelajaran TGT pada kompetensi sistem pengapian kovensional kelas XI TKR SMK N 1 Puring. Tujuan penelitian untuk mengetahuai hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran TGT dikelas XI TKR SMK N 1Puring. Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajarsiste, pengapian konvensional dengan metode TGT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas XI TKR 3 SMK N 1 Puring, yang berjumalah 35 siswa yang terdiri dari 28 laki-laki, dan 7 perempuan. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara evaluasi pemberian soal dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan. Pada kondisi awal nilai rata-rata 72,6 dengan prosentase 45% siswa yang lulus KKM meningkat pada siklusI 80% yang lulus KKM dengan nilai rata-rata 77,59 dan pada siklus II meningkat menjadi 88%  yang lulus KKM dengan rata-rata nilai 80,8.   Kata kunci : hasil belajar,TGT,sistem pengapian konvensional
MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER KELAS XI SMK MA’ARIF 9 KEBUMEN nursodik nursodik
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.945 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i2.1299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan keaktifan belajar siswa dengan metode Numbered Head Together ( NHT ) pada mata pelajaran kelistrikan otomotif kelas XI otomotif 3 SMK Ma’arif 9 Kebumen tahun pelajaran 2013 / 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI otomotif 3 yang berjumlah duapuluh delapan siswa. Instrument yang digunakan untuk  mengumpulkan data adalah angket keaktifan siswa. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan prosentase keaktifan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosentase keaktifan belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 74,07% atau sejumlah 20 siswa, dan pada siklus II keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 77,78% atau sejumlah 21 siswa.   Kata kunci: keaktifan belajar, Numbered Head Together.
PENGARUH PRESTASI MENGGAMBAR TEKNIK MESIN DAN MOTIVASI PRAKTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK PEMESINAN PADA SISWA SMK PANCASILA 1 KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013 purwadi purwadi
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.532 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i2.1300

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh prestasi menggambar teknik mesin terhadap prestasi belajar praktik pemesinan pada siswa SMK Pancasila 1 Kutoarjo tahun 2012/2013, (2) ada tidaknya pengaruh motivasi praktik terhadap prestasi belajar praktik pemesinan pada siswa SMK Pancasila 1 Kutoarjo tahun 2012/2013, (3) ada tidaknya pengaruh variabel prestasi menggambar teknik mesin dan motivasi praktik terhadap prestasi belajar praktik pemesinan pada siswa SMK Pancasila 1 Kutoarjo tahun 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan, menjabarkan suatu fenomena yang ada dengan menggunakan prosedur ilmiah untuk menjawab masalah secara aktual. Sumber data penelitian berasal dari data primer dan data sekunder sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode obeservasi, wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK Pancasila 1 Kutoarjo tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 38 orang. Teknik sampling yang digunakan adalan sampling jenuh dimana populasi tersebut juga dijadikan sampel karena jumlah sampel terlalu sedikit. Skala pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Linkert dimana semua intsrumen telah diuji dan memeuhi syarat validitas dan reliabilitas. Alat analisis data menggunakan regresi, uji t, uji F dan koefsien determinasi.   Kata Kunci    :Prestasi menggambar teknik mesin, motivasi praktik dan prestasi belajar praktik pemesinan.
PENGARUH NILAI KEWIRAUSAHAAN DAN PRAKTIK INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK ASH-SHIDDIQIYAH BALINGASAL rohman mardianto
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.62 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i2.1301

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh nilai kewirausahaan terhadap kesiapan kerja siswa.; (2) apakah ada pengaruh praktik industri terhadap kesiapan kerja siswa; dan (3) apakah ada pengaruh nilai kewirausahaan dan praktik industri terhadap kesiapan kerja siswa. Jenis  penelitian ani menggunakan metode kuantitatif Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas XI  Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Ash-Shiddiqiyah Balingasal, Kabupaten Kebumen sebanyak 30 siswa dan diambil 28 siswa sebagai sampel dengan teknik proportional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa:  (1) Ada pengaruh nilai kewirausahaan terhadap kesiapan kerja siswa SMK Ash-Shiddiqiyah Balingasal, Kabupaten Kebumen dengan diperoleh nilai t hitung sebesar 8,389 dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05; (2) Ada pengaruh praktik industri terhadap kesiapan kerja siswa SMK Ash-Shiddiqiyah Balingasal, Kabupaten Kebumen dengan diperoleh nilai thitung sebesar 3,413 dengan nilai probabilitas sebesar 0,001 < 0,05; dan (3) Ada pengaruh nilai kewirausahaan dan praktik industri secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa SMK Ash-Shiddiqiyah Balingasal, Kabupaten Kebumenn dengan diperoleh nilai Fhitung  sebesar 73,011 dengan  probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. Hasil analisis menunjukkan nilai R2 adalah 0,549 berarti variabel yang dipilih pada variabel independen (nilai kewirausahaan dan praktik industri) dapat menerangkan variasi variabel dependen (kesiapan kerja siswa) dengan kontribusi 54,90% sedangkan sisanya 45,10%  diterangkan oleh variabel lain. Kata Kunci: Nilai Kewirausahaan, Praktik Industri, Kesiapan Kerja Siswa.
MENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK DALAM PELAJARAN SISTEM KELISTRIKAN PADA SISWA KELAS XI TKR III SMK NURUSSALAF KEMIRI sigit sudrajad
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.02 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i2.1302

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dengan memanfaatkan model pembelajaran talking stick. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Nurussalaf Kemiri tahun pelajaran 2013/ 2014, yang berjumlah 43 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Berdasarkan data hasil observasi terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa dari persentase rata-rata 46,74% pada pra siklus menjadi 60,34% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 70,4% pada siklus II. Pada siklus I rata-rata persentase angket keaktifan belajar siswa yaitu 69,53% dan meningkat menjadi 79,76% pada siklus II. Peningkatan keaktifan belajar siswa ini berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Rata-rata nilai siswa dari 58,6 dengan ketuntasan 27,9% pada pra siklus meningkat menjadi 68,9 dengan ketuntasan 55,8% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 73,3 dengan ketuntasan 79,76% pada siklus II.     Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Model Pembelajaran talking stick.
PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN PRESTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PGRI 2 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2013 / 2014 slamet sugiyono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.44 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i2.1303

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Prestasi Kewirausahaan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 2 Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 2 Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 35 siswa. Metode pengambilan data penelitian untuk variabel Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Prestasi Kewirausahaan menggunakan dokumentasi nilai rapot, sedang untuk variabel Kesiapan Kerja siswa menggunakan model angket. Teknik Analisis data untuk menguji hipotesis pertama dan kedua, adalah regresi linier sederhana dan untuk menguji hipotesis ketiga.  Digunakan teknik analisis regresi linier ganda. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji Multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengalaman praktek kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 2 Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014 dengan diperoleh rhitung = 0,448 dan rtabel = 0,334 sehingga rhitung >rtabel, dengan persamaan regresi Y= 1,632+0,437X1. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Prestasi Kewirausahaan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 2 Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014 dengan perolehan rhitung = 0,473 dan rtabel = 0,334 sehingga rhitung > rtabel dengan persamaan regresi Y= 0,283+0,525X2 (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pengalaman Praktek Kerja Industri dan Prestasi Kewirausahaan  secara terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 2 Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014 secara bersama – sama dengan perolehan Fhitung = 5,248 dan Ftabel = 0,0107 sehingga Fhitung>Ftabel. Dengan Sumbangan efektif 27,54% Kata kunci : Praktek Kerja Industri, Prestasi Kewirausahaan, Kesiapan Kerja
EKSPERIMENTASI TEAMS GAMES TURNAMENTS DAN GROUP INVESTIGATION PADA KOMPETENSI TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF DITINJAU DARI MOTIVASI subur pujiono
Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo Vol 4, No 2 (2014): Jurnal Auto Tech
Publisher : Pendidikan Teknik Otomotif

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.614 KB) | DOI: 10.37729/autotech.v4i2.1304

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran  Teams Games Turnaments dibandingkan model pembelajaran Group investigation pada tingkat motivasi rendah dan motivasi tinggi, serta untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan motivasi pada kompetensi Teknologi Dasar Otomotif siswa kelas X SMK Pancasila 1 Kutoarjo tahun pelajaran 2012/ 2013. Eksperimen ini menggunakan Desain Faktorial. Dari hasil analisi variansi dua sel tak sama menunjukan bahwa model pembelajaran Team game turnamen lebih baik (mean total: 7,8) dibanding dengan model pembelajaran Group Investigation (mean total : 7,6). Sementara pada motivasi tinggi, model pembelajaran Team Game Turnamen lebih baik (mean total: 7,8) dibanding dengan model pembelajaran Group Investigation (mean total : 7,4) dan pada tingkat motivasi rendah model pembelajaran Team Game Turnamen juga lebih baik (mean total: 7,26) dibanding dengan model pembelajaran Group Investigation (mean total : 7,20) dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi. Kata Kunci: Teams Games Turnaments, Group investigation, motivasi dan Hasil  Belajar

Page 1 of 2 | Total Record : 16